8 Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro

8 Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro – kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang Namanya kiamat, setiap yang hidup pasti akan mengalami yang Namanya mati entah tumbuhan, hewan dan juga manusia entah tua, muda, anak kecil bahkan bayipun bisa mati kapan saja dan dimana saja, namun tidak ada yang tau kapan kematian itu akan datang. begitu juga dengan hari kiamat manusia paling cerdas dan juga jenius pun tidak tau kapan kematian dan juga hari kiamat akan tiba.

Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro
Perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro

Mempercayai hari kiamat adalah salah satu rukun iman yang ke 5. Hari kiamat merupakan hari di mana alam semesta beserta isinya akan hancur lebur menjadi debu. Setiap makhluk-Nya akan melalui hari perhitungan dan mendapatkan pembalasan sesuai dengan amal perbuatannya selama hidup. Maka dari itu selama allah memberi kita kesempatan untuk hidup mari kita mengumpulkan amal sebanyak banyaknya.

Sebenarnya perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro sudah tertera di Al-Quran. Meski Allah tidak menyatakan dengan jelas kapan kiamat akan terjadi bahkan nabi dan juga rasul tidak tau. Tetapi allah sudah menyatakan bahwa hari kiamat benar-benar akan terjadi. Allah berfirman dalam QS. Al Hajj ayat 7: “Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.”

Contents

8 Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro

Berdasarkan ayat diatas allah sudah menyatakan bahwa hari kiamat itu akan pasti datang dan manusia harus yakin juga jangan ragu dan selalu mengingat allah SWT agar tidak gelisah dan tetap tenang Ketika hari akhir datang. Dalam ayat tersebut juga dijelaskan bahwa setelah bumi dihancurkan manusia akan dibangkitkan Kembali dari kematiannya untuk memeriksa amal perbuatan yang telah dilakukan selama hidupnya.

Walau allah SWT tidak menyakan kapan hari kiamat akan terjadi akan tetapi allah SWT sudah memberikan beberapa tanda tanda tentang kedatangan hari kiamat. Salah satu tanda tanda hari kiamat keluarnya Dajjal, keluarnya binatang besar, keluarnya Ya’juj dan Ma’ju, terbitnya matahari dari barat dll.

Hari kiamat tersebut dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni kiamat besar dan kecil. Dalam artikel kali ini mari kita mempelajari apa perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro. Sebelum kita belajar tentang apa saja perbedaan kiamat sugro dan kiamat sugro mari kita belajar terlebih dahulu tentang pengertian dari kiamat sugro dan kiamat kubro.

Kiamat Sugro

Perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro sebenarnya sudah mulai diajarkan pada kita bahkan sejak dini. Berbagai ciri serta tanda tanda terjadinya pun tertulis di banyak ayat Al-Quran. Dalam konteks pendidikan, kalian juga bisa mempelajari materi tersebut di buku pedoman agama. Nah, untuk membantu memahami apa perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro maka simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Pengertian Kiamat Sugro

Kiamat sughro disebut juga sebagai kiamat kecil. Kiamat sughro merupakan kematian yang terjadi pada Sebagian makhluk hidup di dunia ini. Kematian makhluk hidup tersebut bisa karena kecelakaan, sakit atau karna faktor usia yang sudah menua bisa juga disebabkan karena bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi dll. Kiamat sugro atau kiamat kecil adalah peristiwa yang menyebabkan hilangnya nyawa Baik secara individu ataupun kelompok.

Tanda Tanda Kiamat Sugro

Cara memahami perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro yang paling efektif adalah dengan mempelajari tanda tandanya. Lewat pertanda inilah kita bisa menganalisa perbedaan antara keduanya. Nah, peristiwa yang menandai terjadinya kiamat kecil sebenarnya dapat kita perhatikan di lingkup kehidupan sehari-hari. Diantaranya adalah:

  1. Ajaran Islam yang mulai ditinggalkan
  2. Banyak pria yang menyerupai wanita
  3. Berlomba-lomba dalam meninggikan bangunan
  4. Jumlah wanita yang jauh lebih banyak dibandingkan pria
  5. Kebodohan kian merajalela
  6. Masjid dijadikan sebagai tempat wisata
  7. Munculnya gaya hidup mewah di kalangan Umat Islam
  8. Wanita yang tak lagi memiliki rasa malu

Kiamat Kubro

Untuk mengetahui apa perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro maka kita pun perlu mengetahui pengertian dan tanda dari keduanya. Maka dari itu, mari kita lanjutkan pembahasan pada jenis kiamat besar.

Pengertian kiamat Kubro

Dalam Bahasa arab Kubra memiliki arti besar. Kiamat kubro adalah kiamat yang sebenarnya. Kiamat kubro ini terjadi dimulai Ketika malaikat israfil meniup terompet sangkakala serta diiringi dengan kehancuran semesta beserta isinya. tidak ada Siapapun yang tahu dan tidak ada pula yang bisa memprediksi kapan terjadinya hari akhir atau hari kiamat.

Walaupun jaman sekarang ini penuh dengan alat tekhnologi yang sangat canggih dan ilmu tekhnologi yang sudah sangat maju, tetap saja hari kiamat menjadi misteri yang tidak dapat terpecahkan kapan terjadinya.

Baca juga: Arti Iman Kepada Rasul Allah Sesuai Quran dan Rukun Iman

Apa perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro memang sudah dinyatakan dalam Al-quran. Tapi hari akhir tetaplah menjadi rahasia Allah Swt. Adapun proses dari terjadinya hari akhir/kiamat dijelaskan oleh Allah Swt di dalam surah Al-Haqqah ayat 13-18 yang artinya:

“Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali benturan. Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat, dan terbelah lah langit, karena pada hari itu langit menjadi rapuh. Dan para malaikat berada di berbagai penjuru langit. Pada hari itu delapan malaikat menjunjung ‘Arsy (singgasana) Tuhanmu di atas (kepala) mereka. Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi (bagi Allah)”(Q.S. Al-Haqqah, 69: 13-18).

Tanda Tanda Kiamat Kubra

Perbedaan kiamat sugro dan kubro pada dasarnya terletak pada skala yang meliputi umat. Pada sesi ini saya ingin menjelaskan tanda tanda kiamat kubra seperti:

  1. Akan ada binatang besar
  2. Ditiupnya trompet sangkakala
  3. Kemunculan Isa bin Maryam
  4. Muncul asap selama 40 hari
  5. Munculnya dajjal
  6. Munculnya Imam Mahdi
  7. Terbitnya matahari dari arah barat

Jika dilihat, semua ciri-ciri atau tanda-tanda kiamat kubra di atas begitu menakutkan. Manusia akan dihadapkan dengan hadirnya binatang besar, hingga matahari yang terbit dari arah barat. Sungguh kejadian atau peristiwa yang begitu menakutkan.

Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro

Setelah kita belajar pengertian kedua jenis kiamat pada penjelasan di atas. Mari kita belajar apa saja perbedaan kiamat sugro dan juga kubro. Berikut perbedaannya :

Kiamat Kecil

Peristiwa Meninggalnya Seseorang: Pada dasarnya kiamat sugro dapat diartikan sebagai kiamat bagi diri sendiri. Semua makhluk yang bernyawa pasti akan mati, baik itu manusia, hewan, hingga tumbuhan. Semua akan mati pada waktunya dan tidak ada seorangpun yang mengetahuinta. Kematian seseorang juga menjadi akhir dari segala amal perbuatan di dunia. Dan semua orang yang telah meninggal akan mempertanggung jawabkan semua amalan yang telah dilakukan didunia.

Bencana Alam: Bencana alam yang kerap kali terjadi di seluruh dunia, terutama di Indonesia, juga menjadi salah satu contoh dari kiamat sugra. Contohnya: Banjir, Gempa bumi, Gunung meletus, Kebakaran hutan, Tanah longsor, Tsunami Manusia tidak bisa memprediksi kapan terjadi bencana karena datang secara tiba tiba. Walau sudah ada BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) tetap saja kemampuan manusia terbatas karena bencana alam yang sifatnya datang secara tiba tiba.

Perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro yang paling jelas adalah waktu kejadiannya. Kiamat sugra bisa dikatakan terjadi setiap hari. Kita tidak pernah menyadari bahwa setiap hari pasti ada orang yang meninggal dan juga pada belahan bumi lain atau negara lain mungkin sedang merasakan bencana. Kominfo menginfokan bahwa tidak sedikit dalam sehari ada 3 orang meninggal karena kecelakan. Dan jika terjadi bencana bisa puluhan bahkan orang meninggal karena bencana.

Kiamat Besar

Hancurnya Alam Semesta: Pada dasarkanya kiamat kubro ini diartikan sebagai hancurnya alam semesta yang di awali dengan malaikat isrofil meniup sangkalala. Saat kiamat kubro dating tidak ada yang bisa menyelamatkan diri, dunia dan isinya akan lenyap atas ijin allah Swt. Sebelum allah menghancurkan alam semesta dan isinya aka nada tanda tanda terlebih dahulu.

Perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro lain terletak pada keluarnya dajjal. Apa kalian tau Apa itu dajjal? Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Nabi Muhammad menjelaskan jika Dajjal adalah seorang laki-laki pendek, berambut keriting, dan matanya buta sebelah. Bahkan, sebelum dajjal keluar, diawali datangnya banyak pendusta.

Rasulullah menyebut akan ada hampir 30 orang pendusta yang memiliki karakter seperti dajjal. “Dalam umatku ada 27 para pendusta, yakni para dajjal, di antara mereka 4 orang wanita dan sesungguhnya aku adalah penutup para Nabi, tidak ada Nabi setelahku,” (HR. Ahmad dan Thabrani, disahihkan oleh Al-Haithami).

Perebedaan kiamat sugro dan kiamat kubro selanjutnya bisa kita tinjau dari jaman. Berbeda dengan kiamat Sugro yang hanya terjadi pada seseorang kiamat kubro terjadi pada semua makhluk hidup yang ada dibumi baik tumbuhan, hewan dan juga manusia. Kiamat kubra tidak akan terjadi berkali-kali, hanya sekali saja dan itupun di akhir zaman, seperti:

  1. Keluarnya dajjal
  2. Kemunculan Ya’juj dan Ma’juj (bangsa kuat yang merusak dan menindas)
  3. Terbitnya matahari dari arah barat

Itulah artikel singkat yang membahas perbedaan kiamat sugro dan juga kubro. Kita sebagai orang yang beriman wajib menyakini rukun iman yang ke- 5 tersebut yaitu beriman kepada hari kiamat yang allah Swt sudah menyatakannya akan benar benar terjadi. Alangkah lebih baiknya kita sebagai manusia mempersiapkan sebaik baiknya untuk bekal kita nanti menghadapi hari pembalasan entah kiamat kecil ataupun besar.

Dan kita tidak akan pernah tau kapan itu akan terjadi Karena kehidupan kiakhirat nanti akal kekal dan badi hanya amal yang akan menemai kita nanti yang akan menempatkan kita di neraka yang penuh siksa ataupun di surga yang penuh kenikatan sesui dengan yang allah janjikan. Terimakasih sudah membaca artikel saya yang berjudul perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here