RPP kelas 4 Tema 1 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran

RPP kelas 4 Tema 1 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran – Artikel ini akan membedah seluruh pembelajaran yang ada pada tema 1 RPP kelas 4 semester 1. Rencana pelaksanaan pembelajaran atau bisa disebut lesson plan adalah salah satu perangkat ajar yang wajib dimiliki oleh guru kelas. Melalui RPP inilah guru bisa mengarahkan kondusifitas kelas sebagaimana mestinya. Bisa dibilang RPP kelas 4 K13 revisi tersebut berfungsi seperti protocol (aturan dasar) yang berisi langkah langkah dalam pembelajaran.

Semua mata pelajaran baik itu matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, Ipa, dan PKN memiliki RPP yang disusun sesuai silabus yang berlaku. Begitu juga dengan RPP kelas 4 tema 1 subtema 1, 2, dan 3 serta pembelajaran di dalamnya berlandaskan silabus dan kurikulum 2013. Sebagai guru pun kita juga harus mengerti betul tentang fungsi dari rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut.

Sebenarnya apa fungsi rencana pelaksanaan pembelajaran jika dilihat dari sudut pandang guru? banyak sekali. Selain Berfungsi sebagai unit kontrol dan mempermudah alur pembelajaran RPP K13 juga berfungsi sebagai sistem monitoring aktif. Maksudnya adalah melalui berbagai kegiatan yang tercantum pada RPP kelas 4 tema 1 tersebut guru bisa mengamati setiap program pembelajaran. Dengan demikian data pembelajaran bisa dijadikan acuan kerangka kerja nantinya.

RPP kelas 4 Tema 1 K13 Revisi Semua Subtema dan Pembelajaran

Pada umumnya satu RPP hanya berisi satu mata pelajaran saja misalnya RPP matematika, RPP bahasa indonesia, RPP PAI, dan lain sebagainya. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk jenjang sekolah dasar (SD) karena semua mapel merangkap dalam satu RPP. Untuk mengatasi chaos of order akhirnya pemerintah mengelompokan mata pelajaran dalam rumpun tema, subtema dan pembelajaran dalam RPP kelas 4 kurikulum 2013.

Membahas pendalaman materi yang ada pada RPP kelas 4 tema 1 semua subtema
RPP kurikulum 2013 revisi untuk kelas 4 tema 1

Di era serba modern seperti saat ini kita telah dimudahkan untuk mengakses berbagai informasi. Melalui internet guru bisa mencari materi serta rencana ajar (RPP) yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini pun sejalan dengan pesan dari menteri pendidikan yang mendukung sinergitas antara pendidik dan penggunaan teknologi. Akantetapi kita juga harus tetap mengingat bahwa segala informasi serta data yang didapat melalui internet tetap harus disortir keabsahannya.

Menyusun RPP K13 revisi yang sesuai dengan silabus memang tidak mudah. Karena kita harus membuat beberapa penyesuaian berdasarkan silabus kelas 4 SD yang berlaku saat ini. Maka dari itu pemerintah sekalipun memberikan referensi untuk mendapatkan RPP kelas 4 tema 1 semua subtema dan pembelajaran tersebut. Setelah kita mendapatkan RPP kurikulum 2013 tersebut barulah kita bisa mengembangkannya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kelas.

File RPP kelas 4 tema 1 kurikulum 2013

Pada dasarnya kita bisa mencari referensi rencana pelaksanaan pembelajaran dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan bergabung ke ikatan guru setempat maupun mencarinya langsung di situs pemerintah. Alternatif lainnya kita bisa mengembangkan sendiri rencana pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kita. Lagipula dinas terkait (kemendikbud) juga selalu menyediakan buku pedoman yang didalamnya berisi panduan membuat RPP K13 revisi yang benar.

Baca juga: RPP Kelas 4 SD K13 Revisi Semester 1 dan 2 Terbaru

Untuk bapak ibu guru yang sedang kebingungan mencari referensi RPP K13 untuk kelas 4 tema 1 dengan subtema 1, 2, dan 3 tidak perlu risau. Saya telah merangkumnya menjadi satu dan anda bisa simpan RPP kelas 4 tema 1 semua subtema tersebut. Caranya cukup mudah, silahkan tap link yang tersedia dan bapak ibu semua akan diarahkan menuju halaman baru dimana anda bisa menyimpan file RPP tersebut. Isi dari RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi yang kami rangkum antara lain adalah:

  • RPP K13 kelas 4 tema 1 subtema 1 : pembelajaran 1 sampai 6.
  • RPP K13 revisi kelas 4 tema 1 subtema 2 : pembelajaran 1 sampai 6.
  • RPP kelas 4 K13 revisi tema 1 subtema 3 : pembelajaran 1 sampai 6.

File RPP Kelas 4 Tema 1 Semua Subtema dan Pembelajaran

Format file RPP tersebut masih berbentuk rar, maka dari itu bapak ibu guru harus mengekstraknya terlebih dahulu. Barulah RPP kurikulum 2013 revisi diatas bisa dipakai bahkan kita modifikasi sesuai kebutuhan. Selain menyediakan kumpulan RPP kelas 4 kurikulum 2013 revisi terbaru diatas saya juga telah membuat sedikit ulasan tentang materi yang ada pada setiap tema dan subtema.

Pembahasan semua subtema

Memahami materi yang akan disampaikan kepada peserta didik sama pentingnya seperti menyampaikan tujuan pembangunan karakter. Banyak guru yang masih bingung bagaimana cara menyampaikan materi ajar dan mencapai tujuan pembelajaran secara bersamaan. Padahal jika kita menggunakan metode serta pendekatan yang benar maka kedua hal itu bisa kita raih dengan sangat mudah.

Tentunya ulasan yang saya buat di bawah ini bisa membantu bapak ibu semua dalam memahami poin poin yang terdapat dalam RPP. Selain itu ulasan juga dibuat dengan tujuan sebagai ilustrasi seperti apakah materi yang akan bapak ibu guru ajarkan kepada siswa SD kelas 4 tersebut. Nah apakah anda penasaran dengan isi setiap subtema dalam RPP kelas 4 K13 tema 1 diatas? Silahkan simak ulasan di bawah ini.

RPP kelas 4 tema 1 subtema 1

Tema 1 dalam RPP k13 kelas 4 SD tersebut berbunyi “Indahnya kebersamaan” sedangkan subtema 1 membahas tentang keberagaman budaya bangsaku. Setiap pembelajaran yang ada pada sesi ini tentu tidak melenceng jauh dari tema ataupun subtema 1 tersebut. Dalam sesi inilah guru memberikan penekanan tentang pendidikan karakter. Dengan demikian siswa diharapkan memiliki nilai nasionalisme yang lebih tinggi. Hal tersebut ditandai dengan sifat toleransi dan saling menghormati perbedaan budaya di Indonesia.

Apakah kita boleh mengutarakan tujuan pembelajaran secara tersirat kepada siswa? tentu saja boleh. Namun seperti yang kita ketahui siswa kelas 4 SD pikirannya belum terlalu matang untuk memproses sebuah makna. Oleh karena itu kita memerlukan pendekatan lain agar maksud dan tujuan penguatan karakter dapat tercapai. Bagaimana caranya? tentu saja melalui serangkaian kegiatan serta penjelasan dalam pelajaran yang mampu mengarahkan siswa pada tujuan itu sendiri.

Meskipun mata palejaran pada RPP kelas 4 tema 1 subtema 1 ini adalah bahasa indonesia, matematika, IPA, IPS ataupun PKN guru harus tetap memberikan pendidikan karakter. Bapak ibu guru bisa memberikan penugasan yang bersifat kolaboratif dan menstimulasi kemampuan siswa untuk berfikir kritis. Guru kelas bisa menggunakan berbagai sumber rujukan sebagai bahan materi. Contohnya saja buku pegangan siswa, buku siswa tematik, serta berbagai benda otentik yang berkaitan dengan pembelajaran.

RPP kelas 4 tema 1 subtema 2

Bunyi subtema 2 dalam RPP kurikulum 2013 kelas 4 SD tema 1 adalah tentang kebersamaan dalam keberagaman. Disini guru dituntut benar benar mengarahkan siswa untuk menumbuhkan sifat toleransi dan menghargai perbedaan yang ada di lingkungan mereka. Hal ini tentu sesuai dengan subtema yang diajarkan yakni meskipun berbeda beda namun kita tetap bersama karena satu bangsa. Setelah siswa diberikan pendidikan karakter tersebut diharapkan mereka mampu menjaga keutuhan NKRI meskipun masih dalam lingkup kecil.

Menyisipkan nilai pendidikan karakter pada setiap mata pelajaran merupakan strategi terbaik mengembangkan karakter peserta didik. Bapak ibu guru bisa mengimplementasikan pendidikan karakter sesuai dengan RPP kelas 4 kurikulum 2013 tema 1 subtema 2 dalam pembelajaran IPS, PKN, dan bahasa indonesia yang notabennya berkaitan dengan ilmu sosial dan nasionalisme. Meskipun juga tidak menutup kemungkinan bisa diajarkan pula pada pelajaran kesenian dan ipa seperti mengenalkan siswa berbagai alat musik adat dari setiap daerah.

Bahan ajar dengan kategori HOTS atau high order thinking skill juga perlu diberikan kepada siswa. Pasalnya kemampuan berpikir kritis telah dirumuskan pada setiap RPP dengan kurikulum 2013. Maka dari itu guru perlu menemukan metode pembelajaran serta pendekatan mengajar yang sesuai. Misalnya saja mengganti metode ceramah dengan kelas diskusi. Hal tersebut akan membuka pintu menuju pembelajaran yang lebih interaktif.

RPP kelas 4 tema 1 subtema 3

Bersyukur atas keberagaman menjadi nilai utama yang harus diajarkan pada subtema terakhir ini. Hal ini sejalan dengan subtema sebelumnya dan merupakan tujuan terakhir yang harus dicapai dalam pembelajaran. Setelah siswa mempelajari berbagai perbedaan dan saling menghormati kebudayaan maka tibalah saatnya mereka harus bersyukur atas segala perbedaan tersebut. Guru bisa mengajarkan banyak hal tentang subtema yang satu ini.

Sebagai indikator keberhasilan bapak ibu guru bisa memberikan penugasan seperti menjelaskan sikap menghargai makanan tradisional antar suku, ataupun menjelaskan berbagai adat istiadat yang berlaku di lingkungan sekitar. Metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk mendukung keberhasilan penyampaian nilai nilai dalam RPP kelas 4 tema 1 kurikulum 2013 subtema 3 adalah saintifik learning dan discovery leraning, selain itu bapak ibu guru juga bisa menggunakan metode ceramah ataupun penugasan sebagai kegiatan akhirnya.

Selain rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut saya juga telah menyediakan rangkuman proyek kelas yang didalamnya berisi berbagai kegiatan termasuk kumpulan soal hingga tugas untuk siswa. Semua perangkat dan materi pembelajaran pun juga sudah saya rangkum dalam RPP kelas 4 K13 revisi tema 1 semua subtema diatas.

Menyusun RPP K13 revisi

Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran perlu dilakukan karena sifat pendidikan yang bisa dikatakan tidak menentu. Maksudnya adalah terkadang realita tidak sesuai dengan apa yang digambarkan pada RPP. Hal ini adalah kejadian yang mutlak dan semua guru pasti pernah merasakannya. Lantas bagaimana kita mengantisipasinya? mudah saja. Kita bisa melakukan improvisasi serta memperhatikan kondisi kelas yang sedang kita ampu.

Melihat berbagai masalah diatas guru perlu melakukan penyesuaian pada RPP yang dipakai untuk mengajar. Namun dalam menyesuaikan RPP kelas 4 K13 harus memperhatikan beberapa faktor. Faktor inilah yang menjadi patokan utama pengembangan RPP pada buku pedoman kemendikbud.

Guru tidak boleh melewatkan beberapa elemen utama yang seharusnya dirumuskan sebagai tujuan pendidikan karakter. Pada sesi ini kita akan mempelajari berbagai tips mengembangkan RPP sesuai dengan kurikulum 2013 revisi terbaru dan silabus kelas 4 SD. Sebagai patokan, RPP kelas 4 tema 1 K13 disusun berdasarkan nilai nilai luhur yang telah dirumuskan dalam buku pedoman guru. Adapun nilai yang harus tercover dalam RPP adalah:

  • Religius: Mempercayai atau mengimani Allah menjadi nilai utama yang bisa membangun karakter siswa. Melalui nilai religius ini siswa akan memiliki akhlak yang baik, jujur, senantiasa bersyukur dan beribadah.
  • Integritas: Integritas menjadi poin penting dalam pendidikan karakter berbasis kelas. Peningkatan integritas siswa dapat ditandai dengan sifat konsisten mereka ketika mengerjakan tugas. Selain itu sifat integritas juga akan menstimulasi rasa tanggung jawab siswa, komitmen, dan memotivasi mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Nasionalisme: nasionalisme sangat erat kaitannya dengan rasa cinta tanah air. Hampir di semua tema RPP kelas 4 mengandung nilai nasionalisme.
  • Mandiri: Memiliki sifat mandiri dan tidak bergantung pada orang lain sangat penting diajarkan dalam pengembangan karakter peserta didik. Sifat mandiri bisa menstimulasi nilai nilai lainnya secara simultan.
  • Gotongroyong: Nilai ini sama pentingnya seperti kemandirian. Dengan memiliki rasa ini siswa akan mengerti tanggung jawabnya sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan.

Pedoman Penyusunan RPP

Dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran memang harus berlandaskan 5 nilai di atas. Namun hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan oleh bapak ibu guru adalah mempertimbangkan kualitas pembelajaran. Hendaknya guru memperhatikan buku pedoman pembuatan RPP yang telah diterbitkan dinas pendidikan. Pada pedoman tersebut kita akan menjumpai kiat kiat dalam mengembangkan rencana pembelajaran, misalnya saja:

  • Rencana disusun berdasarkan pendidikan karakter berbasis kelas, budaya, sekolah, dan masyarakat.
  • Bahan ajar harus mengandung pengetahuan abad 21 yang mampu meningkatkan pengetahuan siswa.
  • Kelas diwajibkan mengembangkan budaya literasi (budaya membaca dan menambah pengetahuan).
  • Meninggalkan teacher centered, dan beralih ke metode student centered learning. Maksudnya adalah seluruh pembelajaran berfokus pada siswa.
  • Aktivitas yang dikembangkan harus inovatif sehingga dapat memotivasi siswa untuk mengikuti proses KBM.
  • Menciptakan ruang bagi siswa untuk berdiskusi, berpikir, dan mengemukakan pendapat.

Rencana pembelajaran memang bersifat fleksibel namun tetap mengikat. Sebagai guru kita diwajibkan untuk menyertakan RPP dalam setiap pembelajaran yang dihantarkan kepada siswa. Namun kita diberikan kebebasan untuk memodifikasi RPP kelas 4 tema 1 sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kelas saat itu. Sayangnya masih banyak bapak ibu guru yang merasa kesulitan dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis pengembangan karakter diatas. Dengan membaca artikel diatas diharapkan kita bisa mempelajari kiat-kiat serta tips dalam menghantarkan materi pelajaran.

Demikianlah artikel yang sedikit banyak memuat informasi tentang RPP kurikulum 2013 revisi untuk kelas 4 SD (sekolah dasar) yang dapat saya sampaikan. Jika terdapat RPP kelas 4 tema 1 kurikulum 2013 revisi terbaru yang dikeluarkan pemerintah atau dinas pendidikan maka saya akan melakukan update pada artikel ini. Maka dari itu silahkan follow situs pendidikan ini untuk mendapatkan berita terbaru seputar perangkat pembelajaran, materi, silabus serta RPP terbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here