RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 8 K13 Revisi 2020 Format Terbaru

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 8 K13 Revisi 2020 Format Terbaru – Sesuai silabus SD kelas 3 guru harus mengajar dengan topik bahasan Praja Muda Karana sesuai tema 8. Oleh karenanya bapak ibu wajib mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran yang dibutuhkan. Misalnya saja RPP Kelas 3 tema 8 format 1 lembar K13, Bahan/materi ajar, hingga menyiapkan buku pegangan. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan hasil kegiatan belajaran mengajar (KBM) yang maksimal.

RPP 1 lembar kelas 3 tema 8 bisa didapatkan dengan berbagai cara baik itu mengadaptasi format RPP dari internet maupun menyusunnya sendiri berdasarkan ketentuan yang berlaku. Tentunya bapak ibu bisa langsung menggunakan file RPP kelas 3 tersebut maupun menjadikannya referensi untuk dikembangkan. Hal ini pun sesuai dengan arahan menteri yang telah disahkan dalam surat edaran permendikbud no 14 tahun 2019 lalu.

Melalui putusan tersebut menteri pendidikan memberi wewenang penuh kepada tenaga pendidik untuk menggunakan seluruh model RPP kurikulum 2013. Hal ini termasuk penggunaan RPP yang disederhanakan menjadi format 1 lembar untuk setiap pertemuannya. Putusan tersebut sekaligus mematahkan peraturan lama dimana guru dituntut menyusun RPP kelas 3 semester 2 secara detail hingga berlembar-lembar. Maksud dan tujuannya tidak lain untuk membantu kita (guru) agar tidak terbenani dengan segala syarat administrasi.

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 8 K13 Revisi 2020 Format Terbaru

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki guru bersama dengan silabus, KI, KD, dan buku modul. Tanpa adanya perencanaan yang dirumuskan dalam bentuk dokumen cetak tersebut alur KBM akan menjadi kacau dan tidak terarah. Bisa dibilang RPP kurikulum 2013 merefleksikan tingkat kebehasilan pembelajaran yang dilakukan. Semakin bagus susunan rencana maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan dan materi pelajaran yang diserap siswa.

Rencana pelaksaan pembelajaran tidak hanya bersifat administratif saja melainkan juga berfungsi sebagai alat monitoring serta evaluasi guru. Melalui data yang didapatkan inilah guru bisa menganalisa tingkat keberhasilan, kendala, serta kelebihan yang didapatkan selam proses KBM berlangsung. Maka dari itu kita sebagai guru harus mempersiapkan RPP kelas 3 tema 8 format 1 lembar dengan baik. Namun faktanya masih banyak tenaga pendidik di tingkat SD, SMP, maupun SMA yang merasa kebingungan bagaimana cara menyusun RPP 1 halaman tersebut.

Oleh karenanya dalam artikel kali ini saya akan memberikan file RPP 1 lembar kelas 3 tema 8 kurikulum 2013 revisi 2020 sesuai dengan format permendikbud. File tersebut bisa langsung dipakai karena seluruh KI, KD, dan bahan ajarnya sudah sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam silabus. Selain itu file ini juga bisa menjadi contoh serta acuan jika bapak ibu ingin mengembangkannya menjadi lebih baik lagi. Nadiem Makarim pun juga menghimbau untuk menyesuaikan rencana ajar dengan kebutuhan siswa serta kondisi real yang dihadapi guru.

File RPP Kelas 3 Tema 8 Format 1 Lembar

Hadirnya internet memang memberikan banyak sekali dampak positif di berbagai bidang khususnya pendidikan. Lewat internet orang bisa saling bertukar informasi tanpa adanya batasan jarak yang berarti. Bagi siswa internet merupakan media pembelajaran kedua selain buku pegangan. Melaluinya siswa bisa menemukan materi yang dibutuhkan serta mengerjakan tugas dari guru dengan cepat.

File RPP 1 lembar kelas 3 tema 8 kurikulum 2013 revisi 2020
File RPP 1 lembar kelas 3 tema 8 kurikulum 2013 revisi 2020

Sedangkan bagi guru internet bisa menjadi media bahkan wadah untuk saling terhubung satu sama lain. Banyak sekali forum daring khusus guru yang tersebar di internet menyediakan kebutuhan mengajar mulai dari pengembangan silabus, prota, promes, perangkat pembelajaran hingga dokumen seperti RPP 1 halaman. Menteri pendidikan pun juga menghimbau tenaga pendidik untuk bisa beradaptasi dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang terjadi.

File RPP Kelas 3 Tema 8 Ada Di Sini

Dalam artikel kali ini saya telah menyediakan berkas yang bapak ibu butuhkan yakni RPP 1 lembar kelas 3 tema 8 K13 revisi 2020. Bapak ibu bisa menyimpan dan langsung memakai file tersebut maupun memodifikasinya sesuai kebutuhan. Namun kita harus ingat kembali bahwa rencana ajar dengan format kurikulum 2013 terbaru menuntut guru menciptakan pembelajaran inovatif yang terhubung dengan pengetahuan abad 21, critical thinking, dan pendidikan karakter dalam satu waktu.

Memang tidaklah mudah untuk menciptakan pembelajaran sedemikian rupa secara spontan. Oleh karena itu kita memerlukan perencanaan matang yang dirumuskan menjadi sebuah dokumen. Setelah bapak ibu berhasil menyimpan file RPP 1 lembar diatas kita bisa lanjut ke sesi berikutnya dimana saya akan memberikan pendalaman materi serta tata cara menyusun RPP kelas 3 tema 8 format 1 lembar sendiri.

Tata Cara Menyusun RPP 1 Lembar K13

Pada dasarnya tidak diperlukan pengetahuan maupun keahlian khusus untuk bisa membuat sendiri RPP format 1 lembar sesuai permendikbud. Mengapa demikian? hal ini mengacu kembali pada himbauan menteri pendidikan Nadiem Makarim untuk menyederhanakan rencana pelaksanaan pembelajaran. Dengan kata lain Mendikbud memberikan kita hak/wewenang penuh untuk memakai seluruh model RPP berformat K13.

Meskipun tidak ada contoh otentik dari pemerintah yang merepresentasikan RPP 1 halaman tersebut. Namun kita bisa menyusunnya sendiri dengan mengikuti panduan yang tertuang dalam permendikbud. Nah untuk memahaminya kita harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara kedua jenis dokumen tersebut. Dalam sesi ini saya akan membagi penjelasan menjadi dua yakni kriteria penyusunan RPP format lama dan RPP 1 halaman format baru.

RPP K13 format lama

Guru memang diminta untuk menyiapkan 1 dokumen yang merefleksikan pembelajarannya nanti di kelas. Hal ini adalah syarat mutlak yang telah diatur dalam peraturan pemerintahan. Fungsinya tidak lain agar guru bisa bekerja seperti seharusnya sekaligus sebagia media untuk mengawasi kinerja kita dalam mengajar. Pada mulanya tenaga pendidik diharuskan menyusun RPP secara detail dan lengkap dengan memasukan seluruh komponen pelajaran yang ada.

Padahal untuk menciptakan dokumen semacam itu diperlukan usaha dan waktu yang tidak sedikit. Tidak heran jika sebelum muncul kebijakan RPP 1 lembar kelas 3 tema 8 banyak guru mengeluh betapa peliknya birokrasi pendidikan di Indonesia. RPP format lama memang menjadi beban administratif tersendiri bagi tenaga pendidik karena setidaknya guru harus memenuhi kriteria di bawah ini untuk membuat sebuah dokumen:

  • RPP harus mengandung seluruh komponen pembelajaran lengkap dan disampaikan secara detail.
  • Karena dokumen harus detail akhirnya perlu waktu lama untuk menyusun dokumen tersebut.
  • Penyusunan RPP memakan banyak waktu dan tenaga sehingga guru tidak memiliki waktu luang untuk mempersiapkan pelajaran ataupun membuat evaluasi.
  • Dokumen bisa mencapai berpuluh-puluh halaman yang notabennya hanya membuang kertas saja.
  • Impelementasinya sangat kaku karena guru harus mengikuti seluruh uraian kegiatan yang telah dirumuskan.

Menyadari cacatnya sistem administrasi pendidikan tersebut akhirnya Nadiem Makarim mengusulkan dilakukan revisi terhadap kurikulum 2013. Sejatinya kurikulum memang selalu direvisi setiap dekade agar bisa menyesuaikan arus perkembangan jaman. Namun pada tahun lalu K13 sukses direvisi dan memberikan kabar baik untuk seluruh tenaga pendidik di Indonesia. Salah satunya adalah penyederhanaakn RPP 1 lembar kelas 3 tema 8 yang sedang kita bahas.

RPP 1 halaman format baru

Mulai sekarang guru diperbolehkan memakai dokumen rencana ajar yang sudah disederhanakan. Penyederhanaan tersebut dilakukan serta merta sebagai bukti pemerintah yang memiliki keinginan untuk menyejahterakan tenaga pendidik di Indonesia. Untuk bisa menyusun RPP format 1 lembar sangatlah mudah dan tidak serumit format lama. Guru hanya perlu memasukan 3 komponen utama dalam dokumen RPP. Apa saja itu? Tujuan pembelajaran, Uraian kegiatan, dan Asesmen.

Meskipun demikian menteri pendidikan juga tidak melarang penggunaan RPP format lama. Jadi terserah ingin menggunakan format mana saja yang menurut bapak ibu nyaman untuk digunakan. Namun sebelumnya saya ingin menggaris bawahi beberapa kriteria yang harus dipenuhi antara lain:

  • Dokumen harus memiliki 3 komponen utama (Tujuan, Kegiatan, dan Asesmen).
  • Pelajaran harus mencakup pendidikan karakter, pengetahuan abad 21, budaya literasi, dan critical thinking.
  • Materi pelajaran harus terintegrasi HOTS (High order thinking skill).
  • Implementasi bersifat fleksibel dan tidak harus sesuai dengan uraian kagiatan. Hal ini mengacu pada kondisi mengajar yang sulit untuk diprediksi jadi guru bisa melakukan improvisasi.

Dengan mengikuti kriteria diatas barulah kita bisa menghasilkan file RPP kelas 3 tema 8 format 1 K13 revisi 2020 yang sesuai. Saya garisbawahi kembali bahwa RPP format lama memang masih resmi dan boleh digunakan. Namun tidak ada salahnya mempertimbangkan penggunaan RPP 1 halaman diatas karena sifatnya yang simpel dan tidak menyita waktu guru.

Pendalaman Materi kelas 3 tema 8

Setelah mengetahui tata cara menyusun RPP 1 lembar kelas 3 tema 8 serta mendapatkan file contohnya maka selanjutnya kita akan melakukan pendalaman materi. Apa tujuannya? Pendalaman materi merupakan wujud totalitas guru untuk mempersiapkan pelajaran supaya berjalan lebih efektif. Melalui kegiatan semacam ini guru bisa memperkuat landasan teori yang dimiliki sekaligus menambah wawasan pengetahuannya.

Lewat pendalaman materi bapak ibu juga bisa mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang terjadi selama mengajar nantinya. Tema 8 memiliki topik bahasan Praja Muda Karana atau biasa disebut pramuka oleh siswa. Subtemanya pun juga tidak melenceng jauh dari topik bahasan tersebut sehingga mudah untuk dipelajari. Nah, berikut adalah penjelasan setiap subtema yang ada pada RPP kelas 3 tema 8 format 1 lembar K13.

Tema 8 subtema 1

Aku anggota pramuka menjadi subtema pertama sekaligus pengantar untuk mengajarkan berbagai kegiatan pramua. Praja muda karana sendiri adalah sebuah organisasi yang sudah ada bahkan sejam bertahun-tahun silam. Bapak ibu bisa memanfaatkan pembelajaran relevan yang mendukung penyampaian subtema aku anggota pramuka.

Memberikan pengenalan apa itu pramuka melalui teks bacaan adalah metode paling tepat untuk menyukseskan subtema 1. Pembelajaran bahasa indonesia, PKN, IPS menjadi mapel sempurna jika bapak ibu ingin memaksimalkan penyampaian materi. Sedangkan untuk uraian kegiatan bapak ibu hanya perlu mengikuti panduan yang telah saya lampirkan dalam RPP diatas.

Tema 8 subtema 2

Kemandirian adalah salah satu skill yang diajarkan ketika mengikuti kegiatan praja muda karanan. Dalam subtema 2 pun juga ditekankan untuk mengajarkan bentuk kemandirian melalui serangkaian kegiatan. Subtema ini pun sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yang menuntut adanya pendidikan serta penguatan karakter peserta didik. Untuk mensukseskan penyampaian subtema bapak ibu bisa menggunakan model pembelajaran interaktif baik di dalam maupun di luar kelas.

Tema 8 subtema 3

Apa jadinya pramuka tanpa kegiatan berpetualang? subtema ketiga dalam RPP 1 lembar kelas 3 tema 8 menuntut guru untuk mengajar dengan topik bahasan aku suka berpetualang. Pada dasarnya banyak sekalian uraian kegiatan yang megakomodasi penyampaian maksud subtema 3. Kita tidak harus mengirim siswa untuk berpetualang secara literal melainkan melalui rangkaian kegiatan outdoor, mengamati komponen alam di sekitar kelas, serta mendengarkan cerita petulangan bisa menstimulasi terciptanya penguatan karakter. Dalam uraian kegiatan RPP pun saya juga sudah merumuskannya, silahkan bapak ibu guru ikuti.

Tema 8 subtema 4

Subtema 4 menjadi penutup dari RPP kelas 3 tema 8 format 1 lembar K13 dimana guru harus mengajar dengan topik aku suka berkarya. Secara garis besar subtema 4 sangat mudah untuk disapaikan karena topiknya sudah mencerminkan pengetahuan abad 21, kegiatan yang inovatif, serta pendidikan karakter. Melalui kerja kelompok maupun individu guru bisa meminta siswa untuk membuat karya sederhana baik itu hanya teks singkat sekalipun. Dengan demikian kreatifitas akan muncul dan tertanam dalam benak siswa sebagai bentuk pendidikan karakter.

Itulah sedikit pembahasan singkat file RPP 1 lembar kelas 3 tema 8 yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Perlu kita ingat baik RPP format lama dan baru semuanya bersifat resmi dan boleh digunakan selama bapak ibu guru merasa nyaman. Jika terdapat pertanyaan terkait materi ajar maupun RPP format 1 lembar diatas silahkan ajukan melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here