Kingdom Monera: Pengertian, Ciri Ciri, dan Klasifikasinya

Kingdom Monera: Pengertian, Ciri Ciri, dan Klasifikasinya – pernahkan kalian mendengar kata kingdom monera ? biasanya anak anak yang duduk dibangku SMA terutama jurusan IPA yang lebih mengenal kingdom monera ini dan untuk kebyakan orang mungkin masih asing sekali ketika ditanya apa itu kingdom monera.

Dalam ilmu biologi makhluk hidup dibagi menjadi 7 kingkom. Salah satunya adalah kingdom monera ini nah arti dari kingdom monera sendiri adalah makhluk hidup yang mempunyai sel prokariotik tunggal. Arti dari sel prokariotik tunggal yaitu sel yang tidak mempunyai nucleus atau organel yang terikat membrane di tubuhnya.

Gambar Kingdom Monera
Gambar Kingdom Monera

Makhluk hidup yang termasuk ke dalam kingdom monera memiliki struktur tubuh yang sederhana dan hanya terdiri dari satu sel makhluk hidup. kingdom ini juga disebut sebagai bakteri. Sekadar informasi bahwa bakteri merupakan kata yang berasal dari bakterion yang berarti batang yang sangat kecil.

Kingdom ini dibagi menjadi dua divisi yaitu Bacteria (atau Schizomycetes) dan Cyanophyta atau alga hijau-biru. Contoh dari kingdom monera adalah bakteri dan cyanobacteria atau gangga biru. Agar lebih jelas lagi mari kita Bahas pengertian, ciri ciri, beserta contoh dari kingdom monera ini. Berikut ulasan materi tentang kingdom monera.

Kingdom Monera: Pengertian, Ciri Ciri, dan Contoh

Klasifikasi kingdom monera biasa sudah mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku sekolah menengah. Cakupan pembahasan yang lumayan luas membuatnya cukup sulit untuk siswa kuasai. Tak jarang dari mereka menanyakan apa itu kingdom monera pada guru karena memang kurang paham tentang materi.

Secara garis besar, klasifikasi dan ciri ciri kingdom monera bisa kita baca sendiri di buku pedoman biologi. Selain itu, guru pun pasti akan memberikan penjelasan lengkap mengenai klasifikasi kingdom monera pada kita sebagai bentuk pembekalan. Pasalnya, materi satu ini sering kali muncul sebagai butir soal yang menyulitkan ketika ujian berlangsung.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya keluhan siswa yang tak mampu menyebutkan contoh kingdom monera dengan benar. Padahal, jika paham seperti apa ciri cirinya maka kita bisa mengidentifikasi kingdom tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Di lain sisi, berbagai model penugasan pun turut serta diberikan oleh guru agar pada siswa lebih memahami materi. Misalnya seperti membuat rangkuman berisi pengertian, ciri ciri kingdom monera, hingga klasifikasinya. Maka dari itu, untuk membantu kalian saya pun ingin membahas lebih detail seperti apa klasifikasi kingdom tersebut.

Apa Itu Kingdom Monera

Meski gambar kingdom monera bisa kita jumpai di berbagai sumber seperti internet. Tapi faktanya masih banyak siswa yang tak tau apa pengertian jenis kingdom satu ini. Pada sesi pertama, saya akan menjelaskan pengertian kingdom monera secara singkat. Tujuannya agar kalian memiliki referensi tambahan dan siap melangkah ke materi selanjutnya.

Kingdom Monera adalah organisme uniseluler atau organisme yang bersel satu. Monera berasal dari kata “moneres” dari bahasa Yunani yang memiliki arti tunggal. Tentunya sel monera berbeda dengan sel tumbuhan seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Struktur makhluk hidup ini sederhana, terdiri hanya dari satu sel hidup, inti selnya belum memiliki membran inti (kariotek) sehingga disebut prokariotik. Nah maka dari itu bentuk kehidupan kingdom monera ini yang paling sederhana didunia biasanya kingdom ini berkembang biak dengan cara biner.

Kingdom monera diketahui jumlahnya sudah lebih dari 4 ribu species, Kingdom atau kelompok ini juga kita kenal dengan nama bakteri. Bakteri berasal dari kata “bakterion” yang bermakna batang yang sangat kecil. Kingdom Monera sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua divisi yaitu Bacteria atau Sschizomycetes dan Cyanophyta atau alga hijau-biru.

Tetapi, pengelompokkan tersebut sekarang sudah tidak digunakan lagi Karena sudah banyak temuan yang membuktikan bahwa Cyanophyta lebih sesuai disebut sebagai bakteria dan akhirnya disebut Cyanobacteria.

Ciri Ciri Kingdom Monera

Kingdom monera memiliki fungsi, apasih fungsinya? perlu kalian tau bahwa fungsi dari kingdom monera sangat penting sekali lho yaitu sebagai organisme pendaur ulang zat manakan mineral dan juga biasanya bakteri memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Kingdom satu ini juga memiliki karakteristik khusus. Mari kita bahas seperti apa ciri ciri kingdom monera secara lengkap pada penjelasa di bawah.

Uniseluler

Uniseluler berarti satu sel atau makhluk hidup yang terdiri dari satu sel tunggal. Organisme uniselular dapat berupa koloni maupun hidup secara individual. Salah satu alasan dikeluarkannya bakteri dan alga hijau biru dari kelompok plantae adalah karena tubuh bakteri dan alga hijau biru (monera) tersusun oleh hanya satu sel.

Bentuk Sel Bervariasi

Ciri ciri kingdom monera yang lainnya adalah memiliki bentuk sel variatif. ada yang berbentu batang (basil), bulat (cocus), atau spiral, ada yang berkoloni ataupun tidak. Bentuk koloni yang terbentuk: gabungan dua sel (diplobasil/diplococus), kubus (sarcina), rantai (streptococcus/ streptobasil), anggur (staphylococcus / staphylobasil).

Prokariotik

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki nukleus (inti sel yang terbungkus membran). Dalam beberapa literatur prokariotik juga didefiniskan sebagai sel yang tidak memiliki organel yang terbungkus membran. Ada sedikitnya 6 struktur penyusun sel prokariotik yaitu membran plasma, sitoplasma, ribosom, dan materi genetik (DNA dan RNA. Selain itu, bagian lain dari sel prokariotik adalah dinding sel dan flagela.

Baca juga: Komponen Biotik dan Abiotik Pada Ekosistem Kolam

Memiliki Dinding Sel

Ciri ciri kingdom monera yang berhasil diketahui manusia selanjutnya adalah mempunyai dinding sel. Dinding sel yang menyusun bakteri dan alga biru berbeda dengan tumbuhan. Dinding monera terbuat dari zat peptidoglikan sementara tumbuhan tersusun atas selulosa. Meski demikian, beberapa bakteri dinding selnya tersusun bukan dari peptidoglikan (kelompok archaebacter).

Tidak Memiliki Organel Bermembran

Ketiadaan membran inti menyebabkan organisme monera tidak memiliki organel – organel bermembran lainnya, seperti: kloroplas, mitokondria, retikulum endoplasma, badan golgi, lisosom, dan vakuola. adapun organel yang terdapat pada monera antara lain: nucleoid, mesosom, ribosom, klorofil, membrane sel, dan dinding sel.

Contoh Klasifikasi Kingdom Monera

Sebenarnya ada banyak sekali contoh kingdom monera yang ada di kehidupan sekitar. Hanya saja tak semua orang menyadari dan mampu melihatnya karena memiliki ukuran begitu kecil. Tapi kita tetap bisa melihat gambar kingdom monera di berbagai sumber seperti internet.

Berdasarkan buku pedoman, ada beberapa klasifikasi kingdom monera yang wajib kita hafalkan. Tapi pada sesi ini saya hanya akan memberikan dua diantaranya saja sebagai contoh. Nah, penasaran seperti apa contoh kingdom monera? simaklah penjasan berikut.

Nah, itu tadi ciri ciri dari kingdom monera mungkin setelah membaca ciri ciri dari kingdom monera diatas kalian sudah tau contoh dari kingdom monera ini, berikut dibawah ini beberapa contoh dari kingdom monera berdasarkan klasifikasinya:

Eubacteria ( Bakteri )

Bakteri sendiri ditemukan oleh Antony van Leeuwenhoek dan sekaligus penemu dari mikroskop lensa tunggal, bakteri ditemukannya pada tahun 1674, dia adalah seorang ilmuwan belanda, istilah bakteri sendiri dikenalkan oleh ilmuwan yang bernama Ehrenberg tahun 1828.

Gambar Kingdom Monera (Bakteri)
Gambar Kingdom Monera (Bakteri)

Bakteri ada dan hidup di lingkungan sekitar kita baik itu rumah, kamar tidur, sekolah, ataupun tempat umum. Jumlahnya pun jutaan dan tak akan mungkin bisa kita lihat secara kasat mata.

Archaebacteria

Isitilah Archaebacteria berasal dari Bahasa Yunani yaitu archaio yang artinya kuno. Para ahli berpendapat bahwa Arhaebacteria archaebacteria merupakan sel-sel paling kuno yang memiliki kekerabatan dekat dengan organisme eukariotik(memiliki membran inti sel). Archaebacteriahidup dilingkungan yang ekstrim, mirip dengan lingkungan awal dibumi.

Archaebacteria berbeda dari Eubacteria dalam hal susunan basa nitrogen dalam rRNA dan dalam hal komposisi membran plasma serta dinding selnya. Dinding sel Archaebacteria tidak memiliki peptidoglikan. Meskipun secara struktural mirip prokariotik uniseluler, organisme Archaebacteria lebih mirip dengan organisme eukariotik daripada bakteri. Hal itu disebabkan transkripsi dan translasi genetiknya mirip dengan eukariotik.

Bentuk Archaebacteria bervariasi, yaitu bulat, batang, spiral, atau tidak beraturan. Beberapa jenis terdapat dalam bentuk sel tunggal, sedangkan jenis lainnya berbentuk filamen atau koloni.

Reproduksinya dilakukan dengan cara membelah diri (pembelahan biner), membentuk tunas, atau fragmentasi (cara perkembangbiakan suatu organisme dari fragmen-fragmen atau potongan tubuh induknya). Archaebacteria sering disebut organisme ekstermofil karena mampu hidup di lingkungan dengan kondisi yang ekstrem, misalnya di mata air panas dan di dasar samudra. Semua anggota Archaebacteria merupakan organisme nonpatogen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here