Perbedaan Faktor, Faktor Prima, dan Faktorisasi Prima Lengkap

Perbedaan Faktor, Faktor Prima, dan Faktorisasi Prima LengkapDalam Matematika tentunya kita sering mendengar istilah tentang faktor, faktor prima, dan faktorisasi prima. Meski hampir sama, tapi ketiganya memiliki perbedaan cukup signifikan dari segi pengertian serta aspeknya. Taukah kalian apa perbedaan faktor prima dan faktorisasi prima? Apa perbedaan faktor dan faktor prima? Cara paling mudah untuk mengetahui bedanya adalah dengan mengerjakan contoh soal secara langsung.

Materi faktor, faktor prima dan faktorisasi prima pada umumnya memang telah diajarkan ketika di bangku sekolah. Dalam materi tersebut terdapat pembahasan mengenai perbedaan faktor, faktor prima dan faktorisasi prima. Pembahasan terkait materi tersebut dijelaskan secara sederhana sampai tingkat lanjutan. Istilah faktorisasi prima pada umumnya memuat beberapa suku kata di dalamnya seperti faktorisasi, faktor dan bilangan prima. Ketiga suku kata ini memiliki arti yang berbeda beda, meskipun sebenarnya saling berkaitan satu sama lain.

Mengapa bilangan 30 dapat dibagi dengan bilangan 10 dan 15? Bilangan 30 sendiri memiliki beberapa unsur pembagi seperti 1, 2, 3, 5, 6, 10, dan 15. Bagaimana cara mencari unsur pembagi dari bilangan 30 itu? Unsur unsur pembagi bilangan tersebut dapat diperoleh dengan memanfaatkan materi faktor, faktor prima dan faktorisasi prima. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan faktor, faktor prima dan faktorisasi prima lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Perbedaan Faktor, Faktor Prima, dan Faktorisasi Prima Lengkap

Secara garis besar pemfaktoran menjadi salah satu materi dasar yang sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan sejak dini. Ketika menginjak bangku sekolah menengah guru pun akan menyampaikan penjelasan meliputi definisi, rumus hitung, dan latihan soal secara intensif. Tujuannya tak lain sebagai bentuk persiapan agar siswa tidak kesulitan pada saat mengerjakan ujian.

Di lain sisi, kita pun tak bisa menampik fakta ternyata masih ada sebagian siswa yang belum mengusai materi pemfaktoran. Bahkan masih adapula yang tidak mengerti perbedaan faktor prima dan faktorisasi prima tersebut. Faktor, faktor prima, dan faktorisasi prima secara penyebutan memang hampir sama. Maka dari itu para siswa sering salah mengartikan ketiga unsur Matematika tersebut.

Bagi beberapa orang memang sering menyamakan arti tentang faktor, faktor prima dengan faktorisasi prima. Ketiga unsur tersebut dapat dibedakan dari segi pengertian hingga contoh soal di dalamnya. Apa perbedaan faktor prima dan faktorisasi prima? Pertanyaan ini sering kali dihubungkan dengan istilah bilangan prima. Bilangan prima dapat diartikan sebagai bilangan yang memiliki unsur pembagi bilangan itu sendiri dan bilangan satu. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai perbedaan faktor, faktor prima dan faktorisasi prima yaitu sebagai berikut:

Faktor

Faktor bilangan ini dapat anda pahami dengan memperhatikan pembagian bilangan di bawah ini:
15 : 1 = 15
15 : 3 = 5
15 : 5 = 3
15 : 15 = 1

Contoh pembagian di atas dapat kita peroleh unsur unsur pembagi dari bilangan 15 yaitu 1, 3, 5, da 15. Berdasarkan contoh tersebut, kita dapat mengetahui pengertian faktor adalah pembagian bilangan yang dapat dibagi habis dengan beberapa bilangan. Misalnya faktor bilangan b yakni bilangan yang dapat dibagi habis dengan bilangan lain.

Perbedaan faktor, faktor prima dan faktorisasi prima ini dapat anda pahami dengan mudah melalui pengertian dan contoh di atas. Agar anda lebih paham mengenai materi faktor bilangan tersebut, maka saya akan membagikan contoh soal faktor bilangan seperti di bawah ini:

Contoh Soal

Tentukan faktor dari bilangan 45?

Pembahasan.
Pemfaktoran bilangan 45 dapat dilakukan dengan cara seperti dibawah ini:
1 x 45 = 45
3 x 15 = 15
5 x 9 = 45
9 x 5 = 45
15 x 3 = 45
45 x 1 = 45
Jadi faktor dari bilangan 45 adalah 1, 3, 5, 9, 15, dan 45.

Faktor Prima

Faktor prima ini dapat dipahami dengan mudah melalui contoh pembagian bilangan di bawah ini:
15 : 1 = 15
15 : 3 = 5
15 : 5 = 3
15 : 15 = 1

Contoh pembagian di atas memuat beberapa unsur pembagi dari bilangan 15 yaitu 1, 3, 5, da 15. Berdasarkan contoh tersebut, kita dapat mengetahui faktor prima dari bilangan 15 yaitu 1, 3 dan 5. Maka dari itu kita dapat menyimpulkan bahwa pengertian faktor prima adalah faktor bilangan yang memuat bilangan prima di dalamnya.

Perbedaan faktor, faktor prima dan faktorisasi prima ini dapat anda pahami dengan mudah melalui pengertian dan contoh di atas. Agar anda lebih paham mengenai materi faktor prima tersebut, maka saya akan membagikan contoh soal faktor prima seperti di bawah ini:

Contoh Soal

Tentukan faktor prima dari 45?

Pembahasan.
Pemfaktoran bilangan 45 dapat dilakukan dengan cara seperti dibawah ini:
1 x 45 = 45
3 x 15 = 15
5 x 9 = 45
9 x 5 = 45
15 x 3 = 45
45 x 1 = 45
Faktor 45 = 1, 3, 5, 9, 15, 45
Jadi faktor prima dari 45 adalah 1, 3 dan 5.

Faktorisasi Prima

Pengertian faktorisasi prima adalah bilangan n yang asalnya dari bilangan bilangan prima yang dikalikan. Bilangan n tersebut memiliki hasil nilai dari beberapa bilangan prima yang dikalikan itu. Faktorisasi prima dapat ditentukan dengan menggunakan pohon faktor. Adapun contoh soal faktorisasi prima tersebut yaitu sebagai berikut:

Contoh Soal

Tentukan faktorisasi prima dari bilangan 45?

Pembahasan.
Bilangan 45 dapat dicari faktorisasi primanya menggunakan pohon faktor di bawah ini:

Contoh Soal Faktorisasi Prima

Jadi faktorisasi prima dari bilangan 45 adalah 3 x 3 x 5.

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui perbedaan faktor prima dan faktorisasi prima. Jika faktor prima adalah faktor bilangan yang memuat bilangan prima di dalamnya. Sedangkan faktorisasi prima adalah bilangan n yang asalnya dari bilangan bilangan prima yang dikalikan. Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan faktor, faktor prima dan faktorisasi prima lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here