Materi Teks Debat Lengkap (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya)

Materi Teks Debat Lengkap (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya) – Dalam sebuah percakapan kita sering mendapati adanya beda pendapat antara satu orang dengan lainnya. Perbedaan sudah menjadi hal yang lumrah terlebih dalam sebuah pembicaraan bersifat debat yang notabenya saling mengutaran gagasan satu sama lain. Tak hanya terlaksana secara langsung tapi ada pula yang menyatakannya dalam bentuk tulisan yang disebut sebagai teks debat.

Apakah anda tahu perbedaan diskusi dengan debat itu? Biasanya diskusi berisi perbandingan antara beberapa pendapat yang bisa jadi dapat sedikit berbeda ataupun berlawanan. Setelah itu dibuat teks diskusi sedemikian rupa untuk memberikan kesimpulan terkait jalan tengah yang akan ditempuh sehingga dapat menerapkan pendapat dengan penuh efektif dan bernilai.

Teks Debat
Teks Debat

Sementara itu, debat berisi pengaduan dua pendapat yang dilakukan untuk memperoleh kemenangan satu pihak. Debat tersebut memang berbeda dengan diskusi karena terdengar lebih konstruktif, kompetitif dan tidak positif. Tetapi sesuatu hal terkadang harus diputuskan dengan menggunakan satu ide saja sehingga pelaksanaannya menjadi lebih efektif. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian teks debat, struktur teks debat, kaidah kebahasaan teks debat dan contoh teks debat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Materi Teks Debat Lengkap (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya)

Tanpa kita sadari sebenarnya perdebatan sudah sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu secara resmi pada suatu acara maupun tak langsung pada saat kita berbincang dengan kawan. Nah, perbincangan mengarah pada tukar pendapat bisa berpotensi berubah menjadi sebuah perdebatan.

Materi yang membahas jenis teks tersebut bisa kita jumpai ketika berada di bangku sekolah menengah. Pembahasan setiap aspeknya mulai dari definisi, struktur teks, kaidah kebahasaan, dan contoh teks debat singkat pun dapat kalian baca di buku LKS. Di lain sisi, guru biasanya juga akan melakukan pendalaman materi dan meminta siswa melakukan kegiatan praktikum.

Seperti yang kita tahu bahwa setelah terjadi perdebatan pasti terdapat pelaksanaan diskusi. Pada akhirnya akan terjadi integrasi pendapat yang terjadi antara tim yang kalah dengan tim yang menang. Debat sendiri secara konsep tidak hanya merujuk pada hal negatif saja, namun juga digunakan untuk mempertanyakan kebenaran pendapat diantara berbagai pihak.

Debat berdasarkan Handayani (2017, hlm. 139) dijelaskan bahwa peserta didik kemungkinan dapat mempresentasikan pemahaman mereka mengenai sebuah topik, berargumentasi dengan orang lain, mempertanyakan pendapat orang lain, mengevaluasi orang lain serta mengklarifikasi argumen dan berargumentasi.

Pengertian Teks Debat

Apa yang dimaksud teks debat dalam bahasa indonesia? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Teks debat dapat diartikan sebagai teks yang berisi dua pendapat yang saling dikemukakan antara dua pihak dengan berbagai argumen dan alasan yang berbeda. Sehingga masing-masing peserta (partisipan) akan saling mempertahankan pendapatnya lewat argumen yang ada.

Para ahli pun juga mengemukakan definisi debat sebagai proses penyajian pendapat atau ide dari dua pihak yang berseberangan karena mencoba mempertahankan pendapat atau ide (Iman, 2017, hlm. 94).

Secara konseptual sebenarnya jenis teks satu ini masuk dalam kategori turunan dari teks eksposisi. Hal ini disebabkan adanya pembahasan utama yang berbentuk pendapat atau argumen pada bacaan. Tapi perbedaanya terlihat jelas pada teks debat yang memiliki unsur pertentangan antara dua pendapat seperti oposisi (tidak setuju) dan afirmasi (setuju).

Struktur Teks Debat

Salah satu aspek penting yang tak boleh kalian lewatkan adalah memahami struktur teks debat dari awal sampai akhir. Pasalnya struktur sering kali muncul sebagai butir soal ujian yang menurut saya cukup sulit untuk dijawab. Setelah menjelaskan tentang pengertian teks debat, selanjutnya saya akan membahas tentang struktur pada materi teks debat ini. Teks debat memiliki beberapa struktur seperti di bawah ini:

Orientasi

Orientasi menjadi unsur pertama yang harus ada pada sebuah teks debat singkat maupun panjang. Secara garis besar orientasi berisi pengungkapan sekaligus pengantar topik yang akan menjadi perdebatan (mosi).

Dalam konteks event nyata seperti lomba biasanya panitia hanya akan memberikan tema secara umum saja. Sedangkan tugas partisipan adalah menggali aspek-aspek yang berpotensi menjadi afirmasi maupun kontradiksi.

Pendapat Afirmasi

Dalam struktur teks debat ini terdapat penyampaian argumen terlebih dahulu yang dilakukan oleh pihak afirmasi dan diperkuat dengan alasan mengapa pernyataan mosi layak mendapat dukungan. Nah, dalam menyampaikan pendapat hendaknya pembicara menyertakan pula sajian data berdasarkan fakta agar tak mudah disanggah oleh oposisi.

Pendapat Oposisi

Sudah sewajarnya dalam contoh teks debat selalu ada unsur tidak setuju yang dibalut oleh pihak oposisi. Tugas oposisi sebenarnya cukup sederhana yakni menyanggah pernyataan pihak afirmasi yang diperkuat dengan argumen serta alasan secara spesifik. Kemudian proses pun akan terulang kembali sehingga memunculkan circle sanggah menyanggah dan bertukar pendapat.

Pendapat Netral

Struktur teks debat selanjutnya dilanjutkan oleh pendapat netral yang bertugas sebagai penengah antara pihak pro dan kontra. Meski terkesan tak berguna tapi sebenarnya netralitas memberikan dampak besar pada jalannya suatu perdebatan. Mengapa demikian? karena pendapat netral secara tak langsung berperan sebagai unit kontrol agar jalannya tukar pendapat bisa berjalan lancar.

Keputusan Akhir

Dalam struktur teks debat ini terdapat penilaian dan kesimpulan yang diberikan menurut kelemahan dan kekuatan pihak oposisi, netral dan afirmasi.

Unsur Teks Debat

Ketika duduk di bangku SMA guru biasanya akan mengajarkan materi teks debat secara praktikum. Bentuk kegiatannya tak lain adalah meminta siswa berkelompok dan saling bertukar pikiran terkait suatu topik. Nah, dalam prakteknya guru akan menyampaikan unsur seperti mosi, membagi kelompok menjadi dua tim utama, memilih moderator, notulen dan lain sebagainya.

Lazimnya contoh teks debat singkat yang baik dan benar akan memiliki beberapa unsur di dalamnya. Unsur tersebut merupakan syarat utama yang tak boleh dilewatkan untuk mengadakan sebuah ajang tukar pendapat. Jika kalian masih belum tau apa saja syarat untuk mengadakan acara debat maka simaklah beberapa unsur berikut:

  1. Mosi adalah masalah yang dapat diketahui dari judul dan diperdebatkan atau pendapat yang disampaikan oleh beberapa pihak yang berdebat.
  2. Tim afirmasi: pihak yang setuju dengan permasalahan atau mosi yang diperdebatkan.
  3. Tim oposisi: pihak yang tidak setuju atau menentang dengan mosi.
  4. Tim netral: juri atau penonton yang diundang dalam debat.
  5. Moderator: pihak yang mengatur perdebatan seperti memastikan pendapat tetap sesuai mosi (topik) serta memberikan batas waktu ketika kedua pihak menyampaikan pendapat.
  6. Penulis atau notulen: Orang yang bertugas mencatat segala hal pada saat debat berlangsung. Misalnya pernyataan moderator, hasil akhir keputusan, mosi debat dan argumen setiap pihak.

Kaidah Kebahasaan Teks Debat

Pada dasarnya setiap jenis teks memiliki kaidah kebahasaan berbeda sesuai tujuan penciptaannya. Kaidah sendiri berfungsi sebagai parameter tata bahasa dalam menyusun suatu bacaan. Misalnya pemilihan kata, diksi, gaya penyampaian, dan lain sebagainya semua diatur sebagaimana mestinya.

Materi yang membahas kaidah kebahasaan teks debat sebenarnya bisa kalian temukan di buku pedoman bahasa. Tak sedikit siswa yang kesulitan saat diminta menjelaskan ciri-ciri teks debat karena kurang hafal kaidahnya. Tapi untuk mempersingkat waktu saya akan membagikan kaidah teks debat berikut:

  • Kata hubung yaitu kata yang digunakan untuk menghubungkan kata dengan kalimat, kalimat dengan kalimat dan kata dengan kata. Misalnya jadi, selanjutnya, kemudian.
  • Kata kerja mental adalah kata yang berisi sikap seseorang dengan sebuah tindakan. Misalnya mengetahui, menduga dan mengerti.
  • Kalimat definisi adalah kalimat yang menjelaskan sebuah konsep, penjelasan dan pengertian. Misalnya yakni, adalah.
  • Kata ganti orang adalah kata yang diperlukan untuk mengganti sebutan nama orang. Misalnya kami, anda, saya, mereka.

Contoh Teks Debat Singkat

Selain pengertian teks debat, struktur teks debat, unsur teks debat dan kaidah kebahasaan teks debat di atas. Adapula contoh materi teks debat tersebut yaitu sebagai berikut:

Pengaruh Sosial Media di Lingkungan Sekolah

Moderator:
Terimakasih teman teman atas kehadirannya di siang hari ini, kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan penggunaan internet di sekolah. Tim A merupakan tim yang mendukung penggunaan internet. Sedangkan tim B merupakan tim yang menolak.

Tim Afirmasi:
Sebenarnya ini bukan salah internet sehingga saya setuju, meskipun ada sisi negatifnya. Itu semua sebenarnya tergantung pada diri sendiri untuk mengendalikan dirinya agar tidak browsing hal hal yang berbau negatif. Internet merupakan jendela dunia sehingga didalamnya terdapat semua ilmu pengetahuan. Maka dari itu para pelajar tidak seharusnya dibatasi untuk menggunakan internet karena manfaat internet sendiri cukup banyak.

Tim Oposisi:
Internet memang memiliki manfaat yang banyak, tetapi sisi negatifnya juga cukup banyak. Misalnya browsing hal hal yang tidak penting di sosial media sehingga dapat membuang buang waktu. Di jaman sekarang ini memang hal itu sulit dikendalikan ketika banyak promosi yang dilakukan oleh berbagai sosial media. Maka dari itu manfaat dari internet yang sesungguhnya dapat terlupakan.

Tim Netral:
Internet memang memiliki dampak positif dan dampak negatif. Tetapi apa yang kita peroleh dari internet tentunya disesuaikan dengan bagaimana cara kita menggunakannya.

Sekian penjelasan mengenai pengertian teks debat, struktur teks debat, kaidah kebahasaan teks debat dan contoh teks debat. Teks debat merupakan teks yang berisi dua pendapat yang saling dikemukakan antara dua pihak dengan berbagai argumen dan alasan yang berbeda sehingga pandangan masing masing saling dipertahankan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi teks debat di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here