4 Penulisan Kalimat Langsung yang Tepat adalah

4 Penulisan Kalimat Langsung yang Tepat adalah – Dalam Bahasa Indonesia pada umumnya terdapat beberapa jenis kalimat dengan karakteriktiknya masing masing. Karakteristik atau ciri ciri tersebut digunakan untuk membedakannya dengan jenis kalimat Bahasa Indonesia lainnya. Berdasarkan fungsinya, kalimat dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. Apa itu kalimat langsung?

Secara umum kalimat langsung berfungsi untuk mengajukan perimintaan atau memberikan perintah kepada seseorang. Sedangkan kalimat tidak langsung berfungsi untuk menyampaikan berita karena bahasa yang digunakan tidaklah langsung dari sumbernya. Kalimat ini memiliki cara penulisannya sendiri. Maka penulisan kalimat langsung yang tepat adalah bagaimana?

Penulisan Kalimat Langsung yang Tepat adalah
Penulisan Kalimat Langsung

Kalimat langsung digunakan saat kita berbicara dengan orang lain. Apa yang dimaksud kalimat langsung itu? Pengertian kalimat langsung adalah kalimat yang pengucapannya secara langsung kepada narasumber. Adapula arti kalimat langsung lainnya yaitu kalimat berita yang berisi kejadian atau peristiwa dari sumber lain, dimana ditirukan, diulang kembali, dikutip ujarannya dari sumber tersebut secara langsung. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang 4 penulisan kalimat langsung yang tempat adalah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

4 Penulisan Kalimat Langsung yang Tepat adalah

Dalam artikel sebelumnya saya telah menjelaskan pengertian kalimat langsung dan tidak langsung lengkap dengan contohnya. Kemudian dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara menulis kalimat langsung yang tepat. Kalimat langsung berisi tentang kutipan yang berbentuk kalimat tanya, kalimat berita maupun kalimat perintah. Kemudian kalimat langsung juga menggunakan kata ganti orang yang serupa dengan kalimat kutipan tersebut.

Penulisan kalimat langsung yang tepat adalah dengan memperhatikan apa yang disampaikan oleh narasumber. Kalimat langsung memang merupakan jenis kalimat yang asalnya dari suatu kutipan pembicaraan atau pernyataan seseorang secara langsung. Kalimat ini dapat ditemukan dalam sebuah tulisan. Ketika seseorang melakukan percakapan secara langsung, maka percakapan ini dapat diambil atau dikutip dalam bentuk kalimat langsung ini.

Setelah itu kalimat yang telah dibuat sebelumnya akan dikembalikan lagi seperti kutipannya persis tanpa adanya pengubahan sedikitpun dari sumber awalnya. Maka dari itu pemberian informasinya akan sesuai dengan asli sumber yang diperoleh sebelumnya. Bahkan penggunaan nada dan intonasinya juga sama seperti apa yang dilakukan oleh sumber informasinya. Kalimat langsung mempunyai ciri khas yaitu diakhiri dan diawali dengan tanda petik dua (” . . . “).

Cara Menulis Kalimat Langsung

Kalimat langsung pada umumnya dapat dirubah menjadi kalimat tidak langsung. Bagaimana cara merubah kalimat langsung menjadi tidak langsung? Pengubahan kalimat langsung menjadi tidak langsung tersebut didasarkan pada penulisan kalimat langsung yang benar. Di bawah ini terdapat cara penulisan kalimat langsung yang tepat adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan tanda petik dua (“) yang mengapit kalimat petikan sehingga tidak menggunakan tanda petik satu (‘).
  • Tanda petik yang digunakan pada bagian penutup berfungsi untuk tanda baca berakhirnya kalimat langsung. Misalnya Bima mengatakan,”Aku akan pergi ke Solo besok”.
  • Kalimat pengiring memiliki aturan untuk menggunakan tanda koma untuk mengakhirinya. Namun adapula yang menggunakan spasi atau tanda titik dua apabila letak kalimat pengiringnya ada di sebelum kalimat petikan. Misalnya Gita bertanya, “kalian semua apa kabar?”. Penulisan huruf awal pada kalimat tersebut seharusnya menggunakan huruf kapital karena terdapat tanda petik dua di dalamnya. Kecuali apabila bagian awal hurufnya memaparkan sapaan dan nama orang atau tokoh.

Cara penulisan kalimat langsung yang tepat adalah mengikuti ketentuan ketentuan di atas. Dalam kalimat langsung yang paling penting adalah penggunaan tanda bacanya. Jika tanda baca yang digunakannya salah, maka kandungan makna dalam kalimatnya akan berubah. Tanda baca ini berguna untuk menentukan intonasi pembacanya. Maka dari itu informasi yang dapat kita sampaikan dapat diterima dengan baik sesuai dengan sumbernya.

Dari penjelasan di atas apakah anda sudah paham dengan cara menulis kalimat langsung yang tepat itu? Kalimat langsung tersebut merupakan jenis kalimat yang asalnya dari suatu kutipan pembicaraan atau pernyataan seseorang secara langsung. Demikianlah pejelasan mengenai 4 penulisan kalimat langsung yang tepat adalah dengan menggunakan aturan tertentu seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here