RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi 2020 Format Terbaru

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi 2020 Format Terbaru – Rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 menjadi instrumen penting untuk guru. Melalui dokumen tersebut guru bisa mempersiapkan materi, rangkaian kegiatan, hingga metode asesmen untuk keperluan mengajar. Selain sebagai syarat administratif RPP juga bisa berfungsi sebagai media evaluasi pasca KBM (kegiatan belajar mengajar) guna mendapatkan data akurat tentang implementasi metode di kelas. Maka dari itu kita perlu menyusun RPP kelas 1 semester 2 agar materi dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa.

Permendikbud no 14 tahun 2019 yang diterbitkan tahun kemarin mengatur tentang penggunaan perangkat pembelajaran. Salah satunya adalah pemberian wewenang kepada tenaga pendidik untuk menggunakan RPP yang telah disederhanakan. Dengan kata lain guru diperbolehkan menggunakan seluruh model RPP kurikulum 2013 revisi. Namun terlebih dulu kita harus mengetahui tata cara menyusun RPP kelas 1 semester 2 format 1 lembar sesuai permendikbud dan kurikulum. Pasalnya dokumen wajib ini tidak boleh disusun secara sembarangan karena sedikit banyak akan kita pertanggung jawabkan sebagia syarat administrasi.

Wacana penggunaan RPP 1 lembar sebenarnya sudah ada bahkan sejak bertahun-tahun lalu. Namun rencana tersebut baru bisa direalisasikan ketika Nadiem Makarim menjabat sebagai menteri pendidikan. Seperti mantan CEO Gojek tersebut paham betul permasalahan ketika guru mengajar dikelas. Menyusun RPP kelas 1 semester 2 menggunakan format kurikulum 2013 lama sangatlah menyita waktu guru yang seharusnya bisa digunakan untuk mempersiapkan serta mengevaluasi KBM. Penyederhanaan tersebut dilakukan untuk meringankan beban guru secara administratif dan sekaligus menjadi cara pemerintah menyejahterakan tenaga pendidik di Indonesia. Dengan dipotongnya lajur administratif yang berbelit diharapkan bisa meningkatkan performa guru ketika mengajar di kelas.

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi 2020 Format Terbaru

RPP atau yang biasa disebut lesson plan merupakan perangkat pembelajaran berbentuk dokumen yang mengatur proses berjalannya KBM. Di dalam dokumen tersebut berisi setidaknya 3 komponen utama yang saling berkesinambungan dan mencerminkan implementasi kurikulum 2013. Pada mulanya guru diwajibkan membuat rencana ajar menggunakan format lama yang notabennya terlalu kompleks. Mengapa demikian? Karena RPP kelas 1 SD K13 lama masih mengadaptasi komponen secara lengkap. Sehingga untuk menyusunnya diperlukan waktu lama dan dedikasi tinggi.

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi 2020 Format Terbaru
RPP kelas 1 semester 2 format 1 halaman

Dengan disederhanakannya RPP menjadi 1 halaman terbukti bisa memberi guru ruang untuk bernafas lega. Untuk menyusun RPP kelas 1 semester 2 format 1 lembar sangatlah mudah dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Bapak ibu bisa menyusunnya sendiri secara individu maupun bersama dalam suatu kelompok satuan pendidik (PGRI). Dengan memperhatikan panduan serta anjuran menteri pendidikan bapak ibu mampu menciptakan sendiri RPP 1 lembar kelas 1 semester 2 sesuai dengan kebutuhan siswa.

Dengan perkembangan teknologi seperti saat ini semuanya bisa menjadi mungkin. Internet merupakan jendela digital untuk mengakses berbagai informasi secara jarak jauh di lingkup internasional sekalipun. Melaluinya kita bisa saling bertukar pikiran, materi, dan pengalaman dalam wadah forum guru online (daring). Berbagai contoh RPP kelas 1 semester 2 format 1 lembar mampu kita akses hanya dengan sentuhan jari saja. Menteri pendidikan bahkan merekomendasikan guru untuk memanfaatkan seluruh teknologi abad 21 (termasuk internet) untuk menunjang segala kebutuhan mengajarnya.

Contoh RPP Kelas 1 Semester 2 Format 1 Lembar

RPP adalah perangkat pembelajaran kurikulum 2013 yang harus dimiliki guru kelas sekolah dasar. Para ahli berpendapat bahwa kualitas pelajaran bisa tercermin dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru. Awalnya rencana ajar disusun sangat detail dengan mempertimbangkan banyak kriteria. Namun seiring berjalannya waktu akhirnya kebijakan berbelit tersebut telah direvisi dengan terbitnya permendikbud nomor 14 tahun 2019. Sedikit banyak surat edaran terbitan menteri mengatur tentang tata cara penyederhanaan dokumen ajar yakni RPP.

Dalam sesi pertama saya akan membagikan file RPP kelas 1 semester 2 format 1 lembar sesuai kurikulum 2013 revisi 2020. Baru setelahnya kita akan membahas tata cara menyusun rencana ajar dengan format 1 lembar sesuai permendikbud no 14 tahun 2019. File tersebut berbentuk DOC dan siap untuk langsung dipakai maupun dikembangkan kembali. Saya telah mengelompokkan materi berdasarkan tema, subtema, dan urutan pembelejarannya. Untuk menyimpannya silahkan pilih file yang diinginkan di bawah ini:

File RPP kelas 1 SD Format 1 Lembar Gratis

Saya ingin menggarisbawahi, file RPP 1 lembar kelas 1 semester 2 diatas dipakai untuk satu tatap muka saja dan bukan 1 lembar untuk semua tatap muka di semester 2. Jadi jangan salah persepsi dan menganggap dokumen 1 halaman bisa dipakai secara terus menerus. Hal ini mungkin terdengar sepele namun faktanya masih banyak tenaga pendidik yang salah memahami maksud dari penyederhanaan perangkat pembelajaran tersebut. Jadi, jika dalam 1 semester terdapat 4 tema dan masing-masing tema terdapat 6 pembelajaran maka guru harus membuat sebanyak 24 RPP berbeda untuk 24 pertemuan. Sampai disini saya anggap bapak ibu sudah paham dengan konsep RPP format 1 lembar kurikulum 2013.

Secara garis besar kebijakan menyederhanakan RPP kelas 1 SD tidak bersifat mengikat secara hukum. Justru guru diberikan wewenang untuk menggunakan seluruh model RPP K13 yang ada baik itu versi lama maupun baru. Hanya saja masih banyak guru merasa kebingungan dengan implementasi rencana ajar format 1 lembar tersebut. hal ini disebabkan kurangnya edukasi serta sosialisasi dari dinas terkait. Namun dilain sisi guru juga seharusnya bisa lebih adaptif dengan perubahan yang terjadi. Toh lewat internet kita bisa mendapatkan akses ke berbagia informasi berskala global.

Menyusun RPP Format 1 Lembar

Kelas 1 SD merupakan jenjang awal dimana siswa perlu diberikan bimbingan dasar. Sebenarnya kita tidak perlu terlalu memaksakan materi ajar untuk kelas 1 SD. Cukup berikan pengetahuan dasar baik itu tentang matematika, PPKN, Bahasa Indonesia, Maupun IPA kepada mereka. Fokus guru adalah menyampaikan tujuan pembelajaran kurikulum 2013 yakni penguatan karakter peserta didik. Hal tersebut perlu diberikan sejak dini kepada siswa bahkan semenjak mereka di bangku kelas 1 SD.

Guru kelas sekolah dasar (SD) seperti kita pasti sudah mengerti betul standar penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. K13 memiliki tujuan utama yakni mengembangkan kepribadian siswa lewat pendidikan karakter berbasis kelas, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Selain itu materi ajar harus mengandung ilmu pengetahuan abad 21 serta mengakomodasi budaya literasi dalam satu waktu yang sama.

Padahal kelas 1 SD merupakan tingkatan terendah pada jenjang sekolah dasar. Lantas bagaimana guru bisa mengajarkan itu semua? tenang saja. Kita tidak perlu berfokus pada tujuan yang kompleks, cukup berikan pendidikan karakter pada siswa secara mendasar. Dalam RPP kelas 1 semester 2 pun kita tidak perlu merumuskan rangkaian kegiatan, model pembelajaran, pendekatan dan lain sebagainya secara detail. Cukup jabarkan garis besar tujuannya, kegiatannya, serta metode asesmennya saja. Bagaimana, mudah bukan? Sebagai referensi simaklah format penyusunan RPP kelas 1 kurikulum 2013 versi lama dengan format baru di bawah.

RPP kurikulum 2013 format lama

Kurikulum format lama memang sudah mengakomodasi terciptanya pembelajaran berbasis pengetahuan abad 21, pemanfaatan teknologi, serta pendidikan berbasis karakter. Namun hasil tersebut harus dibayar dengan kerja keras guru membuat dokumen perangkat pembelajaran secara mendetail. Jika berpedoman pada format lama, RPP kelas 1 semester 2 harus mengandung seluruh komponen secara utuh mulai dari cover hingga bagian lampiran. Untuk menyusunnya tentu dibutuhkan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari karena guru harus menyingkronkan materi dengan KI, KD, Silabus SD, serta buku pedoman siswa.

Implementasi RPP K13 format lama juga terkesan kaku karena guru dipaksa mengikuti urutan kegiatan sesuai dengan apa yang telah dirumuskan. Hal tersebut akhirnya menutup celah untuk membuat pembelajaran inovatif, padahal kurikulum 2013 menuntut siswa berperan aktif sesuai dengan metode yang diterapkan yakni “student centered learning“. Berikut ini adalah beberapa alasan RPP kelas 1 semester 2 K13 dengan format lama harus direvisi:

  • RPP termasuk kategori dokumen kompleks karena disusun secara detail dengan penuh pertimbangan.
  • Untuk menghasilkan format lesson plan sedemikian rupa diperlukan waktu yang lama.
  • Guru tidak memiliki waktu luang untuk sekedar mempersiapkan KBM maupun membuat evaluasi.
  • Karena disusun mendetail akhirnya 1 dokumen untuk sekali pertemuan bisa mencapai puluhan lembar.
  • Implementasinya kurang efektif dan terkesan kaku karena guru wajib mengikuti urutan kegiatan yang sudah dirumuskan.

RPP K13 format 1 lembar

Dirubahnya birokrasi membuat tenaga pendidik bisa menghirup udara segar. Melalui kebijakan permendikbud guru bisa menggunakan RPP 1 lembar kelas 1 semester 2 yang notabennya lebih efektif. Mengapa saya bisa bilang demikian? karena dalam penyusunan RPP format 1 lembar tidaklah terlalu komplek dan implementasinya sangat maksimal. Dari segi administrasi kita hanya perlu memasukan 3 komponen utama saja. Dengan demikian dokumen yang dihasilkan akan sangat singkat bahkan cuma mencapai 1 halaman. Di lain sisi implementasi RPP 1 lembar bersifat fleksibel dan tidak mengikat sehingga memungkinkan terjadinya improvisasi di kelas.

Dengan berbagai kelebihan tersebut bisa kita simpulkan bahwa RPP kelas 1 semester 2 format 1 lembar merupakan produk yang berhasil. Meskipun demikian pemerintah juga tidak melarang jika bapak ibu tetap ingin menggunakan format lama selama itu tidak menjadi beban. Inti dari program penyderhanaan RPP hanya untuk meringankan beban tenaga pendidik saja. Namun pertimbangkanlah beberapa kelebihan RPP kelas 1 semester 2 yang disusun menggunakan kurikulum 2013 revisi 2020 format 1 lembar di bawah ini:

  • Berdasarkan surat edaran menteri guru diberi wewenang menggunakan semua model RPP K13.
  • RPP hanya mengandung 3 komponen utama yakni tujuan, kegiatan, dan asesmen.
  • RPP boleh disederhanakan bahkan 1 halaman sekalipun sehingga lebih menyingkat waktu.
  • Guru bisa mempersiapkan pembelajaran serta membuat evaluasi lebih maksimal karena memiliki banyak waktu luang.
  • Penerapan yang fleksibel berpotensi membuka ruang untuk berimprovisasi dan menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif.

Kesimpulanya adalah bapak ibu boleh menggunakan model RPP apa saja sesuai keinginan serta kebutuhan anda. Sebelum menutup artikel ini saya ingin berterimakasih telah berkunjung dan membaca isi blog saya. Melalui artikel ini diharapkan bisa menjadi media rujukan bapak ibu untuk saling bertukar pikiran, pengalaman, dan perangkat pembelajaran secara online. Itulah artikel singkat yang membahas file RPP kelas 1 semester 2 format 1 lembar kurikulum 2013 revisi 2020, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here