RPP 1 Lembar Kelas 2 SD/MI TEMA 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Terbaru

RPP 1 Lembar Kelas 2 SD/MI TEMA 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Terbaru – Rencana ajar adalah dokumen wajib yang harus dimiliki oleh semua guru kelas. Perangkat pembelajaran tersebut disusun berdasarkan buku pedoman yang juga memperhatikan silabus kelas 2 SD. Meskipun sudah ada panduan, namun tidak sedikit pula guru yang mengeluhkan sulitnya menyusun RPP kelas 2 yang terus berubah-ubah. Fakta adanya perubahan setiap beberapa periode tersebut tentunya dilakukan pemerintah agar pendidikan di Indonesia tidak tertinggal oleh arus perkembangan jaman.

RPP kelas 2 semester 1 tema 1 format 1 lembar
RPP kelas 2 semester 1 tema 1 format 1 lembar

Ada beberapa parameter yang harus diingat ketika kita membuat RPP format 1 lembar untuk kelas 2 SD/MI. Misalnya, setiap materi yang disampaikan harus mengandung pengetahuan abad 21. Cara mengajar atraktif yang memfasilitasi kegiatan kelas seperti diskusi, tukar pikiran, dan penyampaian pendapat, hingga mengembangkan budaya literasi. Semua syarat tersebut dibalut menjadi satu dalam upaya pengembangan karakter dalam diri siswa.

Untuk menciptakan dokumen dengan syarat sedemikian rupa tidaklah mudah. Banyak guru bersusah payah mengeluhkan sulitnya memenuhi kriteria tersebut lantaran kurangnya sosialisasi dari pemerintah. Di sisi lain, terbatasnya waktu yang dimiliki seorang guru kelas juga menghambat penyusunan RPP kelas 2 tema 1. Mengapa demikian? karena pada awalnya RPP harus dibuat dengan memasukan seluruh unsur pembelajaran secara mendetail. Tidak heran jika 1 RPP kelas 2 tema 1 saja bisa menghabiskan kertas berlembar-lembar.

RPP 1 Lembar Kelas 2 SD/MI TEMA 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Terbaru

Untungnya, pada revisi kurikulum 2013 terbaru tahun lalu menteri pendidikan telah mengeluarkan kebijakan yang bisa dibilang menguntungkan untuk guru. Melalui permendikbud nomor 8 tahun 2019, kini bapak ibu bisa membuat RPP kelas 2 tema 1 semester 1 menjadi format 1 lembar sesuai arahan menteri. Putusan tersebut tidak hanya mengatur penyederhanaan RPP dan pemangkasan syarat administrasi saja. Melainkan, guru sekarang bisa menggunakan seluruh model RPP.

Untuk membuat sendiri RPP kelas 2 tema semester 1 tema 1 format 1 lembar tidaklah terlalu sulit. Berdasarkan permendikbud no 8, bapak ibu hanya perlu memasukan 3 komponen utama saja yakni tujuan, uraian kegiatan, dan yang terakhir asesmen. Format ini tentunya lebih singkat dan lebih mudah jika dibandingkan model RPP kurikulum 2013 versi lama.

Selain itu, Terdapat kriteria yang menjadi parameter penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran tahun 2020. Misalnya saja materi harus mengandung pengetahuan abad 21 sebagai follow up perkembangan jaman. Merumuskan tujuan utama yang berhubungan dengan pengembangan karakter dalam diri siswa. Hingga pemanfaatan teknologi disetiap aktivitasnya.

RPP tidak hanya sebagai syarat administrasi saja, tujuan dibuatnya dokumen ini tidak lain adalah untuk memudahkan guru dalam mengajar di kelas nantinya. Melalui RPP pula performa guru, prediksi pembelajaran, dan proses KBM dapat diatur dan diukur tingkat keberhasilannya. Jadi kita harus menyusunya dengan penuh kesungguhan untuk mendapatkan output yang maksimal.

Dengan perkembangan jaman kita semakin dimudahkan dalam mencari contoh RPP 1 lembar kelas 2 tema 1 untuk SD dan MI di internet. Hal ini pun sejalan dengan pesan bapak menteri untuk memanfaatkan segala sumber daya termasuk internet untuk memenuhi kebutuhan belajar mengajar.

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan model RPP 1 lembar kelas 2 SD MI tema 1 untuk semua subtema dan pembelajaran. Rencana ajar tersebut telah saya sesuaikan dengan model RPP format 1 lembar sesuai anjuran menteri pendidikan. Saya juga telah merangkumnya menjadi 1 file untuk memudahkan bapak ibu menyimpannya.

Sama seperti biasanya, ada 4 subtema dan setidaknya 12 dari total 16 pembelajaran yang harus diajarkan pada siswa. File tersebut bisa langsung bapak ibu gunakan karena sudah sesuai dengan ketentuan pada buku saku RPP 1 lembar terbitan mendikbud. Namun, anda perlu mengisi beberapa bagian yang kosong seperti nama sekolah, mengganti tanggal, dan nama kepala sekolah. Sedangkan Untuk materi dan bahan ajarnya sudah sesuai, namun anda juga bisa mengganti dan mengembangkannya sesuai kebutuhan.

Kurikulum 2013 menuntut tenaga pendidik untuk memfokuskan pelajaran pada pendidikan karakter. Selain itu, K13 juga mengharuskan guru menghadirkan nuansa baru dalam teknik mengajar. Yakni meninggalkan teknik ceramah dan beralih memakai teknik mengajar yang berfokus pada siswa (student centered learning). Dengan kata lain, sekarang siswalah yang dituntut harus aktif sedangkan peran guru hanya sebagai mediator saja.

Tema pertama yang harus diajarkan di awal semester 1 adalah tentang hidup rukun. Dalam menjalin kerukunan tentu tidak hanya dilakukan di satu tempat saja. Sebagai makhluk sosial kita akan terus berinteraksi dengan orang lain baik dalam lingkup keluarga, teman sejawat, sekolah, hingga masyarakat sekalipun. Inilah yang membuat tema 1 begitu penting karena hidup rukun juga menjadi bagian dari pendidikan karakter siswa.

Baca juga: RPP 1 Lembar Kelas 2 SD/MI TEMA 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020

Berdasarkan RPP kelas 2 SD semester 1 tema 1 kita harus mengajarkan hidup rukun dari lingkup yang paling mendasar terlebih dahulu, yakni hidup rukun di rumah. Keluarga merupakan lingkungan terkecil yang dimiliki oleh seorang individu. Peran guru dalam pengembangan karakter adalah mengajarkan siswa bagaimana menjalin kerukunan di rumah dengan keluarga mereka masing masing. Sementara itu, guru juga harus menyampaikan materi terpadu berupa pembelajaran matematika, bahasa indonesia, SBdp, dan lain sebagainya.

Menginjak subtema 2 pada RPP 1 lembar kelas 2 tema 1 memberikan penekanan hidup rukun di lingkup tempat bermain. Sebagai anak-anak, bermain dengan teman sebayanya merupakan hal yang lumrah. Maka dari itu guru perlu memberikan bekal berupa pendidikan karakter untuk selalu menjaga kerukunan bahkan ketika mereka bermain. Semua itu telah diwujudkan dalam RPP kelas 2 tema 1 format 1 lembar yang sudah saya lampirkan diatas. Bapak ibu hanya perlu mengikuti setiap kegiatan kelas dan panduan yang ada di dalamnya.

Begitu juga dengan subtema 3 yang menuntut siswa belajar hidup rukun di lingkungan masyarakat. Menurut saya pribadi, subtema inilah yang menuntut perhatian lebih karena mencakup ruang lingkup yang luas. Untungnya, saya telah melampirkan strategi berikut materi di lembar kegiatan yang mengakomodasi pendidikan karakter dan penyampaian muatan terpadu menjadi satu.

Itulah file RPP 1 lembar kelas 2 tema 1 semua subtema yang dapat saya bagikan dalam artikel kali ini. File RPP tersebut tidak harus mutlak dipakai karena kita bisa memodifikasi dan mengembangkannya sendiri. Selain itu, kita bisa membuat RPP baru berdasarkan contoh diatas. Untuk skema penyusunanya pun bisa dilakukan berkelompok dalam satuan ajar maupun secara mandiri berdasarkan buku saku RPP 1 lembar. Jika terdapat pertanyaan terkait RPP kelas 2 SD tema 1 format 1 lembar silahkan ajukan melalui kolom komentar di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here