Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif dan Pembahasannya

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif dan Pembahasannya – Bagaimana cara menentukan bilangan berpangkat negatif itu? Apa pengertian bilangan berpangkat negatif itu? Matematika dalam kehidupan sehari hari memang sangat penting karena penerapannya diperlukan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa hasil perhitungan Matematika bersifat pasti, mutlak, dan sistematis. Oleh karena itu kita bisa menyebut ilmu Matematika sebagai ilmu pasti. Dalam Matematika sendiri terdapat pembahasan lengkap mengenai operasi hitung yang berbentuk penjumlahan, pembagian, pengurangan dan perkalian. Kemudian untuk operasi perkalian sendiri dapat berkembang menjadi bilangan berpangkat.

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif dan Pembahasan
Materi Bilangan Berpangkat Negatif

Dalam materi bilangan berpangkat terdapat pebahasan mengenai pengertian bilangan berpangkat negatif, contoh soal bilangan berpangkat negatif dan cara menghitung bilangan berpangkat negatif. Secara umum bilangan berpangkat dapat diartikan sebagai perkalian bilangan baik berbentuk bulat positif, nol atau bulat negatif yang dilakukan secara berulang. Bilangan berpangkat dapat ditulis dalam bentuk aⁿ = a x a x a x … x a. Dalam hal ini terdapat a yang merupakan blangan pokok atau basis serta n yang merupakan pangkat atau eksponen.

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif dan Pembahasannya

Bilangan pada dasarnya masuk dalam kategori materi yang cukup kompleks karena banyak sekali jenisnya. Tidak heran jika banyak siswa mengeluh sulitnya menghafalkan rumus hitung dari setiap jenis bilangan. Kita ambil saja contoh bilangan pangkat negatif yang notabenya sering muncul sebagai butir soal ujian.

Dalam bilangan berpangkat terdapat jumlah bilangan sebanyak n yang akan dikalikan secara berulang. Konsep penerapan bilangan berpangkat negatif ini serupa dengan bilangan berpangkat pada umumnya. Akan tetapi dalam perpangkatan ini mengandung tanda negatif di dalamnya. Misalnya 5‾¹ = 1/5. Apa pengertian bilangan berpangkat negatif itu? Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal bilangan berpangkat negatif beserta pembahasan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sifat Bilangan Pangkat Negatif

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian bilangan pangkat negatif ialah bilangan yang dibagi secara berulang sejumlah pangkat negatif di dalamnya. Adapun perbedaan bilangan pangkat negatif dan pangkat positif yaitu:

  • Pangkat negatif 1 (-1) pada bilangan 10 dan pangkat positif satu (1) pada bilangan 10 seperti 10‾¹ = 1/10 = 0,1 dan 10¹ = 10.
  • Pangkat negatif 2 (-2) pada bilangan 10 dan pangkat positif dua (2) pada bilangan 10 seperti 10‾² = 1/100 = 0,01 dan 10² = 100.
  • Pangkat negatif 3 (-3) pada bilangan 10 dan pangkat positif tiga (3) pada bilangan 10 seperti 10‾³ = 1/1000 = 0,001 dan 10³ = 1000.

Rumus Bilangan Berpangkat Negatif

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa bentuk pangkat positif dan pangkat negatif tersebut berbeda. Selain pengertian bilangan berpangkat negatif di atas, adapula rumus tertentu untuk menyelesaikan contoh soal bilangan berpangkat negatif yang ada. Adapun rumus bilangan berpangkat negatif yaitu:

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif dan Pembahasan

Keterangan:
a = Bilangan real, dengan nilai a ≠ 0
m, n = Bilangan bulat positif, dengan m > n

Bagaimana jika nilai m < n tersebut? Maka dari itu pernyataan bilangan bulat negatif akan berbentuk m – n. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh bilangan pangkat negatif berikut yaitu:

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif dan Pembahasan

Dari contoh soal bilangan berpangkat negatif di atas kita tahu bahwa nilai 1/16 = 4‾². Dari penjelasan di atas kita dapat menemukan sifat bilangan berpangkat negatif seperti di bawah ini:

Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif dan Pembahasan

Contoh Soal Bilangan Pangkat Negatif

Setelah menjelaskan tentang pengertian bilangan berpangkat negatif di atas, selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait bilangan berpangkat negatif tersebut. Adapun contoh soal dan pembahsannya yaitu:

1. Ubahlah bilangan pangkat negatif ini dalam bentuk positif?
a. 5‾²
b. (-7)‾³
c. a‾³

Pembahasan.
Contoh soal bilangan berpangkat negatif tersebut dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
a. 5‾² = 1/5²
b. (-7)‾³ = 1/(-7)³
c. a‾³ = 1/a³

2. Tentukan bentuk pangkat negatif dari bilangan di bawah ini:
a. 1/2³
b. 1/5⁶
c. 1/x⁸

Pembahasan.
Cara menentukan bilangan berpangkat negatif tersebut dapat dilakukan dengan langkah seperti berikut:
a. 1/2³ = 2‾³
b. 1/5⁶ = 5‾⁶
c. 1/x⁸ = x‾⁸

Sekian contoh soal bilangan berpangkat negatif beserta pembahasan yang dapat saya bagikan. Pengertian bilangan berpangkat negatif ialah bilangan yang dibagi secara berulang sejumlah pangkat negatif di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi bilangan berpangkat negatif di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here