Pernyataan Yang Tepat Tentang Ciri Ciri Komponen Penyusun Darah Adalah

Pernyataan Yang Tepat Tentang Ciri Ciri Komponen Penyusun Darah Adalah – Pada umumnya dalam tubuh kita terdapat kandungan air dan darah yang mengalir. Dengan adanya darah, sari sari makanan dan oksigen akan diedarkan ke seluruh tubuh dengan mudah. Namun apa saja komponen komponen penyusun darah tesebut? Darah memiliki komponen yang mempunyai fungsi dan perannya sendiri.

Lalu pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah apa? Penyusunan darah tersebut asalnya dari sel darah yang dikombinasikan dengan plasma darah hingga dapat diedarkan ke seluruh tubuh. Sel sel darah sendiri secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Maka dari itu manusia secara keseluruhan memiliki beberapa komponen darah seperti sel darah putih, keping darah (platelet/trombosit), sel darah merah, dan plasma darah.

pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah
Komponen Dalam Darah

Tugas dan fungsi komponen dalam darah memang berbeda beda. Meskipun begitu setiap komponen memiliki peran yang penting untuk mendukung kinerja darah dalam tubuh. Tetapi kita juga harus tetap menjaga pola hidup sehat untuk mencegah penyakit penyakit yang berkaitan dengan darah tersebut. Kali ini saya akan menjelaskan tentang pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pernyataan Yang Tepat Tentang Ciri Ciri Komponen Penyusun Darah Adalah

Apa yang dimaksud darah itu? Pengertian darah adalah bagian dalam tubuh manusia yang berguna untuk mengangkut sisa metabolisme tubuh, hormon, oksigen, dan bahan atau zat makanan. Fungsi darah tersebut didukung dengan beberapa komponen di dalamnya.

Bentuk darah ini memang berupa cairan merah, tetapi cukup kompleks kandungan beberapa komponen di dalamnya. Darah tersusun dari beberapa sel darah yang dikombinasikan dengan plasma darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Lalu pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah apa saja?

Materi tentang darah pada umumnya telah kita bahas ketika di bangku sekolah. Materi ini berisi tentang definisi, ciri ciri dan hal hal lain terkait darah tersebut. Materi darah ini juga sering dimasukkan dalam soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu:

Pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah . . .
A. Leukosit tidak mempunyai inti sel, selnya memiliki sifat yang ameboid dan bentuknya tidak tetap.
B. Plasma darah adalah cairan darah yang di dalamnya terdapat protein plasma dan zat terlarut lainnya.
C. Eritrosit mempunyai inti sel, selnya memiliki bagian tengah yang cekung (bikonkaf) dan berbentuk bulat pipih.
D. Trombosit mempunyai granula dan inti sel, bentuk selnya beraneka ragam, memanjang, bulat, dan oval.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Plasma darah adalah cairan darah yang di dalamnya terdapat protein plasma dan zat terlarut lainnya.

Dari sini kita tahu bahwa pernyataan yang tepat tentang ciri ciri komponen penyusun darah adalah plasma darah merupakan cairan darah yang di dalamnya terdapat protein plasma dan zat terlarut lainnya. Jawaban di atas dapat diuraikan dalam bentuk penjelasan seperti berikut:

  • Pilihan A TIDAK BENAR karena leukosit memiliki inti sel.
  • Pilihan C TIDAK BENAR karena eritrosit tidak memiliki inti sel.
  • Pilihan D TIDAK BENAR karena trombosit tidak memiliki granula dan inti sel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here