Pengertian Garis dan Sudut Matematika SMP Kelas 7

Pengertian Garis dan Sudut Matematika SMP Kelas 7 – Materi garis dan sudut pada dasarnya telah diajarkan ketika di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Materi Matematika ini diajarkan saat memasuki jenjang SMP kelas 7. Apa yang dimaksud garis itu? Apa pengertian sudut itu? Apa saja jenis jenis sudut? Bagaimana hubungan antar sudut itu? Dalam pembahasan tentang garis dan sudut tentunya kita dijelaskan berbagai hal di dalamnya seperti pengertian, jenis jenis, sifat sifat dan sebagainya.

Garis dan sudut adalah kedua materi dasar Matematika yang sering dilupakan oleh beberapa orang. Akan tetapi materi ini sebenarnya sangat penting untuk dipelajari karena menunjang materi pembelajaran Matematika lainnya. Apa pengertian sudut itu? Pengertian garis dan sudut akan saya jelaskan dengan lengkap beserta jenis jenis sudut, sifat sifat sudut dan sebagainya. Dua buah garis yang saling bertemu pada umumnya akan membentuk sudut dengan besar tertentu. Besar sudut ini dapat kurang dari 90 derajat atau lebih dari 90 derajat.

Materi garis dan sudut memang materi dasar Matematika yang perlu dipelajari ketika di bangku Sekolah Menengah Pertama. Penyampaian materi ini pada umumnya terdapat pada semester 1 dengan konsep pengenalan ilmu Matematika untuk jenjang SMP. Pembelajaran garis dan sudut ini sebenarnya sangat menyenangkan untuk dipahami. Hal ini dikarenakan sumber belajar terkait garis dan sudut SMP tersebut dapat kita peroleh dengan mudah dan tidak sulit, misalnya saja pengertian sudut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian garis dan sudut Matematika SMP kelas 7. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Garis dan Sudut Matematika SMP Kelas 7

Dalam pembahasan materi garis dan sudut terdapat beberapa hal yang dibahas seperti pengertian, jenis jenis dan sifat sifat di dalamnya. Istilah garis dan sudut tentunya sudah sering kita dengar dalam ilmu Matematika. Materi ini merupakan dasar pembelajaran tentang materi materi geometri yang tersedia. Untuk itu materi bangun datar, konsep bidang dan materi geometri lainnya dapat dipelajari dengan mudah setelah konsep garis dan sudut tersebut anda pahami.

Baca juga : Materi Aritmatika Sosial, Rumus, dan Contoh Soal

Apa yang dimaksud garis itu? Apa pengertian sudut? Apa saja jenis jenis sudut? Bagaimana bentuk garis dan sudut itu? Di bawah ini terdapat pembahasan lengkap mengenai pengertian garis dan sudut Matematika SMP kelas 7 yaitu sebagai berikut:

Garis

Garis merupakan dua titik yang saling dihubungkan. Dalam garis tersebut terdapat anak panah di ujung ujungnya. Anak panah ini merupakan tanda bahwa tak terbatas panjang dari garis itu sendiri. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambat garis di bawah ini:

Pengertian Garis dan Sudut Matematika SMP Kelas 7
Garis AB

Garis di atas dapat melalui titik A dengan titik B. Untuk itu garis ini dapat diberikan nama dengan menggunakan dua metode yaitu dengan menyebutkan dua titik yang garis lalui tadi. Contohnya saja pada gambar garis di atas yang melalui titik A dan titik B. Untuk itu penulisan garisnya dapat berupa garis AB atau dengan simbol garis A̅B̅. Selanjutnya nama garis juga dapat diberikan dengan menggunakan hutuf kecil sehingga tidak menggunakan huruf besar. Contohnya saja garis k yang terdapat pada gambar di atas.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian garis, bidang dan titik dalam geometri memang tidak pasti (mutlak). Namun secara umum garis dapat diartikan sebagai himpunan atau sekumpulan titik yang saling terhubung dan berjejer secara kontinu. Dalam kehidupan sehari hari tentunya kita sering menemukan penerapan garis yang banyak. Konsep pembuatan garis ini diterapkan dalam bentuk gentuk geometris. Bahkan materi garis juga digunakan untuk mendukung visualisasi garis yang terdapat pada koordinat kartesius.

Baca juga : Contoh Soal Bangun Datar Gabungan dan Pembahasannya

Sudut

Dalam sudut tentunya terdapat beberapa titik di dalamnya seperti titik A, titik B dan titik C. Sudut tersebut diberikan nama berdasarkan ketiga titik tadi. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar sudut seperti di bawah ini:

Pengertian Garis dan Sudut Matematika SMP Kelas 7
Gambar Sudut

Sudut di atas dapat diberikan nama dengan beberapa cara yaitu dengan menggunakan tiga titik yang disebutkan dalam sudut atau huruf pada titik titik sudutnya disebutkan. Contohnya gambar di atas dapat diberikan nama sudut B atau sudut ABC (∠B atau ∠ABC). Kemudian sudut juga dapat diberikan nama menggunakan simbol seperti beta (β), tetha (θ), alpha (α), gamma (γ) dan sebagainya.

Selain pengertian garis di atas, adapula pengertian sudut secara umum yaitu sebuah objek geometri yang berasal dari dua sinar garis yang pangkalnya saling bertemu di satu titik. Kedua sinar yang dimaksud ialah titik pertemuan dua pangkal sinar garis dan kaki kaki sudut dengan titik sudut di dalamnya. Sudut pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis jenis sudut menurut besar sudutnya yaitu meliputi:

  • Sudut lancip ialah sudut yang memiliki besar kurang dari 90° (0° – 90°).
  • Sudut siku siku ialah sudut yang memiliki besar 90°.
  • Sudut tumpul ialah sudut yang memiliki besar lebih dari 90° (90° – 180°).
  • Sudut lurus ialah sudut yang memiliki besar 180°.
  • Sudut refleks ialah sudut yang mempunyai besar lebih dari 180° (180° – 360°).
Pengertian Garis dan Sudut Matematika SMP Kelas 7
Jenis Jenis Sudut

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian garis dan sudut Matematika SMP kelas 7. Dalam pengertian sudut dan garis ini saya juga menyertakan cara memberikan nama garis dan sudut serta macam macam sudut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here