RPP PJOK SD 1 Lembar K13 Revisi Kelas 1-6 Semester 2

RPP PJOK SD 1 Lembar K13 Revisi Kelas 1-6 Semester 2 – Meskipun bukan termasuk guru kelas, namun guru olahraga tetap wajib membuat RPP sebagai laporan administratif. Dalam menyusun rencana ajar tentu kita harus memiliki acuan sesuai dasar hukum yang sudah ditetapkan oleh pemerintah terkait. Berdasarkan Permendikbud no 14 tahun 2019 yang mengatur penyederhanaan perangkat ajar guru diperbolehkan menyusun RPP PJOK SD format 1 lembar sesuai arahan menteri. Rencana pelaksanaan pembelajaran harus mengandung 3 komponen utama yakni tujuan, kegiatan pembelajaran, dan terakhir adalah asesmen sebagai bentuk penilaian.

Pendidikan jasmani olahraga dan kesahatan merupakan salah satu mata pelajaran yang digemari oleh siswa SD mulai dari kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Pada mata pelajaran ini siswa bisa mengekspresikan dirinya lebih aktif bahkan menyalurkan hobinya di dunia olahraga. Banyak pula orang beranggapan bahwa pelajaran olahraga merupakan bentuk mapel untuk refreshing siswa 1 kali selama seminggu. Maka dari itu guru olahraga perlu membuat RPP PJOK SD 1 Lembar semester 2 sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2020 yang berlaku.

Meskipun pada dasarnya pelajaran olahraga berada di luar kelas dan kegiatannya tidak bisa diprediksi namun kita tetap harus menghormati birokrasi yang ada. Rencana ajar dibuat bukan tanpa alasan melainkan sebagai tolak ukur atau acuan dasar pembelajaran yang akan dilakukan pada siswa. Guru PJOK pun dituntut harus mampu menyusun RPP olahraga SD format 1 lembar dan mengimplementasikannya dengan baik. Sayangnya masih banyak guru merasa bingung bagaimana cara menyusun RPP 1 lembar PJOK SD semester 2 sesuai dengan kuirkulum 2013 saat ini.

RPP PJOK SD 1 Lembar K13 Revisi Kelas 1-6 Semester 2

Guru penjas (pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga) mengajar hampir di seluruh tingkatan pendidikan. Mulai dari SD kelas 1 sampai 6, SMP, SMK, hingga SMK kita bisa menemukan mapel yang satu ini. Materi ajarnya pun juga terkesan luas dan berbeda di setiap tingkatan kelas. Meskipun demikian banyak siswa yang antusias mengikuti pembelajaran ini dan menganggapnya menyenangkan karena melibatkan berbagai peralatan serta permainan.

RPP PJOK SD 1 Lembar K13 Revisi Kelas 1-6 Semester 2
RPP PJOK SD 1 Lembar K13 Revisi 2020

Kesuksesan guru penjas dalam mengajar ditentukan dari rencana ajar yang dibuat dan diimplementasikannya. Penyusunan RPP dilakukan melalui berbagai pertimbangan dan sumber seperti silabus SD, konsep kurikulum 2013, buku pegangan, prota promes dan lain sebagainya. Namun kegiatan pembelajaran akan semakin disukai siswa jika guru penjas menggunakan model pelajaran interaktif dan kreatif. Misalnya saja menyelipkan game maupun ice-breaking pada pelajaran di dalam atau luar kelas.

Pada semester 2 ini bapak ibu guru diperbolehkan menyusun RPP PJOK SD 1 lembar saja sesuai dengan K13 revisi 2020 yang saat ini ditetapkan. Melalui peraturan ini diharapkan bisa mengurangi beban guru dalam hal administrasi, persiapan, dan evaluasi. Namun kita perlu menggaris bawahi meskipun RPP K13 boleh disederhanakan bahkan menjadi 1 lembar tapi kita tetap harus menjaga kualitas dari rencana ajar tersebut. Jangan membuat RPP seenaknya karena dokumen tersebut tetap akan kita pertanggung jawabkan sebagai laporan nantinya.

RPP PJOK SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Sebagai seorang praktisi olahraga tentu akan sulit rasanya membuat dokumen baik itu laporan pertanggung jawaban maupun perencanaan. Mengapa demikian? Karena kita sebagia guru olahraga sudah terbiasa berada di lapangan dan melakukan praktek ketimbang berada di belakang meja menulis laporan. Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah menurut saya. Maka dari itu banyak guru penjas mencari Model RPP PJOK SD semester 2 untuk semua kelas (1 sampai 6) agar lebih menyingkat waktu. Hal ini tidak salah, bahkan menteri pendidikan pun juga membenarkan dalam pidatonya. Beliau berpesan agar guru memanfaatkan teknologi yang ada untuk menunjang keperluan pembelajaran.

Sayangnya masih sedikit sekali contoh RPP PJOK SD 1 lembar yang bereda di internet. Bukan guru malas untuk membuatnya melainkan karena kurangnya sosialisasi serta info dari dinas terkait tentang implementasi RPP 1 lembar K13 tersebut. Untung saja perkembangan teknologi sudah semakin maju. Melalui internet semua informasi bisa diakses baik itu materi pelajaran, grup tanya jawab, bahkan forum guru sekalipun. Kita hanya perlu menuliskan kata kunci model RPP PJOK SD format 1 lembar K13 di ponsel maupun laptop.

Di era persebaran informasi digital seperti saat ini memang sudah banyak situs yang membahas RPP penjas SD K13. Namun sedikit dari situs tersebut memberikan penjelasan tentang materi ajar serta tema yang ada di dalamnya. Dalam artikel singkat kali ini saya akan memberikan model RPP PJOK SD 1 lembar sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2020. File rencana ajar akan saya singkat menjadi satu untuk setiap kelasnya. Maka dari itu simpanlah file RPP PJOK SD sesuai dengan kelas yang bapak ibu ampu saat ini (1 sampai 6).

RPP PJOK SD Semester 2

Petunjuk untuk menyimpan file rencana ajar di bawah sangatlah mudah. Bapak ibu hanya perlu tap tautan sesuai kelas yang sedang diampu, maka secara otomatis anda akan dialihkan menuju halaman baru yang berisi file RPP tersebut. Untuk anda yang masih kebingungan mencari contoh RPP PJOK SD 1 lembar semester 2 sesuai format K13 terbaru silahkan simpan file di bawah ini:

  • Kelas 1
  • Kelas 2
  • Kelas 3
  • Kelas 4
  • Kelas 5
  • Kelas 6

Dari sumber diatas anda bisa kembangkan sendiri berbagai model pembelajaran maupun uraian kegiatan sesuai kebutuhan siswa. Jika masih terdapat pertanyaan silahkan ajukan melalui kolom komentar. Sebagai gambaran akan saya berikan sedikit clue tentang format penulisan rencana pelaksanaan pembelajaran terbaru.

RPP Format 1 lembar

Kita sudah membahas RPP penjas SD format 1 lembar ini dari tadi, namun apakah anda tau konsep dari program pemerintah yang satu ini? Lesson Plan atau yang lebih akrab disebut RPP pada mulanya disusun secara detail dan terperinci untuk satu kali tatap muka. Hal ini tentu saja membuat waktu guru banyak tersita hanya untuk membuat perangkat pembelajaran tersebut. Padahal guru juga harus membuat persiapan sebelum masuk kelas dan melakukan evaluasi setelah KBM selesai.

Melihat betapa berbelitnya sistem birokrasi pendidikan akhirnya bapak menteri Nadiem Makarim mengeluarkan surat edaran yang berisi arahan untuk menyederhanakan RPP menjadi 1 lembar saja untuk setiap tatap muka. Namun faktanya masih banyak tenaga pendidik yang tidak tau menau tentang anjuran tersebut. Isi dari permendikbud no 14 tahun 2019 adalah:

  • Guru diperbolehkan menggunakan, menyusun, mengembangkan berbagai model RPP yang sudah disederhanakan.
  • RPP mengandung 3 komponen utama (tujuan, uraian kegiatan, asesmen).
  • RPP bersifat fleksibel namun bisa dipertanggungjawabkan.

Itulah beberapa fakta yang harus bapak ibu ketahui sebelum menyusun RPP PJOK SD 1 Lembar semester 2 dengan format kurikulum 2013 revisi 2020 terbaru. Pada dasarnya kurikulum diperbarui dengan alasan yang baik yakni untuk mengikuti perkembangan jaman. Saya pun setuju dengan pendapat ini karena jika guru tidak bisa berkembang lalu bagaimana pendidikan di Indonesia bisa maju.

Maka dari itu jangan patah semangat dan jangan malas untuk belajar hal-hal baru. Manfaatkanlah teknologi dan internet untuk membantu anda beraktifitas menemukan segala informasi yang bapak ibu butuhkan. Misalnya saja melalui situs daring guru, forum pendidikan online, dan situs otoritas yang sudah direkomendasikan oleh pemerintah. Cukup sekian artikel yang berjudul RPP PJOK SD format 1 lembar K13 semester 2 yang dapat saya sampaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here