Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru

Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru – sebagai seorang siswa atau sebagai warna negara kalian di wajibkan menghafalkan Pancasila karena seperti yang kalian tau bahwa Pancasila adalah dasar negara yang bisa kalian jadikan sebagai tuntunan dan juga pegangan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

pancasila yang lahir pada tahun 1945 merupakan hasil perenungan dan pemikiran masyarakat Indonesia yang mendalam. seperti yang sudah kalian ketahui bahwa Pancasila adalah dasar negara Indonesia dan penerapan nilai- nilai pancasila sudah dilakukan sejak awal kemerdekaan dan juga sudah melawati dari masa kesama. Ada 3 masa yaitu Orde Lama (1945-1966), Orde Baru (1966-1998), serta era Reformasi dan setelahnya (1998-sekarang).

Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru
Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru

Dari tiap periode tersebut Pancasila sebagai dasar negara mengalami perekembangan dengan pemimpin yang berbeda dan juga Pancasila mengalami pasang surut. Di setiap penerapan dari masing masing periode tersebut tentu memiliki kelebihan dan juga kelemahan berbeda. Pada artikel kali ini kita hanya akan berfokus pada kelemahan dan juga kelebihan dari penerapan Pancasila pada masa order baru.

Pada masa order baru ini dimulai dengan naiknya Soeharto menjadi presiden meggantikan Soekarno pada tanggal 22 Februari 1967. Awal order baru atau awal kepemimpinannya Presiden Soeharto harus mengatasi kekacauan yang ada di Indonesia. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita bahas secara mendalam dari kelemahan dan juga kelebihan dari penerapan Pancasila masa order baru dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru

Pada pembelajaran PPKN mungkin disekolah guru kalian sudah pernah membahasan menganai materi yang satu ini, akan tetapi sebagian peserta didik masih sering lupa dan bingung membedakan dari ketiga periode dari masa Pancasila ini. Nah, seperti yang sudah kalian baca diatas bahwa periode Pancasila ada 3 masa yaitu order baru. Order lama hingga masa reformasi.

Pada order baru pelaksanaannya ada kelebihan dan kelemahan dari penerapan Pancasila dalam masa pemerintahan ini. Agar kalian tidak bungung lagi apa saja kelebihan dan kekurangan dari masa order baru berikut dibawah ini penjelasannya.

Pada masa order baru adalah masa gencar untuk menanamkan perilaku yang mencerminkan nilai nilai Pancasila. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan Pancasila sebagai asas tunggal dalam kehidupan berorganisasi. Banyak hal positif dari gencarnya penanaman Pancasila oleh pemerintah seperti meningkatnya kehidupan sosial dari kalangan masyarakat Indonesia.

Sifat sifat yang menonjol dari penerapan Pancasila ini yaitu kepedulian antar warga, toleransi dari kalangan masyarakat, dan juga budaya gotong royong yang sangat di junjung tinggai.

Penerapan Pancasila Pada Order Baru

Seperti yang sudah kalian simak sebelumnya pada masa order baru ini terjadi pergantian kepemimpian dari presiden Soekarno menjadi Presiden Soeharto. Maka dari itu Orde baru ini menggantikan orde lama. Orba dimulai dari tahun 1966 hingga 1998. Penerapan Pancasila masa orde baru memegang peran sebagai dasar pemerintahan untuk menjalankan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Mulai dari Indonesia belum merdeka hingga pada masa sekarang ini. Setiap masa pemerintahan mempunyai penerapan yang berbeda beda dimulai dari pengaruh Pancasila pada pengambilan keputusan hingga peran pemerintah dalam mengatur disiplin Pancasila bagi masyarakat Indonesia.

Pancasila yang merupakan dasar negara, dapat dijadikan landasan agar pemikiran seluruh rakyat. Hal ini pun sesuai dengan dasar negara sehingga dapat dijadikan landasan kuat pemerintah dalam pengambilan suatu keputusan kenegaraan. Tujuannya agar tidak terjadi pro dan kontra yang besar bagi kehidupan bernegara.

Penerapan pancasila masa order baru menurut saya cukup mencolok. Visi misi utamanya adalah menjalankan nilai nilai pancasila dan UUD RI dalam kehidupan bermasyarakat serta tata negara.

Kelebihan Penerapan Pancasila Pada Order Baru

Presiden Soeharto sebagai tokoh utama Orde Baru dipandang rakyat sebagai seseorang yang mampu mengeluarkan Indonesia dari keterpurukan. Hal itu tak lepas dari pembubaran PKI yang dilakukannya serta keberhasilannya menciptakan stabilitas keamanan dalam negeri pasca pemberontakan PKI dalam waktu yang cukup singkat.

Sesuai dengan konsep pemerintahannya, Orde baru dikatakan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila. Namun pada pelaksanannya ada kelebihan dan kelemahan penerapan pancasila masa orde baru. Hal tersebut akhirnya menjadi pro dan kontra yang sampai sekarang masih dibahas oleh masyarakat serta cendikiawan.

Pada sesi ini kita akan membahas berbagai kelebihan penerapan pancasila pada masa order baru, diantaranya adalah:

  1. Stabilitas negara jauh lebih terjamin
  2. Kedaulatan rakyat sepenuhnya ditegakkan melalui pelaksanaan pemilu yang tidak terlaksana pada orde lama
  3. Pembangunan ekonomi berjalan dengan baik dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi
  4. Angka kemiskinan menurun , kebutuhan pangan masyarakat tercukupi.
  5.  Suksesnya program-program pembangunan masyarakat di berbagai bidang, seperti transmigrasi, program wajib belajar, dan sebagainya.
  6.  Dibentuknya sejumlah lembaga negara sesuai dengan UUD 1945

Kelemahan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru

  1. Pemerintah Orde Baru cenderung bersifat otoriter, di mana presiden mempunyai kekuasaan yang sangat besar dalam mengatur jalannya pemerintahan.
  2. Tidak terlaksananya demokrasi, di mana Golkar dianggap menjadi alat politik untuk mencapai stabilitas yang diinginkan sementara partai lainnya hanya sebagai alat pendamping.
  3. Maraknya KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme).
  4. Munculnya kesenjangan sosial dalam masyarakat Indonesia.
  5. Banyak pelanggaran HAM yang terjadi.

Nah, berikut diatas adalah penjelasan singkat dari Kelebihan dan Kelemahan Penerapan Pancasila Masa Orde Baru. Masa orde baru adalah masa ketika Soeharto menjabat sebagai presiden pada tanggal 22 Februari 1967. Masa Orde baru terjadi dari tahun 1996 hingga 1998.

Pancasila dapat dipertahankan sebagai ideologi namun implementasinya masih jauh dari sempurna. Pada orde ini dapat dikatakan sebagai puncak diagung- angungkannya Pancasila karena Pada kehidupan masyarakat, pancasila merupakan hal positif yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here