Apa yang Dimaksud Pelayaran Hongi, Tujuan, dan Penjelasannya

Apa yang Dimaksud Pelayaran Hongi, Tujuan, dan Penjelasannya – Tak semua siswa familiar ketika ditanya apa itu pelayaran hongi. Secara garis besar kita bisa menjumpai materi ini pada mata pelajaran ips kls 3 SMP. Pelayaran hongi ini dilakukan pada masa pemerintahan belanda.

Pemerintah belanda membuat perusahaan dagang yang di beri nama VOC kemudia VOC melakukan pelayaran  hongi yang bertujuan memonopoli dan menguasai perdagangan rempah-rempah di kawasan Hindia Belanda.

Apa yang Dimaksud Pelayaran Hongi
Apakah yang Dimaksud Dengan Pelayaran Hongi di maluku

Pada masa itu rempah rempah sangat mahal bahkan setara layaknya emas. Padahal tanah nusantara terkenal akan kesuburan dan kekayaan rempahnya. Sehingga membuat indonesia menjadi wilayah perburuan oleh bangsa eropa.

Apa yang dimaksud pelayaran hongi sangat erat kaitannya dengan eksploitasi yang dilakukan belanda. Berbagai kebijakan serta aturan main bercocok tanam pun turut serta dilakukan terhadap masyarakat. Semua tindakan itu bertujuan untuk membatasi produksi dan mengatur harga pasar internasional.

Apa yang Dimaksud Pelayaran Hongi, Tujuan, dan Penjelasannya

Tidak banyak orang mengetahui tentang pelayaran hongi ini, materi tentang pelayaran hongipun sangat minim dan hanya akan kalian temui pada pelajaran ips khususnya sejarah pada kelas 3 SMP.

Pelayaran hongi berkaitan erat dengan sejarah penjajahan belanda di Indonesia. pada dasarnya pelayaran hongi dilakukan VOC guna untuk memonopoli perdagangan terutama rempah rempah. Kala itu, pemerintah belanda menyadari bahwa harga rempah setara dengan emas.

Belanda sendiri sudah menjadi pemain tunggal dalam monopoli perdagangan rempah di daerah Maluku. Bahkan, pedagang-pedangang Inggris yang mencoba berdagang di daerah ini dibunuh oleh serdadu VOC.

Pasti kalian bertanya tanya apa yang dimaksud pelayaran hongi di maluku. Lantas mengapa pelayaran hongi dilakukan? Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pelayaran hongi lengkap dengan pengertian dan tujuan pelayaran hongi. Bila penasaran maka simaklah penjelasan di bawah sampai selesai.

Apakah yang Dimaksud Dengan Pelayaran Hongi di Maluku

Pelayaran hongi adalah pelayaran yang dilakukan VOC di dearah maluku. Tujuan pelayaran hongi yang utama yakni mencegah upaya pencurian rempah-rempah di Nusantara. Karena ekspedisi memiliki maksud khusus maka perlangkapan senjata yang dibawa pun juga sangat lengkap.

Tapi taukah bagaimana ekspedisi ini bisa dinamakan hongi? Mulanya, pelayaran tersebut menggunakan armada perahu yang berbentuk kora kora. Terkadang kru ekspedisi yang menjalankan ekspedisi juga dikawal oleh kapal perang VOC. Istilah ekspedisi hongi sendiri didapatkan dari bentuk kora kora yang dipakai untuk sarana ekspedisi.

Bila kita perhatikan lebih teliti, kapal hongi dilengkapi dengan pendayung yang mencapai 200 orang untuk memastikan pergerakan di perairan yang cepat. Kapal ini disediakan oleh penguasa-penguasa daerah di Maluku. Terutama dari Ambon yang sudah berkerjasama dengan Belanda. Dengan banyaknya jumlah pendayung serta konstruksi yang kuat membuat kapal mampu melakukan patroli cepat.

Bila kalian mendapat pertanyaan apa yang dimaksud pelayaran hongi di maluku. Maka jawaban singkatnya adalah “pelayaran yang dilakukan belanda untuk memonopoli dan mengawasi perdagangan rempah-rempah“.

Tujuan Pelayaran Hongi

Apa tujuan pelayaran hongi di maluku? pertanyaan ini sering terbesit di benak siswa. Meski sudah mendapat penjelasan dari guru tapi ternyata tak semua mampu menjawabnya.

Pada sesi di atas sudah saya sebutkan bahwa tujuan utama pelayaran hongi untuk memonopoli rempah rempah. Tapi ternyata ada beberapa maksud lain mengapa VOC gencar menggalakan pelayaran di perairan maluku. Hal ini dibuktikan dengan privilege berupa kawalan kapal perang belanda di beberapa kesempatan. Tujuan pelayaran hongi adalah:

  1. Untuk mengawasi jalannya perdagangan monopoli.
  2. Mengawasi jalur perdagangan rempah di Maluku dan Indonesia bagian Timur.
  3. Menertibkan petani nusantara agar praktik tanam maupun penjulana sesuai kebijakan VOC.
  4. Memusnahkan produksi rempah-rempah yang berlebihan.
  5. Mempertahankan jalanya sistem monopoli.

Suksesnya tujuan pelayaran hongi terbukti dari pedagang inggris maupun spanyol yang kesulitan menembus wilayah maluku. Tentu saja ada dampak positif maupun negative dengan adanya pelayaran hongi. Salah satu dampak positif yaitu timbulnya rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia semakin meningkat. Sebab masyarakat berbagi penderitaan yang sama dari kebijakan Belanda.

Selain dampak positif, dampak negatif pun yang sangat menonjol. Karena keberadaan pelayaran hongi banyak sekali kerugian yang diperoleh rakyat Indonesia sampai membuat kesengsaraan. Selain itu rakyat Indonesia harus tunduk dan patuh terhadap kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Belanda yang ditetapkan secara sepihak. Banyak lahan cengkeh yang hancur demi menjaga stabilitas stok rempah rempah di pasar internasional.

Saya rasa cukup sekian penjelasan tentang apa yang dimaksud pelayaran hongi pada artikel kali ini. Bila masih menemukan kendala dalam memahami materi maka ajukan pertanyaan lewat kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here