RPP 1 Lembar Kelas 2 SD/MI TEMA 2 K13 Revisi 2020

RPP 1 Lembar Kelas 2 SD/MI TEMA 2 K13 Revisi 2020 – Guru harus mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran setiap menginjak tahun ajaran baru. Misalnya saja dengan menyusun RPP kelas 2 semester 1 yang terdiri dari tema 1, 2 hingga 5. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu dan tenaga agar guru tidak perlu membuatnya secara dadakan sebelum mulai mengajar.

Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah salah satu dokumen yang harus dilampirkan guru setiap kali mengajar. Selain bersifat administratif, dokumen ini juga bersifat fungsional yang artinya RPP kelas 2 tema 2 memegang peranan penting dalam proses KBM. Fungsi utama RPP tidak lain adalah untuk mempermudah guru dalam mengorganisir setiap kegiatan di kelas nantinya.

RPP kelas 2 tema 2 format 1 lembar kurikulum 2013 revisi 2020
RPP kelas 2 tema 2 format 1 lembar kurikulum 2013 revisi 2020

Dokumen berformat 1 lembar ini juga bisa menjadi alat monitoring untuk guru. RPP kelas 2 tema 2 format 1 lembar disusun secara sistematis dengan berlandaskan silabus dan aturan sesuai permendikbud. Pada mulanya guru dituntut untuk memasukan seluruh unsur dan komponen pada dokumen RPP secara lengkap. Hal ini tentunya sangat menyita waktu yang harusnya bisa digunakan untuk persiapan dan evaluasi.

Untungnya, menteri pendidikan yang sekarang menjabat sangat memperhatikan kecacatan sistem pendidikan di Indonesia. Melalui permendikbud no 8 tahun 2019, Nadiem Makarim telah menetapkan penggunaan RPP kelas 2 tema 2 format 1 lembar pada kurikulum 2013 revisi 2020. Kebijakan tersebut tidak hanya mengatur tentang penyederhanaan RPP 1 lembar saja melainkan juga memberikan wewenang pada guru untuk menggunakan semua model RPP K13.

RPP 1 Lembar Kelas 2 SD/MI TEMA 2 K13 Revisi 2020

Kita harus memperhatikan beberapa parameter sebelum mulai mengembangkan RPP kelas 2 semester 1 kurikulum 2013. Mengapa demikian? Karena revisi kurikulum terbaru mengharuskan guru untuk menciptakan pembelajaran inovatif yang berfokus pada siswa. Tidak berhenti di situ saja, guru juga wajib mengintegrasikan materi ajar yang mengandung pengetahuan abad 21 dan pembelajaran HOTS (high order thinking skill). Artinya, kita harus bisa menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa guna menghadapi tuntutan perkembangan jaman.

Bapak ibu tidak boleh lupa pula tujuan utama kurikulum 2013 yakni pengembangan karakter siswa. Jadi, semua kriteria dan syarat RPP 1 lembar kelas 2 tema 2 diatas harus berpayung pada pendidikan karakter berbasis kelas, lingkungan, dan sekolah. Tidak mudah bukan? Oleh karena itulah saya hadir memberikan beberapa contoh dan model RPP kelas 2 tema 2 yang bisa bapak ibu kembangkan nantinya.

File RPP Kelas 2 Tema 2

Saya telah melampirkan file RPP kelas 2 tema 2 format 1 lembar yang bisa bapak ibu simpan dan gunakan. Setiap subtema memiliki 4 pembelajaran, dan setiap pembelajaran bisa digunakan untuk satu tatap muka saja. File tersebut berbentuk doc dan bisa dibuka menggunakan microsoft word. Silahkan simpan sesuai kebutuhan:

File RPP 1 lembar diatas bisa langsung bapak ibu gunakan karena sudah memenuhi syarat dan standar penyusunan RPP kurikulum 2013 format 1 lembar. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, saya anjurkan bapak ibu mengembangkannya sendiri sesuai kebutuhan siswa dan keadaan nyata di kelas.

Berdasarkan agenda yang tertera pada silabus kita harus mengajar dengan tema bermain di lingkunganku (dalam artian lingkungan siswa). Padahal lingkungan bermain siswa tidak terbatas hanya di sekolah saja. Melainkan di semua tempat misalnya seperti di rumah, lingkup keluarga, masyarakat, dan teman sebayanya.

RPP 1 lembar kelas 2 tema 2 tersusun dari 4 subtema utama dan setidaknya 16 pembelajaran. Pada artikel kali ini saya tidak hanya akan memberikan file RPP kurikulum 2013 tersebut secara gratis saja. Melainkan saya juga akan membahas materi dan bahan ajar di setiap subtemanya. Dengan demikian bapak ibu akan memiliki pemahaman serta bekal lebih sebelum mulai menggunakan RPP kelas 2 di bawah.

Subtema 1 memiliki tajuk berjudul bermain di lingkungan rumah. Seperti yang kita ketahui, bahwa rumah merupakan lingkungan paling dasar yang dimiliki oleh seorang individu. Walaupun tujuan dan tajuk pada RPP kelas 2 tema 2 adalah lingkungan bermain siswa. Namun guru tetap harus mengajarkan muatan terpadu yang terdiri dari matematika, bahasa Indonesia, dan berbagai mapel lainnya.

Berkumpul dan bermain dengan teman sejawat menjadi lingkungan kedua untuk para siswa. Mengingat siswa masih di jenjang SD kelas 2 pastinya mereka sering menghabiskan waktu bersama, termasuk juga berkunjung ke rumah temannya. Demikian pula tertera tujuan RPP kelas 2 tema 2 subtema 2 yang mengangkat topik bahasan bermain di rumah teman. Materi ajar yang harus bapak ibu sampaikan pun juga tidak akan jauh-jauh dari topik tersebut. Pada subtema 2 agenda masih berfokus pada kegiatan membaca dan mengamati beragam benda di sekitar siswa. Hal ini pun sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam rencana ajar diatas.

Sementara itu, subtema 3 membahas bagaimana siswa bermain di lingkungan sekolah. Ya, sekolah seperti menjadi rumah kedua untuk siswa. Di sinilah siswa banyak menghabiskan waktunya untuk belajar, bermain, dan berinteraksi dengan teman-temannya. Oleh karena itu, guru wajib memberikan pemahaman bagaimana cara bermain di sekolah sesuai norma/kaidah yang berlaku. Guru juga bisa menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan budaya literasi secara simultan lewat tugas baca/tulis/identifikasi teks pendek “bermain di halaman sekolah”. Untuk teknis bagaimana panduan serta metode asesmenya silahkan ikuti file RPP kelas 2 tema 2 yang sudah bapak ibu simpan diatas.

Kesimpulannya, sekarang pendidikan di Indonesia lebih fleksibel dan efektif daripada waktu-waktu sebelumnya. Kini guru diberikan wewenang untuk menyusun, menggunakan, dan mengembangkan seluruh model RPP kurikulum 2013 secara bebas. Lantas apakah RPP tersebut harus memakai format 1 lembar? tidak harus. Kita masih bisa memakai format lama ataupun membuatnya menjadi beberapa lembar selama unsur-unsur didalamnya masih valid.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Semoga file RPP kelas 2 tema 2 format diatas bisa bermanfaat membantu anda yang kesulitan menyusunnya. Jika anda masih memiliki pertanyaan terkait perangkat ajar berbentuk dokumen diatas silahkan ajukan melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here