Puisi Ditulis Dalam Bentuk

Puisi Ditulis Dalam Bentuk – Kita tahu bahwa puisi merupakan salah satu contoh karya sastra dimana menggunakan bahasa indah serta penyajiannya lebih imajinatif sehingga tidak heran jika masyarakat luas menyukainya. Puisi tersebut berasal dari rangkaian kata kata yang indah, karena berasal dari ekspresi perasaan penulis. Lantas apa itu puisi? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi dapat diartikan sebagai keragaman sastra yang bahasanya mengikat dengan irama, mantra, dan rima serta penyusunannya dalam bentuk larik dan bait.

Kemudian adapula pengertian puisi yaitu gubahan menggunakan bahasa yang cermat, tertata, dan terpilih bentuknya. Berdasarkan para ahli sebenarnya banyak sekali definisi puisi. Misalnya saja pengertian puisi menurut Sumardi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, pemilihan kata imajinatif, serta terdapat perpaduan irama dengan bunyi. Lalu puisi ditulis dalam bentuk apa? Materi puisi ini dapat anda pelajari lebih lanjut dengan melihat contoh puisi yang tersedia.

puisi ditulis dalam bentuk
Bentuk Penulisan Puisi

Sebenarnya banyak sekali contoh puisi yang dapat kita temui, baik di internet ataupun di buku panduan. Puisi memang memiliki sifat yang imajinatif dan bahasa yang digunakan lebih indah dibandingkan karya sastra lainnya. Para penyair puisi biasanya menyusun kata kata yang indah dengan kandungan pesan di dalamnya. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang puisi ditulis dalam bentuk apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Puisi Ditulis Dalam Bentuk

Secara umum, puisi berbeda dengan jenis karya sastra lainnya seperti drama ataupun prosa. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari segi pengertian maupun bahasa yang digunakan. Karya sastra puisi ini banyak diciptakan oleh penyair besar seperti Taufik Ismail, WS Rendra, Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo, dan sebagainya.

Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan beberapa contoh puisi sahabat. Dalam contoh tersebut terlihat jelas tema yang digunakan, bahasa yang digunakan, dan bagaimana cara pembuatannya. Selain itu adapula gaya bahasa yang digunakan dalam puisi, dimana masing masing sastrawan atau penyair menggunakan gaya bahasa yang berbeda. Maka dari itu puisi tersebut sebenarnya tidak mudah dibuat karena ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan.

Materi puisi ini sebenarnya telah kita pelajari ketika dibangku sekolah. Materi tersebut berisi beberapa hal yang dibahas seperti pengertian, contoh, struktur, ataupun ciri cirinya. Kemudian adapula beberapa contoh soal terkait materi ini. Salah satu bentuk soalnya yaitu:

Puisi ditulis dalam bentuk . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah bait.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa puisi ditulis dalam bentuk bait. Pengertian bait adalah karakteristik dalam puisi yang bentuknya tulisan atau karangan sehingga terikat dengan adanya baris. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here