RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi Format Terbaru

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi Format Terbaru – Kurikulum terus direvisi seiring berjalannya waktu. Revisi tersebut dilakukan semata-mata untuk mengikuti arus perkembangan jaman yang sudah tidak bisa dibendung lagi. Sekarang guru boleh menyederhanakan rencana pelaksanaan pembelajaran bahkan menjadi 1 halaman sekalipun. Hal ini sesuai dengan putusan menteri yang dimuat dalam Surat Edaran Resmi (SE) nomor 14 tahun 2019 yang mengatur tentang penggunaan perangkat ajar.

RPP merupakan salah satu perangkat ajar berbentuk dokumen yang wajib dimiliki oleh guru. File RPP biasanya memuat seluruh komponen mulai dari KI dan KD hingga langkah teknis kegiatan pembelajaran. Semua hal yang akan dilakukan guru di kelas nantinya sudah diatur secara rapi dalam RPP. Layaknya sebuah dokumen file RPP harusnya memiliki banyak halaman karena mengandung seluruh komponen. Namun dalam lain dengan RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 K13 revisi 2020 yang akan saya bagikan.

Dengan disederhanakannya rencana ajar maka ikut dipangkaslah beberapa komponen yang ada pada RPP tersebut. Hanya karena sudah diberikan wewenang menggunakan RPP 1 lembar tidak serta-merta membuat guru leluasa dalam menyusunnya. Tugas guru adalah mempelajari bagaimana cara menyusun RPP kelas 5 1 lembar sesuai format yang baru. Namun pada dasarnya RPP kelas 5 semester 2 format 1 lembar terbaru sudah banyak beredar dan kita hanya perlu memodifikasinya saja.

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi Format Terbaru

Secara umum ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan guru untuk mendapatkan rencana pembelajaran sesuai kondisi kelas. Petama, guru bisa mengunduh RPP kurikulum 2013 dengan kelas dan tema spesifik lalu mengembangkannya sesuai kebutuhan. Kedua, bapak ibu bisa menyusunnya sendiri secara manual dengan mempelajari kebutuhan serta permasalahan kelas terlebih dahulu. Dan yang ketiga kita bisa membaca panduan membuat RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 K13 sesuai dengan juknis permendikbud no 14 tahun 2019.

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi Format Terbaru
RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 K13 Revisi Format Terbaru

Internet yang notabennya sudah menjadi bagian hidup kita memang menyediakan berbagai kebutuhan di bidang pendidikan. Didukung dengan arus perkembangan jaman membuat persebaran informasi menjadi tidak terbendung lagi. Bapak ibu guru bisa menemukan berbagai situs daring yang membahas problematika pembelajaran mulai dari sharing RPP hingga perangkat pembelajaran K13.

Diberlakukannya PERMEN no 14 tahun 2019 rasanya membuka harapan baru untuk pendidikan yang lebih maju. Jika pada awalnya guru harus menyusun RPP secara detil namun tidak dengan sekarang. Guru diperbolehkan meringkas serta menyingkat rencana ajar menjadi 1 lembar dokumen saja. Format baru inilah yang akhirnya dipakai untuk membuat RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 seperti yang kita bahas saat ini.

RPP Kelas 5 Semester 2 Format 1 Lembar

Menginjak semester genap guru diharapkan mampu menyampaikan materi lebih intens daripada semester ganjil. Hal ini disebabkan karena di penghujung semester 2 nantinya siswa akan dihadapkan dengan ujian kenaikan kelas. Maka dari itu kita membutuhkan rencana ajar efektif yang mengakomodasi pendidikan karakter, literasi, serta penyampaian materi secara lengkap.

Dalam artikel kali ini saya akan membagikan contoh RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 K13 format terbaru sesuai dengan permendikbud no 14 tahun 2019. File yang akan saya bagikan bersifat universal dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah. Untuk lebih jelasnya saya telah mengklasifikasikannya berdasarkan tema dan subtemanya dalam tabel di bawah:

RPP Kelas 5 Semester 2 Semua Tema dan Subtema

Pada dasarnya RPP tidak hanya dibuat sebagai syarat administrasi semata. Secara fungsional dokumen ini bisa dijadikan sebagai instrumen serta alat evaluasi pembelajaran untuk guru. Melalui sesi observasi ketika rencana ajar dilaksanakan guru bisa menganalisa berbagai kelebihan serta kekurangan sewaktu mengajar. Data observasi yang didapatkan selanjutnya bisa diolah dan dijadikan dasar pembuatan RPP kurikulum 2013 format 1 lembar yang lebih baik di kemudian hari.

Menyusun RPP Kurikulum 2013 Format 1 Lembar

Kualitas pendidikan di Indonesia terus mengalami peningkatan secara bertahap. Hal ini bisa dibuktikan lewat terobosan baru yang dikeluarkan pemerintah untuk mensejahterakan tenaga pendidik. Di lain sisi peserta didik pun juga diuntungkan dengan implementasi kurikulum 2013 yang mendukung model pembelajaran terpadu. Melalui berbagai fasilitas serta peningkatan tersebut pembelajaran inovatif, efektif, serta interaktif pun bisa terwujud.

Melalui surat edaran resmi, menteri pendidikan telah memberikan wewenang pada guru untuk menggunakan, menyusun, serta mengembangkan rencana ajar. Sayangnya masih banyak tenaga pendidik yang bingung dan terperangkap dalam format RPP kurikulum 2013 lama. Padahal jika mau mengikuti panduan secara individual pun kita bisa membuat RPP kelas 5 semester 2 format 1 lembar tema berapapun itu. Alternatif lainnya kita bisa mengadaptasi contoh RPP K13 yang bisa dicari lewat internet.

Baca juga: Juknis BOS 2020 Petunjuk Teknis Pelaporan Dana BOS Permendikbud No 8 Tahun 2020

Namun apa sebenarnya yang membedakan format RPP baru dan lama? sebenarnya tidak terjadi perbedaan signifikan. Bapak ibu guru masih diwajibkan membuat rencana ajar tersebut untuk memenuhi syarat administrasi seperti biasanya. Namun dalam penyusunannya RPP bisa disingkat dan diringkas dengan mengabaikan beberapa komponen pendukung. Nah, pada sesi ini kita akan membahas apa saja perbedaan RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 dengan format RPP K13 lama.

RPP K13 Format Lama

Kurikulum 2013 memang sudah memuat pendidikan karakter berbasis kelas, sekolah, dan lingkungan. Namun implementasinya dianggap kaku dan kurang efektif untuk menciptakan pembelajaran interaktif serta berfokus pada siswa. Sehingga direvisilah kurikulum tersebut menjadi beberapa versi sesuai kebutuhan dan perkembangan jaman.

Jika diingat kembali pembuatan RPP format lama memang memakan banyak waktu. Guru dipaksa menyelesaikan rencana ajar sesuai jadwal padahal seluruh komponen harus dimasukan dalam rencana tersebut. Implementasinya pun terkesan kaku karena guru harus mengikuti seluruh urutan kegiatan yang telah dirumuskan. Secara otomatis hal ini mencegah terjadinya improvisasi dan mengarah pada pembelajaran yang kurang efektif.

Sebelum kurikulum direvisi dan guru diperbolehkan menyusun RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 keadaan sangat berbeda. Menurut saya perbedaan tersebut sangatlah mencolok dan kita bisa merasakannya sendiri. Sebagai referensi saya berikan penjabaran seperti apa kondisi nyata sebelum kurikulum 2013 revisi 2020 diterapkan:

  • Guru diharuskan menyusun RPP secara detil, terperinci, dan lengkap.
  • Seluruh komponen, metode, langkah pembelajaran, dan materi harus masuk dalam RPP.
  • Proses penyusunan rencana ajar berjalan lama karena komponen yang dimasukan sangat banyak.
  • Proses administrasi tersebut banyak menyita waktu guru yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk persiapan pelajaran serta evaluasi.
  • Implementasi RPP format lama di kelas sangatlah kaku karena guru dipaksa mengikuti seluruh prosedur yang sudah dirumuskan.

RPP K13 Format 1 Lembar

Setelah melalui berbagai proses akhirnya kurikulum pun direvisi kembali oleh menteri pendidikan. Namun revisi kali ini seperti menjadi angin segar bagi tenaga pendidik (guru) karena pada intinya RPP hanyalah dijadikan dokumen formalitas saja. Melalui surat edaran nomor 14 tahun 2019 menteri pendidikan Nadiem Makarim memerintahkan guru untuk menyusun RPP sesingkat mungkin. Tujuannya tidak lain adalah untuk menghemat waktu guru dan menciptakan sistem pendidikan yang lebih fleksibel.

Pada implementasi RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 ternyata sangat efektif. Mengapa demikian? karena rencana dibuat secara natural dan dijalankan secara natural pula. Melalui pemangkasan syarat administratif tersebut ternyata bisa meningkatkan kinerja guru dan menciptakan situasi belajar menyenangkan untuk siswa. Sebagai perbandingan dengan versi lamanya, saya akan menjabarkan keuntungan yang didapatkan guru dengan implemenetasi kurikulum 2013 revisi 2020 saat ini.

  • Guru diberi wewenang untuk menyusun, menggunakan, maupun mengembangkan semua model RPP.
  • Rencana pelaksanaan pembelajaran boleh disusun sesingkat mungkin, bahkan 1 halaman sekalipun.
  • Hanya komponen utama saja yang masuk dalam rencana, selebihnya hanya berperan sebagai komponen pendukung.
  • Penyusunan dokumen tidak memakan waktu lama, sehingga guru punya waktu luang mempersiapkan pembelajaran.
  • Implementasi yang lebih efektif dan fleksibel.

Dengan mempertimbangkan kelebihan, kekurangan, serta perubahan yang telah dilakukan bisa kita simpulkan bahwa kurikulum 2013 revisi saat ini lebih baik dari versi sebelumnya. Sekarang bapak ibu bisa menyusun maupun mengimplementasikan RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 secara bebas. Mengingat wewenang begitu besar yang diberikan menteri pendidikan tidak serta merta membuat guru menjadi berkuasa begitu saja.

Pendalaman Materi RPP 1 Lembar Kelas 5

Dengan dipangkasnya sistem administrasi tentu akan menimbulkan konsekwensi tersendiri bagi tenaga pendidik. Sekarang, guru dituntut harus lebih kompetitif dan adaptif terhadap arus perkembangan jaman. Meskipun rencana pelaksanaan pembelajaran bisa disingkat namun tidak dengan materi yang diajarkan.

Maka dari itu bapak ibu perlu melakukan pendalaman materi dan mempersiapkan bahan ajar dengan baik. Tujuannya untuk memperkuat landasan teori yang dimiliki agar nantinya tidak down ketika mengajar. Untuk membantu bapak ibu mempelajari bahan ajar serta materi yang ada pada semester 2 maka saya akan mengulasnya sedikit.

RPP Kelas 5 Tema 6

Di semester genap guru memang dituntut harus serba cepat dan berpacu dengan waktu. Hal ini disebabkan karena siswa harus menghadapi ujian kenaikan kelas diakhir semester. Padahal pada waktu yang sama pula mereka harus menghafalkan seluruh materi yang diberikan mulai dari semester sebelumnya.

Pada tema 6 yang menjadi tema awal di semester 2 bapak ibu harus mengajarkan tentang panas dan perpindahannya. Panas disini diartikan sebagai kalor, dengan kata lain bapak ibu bisa memaksimalkan penyampaian tema kalor pada mata pelajaran IPA. penjelasan tema ini diawali dengan subtema suhu dan kalor sebagai landasan utamanya.

Setelahnya siswa akan mempelajari proses perpindahan kalor disekitar kita. Ada banyak sekali model kegiatan serta berbagai variasi penugasan untuk menunjang subtema yang satu ini. Misalnya saja memberikan contoh tentang energi panas matahari yang bisa mengeringkan jemuran, menjadi tenaga surya, dan lain sebagainya. Bapak ibu hanya perlu mengikuti panduan yang telah saya lampirkan dalam RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 diatas.

RPP Kelas 5 Tema 7

Berdasarkan silabus kelas 5 SD tema 7 semester genap mengangkat topik bahasan peristiwa dalam kehidupan. Melalui tema 7 guru bisa mengajarkan siswa berbagai hal misalnya saja seputar sejarah kemerdekaan bangsa indonesia. Hal inipun sesuai dengan subtema 1 yang bertajuk peristiwa kebangsaan masa penjajahan di Indonesia. Bapak ibu bisa memfokuskan pembelajaran pada mapel Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS seperti yang sudah saya sarankan pada RPP kelas 5 semester 2 format 1 lembar terbaru.

Sebagai tindak lanjut siswa akan mempelajari peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan pada subtema 2. Subtema ini memiliki porsi jam yang sama yakni 6 kali tatap muka dan berfokus pada mapel bahasa indonesia, IPA, serta SBdP. Sebagai penutup guru harus mengajar dengan topik bahasan peristiwa mengisi kemerdekaan seperti tujuan subtema 3. Menurut saya pribadi ada banyak kegiatan serta penugasan yang bisa diberikan untuk mengakomodasi 3 subtema tersebut.

RPP Kelas 5 Tema 8

Makhluk hidup dan lingkungan merupakan komponen utama ekosistema yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Setidaknya hal inilah yang harus bapak ibu ajarkan pada RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 tema 8. Tema ini lebih membahas tentang hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup khususnya manusia dengan lingkungannya.

Selain itu bapak ibu juga perlu mengajarkan tentang kemungkinan terjadinya perubahan lingkungan yang dapat terjadi. Sepeti yang kita ketahui bahwa manusia memiliki peran kunci terjadinya perubahan lingkungan. Baik itu perubahan yang mengarah pada sesuatu yang lebih baik maupun lebih buruk. Disinilah peran pendidikan karakter perlu ditanamkan pada siswa agar mereka lebih menghargai lingkungan.

Tindakan inipun ternyata sesuai dengan subtema 3 dimana guru diminta mengajarkan cara merawat lingkungan. Berbagia metode, pendekatan, serta penugasan bisa bapak ibu gunakan secara bebas untuk mensukseskan pendidikan karakter siswa. Setelah siswa mengikuti pembelajaran pada tema 8 diharapkan mereka mampu merawat serta melestarikan lingkungan yang ada di sekitarnya.

RPP Kelas 5 Tema 9

Tema 9 menjadi muara akhir dari RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 yang saya sajikan dalam artikel kali ini. Topik bahasan yang ada pada tema ini tergolong lumayan sulit yakni seputar benda-benda di sekitar kita. Benda disini tidak serta merta dalam bentuk yang simpel melainkan lebih mengarha kepada benda ekonomi, benda tunggal dan campuran serta hubungannya dengan manusia.

Pada tema ini pula guru dituntut harus ekstra cepat namun juga teliti dalam menyampaikan materi. Mengapa demikian? karena guru juga harus mempersiapkan siswa untuk menghadapi ujian kenaikan kelas yang akan segera dilaksanakan. Memberikan latihan soal serta mengingat kembali pelajaran yang telah diberikan merupakan langkah bagus untuk guru.

Menjadi guru memang tidaklah mudah karena memiliki tanggung jawab yang begitu besar dalam dunia pendidikan. Namun kita harus menjalani profesi ini dengan senang dan bangga karena tugas kita adalah mempersiapkan generasi penerus bangsa. Maka dari itu setiap langkah, ucapan, serta tindakah yang kita buat haruslah berhati hati dan penuh perhitungan.

Itulah pembahasan dan sedikit saran terkait penyampaian materi RPP 1 lembar kelas 5 semester 2 yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Melalui website ini saya membuka kesempatan bagi bapak ibu yang masih kebingungan dalam menyusun RPP kurikulum 2013 revisi untuk bertanya. Jika anda memiliki pengalaman maupun saran terkait RPP kelas 5 semester 2 format 1 lembar K13 silahkan cantumkan pada kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here