RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 Revisi 2020

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 Revisi 2020 – Rencana pelaksanaan pembelajaran dengan format 1 lembar merupakan buah dari surat edaran menteri no 14 tahun 2019. Melalui peraturan tersebut guru diperbolehkan menyederhanakan penyusunan RPP menjadi 1 halaman saja. Sebagai tenaga pendidik tentunya kita harus senang dengan putusan menteri tersebut karena sudah tidak perlu lagi dipusingkan dengan birokrasi yang menuntut guru menyusun RPP berlembar lembar.

Seperti yang kita ketahui bahwa rencana ajar merupakan salah satu perangkat wajib yang harus dimiliki oleh guru. Pada mulanya RPP mengatur seluruh detail proses mengajar yang dilaksanakan dalam satu tatap muka atau lebih. Padahal, untuk membuat RPP sedemikian rupa diperlukan waktu yang tidak singkat karena melibatkan berbagai komponen. Hadirnya wacana RPP 1 lembar kelas 5 kurikulum 2013 format terbaru seolah menjadi angin segar untuk tenaga pendidik.

Birokrasi berbelit yang pada mulanya merepotkan serta menghambat guru akhirnya bisa dihapus dan digantikan oleh implementasi RPP K13 format 1 lembar. Meskipun sebenarnya format rencana ajar lama sudah mewakili tujuan kurikulum namun RPP kelas 5 tema 9 1 lembar ini dirasa lebih efektif. Lewat surat edaran menteri pendidikan menghimbau guru untuk meninggalkan cara menyusun RPP lama dan beralih pada penyusunan rpp format 1 lembar baru. Dengan demikian diharapkan guru bisa menerapkan pembelajaran yang lebih fleksibel dan natural.

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 Revisi 2020

Rencana ajar dibuat tidak hanya sebagai syarat administrasi saja melainkan dokumen ini memiliki berbagai fungsi. Salah satunya sebagai unit kontrol ketiga guru mengajar di kelas. Melalui RPP kurikulum 2013 tersebut seluruh langkah serta metode pembelajaran dapat diatur dan terorganisir. Namun dengan implementasi RPP kelas 5 tema 9 1 lembar membuat alur administrasi menjadi berubah. Kini RPP bersifat fleksibel dan tidak sepenuhnya mengikat jalannya pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik.

Arus perkembangan jaman yang tidak bisa dibendung memang memberikan banyak dampak baik itu positif maupun negatif. Melalui internet sekarang semua orang baik guru, siswa, dan orang tua bisa mengakses beragam konten edukatif untuk kepentingan pendidikan. Dengan penggunaan yang tepat sasaran internet bisa mempermudah segala aktivitas kita khususnya sebagai guru SD. Sekarang bapak ibu bisa mencari berbagai model RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 kurikulum 2013 melalui layar ponsel. Berbeda dengan periode sebelumnya yang mengharuskan kita memakai maupun memodifikasi rencana ajar usang karena terbatasnya informasi.

Menteri pendidikan pun juga menyadari tentang potensi perkembangan jaman tersebut. Hal ini dibuktikan melalui arahannya kepada guru untuk menggunakan teknologi abad 21 serta digital literacy sebagai salah satu elemen pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan siswa dengan segala kemungkinan perubahan yang akan terjadi di kemudian hari. Mengingat beban berat yang dipikul guru akhirnya diterbitkanlah PERMEN no 14 tahun 2019 yang mengatur penyederhanaan format RPP menjadi 1 lembar saja.

Download RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 9

Guru kelas seperti kita tentu sudah sangat familiar dengan dokumen RPP kelas 5 tema 9 kurikulum 2013. Rencana tersebut dirumuskan secara lengkap detail untuk satu kali pertemuan atau lebih. Namun bagaimana jika rencana ajar tersebut disingkat dan disederhanakan menjadi 1 halaman saja dalam sekali tatap muka? sudah pasti belum banyak guru yang familiar. Kurangnya sosialisasi dan edukasi dari pemerintah menjadi salah satu faktor penghambat diberlakukannya RPP K13 format 1 lembar tersebut. Maka dari itu kita hanya bisa berharap dinas terkait segera melakukan sosialisasi terkait pembaruan kebijakan dari menteri pendidikan.

RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 kurikulum 2013 revisi 2020 format terbaru
RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 kurikulum 2013 revisi 2020 format terbaru

Untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti diatas maka tidak ada salahnya jika kita mencari sendiri informasi yang ada di internet. Banyak sekali situs dari maupun forum guru yang menyediakan contoh RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 lengkap dengan seluruh perangkat pembelajaran K13. Melalui contoh tersebut bapak ibu bisa melakukan sedikit penyesuaian berdasarkan kondisi real sekolah serta kebutuhan belajar peserta didik. Dengan demikian kita bisa mendapatkan hasil implementasi RPP kurikulum 2013 yang lebih maksimal.

RPP Kelas 5 Tema 9 Format 1 Lembar K13 Revisi 2020

Pada artikel kali ini telah saya lampirkan contoh RPP kelas 5 format 1 lembar yang mengimplementasikan kurikulum 2013 baru. Bapak ibu bisa menyimpan file tersebut dengan mengikuti tautan diatas. Untuk bisa membuka file rencana ajar bapak ibu harus mengekstraknya terlebih dahulu menggunakan rar ekstraktor. Baru setelahnya RPP bisa dikembangkan maupun dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Menyusun RPP Kurikulum 2013 1 Lembar

Rencana pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik dan dunia pendidikan sepertinya bukan isapan jempol semata. Hal ini dibuktikan dengan berbagai inovasi yang sudah dibuat pemerintah melalui kementerian pendidikan. Misalnya saja dengan mengubah jam efektif sekolah yang awalnya 6x seminggu sekarang sudah berubah menjadi 5x seminggu. Penghapusan beberapa mata pelajaran yang sudah tidak relevan dengan jaman dan juga implementasi rencana ajar yang dipersingkat.

Menanggapi berbagai perubahan tersebut guru harus bisa menyesuaikan diri dan mengikuti arus perkembangan jaman. Inovatif, menarik, kreatifitas, dan literasi menjadi budaya baru yang harus dicapai dalam kurikulum 2013. Meskipun demikian kita tidak boleh meninggalkan landasan K13 yakni memberikan pengajaran pendidikan karakter berbasis kelas, sekolah, dan masyarakat pada siswa. Guru pun dengan mudah bisa menyusun RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 tersebut secara individu maupun berkelompok dalam satuan pendidikan (PGRI).

Sebenarnya tidak diperlukan keahlian khusus untuk bisa menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan format 1 halaman sesuai permendikbud no 14 tahun 2019. Hanya saja bapak ibu harus memiliki pemahaman terkait instruksi menteri tersebut. Untuk itu kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya perbedaan antara RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 format baru dengan format lama. Meskipun tidak banyak dibahas, namun kita pasti sudah menyadari apa saja perbedaan kedua format dokumen tersebut.s

RPP K13 Format Lama

Rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 format lama seperti menjadi penghalang untuk guru berinovasi di kelas. Bagaimana tidak, perangkat pembelajaran ini harus disusun dan rancang secara detail sesuai dengan kaidah yang berlaku. Disamping itu guru harus dua kali kerja karena perlu mencocokan KI KD dan tema dengan silabus kelas 5 SD. Padahal komponen yang harus dimasukan tergolong banyak jumlahnya mulai dari tujuan, daftar kegiatan, langkah pembelajaran, asesmen, materi, hingga daftar lampiran. Ditambah lagi dokumen tersebut harus dicetak dalam bentuk fisik yang tentunya akan menghabiskan banyak biaya.

Pada dasarnya kurikulum 2013 yang sudah kita implementasikan sejak lama memang sudah baik karena mengandung pendidikan karakter didalamnya. Namun arus perkembangan jaman dan teknologi menuntut pembaruan di setiap sektor. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa bapak ibu menemukan berbagai model revisi pada kurikulum. Umumnya kurikulum direvisi setiap tahun maupun sekali dalam satu periode dengan tujuan untuk mengikuti perkembangan serta kebutuhan peserta didik.

Nah, sebelum kita belajar bagaimana cara menyusun RPP kelas 5 tema 9 1 lembar alangkah baiknya kita memahami RPP format lama terlebih dahulu. Tujuannya adalah sebagai pembanding agar kita mengetahui perbedaan kedua jenis RPP tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa fakta terkait RPP kurikulum 2013 versi lama di bawah:

  • RPP menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran di kelas.
  • RPP disusun secara detail dengan melibatkan banyak aspek dan komponen.
  • Karena harus dirumuskan secara detail akhirnya penyusunan dokumen ini memakan waktu yang sangat lama.
  • Di lain sisi guru tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan pembelajaran maupun membuat hasil evaluasi dari impelentasi RPP tersebut.
  • Pada kenyataan di lapangan rencana yang disusun berjalan kaku dan pembelajaran terkesan tidak natural.

RPP 1 Lembar K13 Baru

Meskipun pada awalnya menuai banyak kontroversi dari berbagai pihak namun kementerian pendidikan sangat optimis perubahan syarat administrasi dapat meningkatkan kinerja guru. Setelah dilakukan revisi dan disahkan dalam permendikbud nomor 14 tahun 2013 akhirnya guru diperbolehkan menyederhanakan rencana ajar. Dengan demikian kita bisa menggunakan RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 secara leluasa seperti anjuran menteri pendidikan. Melalui perubahan pola administrasi tersebut diharapkan bisa menghemat waktu guru dan pada akhirnya bisa meningkatkan performa dalam mengajar.

Lantas bagaimana dampak dari implementasi RPP kelas 5 format 1 lembar tersebut? tentu kita semua sudah bisa menebaknya. proses belajar mengajar yang dilakukan menjadi lebih efektif karena seluruh kegiatan tidak sepenuhnya terikat dengan rencana ajar. Di lain sisi guru sebagai tenaga pendidik pun juga merasa senang karena beban administratif berkurang. Melihat berbagia manfaat diatas, sebenarnya apa perbedaan rpp format baru dan lama? di bawah ini saya lampirkan beberapa kelebihan dari RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 K13:

  1. Guru diberi wewenang penuh untuk menyusun, mengubah, maupun menggunakan semua model RPP.
  2. Guru boleh menyederhanakan rencana ajar bahkan menjadi 1 lembar sekalipun.
  3. RPP hanya bersi komponen utama saja yang terdiri dari tujuan, kegiatan, dan asesmen.
  4. Dalam penyusunan RPP format 1 lembar tidak memakan banyak waktu.
  5. Karena memiliki waktu luang lebih maka guru bisa mempersiapkan KBM dan melakukan evaluasi.
  6. Dalam implementasinya, pembelajaran berjalan secara natural dan fleksibel.

Mempertimbangkan seluruh kebijakan dan kelebihan dari RPP K13 1 lembar tersebut bisa dibilang program pemerintah sudah berhasil. Marilah kita ikut mensukseskan penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2020 saat ini. Namun dengan dipangkasnya birokrasi tidak serta merta membuat guru memiliki tanggung jawab penuh terhadap cara mengajar.

Pendalaman Materi RPP Kelas 5 Tema 9

Meskipun RPP yang disederhanakan memiliki berbagai manfaat namun tidak terlepas pula dari kekurangan. Hal ini merupakan konsekwensi umum yang terjadi setiap kali kurikulum direvisi. Tugas guru adalah beradaptasi dan siap menghadapi konsekwensi tersebut. Salah satunya adalah kita harus mendalami materi ajar yang akan disampaikan pada peserta didik. Mengapa demikian? Karena pada RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 bersifat fleksibel dan tidak mengikat materi. Meskipun tidak dicantumkan dalam lampiran namun guru memiliki kewajiban untuk mendalami bahan ajar yang akan diberikan.

Fungsi lain dari pendalaman materi adalah untuk memperkuat landasan teori serta pengetahuan kita nantinya. Maka dari itu dalam sesi kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran materi ajar yang ada pada tema 9. Kita akan membaginya berdasarkan subtema dan mengulasnya satu persatu.

RPP kelas 5 tema 9 subtema 1

Tema 9 merupakan muara akhir pelajaran yang ada pada semester genap (smt 2). Pada akhir semester nantinya siswa akan menghadapi ujian kenaikan kelas. Maka dari itu kita harus menggunakan pendekatan (approach) yang tepat untuk memberikan pembelajaran subtema 1 ini pada peserta didik. Subtema pertama memiliki topik bahasan benda tunggal dan campuran. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memberikan contoh otentik tentang kedua jenis benda tersebut.

Sebagai bagian dari tema 9 (benda di sekitar kita) bapak ibu bisa memaksimalkan penyampaian materi pada pembelajaran IPA maupun IPS. Berbagai kegiatan baik dalam kelas maupun luar kelas juga bisa guru gunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun bapak ibu tidak perlu memaksakan penyampaian topik pada pembelajaran non sains.

RPP Kelas 5 tema 9 subtema 2

Benda dalam kegiatan ekonomi menjadi tajuk dari subtema 2 yang haru dikuasai oleh siswa. Untuk memberikan pemahaman terkait subtema yang satu ini bapak ibu harus mempelajari terlebih dahulu apa itu kegiatan ekonomi. Kegiatan ini berhubungan dengan cara manusia memperoleh barang atau jasa dengan tujuan untuk kemakmuran hidupnya. Pengertian ini memang tidak ada pada RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 K13 namun bapak ibu bisa memberikan penjelasan tersebut secara terpisah.

Untuk memaksimalkan penyampaian tema bapak ibu bisa memfokuskan kegiatan pada pembelajaran IPS, PKN, maupun bahasa indonesia. Saya telah lampirkan uraian kegiatan yang sesuai pada masing masing mapel dalam RPP kelas 5 1 lembar yang sudah bapak ibu simpan. Pada poin ini pula guru juga bisa menyampaikan pendidikan karakter yang berkaitan dengan seluruh aktivitas ekonomi.

RPP kelas 5 tema 9 subtema 3

Subtema terakhir mengandung topik bahasan manusia dan benda di lingkungannya. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap makhluk hidup baik manusia, hewan, dan tumbuhan hidup bersama dalam lingkungan. Namun sering kali kita tidak memperhatikan benda benda abiotik di sekitar kita. Misalnya saja batu, tanah, kerikil, meja, kursi, dan lain sebagianya yang padahala ada sebagai bagian dari lingkungan.

Tugas guru berdasarkan RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 adalah memberikan pengajaran pentinya menjaga lingkungan. Hal ini pun sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yakni memberikan pendidikan karakter berbasis lingkungan dan masyarakat. Lantas bagaimana kita bisa melakukannya? bapak ibu bisa melakukan kegiatan diluar kelas. Mengamati berbagai benda abiotik (tak hidup) yang ada di sekitar sekolah akan menjadi pengantar yang bagus untuk subtema ini.

Pada dasarnya menyusun RPP 1 lembar kelas 5 tema 9 atau tema berapapun sangatlah mudah. Kita hanya perlu berpedoman pada peraturan menteri dan mengingat komponen utama yang harus dimasukan. Meskipun demikian kita juga tidak boleh terlena dan melupakan tujuan kurikulum 2013 itu sendiri yakni memberikan pendidakan karakter dan budaya literasi. melalui situs ini diharapkan bapak ibu bisa berbagi pengalaman mengajar maupun menyusun rencana ajar. Jika terdapat pertanyaan terkait RPP kelas 5 tema 9 1 lembar silahkan ajukan melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here