Pengertian Bilangan Asli dan Contohnya Terlengkap

Pengertian Bilangan Asli dan Contohnya Terlengkap – Dalam Matematika pada umumnya terdapat materi mengenai bilangan. Apa definisi bilangan asli itu? Bagaimana contoh bilangan asli itu? Bilangan tersebut merupakan bagian utama dari pembahasan Matematika yang cukup penting. Apa itu bilangan? Bilangan dapat didefinisikan sebagai konsep Matematika yang memuat proses pencacahan dengan pengukuran. Bilangan ini memiliki simbol atau lambang tersendiri yang mewakilinya berupa angka. Bilangan Matematika tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah bilangan asli.

Pengertian Bilangan Asli dan Contohnya Terlengkap
Bilangan Asli pada Garis Bilangan

Pada umumnya perluasan konsep bilangan memang telah terjadi selama bertahun tahun hingga bentuknya menjadi beraneka ragam seperti bilangan irasional, bilangan kompleks, bilangan negatif, bilangan rasional, dan bilangan nol. Bilangan asli tentunya memiliki ciri khas utama di dalamnya yang membedakannya dengan jenis bilangan Matematika lainnya. Ciri bilangan asli itu ialah bilangannya diawali dengan angka 1. Dari karakteristik ini tentunya kita dapat mengetahui gambaran mengenai pengertian bilangan asli dan contoh bilangan asli.

Pengertian Bilangan Asli dan Contohnya Terlengkap

Konsep bilangan asli sebenarnya memang tidak jauh berbeda dengan bilangan bulat ataupun bilanga cacah. Akan tetapi perbedaannya hanya terletak di bagian awal angkanya. Seperti halnya bilangan cacah atau bilangan bulat yang diawali dengan angka nol (0). Sedangkan bilangan asli diawali dengan angka satu (1).

Maka dari itu di dalam bilangan asli tidak memuat angka nol di dalamnya. Angka awalan inilah yang sebenarnya berguna untuk membedakan jenis jenis bilangan Matematika tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian bilangan asli dan contoh bilangan asli terlengkap.

Apa Itu Bilangan Asli

Bilangan asli pada umumnya dapat diartikan sebagai bilangan bulat yang bernilai positif namun tidak memuat angka nol di dalamnya. Selain itu adapula yang mengartikan bilangan asli sebagai bilangan bernilai positif yang diawali dengan angka 1. Awalan bilangan asli memang berupa angka 1, namun nilai bilangannya berjumlah tak terhingga. Lambang bilangan asli ini dapat berupa huruf A.

Secara umum kegunaan bilangan asli ialah untuk menghitung dan membilang. Setelah menjelaskan tentang pengertian bilangan asli di atas tentunya anda mengetahui gambaran mengenai contoh bilangan asli tersebut. Di bawah ini terdapat beberapa contoh pada bilangan asli yaitu meliputi:

Baca juga : Cara Menghitung Luas Tembereng Lingkaran Beserta Contoh Soal

Contoh Himpunan Bilangan Asli

Bilangan asli pada umumnya memuat beberapa contoh di dalamnya. Adapun beberapa contohnya yaitu:

  • Bilangan asli secara umum yaitu A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, …}.
  • Bilangan asli kurang dari 7 yaitu A = {1, 2, 3, 4, 5, 6}.
  • Bilangan asli kurang dari 13 yaitu A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12}.
  • Bilangan asli kurang dari 23 yaitu A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22}.
  • Bilangan asli antara 5 dan 10 yaitu A = {6, 7, 8, 9}.
  • Bilangan asli antara 5 dan 6 yaitu A = { }.
  • Bilangan asli antara 6 dan 14 yaitu A = {7, 8, 9, 10, 11, 12, 13}.
  • Bilangan asli antara 1 sampai 18 yang habis dibagi 3 yaitu A = {3, 6, 9, 12, 15}.
  • Bilangan asli antara 6 sampai 14 yang habis dibagi 2 yaitu A = {8, 10, 12}.
  • Bilangan asli antara 1 sampai 100 yang habis dibagi 11 yaitu A = {11, 22, 33, 44, 55, 66, 77, 88, 99}.

Sekian penjelasan mengenai pengertian bilangan asli dan contoh bilangan asli terlengkap. Bilangan asli merupakan bilangan bulat yang bernilai positif namun tidak memuat angka nol di dalamnya sehingga di awali dengan angka satu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bilangan asli di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here