Pengertian Patriotisme, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Pengertian Patriotisme, Ciri-Ciri, dan Contohnya – Dulu Ketika Indonesia dijajah oleh bangsa lain banyak sekali pahlawan yang harus berkorban bahkan hingga gugur untuk memperjuangkan kemerdekaan. Para pendahulu kita rela melakukan hal demikian karena mereka memiliki sikap patriotisme tinggi. Tanpa perlu saya jelaskan panjang lebar pun kalian harusnya sudah tau apa arti patriotisme yang notabenye berhubungan erat dengan rasa cinta tanah air.

Dalam Bahasa inggris patriotisme terdiri dari 2 kata yaitu “patriot” dan “tism” yang mempunyai arti sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan. Orang yang memiliki semangat patriotisme disebut dengan patriotik, yaitu orang-orang yang memiliki rasa cinta terhadap Tanah Air. Sehingga rela berkorban demi keberlangsungan hidup bangsa dan negara. Secara garis besar patriotisme adalah sikap wajib yang harus dimiliki oleh setiap warga negara. Masalahnya sikap tersebut terkadang sering diabaikan sehingga munculah berbagai masalah dalam negeri.

pengertian patriotisme, ciri ciri patriotisme, contoh patriotisme
arti patriotisme

Jangankan menerapkan mewarisi semangat patriotik, menyebutkan apa saja ciri ciri patriotisme pun masyarakat akan kesulitan. Padahal ciri utamnya jelas mencitai tanah air/bangsa, pantang menyerah, rela berkorban, dan selalu mengutamakan persatuan. Jika kalian sudah merapkan tersebut bisa jadi kalian sudah menerapka sikap cinta tanah air.

Contoh sikap patriotisme yang paling baku bagi siswa adalah mengikuti upaca bendera, menghormati guru, orang tua, dan rajin belajar. Itu salah satu contoh sikap patriotism yang harus kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Patriotisme, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Materi yang membahas arti patriotisme sendiri secara resmi diajarkan pada siswa ketika menginjak bangku sekolah menengah. Meski demikian aspek-aspek dasarnya sudah mulai diperkenalkan bahkan semenjak kita berada di jenjang SD. Semua itu terangkum dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Cakupan materi tentang ciri ciri patriotisme pun dapat kalian pelajari sendiri di buku pedoman PKN. Selain itu guru biasanya juga akan menyampaikannya secara rinci sebagai bentuk pembekalan. Mengapa demikian? karena ternyata masih banyak siswa yang kesulitan menjawab soal yang berkaitan dengan sikap tersebut.

Sedangkan contoh sikap patriotisme pun dapat kita amati di berbagai bidang mulai dari politik, pendidikan, sosial, dan budaya. Di era globalisasi seperti sekarang kita tak perlu mengangkat senjata untuk menunjukan rasa cinta negara. Cukup menjunjung tinggi nilai-nilai luhur serta mengamalkan pancasila sudah lebih dari cukup untuk membawa bangsa ke arah yang lebih baik.

Meski patriotisme adalah sikap yang wajib dimiliki oleh semua kalangan masyarakat. Tapi kita tak bisa menampik fakta bahwa harapan tersebut masih jauh dari realisasinya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perilaku serta moral masyarakat khususnya siswa yang mulai luntur. Maka dari itu dalam artikel singkat kali ini saya ingin membahas kembali pengertian patriotisme, ciri-ciri, dan contohnya.

Apa Itu Patriotisme

Setelah Indonesia merdeka kita tetap harus wajib menanmkan sikap patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sikap patriotisme harus menjadi dasar untuk Indonesia lebih maju lagi. Apasih itu sikap patriotosme ? patriotisme adalah cinata tanah air, berani berkorban demi bangsa dan negara. Secara etimologi patriotisme terdiri dari 2 kata yaitu “patriot” dan “tisme” yang mempunyai arti sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) patriotieme adalah sikap seseorang yang rela berkorban atau mengorbankan segala-galanya untuk persatuan, kesatuan, dan kemakmuran tanah airnya. Orang yang memiliki sikap patriotisme disebut dengan patriotik, yaitu orang-orang yang memiliki rasa cinta terhadap Tanah Air sehingga rela berkorban demi keberlangsungan hidup bangsa dan negara.

Apa arti patriotisme menurut para ahli? pertanyaan ini mungkin sering terngiang di telinga kalian. Sebagai siswa sudah sewajarnya kita mencari berbagai teori untuk memperkaya ilmu. Mencari definisi berdasarkan pendapat ahli pun menjadi pilihan tepat. Ada beberapa pakar yang mengemukakan pendapatnya, diantaranya adalah:

  1. Menurut Aldington patriotisme adalah rasa tanggung jawab yang hidup dalam diri seseorang yang dibutuhkan dalam kehidupan Bersama dalam tingkatan lokal maupun internasional.
  2. Menurut Budiyo Patriotisme merupakan sikap yang berupaya menjaga kedaiman dan juga kemerdekaan dengan segala cara salah satunya rela mengorbankan jiwa dan raga.
  3. Menurut Blank dan Schmidt Ptriotisme adalah rasa cinta dsn loyalitas terhadap bangsa dan negara.
  4. Menurut Staub Patriotisme adalah sebuah ketertarikan seseorang terhadaop suku bangsa, maupun partai politik. Staub menjelaskan bahwa ada 2 patriotisme yaitu patriotism buta dan patriotism konstruktif.

Sebagai warga negara yang baik mari kita menanamkan sikap cinta air. Apakah kalian tau bagaimana cara menanamkan sikap patriotism. Nah mari kita bahas ciri – ciri patriotism.

Ciri Ciri Patriotisme

Seperti yang sudah kita bahas dia atas bahwa arti patriotisme adalah sikap yang mengarah para rasa rela berkorban demi tanah air. Meski terdengar sederhana tapi jika diuraikan lebih jauh kalian akan menemukan ciri-ciri yang menjadi mampu menjadi tolak ukur. Berikut adalah ciri ciri patriotisme yang harus kalian tau :

  1. Sikap solidaritas yang mempunyai rasa tangung jawab yang besar atas persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Patriotisme merupakan sikap yang realistis. Yang mempunyai arti patriotisme mau melihat kekuatan bangsa dan daya yang bisa merusak bangsa dan bangsa lainnya.
  3. Patriotisme merupakan identitas diri, yang artinya mau menerima dan mengembangkan karakter dan kepribadian bangsa sendiri.
  4. Bersifat terbuka untuk belajar dan melihat bagaimana bangsa lain berkembang dan mau ikut serta didalamnya. Juga mau bersedia belajar dari bangsa lain untuk memajukan bangsanya.
  5. Patriotisme mempunyai modal dan budaya rohani bangsa dan berjuang di masa kini untuk menuju cita-cita yang ditetapkan.
  6. Patriotisme bersifat terbuka sehingga kita dapat melihat bangsa dalam konteks dunia. Bersedia untuk terlibat di dalamnya, serta bersedia belajar dari bangsa lain demi kemajuan bangsa.

Tak semua orang mampu menyebutkan ciri ciri patriotisme dengan baik dan benar karena berbagai alasan. Padahal, jika kita menelaah pengertiannya maka karakteristik orang yang cinta negara pun akan terlihat jelas. Simaklah beberapa ciri sikap patriotisme berikut:

  1. Cinta tanah air dan bangsa, pantang menyerah, rela berkorban, dan juga selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Seorang patriotik mampu mencintai bangsa dan negaranya tanpa mengharapkan keuntungan pribadi. Hal ini dapat menciptakan rasa solidaritas di dalam diri seseorang demi mencapai kesejahteraan bangsanya.
  3. Patriotisme dapat membuat seseorang mampu melihat kekuatan dan kelemahan negara dan bangsanya.
  4. Patriotisme dapat menciptakan rasa solidaritas terhadap sesama sehingga mampu mencapai kesejahteraan bangsa.
  5. Rasa cinta Tanah Air merupakan nilai budaya bangsa dan merupakan modal penting bagi perjuangan untuk mencapai cita-cita bangsa.
  6. Patriotisme membuat kita merasa memiliki identitas diri sehingga dapat melihat, menerima, dan mengembangkan watak dan kepribadian bangsa.

Contoh Patriotisme

Contoh sikap cinta tanah air sebenarnya tak perlu lagi saya ajarkan karena guru biasanya selalu menanamkan sikap tersebut pada setiap sesi. Jaman dahulu untuk mendapat gelar pahlawan dan patriot kalian perlu mengangkat senjata dan mempertaruhkan segenap jiwa melawan penjajah. Tapi di era globalisasi dan perdamaian seperti sekarang kalian masih bisa memiliki semangat tersebut.

Dari ciri ciri dan arti patriotisme di atas kalian pasti sudah tau implementasinya dalam konteks kehidupan nyata. mari kita bahas Contoh sikap patriotisme yang bisa dilakukan dengan cara :

  • Sikap Rela berkorban demi mempertahankan kemerdekaan negara. Sikap ini dapat diwujudkan dengan mau berjuang dalam mengatasi ancaman bangsa lain yang akan menjajah. Ancaman dari dalam negeri, kegiatan yang dapat merugikan negara dan bencana alam yang dapat menyebabkan kerusakan dan juga kehancauran negara.
  • Sikap untuk mempertahankan kelangsungan hidup negara Sikap ini diwujudkan dengan ketersediaan bekerja sesuai dengan bidangnya, sehingga bisa meningatkan harkat, martabat dan tujuan bangsa.

Di bawah ini merupakan beberapa contoh sikap patriotisme dalam kehidupan sehari hari yang dapat kalian terapkan sebagai siswa:

  1. Mengikuti upacara 17 agustus atau hari besar lainnya.
  2. Mengikuti kegiatan bakti sosial yang diadakan dilingkungan sekitar.
  3. Mengikuti kegiatan seperti pramuka, PMR dan Iain sebagainya
  4. Rajin belajar
  5. Manaati peraturan dan menjauhi yang melanggar aturan
  6. Menghormati orang tua, guru dan juga orang sekitar
  7. Menerapkan pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Itulah artikel yang sedikit banyak membahas Pengertian patriotisme, Ciri – Ciri dan Contohnya. Dapat disimpulkan bahwa patriotieme adalah sikap seseorang yang rela berkorban atau mengorbankan segala-galanya untuk persatuan, kesatuan, dan kemakmuran tanah airnya. Contoh sikap patriotisme adalah mengikuti upaca bendera, menghormati guru dan juga orang tua, rajin belajar. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan juga penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here