RPP K13 revisi untuk kelas 4 tema 6 semua subtema dan pembelajaran
RPP K13 revisi untuk kelas 4 tema 6 semua subtema dan pembelajaran

RPP Kelas 4 Tema 6 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran

Posted on

RPP Kelas 4 Tema 6 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran – Pada artikel ini kita akan melakukan bedah RPP kelas 4 K13 yang berfokus pada tema 6 cita citaku. Baik kegiatan maupun prosedur pembelajaran setiap subtema telah disusun sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku serta berpedoman pada silabus kelas 4 SD semester 2. Untuk mengetahui detail rencana pembelajaran bapak ibu bisa dapatkan file RPP kelas 4 tema 6 semua subtema. Selanjutnya kita juga akan membahas pendalaman materi, aktivitas kelas, implementasi tehnik serta tips mengajar materi tema 6 (cita citaku).

RPP Kelas 4 Tema 6 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran – Pada artikel ini kita akan melakukan bedah RPP kelas 4 K13 yang berfokus pada tema 6 cita citaku. Baik kegiatan maupun prosedur pembelajaran setiap subtema telah disusun sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku serta berpedoman pada silabus kelas 4 SD semester 2. Untuk mengetahui detail rencana pembelajaran bapak ibu bisa mengunduh RPP kelas 4 tema 6 semeua subtema. Selanjutnya kita juga akan membahas pendalaman materi, aktivitas kelas, implementasi tehnik serta tips mengajar materi tema 6 (cita citaku).

RPP dengan fokus pendidikan karakter menjadi perangkat ajar yang harus dimiliki guru semenjak diberlakukannya kurikulum 2013. Tidak serta merta berhenti disitu saja, K13 terus mengalami perubahan dan penyesuaian setiap tahunnya. Tidak heran jika kita akan menemukan RPP kurikulum 2013 revisi 2017, 2018, ataupun 2019. Hal ini pun akhirnya mempengaruhi penyusunan silabus SD semester 2 dan berimbas pada perangkat ajar seperti RPP. Dari sini dapat disimpulkan bahwa penyusunan RPP kelas 4 K13 yang dilakukan oleh guru harus berpatokan pada 2 elemen penting yakni kurikulum dan silabus.

Model RPP kelas 4 yang notabennya menggunakan kurikulum 2013 saat ini lebih berfokus pada pengembangan karakter peserta didik. Untuk guru sendiri RPP berfungsi sebagai unit kontrol yang mampu mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Melalui tujuan dan indikatornya, RPP K13 juga bisa menjadi unit monitoring dan evaluasi yang bagus setelah proses KBM selesai. Melalui data yang didapatkan dari pelaksanaan rencana pembelajaran tersebut guru bisa membuat RPP kelas 4 yang lebih baik di tema selanjutnya.

RPP Kelas 4 Tema 6 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran

Pengembangan RPP seluruh jenjang memang saat ini berfokus membangun karakter siswa guna mempersiapkan mereka menghadapi tantangan abad 21. Setiap pembelajaran yang terdapat pada RPP dilaksanakan menggunakan metode baru yang inovatif sehingga bisa memotivasi peserta didik lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM). Standar HOTS (high order thinking skill) juga turut digunakan pada pembuatan soal ulangan harian, diskusi maupun kegiatan sekecil apapun.

RPP K13 revisi untuk kelas 4 tema 6 semua subtema dan pembelajaran
RPP K13 revisi untuk kelas 4 tema 6 semua subtema dan pembelajaran

Tentunya dengan standar pendidikan yang tinggi tersebut diharapkan siswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis tanpa meninggalkan karakter diri mereka masing masing. Nah apakah menurut bapak ibu metode yang diterapkan pemerintah sekarang ini efektif? Kita akan mengetahuinya setelah menerapkan RPP kelas 4 tema 6 K13 revisi.

Untuk mempermudah guru dalam menghadapi perubahan kurikulum dikeluarkanlah modul pelatihan oleh kementerian terkait. Lewat model tersebut guru diharapkan bisa memenuhi tuntutan kurikulum yakni menciptakan pembelajaran berbasis karakter yang interaktif, inovatif dan mengesankan. Dengan terciptanya situasi kelas yang sedemikian rupa, maka siswa akan merasa nyaman dan belajar tanpa beban. Poin penting yang harus bapak ibu garis bawahi adalah pendidikan karakter tidak hanya dituliskan sebagai tujuan saja, namun harus ada penerapan nyata dari tindakan tersebut.

File RPP kelas 4 tema 6

Tema 6 yang bertajuk cita citaku memiliki tujuan yang baik untuk mengawali semester 2 kelas 4 SD. Melalui tema ini diharapkan siswa mampu mengenali jati diri dan menemukan cita cita ketika besar nantinya. Setiap subtema pada RPP kelas 4 K13 tema 6 memiliki tujuan pembelajaran dan materi ajar yang berbeda beda. Namun secara garis besar semua subtema tersebut memiliki hubungan erat yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, guru dapat berfokus pada nilai nilai relevan dari KD dan KI yang tertuang pada setiap pertemuan.

Dalam menyusun RPP K13 kita juga harus merumuskan tujuan utama yakni pengembangan karakter siswa secara jelas. Penguatan karakter itu sediri bisa berwujud pendidikan karakter berbasis kelas, lingkungan, sekolah, budaya dan masyarakat sesuai dengan buku pedoman pembuatan RPP kurikulum 2013 revisi terbaru. Jika semua syarat diatas telah terpenuhi maka kita telah menyelesaikan tugas dan kewajiban kita sebagai guru kelas.

Sebagai referensi, saya telah menyiapkan file RPP kelas 4 tema 6 K13 revisi terbaru untuk bapak ibu guru semua. Umumnya ketika kita mencari RPP kelas 4 tema lainnya akan terdapat 3 subtema utama. Namun pada RPP kali ini saya telah menggabungkan semua model dan bahan ajar masing masing subtema menjadi satu. Sebelum menggunakan ataupun merubah isi RPP kelas 4 K13 tersebut bapak ibu harus mengekstraknya terlebih dahulu menggunakan aplikasi rar extractor. Segera setelah proses ekstraksi berhasil, barulah kita bisa mengubah isi RPP kelas 4 tema 6 tersebut sesuai dengan kebutuhan kelas.

File RPP kelas 4 tema 6 kurikulum 2013 Revisi

Tap tautan aktif diatas dan simpanlah file RPP K13 revisi yang sudah kita simpan di folder yang diinginkan. Setelah kita menginstall rar extractor, maka langkah selanjutnya adalah mengekstrak file tersebut hingga berbentuk word. Selain dokumen utama yang berisi semua subtema, saya juga telah memisahkannya agar bapak ibu lebih mudah dalam mengorganisirnya. Rincian RPP yang akan bapak dan ibu guru temukan antara lain adalah:

  • RPP kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 -6.
  • RPP kelas 4 tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 -6.
  • RPP kelas 4 tema 6 subtema 3 pembelajaran 1 -6.

Sebagai pemateri, guru perlu mengasah pengetahuannya lebih dalam dan spesifik tentang tema pelajaran. Pada RPP SD kelas 4 tema cita citaku misalnya, guru perlu melakukan pendalaman materi dengan patokan KD, KI, dan indikator kesuksesan pembelajaran. Dengan mempelajari materi cita citaku maka secara langsung guru telah berada satu langkah di depan pada siswanya dan akan lebih siap ketika mengajar.

Pembahasa tema 6

Mengingat tajuk cita citaku pada RPP kelas 4 tema 6 K13 sangatah luas maka materi pembelajarannya pun dibagi menjadi 3 subtema utama. Masing masing subtema tersebut berisi 6 pertemuan tatap muka yang membahas berbagai mata pelajaran. Disini peran guru sangat penting demi terwujudnya tujuan pembelajaran yakni menguatkan karakter peserta didik serta menyampaikan materi ajar di waktu yang bersamaan. Maka dari itu guru perlu memperkuat teori yang dimilikinya melalui serangkaian persiapan.

Untuk mempermudah guru mendalami materi ajar dan memperkuat landasan teorinya maka saya berniat melanjutkan artikel ini menuju pembahasan isi RPP kelas 4 tema 6 semua subtema. Jadi kita akan mebahas subtema 1, 2 dan 3 satu persatu secara detail. Fungsi dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan bapak ibu guru agar lebih lancar dalam menyampaikan materi di kelas nantinya. Nah seperti apa penjelasan, isi, dan tips mengajar yang ada pada tiap subtema? Silahkan simak di bawah ini.

RPP kelas 4 tema 6 subtema 1

Kita semua sepakat bahwa RPP kurikulum 2013 revisi dibuat dengan tujuan memperkuat karakter siswa lewat rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara urut. Subtema aku dan cita citaku menjadi tujuan penguatan karakter pertama yang harus dicapai pada awal semester 2. Meskipun mata pelajaran yang dicover subtema ini beragam, namun guru dengan mudah dapat menyampaikan tujuan RPP K13 tersebut. Hal ini disebabkan karena tajuk aku dan cita citaku memilki cakupan yang sangat luas sehingga guru bisa menggunakan berbagai model nyata.

Misalnya saja menanyai siswa tentang cita citanya kelak ketika ia tumbuh dewasa. Hal ini penting untuk dilakukan sebagai perwujudan tujuan RPP kelas 4 tema 6 subtema 1. Secara eksplisit tujuan dari subtema ini adalah menggali potensi minat dan bakat siswa dan mengembangkannya menjadi cita cita. Bapak ibu guru bisa menggunakan model pembelajaran interaktif dimana siswa dapat saling bertukar pikiran tentang pandangan mereka di masa yang akan datang.

Memberikan penugasan di setiap mata pelajaran juga bisa menjadi metode yang efektif untuk diterapkan. Penugasan siswa bisa dilakukan secara berkelompok maupun secara individu dengan tema yang sudah ditentukan. Justru dengan penugasan tersebut siswa bisa mengelaborasi kemampuannya dalam berpikir kritis. Selain itu kegiatan tersebut juga mampu mengakrabkan hubungan antar siswa di kelas tersebut.

RPP kelas 4 tema 6 subtema 2

Sebagai follow up dari subtema sebelumnya, maka pada sesi ini kita akan membahas topik dengan tahuk hebatnya cita-citaku. Lantas apa yang harus bapak ibu guru lakukan? Berdasarkan rencana pembelajaran kita memang diharuskan mengikuti KI dan KD. Namun agar tujuan pendidikan karakter tersampaikan kita harus melakukan improvisasi pada metode dalam mengajar. Mengarahkan serta memberikan gambaran positif tentang cita cita siswa merupakan langkah awal yang baik.

Namun sebelum melakukan hal tersebut hendaknya kita mengetahui terlebih dulu apa yang menjadi cita cita peserta didik. Memberikan pertanyaan seputar cita-cita bisa dilakukan ditengah pelajaran sebagai selingan. Tak lupa guru juga harus memberikan semangat pada siswa dan meyakinkan mereka kalau cita cita yang dimiliki sangat baik. Dengan demikian peserta didik akan termotivasi dan memiliki keinginan untuk mengejar apa yang mereka cita citakan.

Jika dilihat dari materi pembelajarannya memang tidak ada yang spesial dan bisa mengarah pada pendidikan karakter. Oleh karena itu kita perlu mengembangkan sendiri RPP kelas 4 tema 6 yang sudah kita dapatkan di atas. Alokasi waktu yang diberikan pun juga sama saja yakni berkisar 1 hari. Oleh karenanya guru harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin guna mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Bapak ibu bisa memaksimalkan pengembangan karakter pada pelajaran bahasa indonesia, IPS, maupun IPA.

RPP kelas 4 tema 6 subtema 3

Semua sub tema pada rencana pelaksanaan pembelajaran K13 memang dibuat berantai. Maksudnya adalah semua saling terkait satu sama lain dengan tujuan agar guru mudah mengelaborasinya. Subtema 3 yang ada pada RPP kurikulum 2013 untuk kelas 4 SD mengangkat topik giat berusaha meraih cita-citaku. Dari tajuknya saja kita pasti sudah bisa menebak seperti apa tujuan pembelajaran yang harus dipacai dalam kelas. Jika kita melakukan pendekatan pendidikan karakter pada 2 subtema sebelumnya sudah dipastikan kita akan sukses pada sub tema terakhir ini.

Mengapa bisa demikian? Karena seluruh subtema yang ada pada tema 6 saling terhubung. Bayangkan saja pada pembahasan pertama siswa diarahkan untuk menggali potensi diri masing masing. Selain itu mereka juga dibimbing menemukan minat bakat mereka. Setelahnya guru memberikan gambaran positif tentang minat serta cita cita siswa itu sendiri. Dan langkah terakhir adalah memberikan dorongan pada siswa untuk meraih apa yang menjadi cita-cita mereka.

Jika bapak ibu guru perhatikan file RPP kelas 4 tema 6 yang sudah saya berikan maka anda akan menemukan lembar kerja khusus. Gunakanlah penugasan seperti yang sudah saya sampaikan dalam rencana pembelajaran itu. Materi ajarnya pun beragam mencakup bahasa indonesia, IPA, PPKN dan lain sebagainya. Sebagai tambahan, kita juga bisa mengarahkan siswa untuk berpikir kritis ketika ada sesi diskusi di kelas.

Menyusun RPP K13

Perlukah guru melakukan pengembangan RPP di tingkat sekolah dasar? Tentu saja perlu. Hal ini disebabkan karena keadaan kelas yang tidak menentu sesuai dengan apa yang direncanakan. Singkatnya kita memang bisa menuangkan setiap rencana kegiatan mengajar dalam RPP tersebut. Namun kita tidak bisa memastikan apakah kondisi akan berjalan sesuai yang kita harapkan. Keadaan inilah yang mengharuskan guru untuk menengok kembali ke belakang melihat kebutuhan kelas yang diampunya.

Buku pedoman siswa, silabus kelas 4 SD, lembar kerja, serta buku ajar menjadi pertimbangan dalam menyusun maupun mengembangkan RPP kelas 4 tema 6 K13. Selain itu bapak ibu juga diwajibkan merumuskan penguatan karakter peserta didik dalam tujuan RPP. Pastikanlah rencana pelaksaan pembelajaran yang anda gunakan mencakup beberapa aspek di bawah ini:

  • Religius: Aspek religius akan mendorong siswa untuk meningkatkan iman dan ketakwaanya pada Tuhan yang maha Esa.
  • Nasionalisme: Nilai penting yang tidak boleh dilupakan yakni nasionalisme. Dengan demikian siswa akan memiliki rasa cinta kepada tanah airnya sendiri. Bersamaan dengan itu sifat toleransi, peduli akan kewajiban, dan rela berkorban juga akan tumbuh dengan sendirinya.
  • Mandiri: Sifat mandiri merupakan modal awal mengadapi persaingan abad 21 yang sedang kita jalani sekarang ini. Dengan sifat mandiri peserta didik tidak akan menggantungkan diri pada orang lain sehingga mereka bisa mengatasi permasalahannya sendiri.
  • Gotongroyong: Aspek yang satu ini juga tidak boleh dilupakan karena sebagai manusia kita tidak akan terlepas dari interaksi dengan orang lain. Guru harus menekankan aspek gotongroyong berbarengan dengan kemandirian agar siswa memiliki rasa peduli terhadap sesama, rela menolong tanpa pamrih, dan rendah hati.
  • Integritas: Aspek ini lebih mengacu pada sifat positif yang harus dimiliki oleh siswa. Misalnya saja rasa tanggung jawab, berkomitmen, menyukai tantangan, jujur, dan memiliki motivasi tinggi.

Baik menyusun rencana pembelajaran sendiri maupun mengunduh lalu mengembangkannya sah-sah saja. Bapak ibu bisa melakukan hal tersebut dengan catatan selama RPP kelas 4 tema 6 yang disusun sudah berpedoman pada buku pedoman pengembangan RPP K13 revisi.

Pedoman pengembangan RPP K13

Penyusunan ataupun pengembangan RPP yang dilakukan harus sesuai dengan pedoman yang diterbitkan oleh pemerintah. Oleh karena itu kemdikbud melalui peraturannya telah menerbitkan buku pedoman pengembangan rencana pelaksaan pembelajaran untuk kelas 4 SD. Sedikit banyak buku tersebut mengatur tentang apa apa saja yang harus dimasukan sebagai materi pembelajaran di kelas, metode mengajar, hingga yang paling dasar seperti prosedur mengajar.

Saya akan memberikan gambaran serta rangkuman poin yang harus bapak ibu penuhi ketika mengembangkan RPP kelas 4 tema 6 K13. Diantaranya adalah:

  • Rencana berfokus pada pendidikan karakter siswa berbasis kelas, budaya, dan sekolah.
  • Bahan ajar harus menggunakan pola HOTS dan mendukung pengetahuan abad 21.
  • Materi ajar harus sesuai dengan kompetensi dasar serta kompetensi inti.
  • Mendukung pembelajaran yang bersifat tematik lintas mapel.
  • Menciptakan pembelajaran yang interaktif sehingga terdapat ruang diskusi serta jejak pendapat antar siswa.
  • Metode pembelajaran yang tidak monoton serta inovatif yang mampu memotivasi siswa.
  • Pembelajaran harus bersinergi dengan penggunaan teknologi abad 21.

Itulah sedikit banyak gambaran pedoman penyusunan RPP kurikulum 2013 revisi untuk kelas 4 SD yang dapat saya sampaikan. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran memang tidaklah mudah karena kita harus menyesuaikannya dengan kebutuhan kelas. Disamping itu keadaan yang tidak bisa diprediksi membuat guru harus melakukan improvisasi sendiri di kelas. Maka dari itu kita harus pandai-pandai mengolah informasi serta memanfaatkan teknologi yang ada.

Dengan semakin berkembangnya teknologi membuat guru bisa saling berinteraksi dari jarak jauh sekalipun. Berbagai forum diskusi pendidikan online pun sekarang juga sudah banyak ditemukan. Kita bisa saling berdiskusi atau bertukar pikiran dengan teman sesama tenaga pengajar. Sekian artikel yang membahas RPP kelas 4 tema 6 K13 revisi yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *