Peristiwa yang Tidak Layak Dijadikan Berita Adalah

Peristiwa yang Tidak Layak Dijadikan Berita Adalah – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia tentunya kita mengenal adanya teks berita. Teks berita ini termasuk dalam kategori materi dasar yang perlu kita pahami. Bahkan materi ini juga sering dimunculkan dalam soal soal ujian dan tidak jarang pula menyulitkan para siswa ketika mengerjakannya. Seperti halnya teks Bahasa Indonesia lainnya, teks berita juga memiliki beberapa ciri ciri, struktur, kaidah kebahasaan di dalamnya.

Materi teks berita tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Dalam artikel tersebut terlihat jelas bagaimana pengertian, ciri ciri, struktur hingga contoh dari teks tersebut. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa tidak semua peristiwa dapat dijadikan sebagai berita. Berita yang layak tersebut harus memenuhi beberapa syarat khusus sebagai kode etik jurnalistik. Syarat syarat tersebut berupa aspek human interest, objektivitas, aktualitas, kontroversi, dan sebagainya. Lantas peristiwa yang tidak layak dijadikan berita adalah apa saja?

peristiwa yang tidak layak dijadikan berita adalah
Standar Kelayakan Penulisan Berita

Memilih dan memilah peristiwa yang tidak layak dijadikan berita adalah sebuah kemampuan penulis yang harus dimiliki. Dengan begitu publik akan memberikan atensi untuk berita yang diterbitkan sesuai standar kelayakan yang ada. Akan tetapi masih ada tim editor atau reporter yang melupakan pentingnya hal tersebut. Para pendengar kebanyakan tertarik dengan berita yang menarik, berhubungan dengan sesuatu yang penting, dan berbobot.

Peristiwa yang Tidak Layak Dijadikan Berita Adalah

Materi teks berita pada dasarnya telah diajarkan ketika di bangku sekolah menengah atas. Materi ini membahas salah satu standar kelayakan dalam menulis berita yang baik dan benar. Biasanya guru juga akan menyampaikan penjelasan tentang teks berita ini secara intensif sebagai bentuk bekal siswa dalam memahami ilmu Bahasa Indonesia tersebut.

Pada umumnya siswa akan diberikan beberapa soal yang menjebak ketika menghadapi ujian Bahasa Indonesia. Soal tersebut bertujuan agar siswa terkecoh dengan jawaban yang salah. Jika hal ini terjadi, maka nilai yang diperoleh akan berkurang. Salah satu bentuk soalnya yaitu “peristiwa yang tidak layak dijadikan berita adalah”.

Soal tersebut sebenarnya dapat dijawab dengan mudah. Tetapi kenyataannya masih ada beberapa siswa yang bingung dengan apa itu teks berita. Apakah anda sudah paham dengan teks berita tersebut? Untuk menjawab soal di atas, perhatikan jawaban dan penjelasan di bawah ini:

Peristiwa yang tidak layak dijadikan berita adalah . . .
A. Demo hari buruh berakhir ricuh.
B. Anak jatuh dari sepeda.
C. Kecelakaan beruntun di Jakarta.
D. Indonesia menjuarai Olimpiade Bulu Tangkis.

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pilihan B. Anak jatuh dari sepeda.

Pilihan B tersebut merupakan jawaban yang paling tepat. Hal ini dikarenakan pilihan ini tidak mengandung aspek atau kaidah jurnalistik di dalamnya. Maka dari itu tidak layak sama sekali untuk dijadikan berita, walaupun teknik pengolahan data yang digunakan cukup baik.

Lantas peristiwa yang tidak layak dijadikan berita adalah apa saja? Untuk dapat mengetahui peristiwa peristiwa apa saja yang layak untuk berita, maka perhatikan beberapa syarat seperti di bawah ini:

Human Interest
Syarat kelayakan berita yang berisi penjelasan minat masyarakat mengenai topik tertentu. Hal ini menjadi alasan kenapa berita kejadian yang ada dalam masyarakat cukup populer. Peristiwa tersebut biasanya dekat dan berhubungan langsung dengan kehidupan sehari hari. Maka dari itu salah satu peristiwa yang tidak dapat dijadikan berita adalah isu yang kurang menarik di mata publik.

Aktualisasi
Aktual mengarah pada topik yang diperbincangkan baru baru ini. Maka dari itu syarat penting yang menarik minat masyarakat adalah berita terbaru yang akan disampaikan. Tidak heran jika banyak stasiun TV yang berlomba untuk menampilkan berita aktual dalam beberapa selang waktu.

Sensasional
Peristiwa yang tidak layak dijadikan berita adalah berita yang tidak memenuhi syarat tertentu. Salah satu syaratnya adalah sensasional. Pada umumnya berita sensasional akan bertahan lama meski tergerus dengan isu lainnya. Berita ini memiliki sifat yang kontinus dan berkesinambungan karena perkembangannya diikuti oleh masyarakatnya. Maka dari itu nilai berita tersebut memiliki rating yang cukup bagus.

Syarat kelayakan sebuah berita juga harus memenuhi syarat lainnya seperti conflict, prominence, proximity, dan sebagainya. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa peristiwa yang tidak layak dijadikan berita adalah berita berita yang tidak memenuhi standar kelayakan sebuah berita. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here