Pengertian Ilmu Politik dan Ruang Lingkupnya Terlengkap

Pengertian Ilmu Politik dan Ruang Lingkupnya Terlengkap – Pendidikan Kewarga Negaraan (PKN) mengajarkan kita banyak hal. Salah satunya adalah ilmu berpolitik dalam lingkup sosial masyarakat. Politik sendiri dapat diartikan sebagai sebuah proses membagi dan membentuk kekuasaan melalui pembuatan keputusan, khususnya di dalam negara. Untuk itulah di dalam negara terdapat berbagai jenis politik dengan kriterianya masing masing. Nah, bidang study yang mempelajari fenomena tersebut disebut dengan ilmu politik.

Menurut bahasa Yunani, istilah politik asalnya dari kata “Politikos” yang maknanya dari, untuk, dan berhubungan dengan warga negara. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian ilmu politik secara umum ialah seni dan ilmu yang berkaitan dengan pendapatan kekuasaan, baik bersifat non konstitusional maupun konstitusional. Dari penjelasan inilah dapat disimpulkan bahwa politik tersebut memang memiliki hubungan dengan berbagai jenis kegiatan dalam negara yang berupa pelaksanaan tujuan dan proses menentukan tujuan di sistem politik tersebut. Ruang lingkup ilmu politik dapat terdiri dari berbagai bidang.

Pemberian nama ilmu politik oleh orang Yunani Kuno seperti Aristoteles dan Plato dapat berupa the good life atau en dam onia. Istilah politik secara etimologis berasal dari kata “Polis” dengan makna kota yang memiliki status negara. Politik secara umum dapat didefinisikan sebagai berbagai jenis kegiatan yang berhubungan dengan pelaksanaan dan penentuan proses tujuan dalam negara. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan lebih dalam mengenai pengertian ilmu politik dan ruang lingkup ilmu politik terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Ilmu Politik dan Ruang Lingkupnya Terlengkap

Ilmu politik dapat diartikan sebagai salah satu cabang ilmu sosial tentang analisis dan deskripsi perilaku atau sistem politik serta praktik dan teori politik pada umumnya. Ilmu tersebut cenderung mengarah pada riset, akademis dan teori. Selain itu adapula definisi ilmu politik secara sederhana sebagai pembelajaran tentang kepolitikan. Lazimnya, kegiatan politik tersebut bertujuan untuk mencapai kebaikan dalam kehidupan.

Pengertian Ilmu Politik dan Ruang Lingkupnya Terlengkap

Ruang lingkup ilmu politik sendiri tidak terbatas hanya dalam satu bidang saja. Faktanya, setiap orang tentunya memiliki perspektif tersendiri untuk menanggapi sesuatu. Sama halnya dengan ilmu politik dimana setiap partisipanya cenderung memiliki pemikiran yang beragam dan sulit untuk disatukan.

materi yang berkaitan dengan politik pun telah menjadi perdebatan para ahli sejak dahulu. Banyak ahli berpendapat bahwa ilmu politik adalah sebuah cabang pengetahuan yang mempelajari tatanan sistem dalam penyampaian pendapat. Namun ada pula yang menyatakan bahwa ilmu politik berkaitan dengan perilaku, praktik, maupun teori. Lantas manakah yang benar? semua tergantung pada pemilihan kita pada pakar tersebut.

Pengertian Ilmu Politik

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian ilmu politik secara umum ialah salah satu cabang ilmu sosial tentang analisis dan deskripsi perilaku atau sistem politik serta praktik dan teori politik yang sebagaimana mestinya. Selain definisi ilmu politik secara umum, adapula pengertian menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

Frank Goodnow, Bluntschli, dan Garner

Definisi ilmu politik menurut Frank Goodnow, Bluntschli, dan Garner ialah sebuah ilmu yang berisi pembahasan mengenai lingkungan kenegaraan.

Stephen Leacock dan Seely

Ilmu politik berdasarkan Stephen Leacock dan Seely ialah sebuah penyerasian ilmu dalam penanganan pemerintahan.

Paul Janet

Pengertian ilmu politik menurut Paul Janet ialah sebuah ilmu yang membahas tentang prinsip pemerintahan dan perkembangan negara.

Pada umumnya secara teoritis terdapat dua jenis ilmu politik yaitu sebagai berikut:

  • Valuational ialah macam ilmu politik yang memiliki landasan norma dan moral politik. Teori ilmu dalam politik ini dapat berupa politik sistematis, filsafat politik dan ideologi politik.
  • Non Valuational ialah jenis ilmu politik yang tidak berhubungan dengan norma atau moral sehingga hanya mengkomparasikan dan memaparkan kejadian satu dengan kejadian lainnya.

Ruang Lingkup Ilmu Politik

Setelah membahas tentang pengertian ilmu politik di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang ruang lingkup politik. UNESCO atau badan Internasional mengungkapkan beberapa macam ruang lingkup ilmu politik yang terdiri dari:

  • Bidang teori politik yang terdiri dari sejarah perkembangan ide politik dan teori politik.
  • Bidang lembaga politik yang terdiri dari pemerintahan negara, administrasi negara, Undang Undang Dasar, perbandingan lembaga politik dan pemerintahan daerah.
  • Bidang pendapat umum, kepartaian dan golongan yang terdiri dari kelompok penekan, partisipasi warga negara dalam pemerintahan, serta partai politik.
  • Bidang hubungan Internasional yang terdiri dari hukum Internasional, politik Internasional dan organisasi Internasional.

Perkembangan ruang lingkup ilmu politik sekarang ini memang terus meluas seperti politik ekonomi negara, sosiologi politik, pertimbangan politik, psikologi politik dalam penguasaan masa, kebijakan pemerintahan, pembangunan politik, filsafat politik, dan komputerisasi politik.

Luasnya ruang lingkup politik ini disebabkan karena adanya tumpang tindih dengan ilmu lainnya seperti sejarah ilmu kenegaraan (meliputi administrasi publik, ilmu negara, pemerintahan dan hukum tata negara), filsafat, sosiologi, ekonomi dan psikologi. Di bawah ini terdapat penjelasan lengkap mengenai ruang lingkup tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Bidang kebijakan pemerintah yang terdiri dari sistem pendelegasian wewenang, pengambilan keputusan pemerintah dan hubungan pusat dengan daerah.
  2. Bidang ekonomi politik yang terdiri dari kutub ekonomi yang memiliki pengaruh, politik perdagangan dunia dan globalisasi ekonomi.
  3. Bidang sosiologi politik seperti budaya politik yang ditelaah, teori penguasaan massa, dan teori demokrasi.
  4. Bidang psikologi politik yang berupa teori demokrasi, politik manajemen konflik, teori penguasaan massa, politik manajemen kolaborasi, dan normalisasi dalam kehidupan masyarakat.
  5. Bidang filsafat politik yang terdiri dari logika politik, sekularisme politik, etika politik, politik Islam, restorika politik dan estetika politik.
  6. Bidang pelayanan publik yang terdiri dari teori organisasi, manajemen pemerintahan dan administrasi pemerintah pusat dengan daerah.
  7. Bidang aturan politik yang berupa legitimasi kekuasaan, disintegrasi serta pembubaran negara, pembentukan ataupun perubahan konstitusi, penjajahan maupun penggabungan negara.

Sekian penjelasan mengenai pengertian ilmu politik dan ruang lingkup ilmu politik terlengkap. Ilmu politik merupakan ilmu sosial tentang analisis dan deskripsi perilaku atau sistem politik serta praktik dan teori politik pada umumnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi ilmu politik di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here