RPP Kelas 4 Tema 2 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran

RPP Kelas 4 Tema 2 K13 Revisi Terbaru Semua Subtema dan Pembelajaran – Pada artikel ini kita akan membahas RPP kelas 4 SD tema 2 dan mendalami materi ajar di setiap subtemanya. RPP menjadi salah satu perangkat ajar yang wajib dimiliki oleh guru kelas. Tanpa RPP pembelajaran tidak akan terkontrol dengan baik. Pentingnya guru menggunakan RPP K13 revisi juga telah diatur dalam permendikbud nomor 32 tahun 2013. Peraturan tersebut sedikit banyak mengatur penggunaan RPP kelas 4 tema 2 Kurikulum 2013 dalam setiap pembelajaran.

Tujuan dibuatnya RPP kelas 4 K13 adalah untuk mempermudah proses pembelajaran. Melalui urutan rencana tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa, memunculkan pembelajaran interaktif, menyenangkan, dan lebih efisien tanpa meninggalkan kearifan lokal. Dengan menerapkan kurikulum 2013 dalam pembuatan RPP K13 untuk kelas 4 diharapkan siswa mampu mengembangkan potensi dirinya lebih baik lagi. Selain itu diharapkan pula guru mampu mengembangkan metode belajar baru yang mampu mengakomodasi tujuan diatas.

Terdapat banyak sekali RPP kelas 4 tema 2 dengan beragam metode serta pendekatan pembelajaran. Mulai dari metode saintifik learning, discovery learning, hingga yang paling klasik yakni metode ceramah. Dalam menyusun RPP kelas 4 kita para guru harus mengikuti silabus dan kurikurum terbaru. Materi pelajarannya pun juga dibagi menjadi subtema 1, subtema 2, dan subtema 3. Dan sama seperti struktur rencana pelaksanaan pembelajaran pada umumnya setiap subtema memiliki 6 pembelajaran.

RPP Kelas 4 Tema 2 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran

RPP atau dalam bahasa inggris juga disebut sebagai lesson plan bisa dibilang sebagai rencana pembelajaran yang didalamnya memuat detail kegiatan. Susunan kegiatan mengajar selalu dimulai dari pembukaan (Apresepsi), menuju ke inti pembelajaran, hingga penutup. Nah dokumen yang wajib dimiliki guru ini tidak sembarangan bisa disusun begitu saja. Standar penyusunan RPP dibuat berdasarkan silabus yang diterbitkan oleh dinas pendidikan dengan tujuan untuk memenuhi kompetensi dasar (KD).

Membahas pendalaman materi yang ada pada RPP kelas 4 tema 2 semua subtema dan pembelajaran
RPP kelas 4 SD tema 2 semua subtema dan pembelajaran kurikulum 2013 revisi

Selain kemampuan guru dalam menyusun RPP kelas 4 tema 2 subtema 1, 2, dan 3 terdapat berbagai faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Salah satunya adalah penerapan dari RPP itu sendiri apakah sudah sesuai prosedur tertulis atau belum. Rencana yang sudah dibuat sedemikian rupa akan kacau kalau kita tidak menerapkannya di dalam kelas. Begitu juga sebaliknya, jika kita mengajar tanpa RPP ibarat kita berperang tanpa membawa senjata.

RPP dapat dikembangkan secara individu maupun berkelompok di lingkup sekolah/madrasah. Penanggung jawab yang mengkordinasi sekaligus memfasilitasi guru dalam mengembangkan RPP kurikulum 2013 adalah kepala sekolah. Budaya literasi, High order thinking skill (HOTS), dan keterampilan abad 21 pun menjadi tolak ukur model RPP yang harus dibuat. Jika membayangkan berbagai faktor diatas tentunya menyusun serta mengembangkan rencana ajar tidaklah mudah.

File RPP kelas 4 tema 2

Namun berkat perkembangan jaman yang semakin maju membuat kita lebih mudah mengakses informasi. Dengan adanya internet kita bisa saling terhubung dan mendapatkan berbagai referensi terkait metode pembelajaran. Singkatnya, kita bisa menyimpan RPP K13 untuk kelas 4 SD lewat internet. Namun ketika memilih mencari file rencana ajar di internet kita perlu memperhatikan beberapa hal.

Memberikan penguatan karakter ketika siswa masih berusia belia memang sangat penting. Dengan demikian diharapkan siswa akan memiliki karakter dan daya saing yang kuat untuk menghadapi persaingan abad 21. Untuk hasil pembelajaran yang optimal, guru harus memberikan penguatan karakter sembari mengajarkan ilmu alamiah dasar dengan fokus mencapai tujuan setiap kompetensi dasar (KD).

Baca juga: RPP Kelas 4 SD K13 Revisi Semester 1 dan 2 Terbaru

Bapak dan ibu guru bisa mendapatkan RPP kelas 4 SD tema 2 subtema 1, 2 dan 3 dengan mudah. Di era modern seperti saat ini sudah banyak referensi yang menyediakan RPP kurikulum 2013 revisi. Selain mengunduhnya lewat situs resmi pemerintah, guru juga bisa simpan RPP kelas 4 k13 tema 2 semua subtema di situs ini. Caranya pun cukup mudah, bapak ibu guru hanya perlu tap tautan yang sudah saya sediakan di bawah ini.

File RPP Kelas 4 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Karena file berbentuk Rar maka bapak ibu perlu mengekstraknya terlebih dahulu. Barulah Rencana pelaksanaan pembelajaran kelas 4 kurikulum 2013 bisa dipakai. Nah apa saja yang ada dalam paket diatas? Tentu saja RPP kelas 4 tema dua semua subtema dan pembelajaran. Untuk detil pembagian yang lebih jelas silahkan simak di bawah ini:

  • RPP kelas 4 K13 tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 – 6.
  • RPP kelas 4 SD tema 2 subtema 2 pembelajaran 1 – 6.
  • RPP kelas 4 tema 2 subtema 3 pembelajaran 1 – 6.

Seperti yang sudah saya terangkan sebelumnya, selain RPP yang sesuai dengan silabus dan kurikulum terdapat poin penting yang menjadi faktor kesuksesan pelajaran. Tidak lain adalah cara guru mengimplementasikan dan mengikuti urutan kegiatan yang ada pada RPP. Sayangnya kenyataan di lapangan terkadang berbanding terbalik dengan apa yang ditulis. Banyak guru yang kurang bisa mengikuti alur rpp kelas 4 SD tersebut dan akhirnya kelas menjadi tidak terkontrol.

Pembahasan semua subtema

Kita memerlukan strategi yang lebih matang dalam mengajar di kelas. Hal ini disebabkan karena situasi kelas yang sulit diprediksi. Ditambah lagi kita harus menghadapi karakter siswa yang majemuk atau bermacam macam. Untuk itu bapak ibu guru perlu mendalami materi yang ingin disampaikan agar nantinya hasil pelajaran tidak menyimpang dari RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi yang sudah kita rancang.

Maka dari itu dalam sesi kali ini saya akan membahas sedikit tentang subtema dan pembelajaran yang ada di tema 2 RPP kelas 4 K13 tersebut. Dengan demikian kita akan memiliki bekal lebih baik untuk mewujudkan tujuan pengembangan karakter yang ada di RPP. Adapun materi yang diangkat pada tema 2 adalah selalu berhemat energi dan tentunya subtema pembelajarannya tidak melenceng jauh dari sana.

RPP kelas 4 tema 2 subtema 1

Pentingnya mempelajari sumber energi baik itu alam maupun buatan tertuang dalam subtema 1 RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi tema 2. Materi pembelajaran pada subtema 1 biasanya didominasi dengan pengenalan sumber energi. Misalnya saja bapak ibu guru bisa mengenalkan matahari sebagai salah satu sumber energi terbesar yang diperlukan umat manusia. Energi panas dari matahari tersebut bisa disalurkan atau diubah menjadi energi listrik yang akhirnya akan mengalir ke rumah rumah.

Baca juga: RPP kelas 4 Tema 1 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran

Bapak ibu guru juga bisa mengajak para siswa untuk praktek dengan cara membuat kincir angin sesuai dengan pembelajaran di RPP kelas 4 tema 2 subtema 1 tersebut. Dengan demikian siswa akan belajar bagaimana cara membuat energi alternatif serta belajar berbagai jenis energi alam yang bisa dimanfaatkan. Kegiatan diatas juga cocok untuk dijadikan project kelas dengan deadline 2 kali pertemuan jika ingin lebih efektif.

Selain mengajarkan beragam sumber energi, guru juga harus bisa menanamkan sifat berhemat energi agar kompetensi dasar tercapai. Kita bisa mengambil berbagai model untuk membantu siswa memahami konsep energi. Memang tidak mudah mengajarkan berbagai hal dalam satu waktu. Namun kita semua harus yakin dan tetap optimis.

RPP kelas 4 tema 2 subtema 2

Belajar memanfaatkan energi dengan baik juga sama pentingnya seperti mengatahui asal dari energi tersebut. Maka dari itu subtema 2 pada RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi mengajarkan siswa agar menggunakan energi yang sudah didapatkan secara efisien. Bapak ibu guru bisa mengajarkan manfaat energi dengan mengambil contoh umum yang ada di sekitar kelas atau lingkungan rumah. Pada siswa pasti akan terstimulasi dan bisa memahaminya dengan baik karena setiap hari kita selalu berinteraksi dengan energi tersebut.

Mengajarkan siswa untuk selalu berhemat serta memanfaatkan sumber energi merupakan bentuk pendidikan karakter. Pasalnya siswa dapat berpikir logis tentang asal mula dan pemanfaatan energi tersebut. Materi tentang energi yang ada di tema 2 juga mengandung HOTS (high order thinking skill). Dengan demikian siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir mereka menjadi lebih kritis.

Misalnya saja kita bisa mengajarkan siswa manfaat dari energi panas matahari untuk mengeringkan baju, membuat PLTS, dan lain sebagainya. Atau cara paling simpel bapak ibu guru bisa menanyai siswa manfaat listrik sebagai salah satu bentuk energi. Pada intinya terdapat banyak sekali cara menstimulasi siswa mempelajari manfaat energi. Segera setelah mereka memahami betul sumber dan manfaat energi maka kita bisa menarik mereka ke pembahasan yang lebih dalam yakni masuk ke subtema 3.

RPP kelas 4 tema 2 subtema 3

Energi alternatif menjadi muara dari tema 2 yang terdapat pada rpp kelas 4 semester 1. Untuk menarik minat belajar siswa, kita bisa menggunakan metode project based learning (PBL). Misalnya saja praktek membuat layang layang. Ataupun kita bisa melakukan kegiatan praktek yang berhubungan dengan energi.

Trik lain yang bisa digunakan guru dalam menyampaikan nilai pendidikan karakter di subtema 3 adalah dengan mengubah metode mengajar. Guru bisa membuat sebuah forum diskusi kecil antar siswa sebagai permulaan. Selain itu kita bisa menggunakan sistem penugasan berbasis proyek. Dengan catatan proyek kelas tersebut dikerjakan secara berkelompok dan diberi deadline sesuai dengan porsi mata pelajaran itu sendiri.

Pada kegiatan pembelajaran di subtema 3 dijelaskan bahwa jeruk nipis bisa digunakan sebagai sumber energi alternatif pengganti listrik. Nah, guru bisa meminta siswa untuk bekerja berkelompok dan membuat prakarya seperti diatas. Kita tinggal mengikuti langkah langkah pembelajaran yang ada pada RPP kelas 4 tema 2 subtema 3 tersebut.

Menyusun RPP Kurikulum 2013

Mencoba mengembangkan bahkan membuat RPP merupakan pekerjaan yang sulit. Hanya guru berdedikasi tinggi saja yang mampu melakukanya. Faktanya yang membuat RPP sulit dibuat adalah karena perangkat ajar yang berbentuk dokumen ini harus sesuai dengan silabus dan kurikulum yang berlaku. Namun sekali lagi kita tertolong berkat arus perkembangan jaman. Sekarang guru bisa saling bertukar pikiran tentang tata cara mengembangkan RPP berdasarkan silabus melalui forum guru online. Hal inipun bersinergi dengan harapan menteri pendidikan yang mendukung pembelajaran berbasis teknologi.

Pada sesi sebelumnya sudah saya terangkan bahwa kurikulum 2013 revisi yang kita pakai saat ini lebih menekankan pada membangun karakter siswa yang terintegrasi dengan literasi, pengetahuan abad 21, dan kemampuan berpikir kritis. Dengan segala kriteria tersebut tentu menyulitkan kita untuk mengembangkan RPP kelas 4 tema 2 diatas. Namun bapak ibu guru tidak perlu khawatir karena saya akan memberikan tolak ukur yang menjadi patokan standar RPP. Untuk lebih jelasnya silahkan simak detailnya di bawah ini:

  • Religius: Pertama, RPP yang dikembangkan harus mengandung nilai religius. Ini merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi karena mengajarkan siswa menjadi manusia yang bertaqwa pada Tuhan yang maha Esa, selalu bersyukur, taat beribadah, dan selalu mengawali sesuatu dengan doa.
  • Nasionalisme: Disamping mengimani Tuhan yang maha Esa, siswa perlu menumbuhkan rasa nasionalisme. Maksudnya adalah cinta tanah air, memiliki toleransi tinggi, rela berkorban, cinta damai, dan taat hukum.
  • Integritas: Mengarahkan siswa untuk memiliki sifat jujur, berani, santun, bertanggung jawab, rendah hati, dan anti korupsi.
  • Gotongroyong: Diharapkan siswa mampu bekerjasama dalam memecahkan permasalahan, rela menolong, dan aktif dalam setiap kegiatan.

Pedoman pengembangan RPP

Apa pentingnya memahami pedoman dalam mengembangkan RPP kelas 4 tema 2 k13? hal ini tentu saja sangat penting. Setiap hal yang dijalankan oleh unit satuan ajar selalu memiliki protokol dan standar operasional. Melalui standar inilah tujuan pembelajaran berbasis penguatan karakter dapat diwujudkan.

Ketika guru diharuskan mengembangkan RPP maka kita harus berpedoman pada 5 faktor diatas. Namun satu poin yang perlu digaris bawahi adalah mempertimbangkan kualitas pembelajaran yang dihantarkan. Apakah setiap kegiatan dan prosedurnya sudah sesuai standar ataukah belum. Nah untuk memahaminya kita perlu melihat kembali buku pedoman penyusunan RPP yang diterbitkan oleh dinas terkait. Jika isi serta tujuan RPP kelas 4 tema 2 sudah sesuai dengan pedoman maka kita hanya perlu menyesuaikan isinya saja. Sekilas kita akan menjumpai beberapa kiat pengembangan dalam pedoman tersebut, diantaranya adalah:

  • Rencana pembelajaran harus disusun berdasarkan pendidikan berbasis karakter.
  • Bahan ajar yang disampaikan haruslah mengandung pengetahuan abad 21 serta bersifat menguatkan karakter peserta didik.
  • Sekolah khususnya kelas harus megembangkan budaya membaca.
  • Seluruh pembelajaran berfokus pada siswa (student centered learning). Dengan demikian guru tidak boleh menggunakan metode mengajar berbasis ceramah.
  • Guru harus menciptakan aktivitas dalam kelas yang inovatif sehingga siswa menjadi antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
  • Menciptakan ruang diskusi, bertanya, berpikir, dan mengemukakan pendapat ketika mengajar.
  • Menciptakan sinergi pembelajaran berbasis teknologi.

Kita tidak bisa memprediksi apakah rencana yang disusun akan berjalan sesuai harapan atau tidak. Terkadang seluruh rancangan yang sudah kita susun dalam RPP tidak akan terealisasikan dengan baik dan kita harus memakluminya. Mengapa demikian? Karena keadaan dilapangan tidak bisa diprediksi dengan tepat. Hal ini pun membuat sifat RPP menjadi fleksibel, ketika pembelajaran tidak sesuai rencana kita bisa melakukan improvisasi.

Nah itulah artikel yang sedikit banyak membahas tentang RPP kelas 4 tema 2 semua subtema dan pembelajaran. Semoga dokumen diatas bisa membantu bapak ibu guru dalam mengajar dan mengembangkan kelas. Melalui forum pendidikan ini diharapkan bisa menjembatani guru untuk saling bertukar pikiran dan bertukar pengalaman. Jika terdapat pertanyaan seputar RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi terbaru silahkan ajukan melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here