RPP 1 Lembar IPS Kelas 8 Semester 2 K13 Revisi 2020 Format Terbaru

RPP 1 Lembar IPS Kelas 8 Semester 2 K13 Revisi 2020 Format Terbaru – RPP IPS kelas 8 SMP format 1 lembar menjadi salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki guru. Penyederhanaan rencana ajar ini sesuai dengan anjuran menteri pendidikan yang tertuang dalam surat edaran no 14 tahun 2019. Dengan berpedoman pada peraturan baru tersebut bapak ibu guru bisa menghasilkan perangkat pembelajaran yang lebih singkat, efektif, dan maksimal. Sayangnya masih banyak guru yang enggan beralih menggunakan RPP IPS kelas 8 semester 2 format 1 lembar tersebut karena kurangnya pengetahuan untuk menyusunnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa kurikulum 2013 terus mengalami perubahan dan penyesuaian. Sedikit banyak revisi tersebut juga mempengaruhi format penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memberikan dampak positif maupun negatif. Namun dampak kurikulum 2013 revisi 2020 terakhir sangat menguntungkan kita, lewat peraturannya guru boleh menyusun RPP 1 lembar IPS kelas 8 semester 2. Nah apakah anda tertarik untuk menggunakan RPP IPS kelas 8 1 lembar?

Pada dasarnya guru bisa menyusun sendiri RPP IPS SMP kelas 8 semester 2 tanpa menghiraukan format resmi. Hal ini disebabkan karena sampai saat belum beredar perangkat pembelajaran resmi yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai referensi maupun acuan. Oleh karenanya menteri pendidikan memberikan kita wewenang untuk membuat, menggunakan, serta mengadaptasi berbagai model RPP IPS yang didapatkan dari internet. Tujuannya tidak lain agar guru bisa lebih adaptif dan menyesuaikan kebutuhan siswa yang berbeda beda.

RPP 1 Lembar IPS Kelas 8 Semester 2 K13 Revisi 2020 Format Terbaru

Ilmu pengetahuan sosial termasuk mapel yang tergolong kompleks untuk siswa kelas 8 SMP. Meskipun demikian pelajaran IPS sudah diberikan sejak jenjang sekolah dasar (SD) sebagai bentuk pengenalan awal. Pada jenjang tersebut RPP IPS masih dikategorikan general karena semua cabangnya masih menjadi 1. Namun ketika siswa menginjak kelas 2 mapel IPS pun dikategorikan bercabang yakni IPS geografi, IPS ekonomi, dan IPS sejarah. Maka dari itu bapak ibu memerlukan RPP IPS kelas 8 semester 2 format 1 lembar yang akurat untuk setiap cabang pengetahuannya.

RPP IPS Kelas 8 semester 2 format 1 lembar
RPP IPS Kelas 8 semester 2 format 1 lembar

Tidak hanya sebagai syarat administratif saja, melainkan RPP juga menjadi alat monitoring serta evaluasi guru yang begitu penting. Di semester 2 guru harus menyusun setidaknya 14 RPP IPS untuk setiap pertemuannya. Bayangkan saja jika 14 dokumen tersebut disusun dengan format lama pasti sangat merepotkan dan menyita waktu. Oleh karena itu kita bisa belajar mebuat RPP IPS kelas 8 sendiri dengan format 1 lembar sesuai anjuran mendikbud.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas serta mendalami perangkat ajar K13 SMP khususnya mapel IPS. Selain itu bapak ibu juga akan mendapatkan contoh RPP IPS kelas 8 semester 2 format 1 lembar yang bisa dikembangkan sendiri. Materi ajar dalam RPP 1 lembar tersebut saya rangkum berdasarkan buku pedoman siswa serta buku paket IPS kurkulum 2013 revisi 2020. Anda bisa menggunakannya secara langsung maupun mengembangkannya sendiri berdasarkan panduan serta pedoman penyusunan RPP yang berlaku.

RPP IPS Kelas 8 Semeter 2 Kurikulum 2013

Di era perkembangan teknologi seperti saat ini informasi bisa didapatkan tanpa harus bersusah payah keluar rumah. Melalui internet kita bisa mengakses berbagai informasi untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Demikian juga internet bisa dipakai untuk mencari contoh RPP, perangkat pembelajaran, materi ajar, serta berbagai instrumen lainnya. Kemudahan tersebut bisa kita akses hanya dengan menyentuh layar ataupun mengetikan kata kunci di laptop.

Sebagai guru mapel tentunya kita sudah cukup mengetahui panduan dasar menyusun RPP. Nah, Berdasarkan permendikbud no 14 tahun 2019 guru dianjurkan untuk memakai RPP IPS kelas 8 format 1 lembar dengan tujuan untuk menghemat waktu. Pasalnya sebelum dilakukan revisi, kurikulum 2013 mengharuskan tenaga pendidik untuk menyusun rencana ajar dengan format yang berbelit. Guru diharuskan memasukkan seluruh komponen serta dipaksa melakukan implementasi yang terkesan kaku di kelas.

Menyadari kegagalan administrasi tersebut akhirnya Mendikbud Nadiem Makarim memerintahkan guru meninggalkan format lama dan menyusun RPP IPS kelas 8 dengan format baru. Pada sesi pertama bapak ibu akan mendapatkan contoh RPP 1 lembar IPS kelas 8 semester 2 lengkap beserta perangkat pembelajaran K13 revisi 2020. Silahkan menuju tautan di bawah ini untuk menyimpan file lengkap rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut.

FILE RPP IPS SMP KELAS 8 FORMAT 1 LEMBAR SEMESTER 2

Setelah kita mendapatkan file RPP IPS kelas 8 semester 2 diatas apa yang harus dilakukan? Terdapat dua pilihan. Bapak ibu bisa langsung memakainya karena format RPP dan materi ajarnya sudah sesuai dengan kurikulum 2013 revisi. Atau anda bisa menyusun serta mengembangkan file tersebut menjadi RPP kelas 8 IPS yang baru sesuai kebutuhan siswa. Jika anda memilih opsi kedua maka lanjutkanlah membaca artikel ini hingga selesai karena saya akan membahas parameter penyusunan rencana ajar format 1 lembar K13 revisi 2020.

Menyusun Sendiri RPP Format 1 Lembar

Pada penjelasan diatas telah saya sebutkan bahwa guru harus diperbolehkan menyusun rencana ajar kelas 8 SMP dalam bentuk 1 halaman saja. Saya hanya ingin menggaris bawahi kalau aturan tersebut berlaku untuk 1 dokumen RPP tiap tatap muka. Jadi kalau kita harus menyiapkan 14 RPP 1 lembar IPS kelas 8 untuk setiap tatap muka di semester 2 ini. Rencana tersebut bisa kita susun sendiri dengan memperhatikan beberapa parameter utama. Berdasarkan permendikbud no 14 guru tidak harus memasukan semua komponen kedalam dokumen melainkan intinya saja.

Sebelum mulai menyusun sendiri RPP IPS kelas 8 tersebut kita harus memahami perbedaan antara kurikulum 2013 format baru dan lama. Tujuannya tidak lain agar kita memiliki pemahaman lebih lanjut yang bisa kita gunakan sebagai patokan nantinya. Selain itu dengan mempelajari arahan resmi ini juga akan memperkuat landasan teori yang dimiliki bapak ibu.

RPP kurikulum 2013 format lama

Secara garis besar perangkat pembelajaran kurikulum 2013 format lama memang sudah memenuhi standar pendidikan karakter. Namun seperti yang kita ketahui bahwa jaman terus berkembang, manusia pun juga wajib mengikuti perkembangan tersebut untuk menuju arah yang lebih baik. Maka dari itu kurikulum terus direvisi setiap dekade untuk mendapatkan implementasi maksimal.

Pada mulanya RPP IPS kelas 8 semester 2 disusun secara lengkap dengan memasukan seluruh instrumen yang ada. Mulai dari identitas, tujuan, motode/pendekatan, uraian kegiatan, materi, hingga lampiran menjadi satu dokumen. Rencana yang dirumuskan tersebut memang terlihat lengkap karena mencakup seluruh komponen, namun dilain sisi juga terkesan kaku. Disamping itu guru harus mendedikasikan waktunya untuk menyusun RPP IPS format lama sehingga kebijakan tersebut seperti membebani guru dengan segala syarat administratif. Lantas apa saja pertimbangan yang membuat RPP IPS kelas 8 K13 format lama harus direvisi?

  • RPP versi lama disusun secara mendetail dengan memasukan seluruh komponen.
  • Untuk membuatnya secara utuh diperlukan waktu yang lama sehingga menghabiskan waktu guru.
  • Pada kenyataanya implementasinya di kelas sangatlah kaku karena guru diharuskan mengikuti seluruh uraian kegiatan yang telah dirumuskan.
  • RPP IPS kelas 8 untuk 1 pertemuan bisa mencapai puluhan halaman dan membuang-buang kertas saja.

RPP IPS 1 lembar format baru

Setelah melalui berbagai pertimbangan matang akhirnya kurikulum 2013 direvisi kembali pada tahun 2019 dan ditetapkan dalam permendikbud no 14 tahun 2019 yang mengatur penyederhanaan rencana ajar untuk guru. Sebagia guru mapel tentunya kita harus senang dengan putusan tersebut karena sudah tidak perlu lagi menyusun dokumen berlembar-lembar. Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa pemerintah berkomitmen menyejahterakan guru melalui pemangkasan syarat administrasi.

Sebagai tenaga pendidik pun kita juga harus mengetahui posisi dan adaptif terhadap segala perubahan. Kita bisa memanfaatkan internet untuk saling bertukar informasi dari jarak jauh melalui forum guru online. Menteri pendidikan pun juga mendukung budaya literasi serta pemanfaatan teknologi abad 21 untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya inovasi ini diharapkan dunia pendidikan di Indonesia bisa menuju ke arah yang lebih baik. Lantas apa saja perbedaan RPP 1 lembar IPS kelas 8 semester 2 versi baru dengan lama?

  • RPP format baru disusun hanya 1 halaman/lembar saja.
  • Guru hanya perlu memasukan 3 komponen utama (Tujuan, Kegiatan pembelajaran, dan asesmen).
  • Guru diperbolehkan memakai, menyusun, maupun mengadaptasi semua model RPP kurikulum 2013.
  • Karena boleh disederhanakan, guru memiliki waktu luang lebih untuk menyiapkan KBM serta melalukan evaluasi pasca KBM.
  • Implementasi rencana sangat fleksibel dan terbukti efektif untuk diterapkan di Indonesia.

Itulah berbagai perbedaan RPP IPS kelas 8 semester 2 format lama dan baru yang dapat saya jelaskan secara singkat. Kesimpulannya adalah guru boleh menggunakan RPP format manapun baik itu versi lama (berlembar-lembar) maupun versi baru (1 halaman). Karena pada dasarnya rencana pelaksanaan pembelajaran K13 format lama juga masih sah untuk dipakai. Namun jika bapak ibu berubah pikiran dan ingin memakai RPP IPS yang sudah disederhanakan bisa menyusunnya sendiri dengan mempertimbangkan parameter diatas.

Sekain artikel singkat yang berisi contoh RPP 1 lembar IPS kelas 8 semester 2 yang dapat saya sampaikan. Melalui situs ini diharapkan bisa menjadi referensi maupun wadah tenaga pendidik untuk bisa saling berkomunikasi dan bertukar pengalaman. Jika terdapat masukan, kritik, saran, maupun permintaan perangkat pembelajaran K13 spesifik silahkan ajukan melalui kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here