Pengertian, Fungsi dan Contoh Sumber Daya Manusia (SDM) Terlengkap

Pengertian, Fungsi dan Contoh Sumber Daya Manusia (SDM) Terlengkap – Sumber daya manusia pada dasarnya pasti dibutuhkan oleh suatu negara. Namun untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) tersebut memerlukan sebuah manajemen. Maka dari itu SDM dapat dikelola dengan baik dan lebih terperinci. Apa sebenarnya pengertian sumber daya manusia itu? Apa saja fungsi sumber daya manusia itu? Di sebuah negara memang selalu membutuhkan dan memiliki SDM yang cukup agar pencapaian tujuan negaranya dapat terpenuhi seperti bidang sosial, bidang pendidikan, bidang ekonomi dan lain lain.

Sumber daya manusia pada umumnya dapat dimanfaatkan secara utuh, tepat, dan maksimal dengan pengelolaan yang baik terkait kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut. Dengan begitu sistem dan metode yang dilalui oleh SDM tersebut berjalan dengan efisien dan efektif. Pengertian sumber daya manusia dapat dikategorikan sebagai sebuah aspek yang mencakup daya pikir dan daya fisik. Kedua hal ini terdapat dalam diri manusia sebagai penentu kemampuannya untuk menjalankan fungsi sumber daya manusia sebagaimana mestinya. Bahkan contoh sumber daya manusia sendiri sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari.

Sumber daya manusia atau SDM dapat diartikan sebagai sebuah aspek dalam organisasi yang cukup penting sehingga tidak dapat dilepaskan, baik secara industri maupun institusi. Maka dari itu tidak heran jika SDM dijadikan sebagai penentu kemajuan industri. SDM pada hakikatnya berupa manusia yang dijadikan sebagai pelopor, perencana dan pemikir dalam sebuah organisasi untuk dipekerjakan sehingga tujuan organisasinya dapat dicapai. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian sumber daya manusia, fungsi sumber daya manusia dan contoh sumber daya manusia (SDM) terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian, Fungsi dan Contoh Sumber Daya Manusia (SDM) Terlengkap

Dalam koteks hidup bermasyarakat ataupun bernegara pasti kita pernah mendengar istilah SDA dan SDM. Keduanya merupakan sumber daya yang berbeda bentuk tapi tidak bisa dipisahkan satu sama lain. SDM sendiri merupakan singkatan yang merujuk pada sumber daya manusia. Istilah tersebut sudah banyak diketahui orang dan dimanfaatkan dalam berbagai bidang.

Materi sumber daya manusia memang sudah seharusnya diberikan pada siswa. Mengapa demikian? Karena sedikit banyak siswa akan mempelajari peranan serta contohnya. Hal ini pun juga sejalan dengan silabus pendidikan yang dikeluarkan oleh kemdikbud. Materi SDM bisa kita temukan dengan mudah pada pembelajaran sosiologi, kewirausahaan, maupun IPS (ekonomi). Nah, saya telah merangkum materi yang menyangkut pengertian SDM, fungsi serta contoh SDM dalam konteks kehidupan nyata.

Materi sumber daya manusia

Pengertian sumber daya manusia dalam arti sempit ialah individu yang menjadi bagian atau beroperasi dalam institusi/industri dan pada umumnya dikenal dengan sebutan pegawai, pekerja, karyawan, buruh, tenaga kerja, dan sebagainya. Kemudian untuk pengertian SDM dalam arti luas ialah masyarakat yang telah masuk dalam usia angkatan kerja di suatu negara, baik yang telah bekerja ataupun belum bekerja.

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)

Sebelum menjelaskan tentang fungsi sumber daya manusia dan contoh sumber daya manusia. Saya akan menjelaksakan pengertian SDM terlebih dahulu. SDM secara garis besar dapat diartikan sebagai individu yang berupa aktivis di sebuah organisasi tempat bekerja, baik dalam industri ataupun institusi serta dijadikan sebagai aset yang perannya membutuhkan pengembangan dan pelatihan kemampuan dalam dirinya. Selain definisi secara umum, adapula definisi sumber daya manusia menurut para ahli. Adapun pengertian sumber daya manusia menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

Sonny Sumarsono

Definisi SDM menurut Sonny Sumarsono ialah usaha kerja yang dimanfaatkan dalam produksi agar dapat berlangsung. Selain itu Sonny Sumarsono juga mengungkapkan bahwa sumber daya manusia merupakan sekelompok manusia yang tersusun oleh beberapa manusia dengan kemampuan tertentu sehingga jasanya dapat diberikan kepada organisasi.

M.T.E Hariandja

Menurut M.T.E Hariandja, sumber daya manusia ialah faktor dalam sebuah perusahaan yang cukup penting, kecuali dalam faktor modal. Pentingnya anggapan dalam faktor SDM itu disebabkan oleh pengelolaan baik yang dibutuhkan untuk membuat mutu perusahaan dan organisasi menjadi meningkat.

Jackson dan Mathis

Pengertian sumber daya manusia menurut Jackson dan Mathis ialah sebuah rancangan dalam perusahaan di berbagai sistem formalnya untuk melindungi minat dan bakat manusia yang digunakan sehingga tujuan perusahaan atau organisasi dapat dicapai dengan efisien dan efektif. Maka dari itulah manusia dapat dijadikan sebagai contoh sumber daya manusia.

Hasibuan

Pengertian SDM menurut Hasibuan ialah manusia yang memiliki kemampuan terpadu dengan ciri ciri daya fisik dan pola pikir yang baik. Manusia tersebut memiliki watak dan perilaku sumber daya manusia yang berasal dari lingkungannya. Sedangkan motivasi dan prestasi kerjanya berasal dari keinginan yang terdapat di dalam dirinya.

Ermaya

Definisi sumber daya manusia menurut Ermaya ialah sebuah faktor dalam proses pembangunan yang cukup penting di perusahaan, organisasi maupun negara. Pengaruh sumber daya manusia yang diberikan dalam pembangunan ini cukup bermanfaat sehingga harus dapat dijaga dan diatur. SDM tersebut memiliki peran sebagai subjek dan objek dalam proses pembangunan.

Fungsi Sumber Daya Manusia

Setelah menjelaskan tentang pengertian sumber daya manusia di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang fungsi SDM dan contoh sumber daya manusia. Sumber daya manusia (SDM) memiliki beberapa fungsi di dalamnya yaitu meliputi:

  • Sebagai tenaga kerja dengan kemampuan dalam dirinya sehingga dapat memberikan jasa penghasil produk di setiap satuan waktu, baik bermanfaat untuk orang lain maupun diri sendiri. Tenaga kerja sendiri diartikan sebagai semua penduduk yang mempunyai usia produktif atau siap bekerja.
  • Sebagai tenaga ahli dalam sebuah negara atau perusahaan dengan menggunakan kemampuannya yang sesuai bidang.
  • Sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi, golongan, maupun perusahaan dengan menggunakan kapasitas pengalaman dan skill yang besar serta mumpuni.
  • Sebagai tenaga usahawan yakni pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka menciptakan produk baru sehingga dapat dikaitkan dengan kemandirian dalam dirinya, baik digunakan oleh lingkungan sekitarnya maupun banyak orang.
  • Untuk pengembangan IPTEK.

Contoh Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia dapat dibagi menjadi beberapa macam sehingga ragamnya sangat banyak. Apabila sumber daya manusia ditinjau dari usia standarnya atau usia produktifnya, maka dapat berupa para pemimpin perusahaan, seorang karyawan, para teknisi dan tenaga ahli, para pekerja dengan keahliannya di bidang tertentu, mahasiswa dengan kemampuan atau skill tertentu dan lain lain.

Untuk bisa melihat contoh SDM nyata tidak perlu repot pergi kemanapun. Keberadaan SDM sebenarnya sudah ada bahakan disekitar kita sekalipun. Dalam konteks pendidikan di sekolah guru adalah sumber daya manusia yang memiliki peran penting untuk mendidik siswa. Lain halnya ketika kita menginjak dunia kerja dimana karyawan staff dan lain sebagainya yang menjadi sumber daya manusia.

Sekian penjelasan mengenai pengertian sumber daya manusia, fungsi sumber daya manusia dan contoh sumber daya manusia (SDM) terlengkap. SDM ialah individu yang menjadi bagian atau beroperasi dalam institusi/industri dan pada umumnya dikenal dengan sebutan pegawai, pekerja, karyawan, buruh, tenaga kerja, dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here