RPP Kelas 4 Tema 3 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran

RPP Kelas 4 Tema 3 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran – Pada artikel ini kita akan membedah RPP kelas 4 K13 tema 3 dengan pokok bahasan peduli terhadap makhluk hidup. Materi pembelajaran yang ada pada tiap subtema pun juga sudah disesuaikan berdasarkan silabus kelas 4 SD semester 1. Pada akhir pembahasan bapak ibu juga bisa menyimpan gratis RPP kelas 4 tema 3 pada link yang sudah saya sediakan.

RPP Kelas 4 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Semua Subtema dan Pembelajaran – Pada artikel ini kita akan membedah RPP kelas 4 K13 tema 3 dengan pokok bahasan peduli terhadap makhluk hidup. Materi pembelajaran yang ada pada tiap subtema pun juga sudah disesuaikan berdasarkan silabus kelas 4 SD semester 1. Pada akhir pembahasan bapak ibu juga bisa memiliki file RPP kelas 4 tema 3 pada link yang sudah saya sediakan.

RPP kurikulum 2013 terbaru adalah salah satu perangkat ajar yang harus dimiliki bapak ibu guru. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun berdasarkan silabus dan kurikulum yang berlaku. Metode penyusunannya pun bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok dalam satuan ajar di sekolah. Model RPP kelas 4 Kurikulum 2013 revisi terbaru yang sekarang dikembangkan berfokus pada penguatan karakter siswa.

Tujuan utama disusunnya RPP adalah untuk mempermudah proses pembelajaran agar berjalan lebih sistematis. Selain itu dokumen ini juga bisa dijadikan unit kontrol pembelajaran dan monitoring guru sebagai bahan koreksi hasil pembelajaran. Dengan field note yang didapatkan dari hasil monitoring tersebut diharapkan guru bisa menyusun RPP yang lebih baik di kemudian hari.

RPP Kelas 4 Tema 3 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran

Sudah bukan rahasia lagi jika pengembangan RPP K13 berfokus pada penguatan karakter siswa. Melalui metode yang ada didalam rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut diharapkan bisa meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Semua kegiatan yang ada pada RPP kelas 4 tema 3 maupun tema lainnya menggunakan standar high order thinking skill (HOTS). Dengan kata lain siswa diwajibkan mengasah kemampuan berpikir kritis sebagai bentuk penyesuaian pada persaingan abad 21.

Membahas RPP kelas 4 tema 3 K13 revisi terbaru beserta pendalaman materi yang ada di dalamnya
RPP kelas 4 tema 3 kurikulum 2013 revisi terbaru

Pada modul pelatihan K13 revisi terbaru yang diterbitkan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan juga diterangkan bahwa guru diharapkan memiliki kemampuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang inovatif, tidak monoton, berkesan dan mampu menguatkan karakter siswa. Penguatan karater diharapkan tidak hanya sebatas formalitas seperti yang tertulis pada RPP kurikulum 2013 saja melainkan juga bisa diimplementasikan secara alami ketika guru mengajar.

File RPP kelas 4 tema 3

Kelas 4 SD merupakan jenjang pendidikan yang masih belia. Tidak heran jika guru harus mengajarkan ilmu pengetahuan dasar seperti peduli terhadap makhluk hidup sesuai dengan isi RPP kelas 4 K13 tema 3. Hal ini pun sejalan dengan pedoman penyusunan rencana ajar yang diterbitkan oleh kemdikbud. Untuk mendapatkan output maksimal, guru dapat berfokus pada nilai nilai yang relevan sesuai dengan kompetensi dasar (KD).

Bapak ibu guru bisa merumuskan rencana pengembangan karakter siswa dalam tujuan pembelajaran secara eksplisit. Secara simultan, guru bisa menstimulasi penguatan tersebut melalui berbagai kegiatan seperti pendidikan karakter berbasis kelas, berbasis masyarakat, dan berbasis sekolah sesuai dengan rumusan tujuan pada RPP kelas 4 tema 3.

Sebagai referensi perangkat ajar, saya telah menyediakan RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi terbaru tema 3 dengan pokok bahasan peduli terhadap makhluk hidup. File yang akan bapak ibu dapatkan masih berbentuk rar karena didalamnya memuat 3 subtema sekaligus. Sebelum mulai menggunakannya bapak ibu harus mengekstrak file itu terlebih dahulu. Selain itu, bapak ibu juga bisa mengembangkan RPP kelas 4 tema 3 sesuai dengan kebutuhan kelas dan kondisi real pembelajaran.

File RPP kelas 4 tema 3 kurikulum 2013 Revisi

Bapak dan ibu hanya perlu tap tautan diatas untuk menyimpan file RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi. File tersebut akan berisi 3 subtema dengan 6 pembelajaran untuk masing masing subtema. Untuk perinciannya silahkan lihat pada deskripsi di bawah:

  • RPP kelas 4 tema 3 subtema 1 pembelajaran 1 -6.
  • RPP kelas 4 tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 -6.
  • RPP kelas 4 tema 3 subtema 3 pembelajaran 1 -6.

Setelah bapak ibu mendapatkan RPP K13 revisi tersebut lantas apa yang harus dilakukan? Tentu saja membaca dan memahaminya terlebih dahulu. Karena tema 3 memiliki 3 subtema dan 18 pembelajaran tentunya akan sedikit membingungkan. Maka dari itu mempelajarinya secara dini dapat membantu proses implementasi yang dilakukan bapak ibu guru.

Pembahasan tema 3

Memahami materi pembelajaran mulai dari subtema 1, subtema 2, hingga subtema 3 sangatlah penting. Penerapan RPP kelas 4 tema 3 yang dilakukan tanpa dilandasi pemahaman tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karenanya guru perlu mendalami materi serta tujuan yang ingin disampaikan. Tujuannya tidak lain adalah memperkuat landasan teori guru ketika berada di kelas nantinya.

Untuk membantu bapak ibu mendalami materi yang ada pada tema 3. Maka saya akan memberikan sedikit deskripsi singkat serta kiat kiat yang bisa membantu bapak dan ibu dalam menyampaikan materi pembelajaran. Kita akan membaginya menjadi 3 sesi berdasarkan subtema yang ada pada tema 3. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan masing masing tema serta subtema di bawah ini.

RPP kelas 4 tema 3 subtema 1

Dalam kurikulum 2013 revisi ditenkan pendidikan karakter yang mengarahkan siswa agar memiliki akhlak baik di kemudian hari. Peduli terhadap makhluk hidup adalah salah satu yang harus guru ajarkan. Subtema 1 mengandung materi pokok tumbuhan dan hewan di lingkungan rumahku (rumah siswa). Guru bisa menggunakan pendekatan saintifik (saintific approach) dengan metode pembelajaran ceramah, penugasan, dan diskusi yang mengarah pada tanya jawab.

Baca juga: RPP Kelas 4 SD K13 Revisi Semester 1 dan 2 Terbaru

Pada pembelajaran 1 bapak ibu akan menyampaikan materi yang berkaitan tentang IPA. Disini guru bisa mengenalkan berbagai jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan tempat tinggal ataupun sekolah. Dalam pembelajaran tema 3 subtema 1 di RPP kelas 4 K13 tedapat materi tentang padi sebagai tumbuhan serbaguna.

Selain itu bapak ibu bisa mengajarkan struktur makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan. Misalnya saja struktur tumbuhan terdiri dari akar, batang, ranting, dan daun. Selain itu, memperkenalkan ekosistem dimana tumbuhan dan hewan biasa ditemukan juga sangat penting. Contohnya tumbuhan padi sering ditemukan di sawah, Ikan bisa ditemukan di laut, gajah di hutan dan lain sebagainya.

Intinya, pembelajaran RPP kelas 4 tema 3 subtema 1 sangat mudah untuk dielaborasi dan dikembangkan. Harusnya guru bisa dengan mudah menyampaikan materi mengingat luasnya ruang lingkup pembelajaran yang ada.

RPP kelas 4 tema 3 subtema 2

Subtema 2 diberikan setelah siswa mempelajari beragam makhluk hidup yang ada di lingkungan khususnya sekitar rumahnya. Pokok bahasan pada subtema 2 adalah keberagaman makhluk hidup di lingkunganku (lingkungan siswa). Melalui pembelajaran yang ada pada subtema ini siswa diharapkan mampu memahami pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dan melestarikan sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Indikator kesuksesan dari subtema 2 adalah jika siswa mampu mengidentifikasi peran makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) sebagai sumber daya alam beserta dengan pelestarian dan pemanfaatan sumberdaya tersebut.

Dalam RPP kelas 4 tema 3 subtema 2 juga dijelaskan pentingnya mempelajari hubungan antara hewan dengan tempat tinggalnya. Pada poin ini kita bisa menekankan lingkungan dari masing masing makhluk hidup. Misalnya saja cicak sering ditemukan di rumah, kelelawar sering berada di gua, dan lain sebagainya.

Untuk menstimulasi kemampuan berbicara siswa, guru bisa memberikan penugasan dengan metode wawancara. Inti dari kegiatan ini adalah siswa harus mencari narasumber yang bisa menjelaskan lingkungan hidup hewan dan tumbuhan. Selanjutnya dari hasil wawancara siswa harus membuat laporan tertulis sesuai format yang sudah disediakan.

RPP kelas 4 tema 3 subtema 3

Tujuan akhir yang menjadi muara pembelajaran tema 3 sebenarnya terletak pada subtema 3 dengan topik ayo cintai lingkungan. Setelah mengetahui berbagai jenis makhluk hidup beserta perannya dalam ekosistem, siswa diharapkan mampu menjaga lingkungan dan tidak merusaknya. Inilah indikator ketika siswa telah mencintai lingkungan seperti yang telah dirumuskan dalam tujuan subtema 3.

Bapak ibu guru bisa memberikan berbagai contoh bentuk cinta lingkungan sebagai model pembelajaran otentik. Misalnya saja bagaimana cara menjaga lingkungan, bagaimana cara melestarikan sumberdaya alam, dan cara memanfaatkan sumber daya untuk kesejahteraan masyarakat.

Mengajarkan hak dan kewajiban manusia untuk menjaga lingkungan juga sangat penting diajarkan sejak dini. Dengan demikian siswa akan memiliki rasa tanggung jawab dan akan andil dalam upaya pelestarian alam. Materi diatas dapat kita ajarkan pada mata pelajaran PPKN dan IPS.

Menyusun RPP kurikulum 2013

Setelah mendalami materi pembelajaran pada RPP kelas 4 tema 3 diatas. Saatnya bapak ibu guru menyimak berbagai komponen dan prinsip dalam menyusun RPP kurikulum 2013 revisi terbaru sesuai dengan modul pelatihan K13 revisi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meminimalisir segala kesalahan yang muncul ketika kita menyusun RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi.

Sebagai guru kita harus mengembangkan RPP sesuai dengan kondisi real dan kebutuhan kelas. Namun terdapat parameter yang tidak boleh kita lewati. RPP yang disusun dan dikembangkan harus mengacu pada silabus kelas 4 SD yang berlaku, buku guru dan pegangan siswa kelas 4 SD, dan buku teks pelajaran..

Selain itu penguatan karakter peserta didik juga perlu dirumuskan dalam tujuan RPP kelas 4 tema 3 K13 secara eksplisit. Sayangnya masih banyak dari kita yang kebingungan memahami berbagai acuan tersebut. Untuk membantu bapak ibu memahami parameter pengembangan RPP K13 kembali lagi kita harus mempelajari nilai yang ada di dalamnya. Adapun nilai nilai yang harus kita kembangkan dari dalam diri siswa antara lain adalah:

  • Religius: Nilai yang berkaitan dengan kepercayaan siswa terhadap Tuhan yang maha Esa. Indikator dari nilai ini adalah ketika siswa taat beribadah, selalu bersyukur, jujur, dan memanjatkan doa setiap kegiatan.
  • Nasionalisme: Nilai kedua berkaitan dengan perasaan cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa, menghormati perbedaan antar ras, dan taat terhadap segala tata aturan.
  • Gotong royong: Salah satu nilai sosial yang wajib dimiliki siswa adalah kesadaran membantu sesama (Gotong royong). Indikator tercapainya nilai ini adalah ketika siswa mampu bekerja sama dengan baik, memberikan pertolongan pada yang membutuhkan, peduli terhadap lingkungan, dan memiliki rasa toleransi tinggi.
  • Kemandirian: Sifat mandiri adalah salah satu nilai yang tidak kalah penting selain gotong royong. Melalui sifat mandiri inilah siswa tidak akan memiliki rasa ketergantungan dan mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.
  • Integritas: Menumbuhkan integritas pada diri siswa adalah hal yang harus diajarkan oleh bapak ibu guru. Melalui nilai ini siswa akan belajar bertanggung jawab, disiplin, memiliki komitmen keras, dan santun.

Pedoman penyusunan RPP K13

Hanya karena kita diberikan berbagai kemudahan dalam menyusun perangkat ajar, tidak berarti kita bisa menyusun seenaknya. Kita harus menggunakan pedoman penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang diterbitkan oleh pemerintah. Pada buku pedoman tersebut tertulis beberapa acuan kurikulum 2013 yang harus digaris bawahi.

Selain mengacu pada nilai nilai diatas, guru juga harus berpedoman pada prinsip pengembangan RPP Kurikulum 2013 revisi. Setiap mekanisme pembelajaran yang tercantum dalam RPP kelas 4 tema 3 Kurikulum 2013 harus mencakup beberapa aspek yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan silabus kelas 4 SD K13 yang berlaku, RPP yang dikembangkan guru harus memperhatikan beberapa prinsip antara lain:

  • Pembelajaran PPK (pendidikan karakter) berbasis kelas, budaya, dan masyarakat yang bersinergi dengan literasi, pengetahuan abad 21, dan high order thinking skill (HOTS).
  • Pembelajaran yang berfokus pada siswa (Student centered learning).
  • Materi pembelajaran yang sinkron dengan KD dan KI.
  • Mendukung terciptanya pembelajaran tematik lintas mata pelajaran, aspek pembelajaran, dan keberagaman.
  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara sistematis, terintegritas, dan efektif.
  • Mendukung terjadinya pembelajaran yang interaktif. Memberikan siswa kesempatan untuk berdiskusi bersama guru melalui umpan balik dan tanya jawab.
  • Mendukung terciptanya pembelajaran yang inovatif yang mempu memotivasi siswa agar belajar penuh semangat.

Kita memang diberikan kesempatan untuk mengembangkan rencana pembelajaran. Jika kita menggabungkan penggunaan teknologi dalam metode mengajar akan menciptakan sinergi baru di bidang pendidikan. Dengan demikian siswa pun juga tidak akan bosan mengikuti pembelajaran yang kita berikan. Hal ini pun didukung oleh menteri pendidikan yang menyatakan sinergitas teknologi abad 21.

Nah itulah sedikit pembahasan RPP kelas 4 tema 3 K13 revisi mulai dari subtema 1, subtema 2, dan subtema 3. Sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai guru untuk mengembangkan RPP kurikulum 2013 meskipun prosesnya tidaklah mudah. Dengan terciptanya forum guru melalui website ini diharapkan bisa menjadi wadah bapak ibu untuk sharing pengalaman mengajar khususnya dalam mengembangkan RPP k13 revisi yang saat ini kita terapkan. Jikta terdapat pertanyaan, kritik, saran, dan koreksi tentang RPP kelas 4 K13 tema 3 yang saya sampaikan diatas silahkan cantumkan melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here