RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 8 Semester 1 (Ganjil)

RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 8 Semester 1 (Ganjil) – Rencana pelaksanaan pembelajaran format 1 lembar merupakan buah pemikiran menteri pendidikan Nadiem Makarim. Melalui surat edaran permendikbud no 14 tahun 2019 kini guru tidak perlu lagi menyusun RPP panjang lebar hingga berlembar-lembar. Pasalnya, dokumen yang masuk dalam kategori perangkat pembelajaran tersebut boleh disederhanakan bahkan menjadi 1 lembar saja. Maka dari itu, bapak ibu sebaiknya menggunakan RPP seni budaya kelas 8 format 1 lembar untuk mengajar di semester ganjil.

Seni budaya menjadi salah satu mapel kompleks yang harus dikuasai siswa. Mata pelajaran ini menuntut siswa untuk memahami kesenian dan budaya nusantara baik secara teori maupun praktek. Meskipun memiliki cakupan materi yang luas, namun pada kenyataanya siswa sangat menyukai setiap pembelajaran yang disampaikan. Maka dari itu, dalam RPP 1 lembar seni budaya kelas 8 guru perlu menggunakan beberapa pendekatan dan strategi menarik.

RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 8 Semester 1 (Ganjil)

Seiring perkembangan jaman, akses informasi pun sangat mudah dijangkau. Sekarang, bapak ibu bahkan bisa mencari contoh RPP seni budaya semester ganjil dengan format kurikulum 2013 dari rumah. Alternatif lain, kita bisa menyusun sendiri RPP seni budaya K13 sesuai dengan buku saku RPP 1 lembar. Dilain sisi, mata pelajaran kesenian budaya dan daerah menjadi salah satu mapel yang memerlukan perencanaan dalam proses pembelajaran.

Dalam artikel kali ini saya akan membagikan contoh RPP 1 lembar seni budaya kelas 8 untuk semester 1 (ganjil). Rencana ajar yang akan saya bagikan sudah mengikuti format kurikulum 2013 atau K13 revisi 2020. Jadi RPP tersebut bisa langsung digunakan di kelas maupun mengubahnya terlebih dahulu jika ingin melakukan penyesuaian pada setiap komponennya. Namun, jika ingin mengubah RPP seni budaya diatas, hendaknya bapak ibu membaca panduan yang tertera dalam buku saku RPP 1 lembar terlebih dahulu.

Selain berisi file RPP 1 lembar, saya juga telah membekali materi, kumpulan soal, dan lembar siswa pada file dibawah. Saya telah merangkum seluruh materi pelajaran seni budaya kelas 8 menjadi 1 file rar. Untuk bisa membukanya, bapak ibu harus mengekstraktnya terlebih dahulu dengan winrar ekstrator. Untuk lebih jelasnya, silahkan simpan RPP seni budaya format 1 lembar kelas 8 di bawah ini.

RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 8

Jika mengacu pada permendikbud no 14 tahun 2019, guru tidak perlu lagi menyusun rencana ajar dengan format lama. Kini guru diperbolehkan menggunakan format RPP yang sudah disederhanakan. Penyederhanaan tersebut tentunya dilakukan atas berbagai pertimbangan, diantaranya adalah:

  1. Untuk menyusun RPP format lama diperlukan waktu lama.
  2. RPP format lama terdiri dari banyak komponen.
  3. RPP format lama harus disusun secara rinci dan hasilnya bisa puluhan lembar.

Atas dasar tersebut menteri pendidikan menginstruksikan seluruh tenaga pendidik merubah format dokumen administratif. Tujuannya tidak lain adalah untuk menyejahterakan guru dengan memberi waktu luang lebih. Serta menciptakan pembelajaran yang efektif tidak monoton mengacu pada KI KD saja, melainkan berdasarkan kebutuhan siswa.

Dalam menyusun RPP 1 lembar seni budaya kelas 8 semester 1 harus berpedoman pada kurikulum 2013. Dimana guru wajib memasukan pendidikan karater dan mengangkat tema sesuai silabus yang berlaku. Materi yang disampaikan juga harus mengandung unsur pengetahuan abad 21. Dengan berbagai kelalifikasi tersebut diharapkan bisa menstimulasi kemampuan berpikir kritis (critical thinking).

Tidak heran jika dalam setiap ujian evaluasi kita dintuntut untuk membuat soal HOTS. HOTS sendiri berasal dari kata “high order thinking skill“, artinya adalah soal dengan tingkat kesulitan tertentu yang memaksa siswa untuk berpikir secara kritis. Baik penggunaan soal maupun materi yang terintegrasi HOTS sudah tertuang dalam permendikbud dan buku saku RPP 1 lembar.

Sekian artikel singkat yang membahas tentang RPP seni budaya format 1 lembar untuk kelas 8 SMP kurikulum 2013. Kembali lagi saya ingatkan bahwa file RPP diatas sifatnya fleksibel dan bisa diubah ubah. Setiap perubahan yang dilakukan harus sesuai dengan buku saku RPP 1 lembar terbitan pemerintah. Namun, bapak ibu juga langsung menggunakannya karena file tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here