RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 9 K13 Revisi 2020 Format Terbaru

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 9 K13 Revisi 2020 Format Terbaru – Dunia pendidikan terus mengalami perubahan menyesuaikan perkembangan jaman. Pendidikan karakter, pengembangan skill, critical thinkin dan pengetahuan abad 21 sudah sangat familiar untuk kita. Semua itu terangkum menjadi satu dalam tujuan RPP kurikulum 2013 yang saat ini diimplementasikan. Namun dengan adanya RPP kelas 4 tema 9 1 lembar kita bisa memaksimalkan pembelajaran di kelas.

Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki guru sebagai unit satuan ajar. Dalam RPP mengatur segala materi, kegiatan, metode, dan strategi yang diterapkan ketika mengajar. Tentunya proses menyusun RPP kelas 4 tema 9 dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Misalnya saja KI dan KD yang sesuai silabus kelas 4 SD semester 2 dan lain sebagainya. RPP biasanya dibuat panjang dan berlembar lembar karena memuat seluruh komponen secara lengkap.

Namun berdasarkan putusan menteri dalam surat edaran nomor 14 tahun 2019 ketentuan tersebut telah dihapus. Surat edaran tersebut menyatakan bahwa guru diperbolehkan menyusun RPP 1 lembar untuk setiap pertemuan. Selain itu masih terdapat beberapa kebijakan penting lain yang harus digarisbawahi karena sedikit banyak akan menyangkut metode guru dalam mengar di kelas nantinya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa guru dan memotong syarat administrasi yang dirasa membeni guru pada RPP K13 sebelumnya.

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 9 K13 Revisi 2020 Format Terbaru

Pendidikan dirancang untuk terus mengikuti perkembangan jaman dan teknologi. Kurikulum pun terus direvisi untuk mewujudkan pendidikan yang seimbang dengan kebutuhan abad 21. Sebagai imbasnya, guru pun harus membuat berbagai model RPP K13 selama beberapa tahun terakhir. Tapi pada masa transisi menteri Nadiem Makarim akhirnya membuat sebuah terobosan baru dalam bidang administratif. Gebrakan tersebut tidak lain adalah RPP 1 lembar untuk semua jenjang baik SD, SMP, dan SMA.

RPP kelas 4 tema 9 format 1 lembar K13 revisi 2020 terbaru
RPP kelas 4 tema 9 format 1 lembar K13 revisi 2020 terbaru

Di era teknologi seperti saat ini mencari contoh RPP 1 lembar K13 sangatlah mudah. Banyak sumber di internet sebagai rujukan yang menyediakannya. Selain itu, kita juga bisa menyusun sendiri RPP kelas 4 tema 9 1 lembar K13 2020 tersebut. Mengapa demikian? karena pada dasarnya format penyusunan dokumen administratif ini sangatlah mudah. Kita hanya perlu memasukan komponen inti dan garis besar pembelajaran itu saja. Bahkan kita diperbolehkan meringkasnya menjadi 1 halaman saja.

Sekarang guru bisa menyusun RPP kelas 4 tema 9 1 lembar sesuai dengan kurikulum 2013 revisi. Lantas seperti apa bentuk RPP K13 1 lembar terbaru? kita akan membahasnya dalam artikel kali ini. Selain itu, kita juga akan melakukan pendalaman materi sehingga bapak ibu memiliki persiapan lebih sebelum masuk kelas. Untuk anda yang masih bingung mengenai format penyusunan RPP 1 lembar K13 terbaru maka saya telah menyediakannya.

Contoh RPP kelas 4 tema 9 1 lembar

Tema terakhir yang menjadi muara pada pembelajaran kelas 4 semester 2 adalah tentang kayanya negeriku. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang terkenal kaya akan berbagai hal. Bukan hanya kekayaan bahari saja melainkan juga dari berbagai aspek. Misalnya saja kekayaan sumber daya alam, berbagai flora dan fauna, hingga SDM unggul turut mengiringi kekayaan indonesia. Semua negara pun juga sudah tau akan hal ini jadi tidak heran kalau banyak dari mereka yang menanamkan modal berupa investasi di negara kita.

Karena investasi inilah siswa perlu belajar pengetahuan abad 21 yang nantinya berfungsi sebagai bekal berkompetisi nantinya. Mengajarkan siswa tentang kayanya negara indonesia menurut saya sangatlah penting karena di masa depan merekalah yang akan mengelelola kekayaan tersebut. Akhirnya materi ini pun dituliskan dalam tujuan RPP 1 lembar kelas 4 tema 9 K13 revisi 2020.

File RPP 1 kembar yang akan bapak ibu simpan masih berbentuk rar. Jadi untuk bisa membukanya harus diekstrak terlebih dahulu mengunakan winrar ekstraktor. Dalam file tersebut saya telah memisahkan tiap materi pembelajaran berdasarkan subtemanya. Terdapat 3 subtema utama yang memiliki topik bahasan berbeda beda. Untuk lebih lengkapnya silahkan tap tautan ini.

RPP kelas 4 tema 9 format 1 lembar

Silahkan tap tautan diatas dan simpan file RPP 1 lembar pada forlder yang diinginkan. File tersebut hanya bersifat acuan saja tidak berarti harus diimplementasikan sepenuhnya. Melainkan bapak ibu bisa mengembangkannya berdasarkan kebutuhan siswa dan keadaan nyata kelas anda. Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah membahas format baru RPP kelas 4 tema 9 tersebut.

Pembahasan tema 9

Tema 9 merupakan puncak pembelajaran yang ada pada semester 2. Ketika bapak ibu guru masuk pada pembahasan kayanya negeriku seharusnya sudah mendekati ujian kenaikan kelas. Hal tersebut sesuai dengan kalender akademik tahun 2020 saat ini. Maka dari itu kita harus pandai dalam mengatur waktu pembelajaran. Bagaimana kita bisa menyampaikan informasi terkait tema 9, diimbangi dengan pendidikan karakter, dan mempersiapkan siswa menghadapi UKK.

Menerapkan strategi pembelajaran adalah satu kuncinya, selain itu kita juga harus menguasai tiap pembelajaran yang ada pada RPP kelas 4 tema 9 tersebut. Pada sesi kali ini kita akan mendalami materi serta bahan ajar yang ada pada RPP 1 lembar K13 kelas 4 semester 2. Tujuannya adalah untuk memberikan persiapan yang lebih matang sebelum kita mengimplementasikannya di kelas.

RPP kelas 4 tema 9 subtema 1

Subtema 1 membahas tentang kekayaan sumber energi Indonesia. Dengan kata lain guru perlu memberikan penekanan tentang berbagai jenis sumber energi potensial di wilayah indonesia. Misalnya saja energi panas, air, serta berbagai energi lain yang berpotensi menjadi pembangkit di Indonesia. Indonesia memang terkenal memiliki wilayah yang variatif sehingga sumber energinya pun bisa sangat banyak. Sebagai catatan sumber energi tidak terbatas pada sesuatu yang bisa dubah menjadi listrik saja. Melainkan sumber daya alam pun juga termasuk didalamnya.

Baca juga: RPP Kelas 4 SD K13 Revisi Semester 1 dan 2 Terbaru

Banyak sekali pembelajaran yang mengakomodasi subtema yang satu ini. Mengapa demikian? karena sedikit banyak kekayaan sumber energi indonesia selalu bersinggungan dengan lingkungan. Pelajaran PKN, IPS, dan IPA menjadi mapel paling sesuai untuk memberikan pengenalan tersebut. Bapak ibu pun hanya tinggal melaksanakan langkah pembelajaran yang ada pada RPP kelas 4 tema 9 tersebut. Namun untuk format baru RPP 1 lembar kelas 4 tema 9 bapak ibu bisa melewatinya (tidak menulisnya).

Inilah salah satu kelebihan pada format RPP baru yang diberlakukan menteri Nadiem Makarim. Beliau memberikan kebebasan pada guru untuk memodifikasi dan menekan RPP menjadi sesingkat mungkin. Dengan catatan selama RPP 1 lembar K13 dibuat berdasarkan komponen inti.

RPP 1 lembar kelas 4 tema 9 subtema 2

Subtema 2 lebih berfokus pada topik pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Subtema ini sekaligus menjadi follow up pembahasan sebelumnya yang sedikit banyak memberikan pengenalan tentang sumber energi di Indonesia. Pada sesi ini guru perlu memberikan penekanan tentang berbagai metode pengolahan serta pemanfaatan sumber daya alam. Setidaknya dengan ilmu ini akan memberikan pengetahuan bagi siswa agar tidak membuang buang SDA yang ada.

Memberikan penugasan pada peserta didik juga sangat dianjurkan pada subtema 2. Kegiatan berupa tugas bisa menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan memberikan pengetahuan langsung yang ada di lapangan. Berdasarkan lembar kegiatan yang ada pada RPP kelas 4 tema 9 1 lembar bapak ibu bisa meminta siswa membaca buku pegangan terlebih dulu. Selanjutnya mintalah siswa mencocokan informasi yang ada pada buku dengan keadaan disekitar lingkunganya.

Satu hal lagi yang tidak boleh kita lupakan adalah memberikan penguatan karakter kepada siswa. Bentuklah karakter baik yang ada pada diri peserta didik sehingga kelak mereka mampu mengolah sumber daya alam dengan baik. Tidak lupa persiapkan mereka untuk menghadapi ujian kenaikan kelas (UKK).

RPP kelas 4 tema 9 subtema 3

Mengetahui jenis serta memanfaatan sumber daya alam memang penting. Namun yang tidak kalah penting ialah mempelajari metode serta cara melestarikan sumber daya alam itu sendiri. Topik inipun dibahas dalam RPP 1 lembar kelas 4 semester 2 lebih tepatnya pada tema 9 subtema 3. Subtema melestarikan SDA sekaligus menjadi akhir dari pembelajaran yang ada pada kelas 4 SD semester 2. Bapak ibu harus memaksimalkannya agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jika kita mengikuti lembar kegiatan pada RPP K13 format lama maka bapak ibu bisa menemukan kegiatan membaca. Membaca merupakan bentuk literasi yang memberikan siswa pengetahuan dasar terkait cara melestarikan sumber daya alam. Namun dalam RPP 1 lembar K13 bapak ibu tidak perlu menuliskan secara rinci langkah kegiatan tersebut. Tuliskan saja hanya berupa garis besar kegiatannya saja untuk menyingkat waktu.

Sebagai opsional, bapak ibu bisa memberikan materi subtema 1, 2, dan 3 secara bersamaan. Saya rasa akan lebih mudah mengajarkan materi sumber daya alam secara berbarengan karena ketiganya memiliki keterkaitan satu sama lain. Dengan demikian siswa akan memiliki pengetahuan yang simultan dan linier dengan topik tersebut.

cara menyusun RPP 1 lembar K13

Kurikulum terus direvisi setiap dekade menyesuaikan arus perkembangan jaman. Sedikit banyak revisi kurikulum tersebut akan mempengaruhi performa guru mengajar di kelas. Revisi kurikulum 2013 terakhir memutuskan bahwa segala bentuk dokumen perencanaan mengajar diberikan kepada guru secara bebas. Dengan kata lain guru diperbolehkan memodifikasi, mengubah, dan menggunakan model RPP apa saja bahkan RPP 1 lembar sekalipun.

Bapak ibu perlu memperhatikan beberapa aspek dalam membuat RPP K13 1 lembar. Pastikan RPP kelas 4 tema 9 yang anda susun mengandung komponen inti dan memuat tujuan utama kurikulum 2013. Perkembangan jaman yang semakin maju mengharuskan kita menguasai teknologi dan pengetahuan abad 21. Tidak lupa soft skill seperti critical thinking menjadi salah satu aspek yang harus dipertimbangkan dalam mengajar.

RPP 1 lembar kelas 4 tema 9 harus mengandung semua aspek diatas. Lantas apa yang membuatnya berbeda dengan format RPP lama? tentu saja banyak. Dalam sesi terakhir akan saya jabarkan beberapa perbedaan yang ada pada RPP lama dan format RPP baru.

RPP kurikulum 2013 lama

RPP K13 dengan format lama menjadi momok bagi unit satuan ajar. Saya sendiri pun berpikir 2 kali ingin menjadi guru karena sulitnya birokrasi K13. Bagaimana tidak, guru diharuskan mencantumkan seluruh informasi terkait pembelajaran secara urut dan terperinci. Tidak hanya itu saja, guru pun wajib mengikuti seluruh kegiatan yang sudah direncakan secara urut. Dari sini munculah asumsi bahwa pembelajaran yang dilakukan menjadi tidak natural dan kaku.

Padahal kita harus memberikan pendidikan karakter pada peserta didik setiap pertemuannya. Bagaimana kita melakukannya kalau dalam merencanakan saja guru diberikan batasan seperti diatas. Jika kita amati lagi RPP kelas 4 tema 9 format lama memiliki beberapa ciri yakni:

  • Guru diharuskan menyusun RPP secara rinci, memasukan semua komponen, dan menyusunnya menjadi sangat panjang.
  • Untuk menghasilkan RPP secara rinci maka dibutuhkan waktu yang lama. Dengan demikian waktu guru pun tersita hanya untuk mengurusi dokumen administratif ini.
  • Dalam pembelajaran guru diharuskan mengikuti setiap kegiatan yang ada pada RPP. Pembelajaran pun menjadi tidak natural dan terkesan kaku.

Untuk menyesuaikan pendidikan dengan perkembangan jaman maka dilakukanlah revisi 2020. Sekarang, guru dipermudah dengan munculnya RPP K13 1 lembar yang diterbitkan melalui surat edaran nomor 14 tahun 2019. Lantas apa saja perbedaan antara versi baru dan versi lama?

RPP K13 revisi 2020 1 lembar

Bapak menteri pendidikan kita (Nadiem Makarim) sepertinya paham betul keluhan guru milenial. Dengan syarat administratif yang berbelit membuat performa tenaga pengajar menjadi tidak maksimal. Untuk mengatasinya dipangkaslah alur administratif tersebut dengan memberlakukan RPP 1 lembar K13 revisi 2020. Dampaknya bisa bapak ibu lihat sendiri, guru diberikan kebebasan untuk memilih serta menggunakan berbagai model RPP.

Misalnya saja pada RPP kelas 4 tema 9 1 lembar yang sedang kita bahas saat ini. Meskipun tidak memiliki rincian kegiatan secara pasti namun tetap diperbolehkan. Guru tidak lagi terikat dengan rangkaian kegiatan yang telah dirumuskan pada rencana pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian guru pun bisa melakukan improvisasi ketika menemui kendala saat mengajar. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapakan dengan implementasi RPP K13 1 lembar terbaru:

  • Guru diberikan wewenang penuh untuk menyunting, memilih, serta menggunakan berbagai model RPP.
  • RPP hanya memuat 3 komponen inti dan komponen lain bersifat pelengkap saja.
  • RRP bisa disusun sesingkat mungkin sehingga memberikan waktu luang untuk guru mempersiapkan pembelajaran serta melakukan evaluasi.
  • Proses penyusunan RPP 1 lembar lebih efisien dan lebih cepat daripada RPP versi sebelumnya.

Pembelajaran memang harus dilakukan secara natural dan interaktif. Dengan begitu siswa akan memiliki motivasi lebih untuk memperhatikan penjelasan guru. Di lain sisi, pembelajaran yang natural juga memberikan akses untuk improvisasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan ketika mengajar. Berbeda ketika kita mengikuti pembelajaran yang terikat dengan RPP sehingga terkesan kaku dan monoton.

Itulah sedikit pembahasan tentang contoh RPP 1 lembar kelas 4 tema 9 K13 revisi 2020 yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi saya tekankan bahwa dokumen diatas tidak bersifat mengikat. Artinya bapak ibu bisa menyunting serta menyesuaikannya dengan kebutuhan kelas. Jika terdapat pertanyaan terkait implementasi RPP kelas 4 tema 9 1 lembar maka ajukan melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here