RPP PAI SD 1 Lembar K13 Kelas 1-6 Semester 2 Semua Tema

RPP PAI SD 1 Lembar K13 Kelas 1-6 Semester 2 Semua Tema – Format RPP 1 lembar PAI SD kurikulum 2013 revisi 2021 untuk semua kelas sudah tersedia. Berdasarkan surat edaran menteri nomor 14 tahun 2019 guru dianjurkan untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran memakai format baru. Mengapa harus menggunakan RPP 1 lembar kurikulum 2013? sudah jelas jawabannya karena RPP PAI SD format 1 lembar memiliki berbagai manfaat baik untuk guru maupun siswa.

Pendidikan agama Islam dan budi pekerti atau yang biasa disapa PAI BP merupakan salah satu mapel wajib di sekolah. Pelajaran tentang agama memang harus diberikan sejak dini bahkan semenjak siswa berada di jenjang TK/SD. Karena dalam mapel ini siswa akan diarahkan menuju semangat rohani yang lebih baik melalui serangkaian kegiatan maupun ceramah. Ditambah lagi padatnya pembelajaran PAI SD semester 2 juga menuntut guru untuk menyampaikan materi secara padat dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi ujian kenaikan kelas.

RPP PAI SD 1 Lembar K13 Kelas 1-6 Semester 2 Semua Tema
RPP PAI SD 1 Lembar K13 Kelas 1-6 Semester 2 Semua Tema

Maka dari itu bapak ibu perlu RPP PAI SD 1 lembar semester 2 dengan format kurikulum 2013 revisi 2020 untuk setiap kelasnya. Ditambah dengan buku pegangan siswa dan Al-Qur’an maka lengkap sudah seluruh komponen pelajaran yang kita miliki. Sedangkan untuk tindak lanjut di kelas guru bisa menggunakan model pembelajaran interaktif. Seperti yang telah dirumuskan dalam tujuan K13 bahwa pembelajaran harus mengakomodasi pendidikan karakter, pengetahuan abad 21, dan pemanfaatan teknologi.

RPP PAI SD 1 Lembar K13 Kelas 1-6 Semester 2 Semua Tema

Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter serta kepribadian siswa. Oleh karena itu pemberian treatment maupun pendekatan harus dilakukan dengan tepat. Karena sedikit banyak ucapan guru akan benar-benar ditiru dan diamalkan oleh peserta didik. Membimbing siswa menjadi pribadi yang adaptif juga merupakan tanggung jawab guru sebagai bagian dari kurikulum 2013 revisi 2021. Oleh karenanya bapak ibu harus menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning) karena metode ceramah sudah tidak lagi efektif.

Pada mulanya untuk menyusun RPP PAI SD semester 2 guru harus mempertimbangkan setiap aspek berdasarkan KI KD yang ada pada silabus. Secara otomatis waktu guru banyak terpotong hanya untuk membuat rencana ajar dan menyiapkan materi saja. Padahal guru agama juga harus mempersiapkan segala sesuatu sebelum masuk kelas dan membuat evaluasi setelah proses KBM. Melihat kesalahan administrasi tersebut akhirnya kementerian membuat gebrakan baru dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Yakni bapak ibu diperbolehkan menyederhanakan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk menyingkat waktu dan mengurangi beban guru. Sebagai tenaga pendidik tentunya kita harus senang dengan implementasi RPP PAI SD 1 lembar semester 2 saat ini. Melalui permendikbud no 14 tersebut pemerintah berharap bisa meningkatkan performa pendidikan di lingkup sekolah dasar. Sayangnya masih banyak yang bingung bagaimana cara menyusun RPP 1 lembar K13 semester 2 tersebut. Kita tidak bisa menyalahkan pemerintah atas kurangnya sosialiasi namun dari pihak guru pun juga harus punya inisiatif untuk mencari info atau contoh RPP PAI SD format 1 lembar tersebut.

RPP PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Format 1 Lembar

Arus perkembangan jaman memaksa umat manusia untuk sigap dan adaptif dengan segala perubahan. Internet yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi menjadi jendela informasi ke seluruh dunia. Melalui internet kita bisa saling berkomunikasi, bertukar informasi, dan menemukan hal-hal baru. Internet juga memberikan peran penting pada dunia pendidikan karena menjadi wadah daring untuk semua guru mapel/kelas.

Terdapat banyak sekali forum guru resmi maupun tidak resmi yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan contoh rencana ajar. Lewat forum juga kita bisa saling berkonsultasi dan bercerita berbagai permasalahan ketika proses belajar mengajar berlangsung. Meskipun demikian kita juga tidak bisa menggunakan RPP PAI 1 lembar yang didapat dari internet secara mentah-mentah. Mengapa demikian? karena pada dasarnya rencana disusun berdasarkan kebutuhan dan kondisi setiap sekolah. Seperti yang kita ketahui bahwa tiap sekolah memiliki kondisi serta kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Maka dari itu bapak ibu perlu mengubah dan mengembangkan file RPP PAI yang sudah didapatkan tadi.

FIle RPP PAI SD semester 2 kelas 1-6

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan contoh RPP PAI SD 1 lembar semester 2 kurikulum 2013 untuk semua kelas (1 sampai 6). Untuk bisa menyimpan file caranya cukup mudah, silahkan pilih RPP agama kelas berapa dan silahkan tap tautan tersebut. Maka anda akan diarahkan menuju halaman baru dimana bapak ibu bisa mendapatkan file tersebut.

  • Kelas 1
  • Kelas 2
  • Kelas 3
  • Kelas 4
  • Kelas 5
  • Kelas 6

Untuk mendapatkan rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam semester 2 silahkan pilih kelas diatas. File diatas memiliki format word dan harus dibuka menggunakan microsoft office. Simpanlah file RPP kelas berapapun yang sedang anda ampu dan lakukan perubahan sesuai kebutuhan. Sampai disini saya anggap bapak ibu guru semua mengerti panduan untuk menyimpan RPP PAI SD 1 Lembar semester 2 tersebut. Namun apakah anda sudah memiliki gambaran tentang format penyusunan rencana ajar baru sesuai kurikulum 2013 revisi 2021. Jika belum maka silahkan simak sesi selanjutnya karena sedikit banyak kita akan membahas tata cara membuat renca ajar format 1 lembar.

RPP 1 Lembar K13 Revisi 2021

Wacana untuk menyederhanakan rencana pelaksanaan pembelajaran sebenarnya sudah ada bahkan sejak dulu. namun pada kenyataanya hal ini baru bisa direalisasikan tahun kemarin ketika Menteri Pendidikan Nadiem Makarim memberikan instruksi melalui permendikbud no 14 tahun 2019. Meskipun demikian masih banyak guru yang tidak mengerti konsep dari program kementerian pendidikan yang satu ini. Karena kurangnya informasi serta model langsung dari pemerintah akhirnya membuat guru berpikir dua kali untuk memakai RPP format 1 lembar tersebut.

Padahal program ini dibuat sebagai langkah awal untuk menyejahterakan serta meringankan beban tenaga pendidik. Maka dari itu saya sendiri merekomendasikan bapak ibu untuk menggunakan format RPP PAI SD 1 Lembar semester 2 kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 diatas. Namun sebelumnya pahamilah beberapa isi permendikbud yang mengatur penyederhanaan RPP di bawah ini:

  • Guru boleh memakai, menyusun, serta mengembangkan seluruh model RPP secara singkat bahkan dalam bentuk 1 halaman sekalipun.
  • RPP yang disusun harus memiliki 3 komponen utama sebagai isinya. Yakni tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, dan asesmen (scoring rubric).
  • RPP hanya bersifat administratif dan fleksibel.

Kita harus mengingat kembali prinsip dari program penyederhanaan rencana ajar tersebut. Program RPP 1 lembar dibuat untuk meringankan beban guru dalam menyusun dokumen sebagai syarat administrasi. Dipangkasnya sistem tersebut tidak serta merta membuat kita semua terlena. Kita harus tetap memanfaatkan waktu yang ada untuk membuat persiapan sebelum mengajar dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Dengan demikian barulah RPP PAI SD 1 lembar semester 2 bisa dipertanggungjawabkan.

Internet yang terus berkembang memang memberikan banyak sekali dampak positif untuk kita tenaga pendidik. Melalui internet guru bisa mengakses berbagai informasi dan bertukar pikiran di forum daring. Jika terdapat kekurangan ataupun pertanyaan terkait rencana ajar PAI (pendidikan agama Islam) diatas silahkan ajukan melalui kolom komentar. Sekian artikel singkat tentang RPP 1 lembar kurikulum 2013 revisi 2021 yang dapat saya sampaikan kali ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here