Materi Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya)

Materi Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya) – Teks prosedur merupakan salah satu materi dasar yang diberikan siswa semenjak berada di jenjang sekolah menenagah atas (SMA). Materi tersebut menjadi menarik untuk dibahas karena konsepnya bisa kita temukan sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Kendati demikian, masih banyak siswa yang tidak menyadari adanya penggunaan teks prosedur kompleks dalam setiap aktivitas mereka.

Teks yang memiliki urutan langkah sebagai ciri ciri utamanya ini sangat mudah untuk ditemukan. Baik itu memasak, bekerja, menyalakan komputer, berikirim pesan, maupun hal lainnya. Dalam beraktivitas khususnya melakukan hal-hal baru sering kali kita membuka tutorial terlebih dahulu. Mencari panduan di internet karena memang tidak tau ataupun untuk memastikan hal yang kita lakukan berjalan sesuai harapan. Beragam panduan dan tutorial tersebut merupakan contoh teks prosedur kompleks yang bisa kita temukan dalam keseharian.

Materi Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya)
Materi Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya)

Dalam artikel kali ini kita akan mempelajari setiap unsur teks prosedur. Diantaranya adalah pengertian teks prosedur kompleks menurut para ahli dan secara umum. Lalu pembahasan akan berlanjut pada 3 struktur teks prosedur kompleks berdasarkan buku pedoman bahasa indonesia. Selanjutnya, kita akan mempelajari beragam kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks dan menarik ciri-ciri dari kaidah tersebut. Terakhir, saya sudah mempersiapkan contoh teks prosedur kompleks singkat sebagai bahan evaluasi untuk kalian.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Meskipun kita sudah memiliki gambaran tentang apa itu teks prosedur, tidak serta merta kita bisa langsung menelaahnya. Sebagai siswa berpendidikan, kita kita harus bisa menyebutkan pengertian teks ini menggunakan pemilihan kata yang benar sesuai dengan konteksnya.

Teks prosedur sendiri bisa dibagi menjadi 3 jenis dan dibedakan berdasarkan tingkat kesulitan serta banyaknya langkah di dalamnya. Diantaranya adalah teks prosedur sederhana, kompleks dan protokol. Namun dalam sesi pertama ini kita hanya akan membahas pengertian teks prosedur kompleks saja.

Pengertian Secara Umum

Ada banyak cara untuk menginterpretasikan sebuah teks prosedur kompleks. Dari segi bahasa misalnya, berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) prosedur artinya tahap-tahap proses untuk melakukan atau menyelesaikan suatu hal. Sedangkan teks berarti bacaan yang berfaedah. Sedangkan arti kata kompleks sendiri adalah sekumpulan bagian yang terhimpun menjadi sebuah kesatuan. Kita pasti sudah memiliki gambaran bahwa contoh teks prosedur kompleks sudah mencakup semua pengertian tersebut.

Baca juga: Materi Teks Eksemplum (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya)

Nah, dari penggalan arti diatas kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian teks prosedur kompleks adalah sebuah teks yang didalamnya berisikan langkah-langkah untuk melakukan atau membuat sesuatu. Teks ini sekaligus memberikan informasi bagaimana proses pengerjaan menggunakan urutan langkah.

Fungsi sosial sekaligus tujuan teks prosedur kompleks adalah memberikan petunjuk bagi orang yang tidak tau bagaimana cara menyelesaikan, membuat, maupun melakukan sesuatu. Petunjuk tersebut disajikan melalui langkah dan tindakan dengan urutan kronologi yang jelas. Di era modern seperti sekarang, kita biasa menyebut teks prosedur kompleks sebagai tutorial “How to“.

Pengertian Menurut Para Ahli

Terlepas dari pengertian teks prosedur kompleks secara umum diatas, adapula pengertian menurut para ahli. Ahli yang saya maksudkan adalah orang-rang yang memang sudah berpengalaman dan memiliki ilmu di dunia pendidikan, khususunya mendalami ilmu bahasa. Setiap ahli bisa saja memiliki pandangan berbeda tentang apa itu teks prosedur kompleks. Tentu saja hal tersebut dipengaruhi oleh latar belakang masing-masing ahli.

Muhammad Ali (2000)
Muhammad Ali berpendapat bahwa definisi teks prosedur kompleks adalah suatu bacaan yang didalamnya berisi panduan cara kerja dan menyelesaikan suatu pekerjaan.

Mulyadi (2001)
Mulyadi, dalam risetnya mendeskripsikan teks prosedur sebagai tata cara urutan kegiatan yang notabennya melibatkan beberapa orang dalam ruang lingkup tertentu. Tujuan diciptakannya prosedur tidak lain untuk menjamin tertanganinya sebuah masalah agar mendapat output sesuai keinginan.

Ismail masya (1994)
Ismail M. merupakan pakar yang mendefinisikan teks prosedur sebagai serangkaian tugas yang saling terhubung satu sama lain. Hubungan tersebut mencakup urutan berdasarkan waktu serta tata cara/panduan tertentu untuk melakukan pekerjaan.

Itulah beberapa definisi teks prosedur kompleks menurut para ahli tata bahasa di Indonesia. Sebenarnya jika menginterpretasikan pengertian teks tidak hanya terbatas pakar dari dalam negeri saja. Melainkan ada pula pakar bahasa yang berasal dari luar negeri. Namun, jika dalam bahasa inggris teks prosedur biasa disebut sebagai procedure text.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Setiap teks sudah pasti memiliki struktur otentik yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Struktur ini pula yang membuat sebuah teks bisa tersusun dengan rapi dan mampu menciptakan bacaan yang koheren. Prinsip dari struktur teks sendiri seperti kerangka kerangka dasar sebelum kita mulai menulis teksnya.

Jika dalam teks bahasa indonesia kita sering menjumpai orientasi, isi, dan interpretasi. Tidak demikian dengan sturktur teks prosedur kompleks yang tergolong unik. Sebagai sebuah bacaan yang berisikan panduan kita pasti akan menemukan aspek-aspek seperti judul, tujuan, dan langkah-langkah teknis. Aspek seperti inilah yang menjadi struktur utama dalam sebuah prosedur.

Bagian Tujuan (judul)

Hal pertama yang harus ada pada sebuah prosedur adalah tujuan. Struktur teks prosedur kompleks ini memiliki peran penting karena menggambarkan isi serta hasil akhir teks itu sendiri. Bagian tujuan bisa diwjudkan dalam bentuk susunan kalimat maupun paragraf singkat yang menjelaskan background (latar belakang) sebagai pengantar tentang langkah-langkah dalam prosedur.

Misalnya saja, sebuah teks memiliki judul “cara membuat origami”. Dari judul tersebut tentunya kita sudah memiliki gambaran teks tersebut memberikan panduan bagaimana cara membuat sebuah origami. Dalam beberapa kasus, penulis juga memeberikan unsur tambahan pada judul untuk menarik minat pembaca. Contohnya “cara membuat origami dengan mudah” kata dengan mudah disini menjadi tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan dalam struktur teks prosedur kompleks. Namun penambahannya dimaksudkan untuk membuat bagian judul menjadi lebih atraktif.

Bagian Material (Alat dan Bahan)

Dalam setiap prosedur ataupun panduan kita pasti bisa menemukan dua unsur yang saling terkait, yakni alat dan bahan. Pada bagian materil inilah pembaca akan diberikan informasi mengenai berbagai alat dan bahan untuk membuat atau melakukan sesuatu.

Misalnya saja pada resep masakan yang notabennya memiliki struktur teks prosedur kompleks secara lengkap. Namun dalam beberapa kasus, ada pula contoh teks prosedur yang tidak memiliki bagian material atau hanya mengandung satu unsur saja. Contohnya, pada “prosedur cara mematikan komputer” kita hanya akan menemukan judul yang menjadi tujuan dan rangkaian langkah-langkah saja tanpa adanya bagian material. Mengapa demikian? karena pada prosedur tersebut tidak diperlukan alat dan bahan.

Bagian langkah Langkah

Langkah-langkah merupakan bagian inti dalam struktur teks prosedur kompleks. Pada bagian ini pembaca akan disuguhkan serangkaian cara yang harus ditempuh untuk melakukan suatu hal. Jika pembaca bisa mengikuti maka tujuan teks prosedur akan tercapai.

langkah tersebut akan tersusun dalam urutan kronologis yang jelas mulai dari awal hingga akhir. Setiap langkah yang disusun dalam bagian ini bersifat permanen dan tidak bisa diubah urutannya. Untuk mempermudah dalam mengurutkannya, maka diberikanlah nomor dari angka 1 hingga sekian untuk menandai setiap langkahnya.

Namun, dalam beberapa kasus ada pula teks prosedur kompleks yang menggunakan konjungsi waktu untuk menandai langkah-langkah. Contoh: penggunaan kata pertama, selanjutnya, setelah, terakhir dan lain sebagainya. Hal ini akan kita bahas dalam kaidah kebahasaan di pada sesi selanjutnya.

Kesimpulannya, struktur teks prosedur kompleks sangat fleksibel dan berbeda dari jenis teks lain. Mengapa demikian? Karena ada prosedur yang memerlukan bagian material berupa alat dan bahan. Tapi, ada pula yang hanya memiliki 2 struktur yakni tujuan dan langkah-langkah. Selain fakta diatas, kita juga harus mempelajari unsur lain yaitu kaidah kebahasaan. Lantas apa saja kaidah kebahasaan teks prosedur? silahkan lanjutkan membaca.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Kaidah kebahasaan menjadi aturan-aturan dasar dalam penulisan sebuah teks. Seluruh tata bahasa baik itu penggunaan pola kalimat, verba, noun, konjungsi, dan mekanik diatur dalam kaidah kebahasaan. Setiap teks memiki kaidah yang berbeda beda, sedangakan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks diantaranya adalah:

  1. Penggunaan kalimat perintah (imperatif) untuk menegaskan permintaan, larangan, serta maksud suatu hal. Sebagai teks yang mengharuskan orang mengikuti prosedur tentunya setiap kalimatnya mengandung perintah. Konsekuensinya, kita harus menggunakan kata kerja imperatif atau kata yang merepresentasikan sebuah perintah.
  2. Kalimat pernyataan (deklaratif) untuk menginformasikan sesuatu pada pembaca. Kata kerja deklaratif biasanya digunakan untuk mengawali paragraf teks prosedur kompleks. Tujuannya adalah memberikan infiormasi atau mendeklarasikan maksud dan tujuan dibuatnya teks tersebut.
  3. Penggunaan konjungsi temporal (kata hubung) untuk menyatakan kegiatan yang disusun secara kronologis. Dalam contoh teks prosedur kompleks kita sering menemukan kata hubung pertama-tama, setelah itu, selanjutnya, ataupun penomoran pada setiap langkahnya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan penekanan langkah-langkah yang sudah disusun secara kronologis.
  4. Penggunaan kalimat verba tingkah laku untuk menyatakan ungkapan pada sebuah tindakan.
  5. Verba material untuk menyatakan aktivitas yang berhubungan dengan fisik.
  6. Adanya partisipasi manusia. Kaidah ini mengacu kembali pada tujuan teks prosedur itu sendiri yakni memberikan informasi tentang bagaimana cara melakukan sesuatu. Aktivitas yang ada pada teks tersebut tentunya memerlukan adanya partisipasi dari kita sebagai manusia.

Ciri Ciri Teks Prosedur Kompleks

Seperti yang sudah saya tegaskan diatas, teks prosedur sangat mudah untuk diidentifikasi karena memiliki unsur yang sangat mencolok. Bahkan, dari judulnya saja kita sudah bisa menebak jenis teks yang satu ini tanpa harus melihat seluruh struktur teksnya.

Jika kita mengamati seluruh penjelasan materi teks prosedur kompleks yang mencakup pengertian, struktur, dan kaidah kebahasaan diatas kita bisa menarik kesimpulan menjadi ciri-ciri. Diantaranya adalah:

  • Memiliki judul yang merepresentasikan isi teks.
  • Judul selalu diawai dengan kata cara/tutorial.
  • Berisikan rangkaian langkah yang tersusun dalam urutan kronologis.
  • Setiap langkahnya diikuti oleh penjelasan yang detail.
  • Menggunakan konjungsi temporal.
  • bersifat logis, objektif, umum, dan akurat.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat

Ada banyak sekali panduan atau prosedur yang bisa kita jadikan contoh. Bahkan penggunaan prosedur tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Dengan adanya teks prosedur inilah kehidupan manusia bisa menjadi lebih baik. Ibaratnya, teks ini memberikan panduan atau solusi untuk melakukan sesuatu kepada mereka yang belum tau cara melakukannya.

Misalnya saja, ketika kita ingin memasak nasi goreng jawa tapi tidak tau resep dan cara membuatnya. Tentunya kita akan membuka internet dan mencari resep nasi goreng tersebut. Nah, resep nasi goreng tersebut bisa menjadi contoh penggunaan teks prosedur kompleks. hal ini pun juga berlaku untuk aktivitas non fisik seperti mendaftar BPJS, membayar tagihan listrik online, transfer uang, dan lain sebagainya.

Baca juga: 12 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Beserta Strukturnya

Sayangnya, masih banyak siswa yang kebingungan ketika diberikan tugas menulis contoh teks prosedur kompleks. Dalam sesi terakhir ini saya akan memberikan panduan singkat berupa resep masakan sebagai referensi. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak contoh teks prosedur di bawah:

Tujuan: Cara membuat dimsum spesial

Dimsum merupakan makanan khas yang berasal dari hongkong dan menjadi populer baru-baru ini. Dimsum memiliki tekstur empuk kenyal dan gurih sehingga cocok disajikan dalam berbagai kondisi. Untuk membuat makanan kecil yang menyerupai siomai ini tidaklah sulit. Bahannya pun bisa kita beli di pasar maupun toko-toko terdekat. Tunggu apa lagi, simak resepnya di bawah.

contoh teks prosedur kompleks
contoh teks prosedur kompleks

Bahan:

  1. Ayam dada fillet.
  2. 1 sendok teh garam.
  3. 1 sendok makan gula pasir.
  4. 1 sendok teh lada halus.
  5. 1 sendok makan minyak wijen.
  6. 1/2 sendok makan saus tiram.
  7. 1/2 sendok makan kecap asin.
  8. 25 gram tepung sagu.
  9. 1 lbr daun bawang diiris.
  10. 5 lembar kulit lumpia, bagi menjadi 4.
  11. parutan wortel/seledri untuk topingnya

Cara pembuatan:

  1. Ambilah sepertiga dada ayam fillet dan cincang hingga halus merata.
  2. Blender sisa ayam fillet tersebut selama 4 detik untuk menjaga tekstur agar tidak terlalu halus. Campurkan dengan ayam cincang dan sisihkan keduanya.
  3. Selanjutnya, campurkan ayam tadi dengan bahan-bahan lain seperti gula, garam, tepung sagu, lada halus, saus tiram, kecap asin, minyak wijen dan daun bawang secara merata.
  4. ambil potongan kulit lumpia, lalu isikan adonan dimsum kedalamnya. Bentuklah kulit dan adonan hingga semuanya habis.
  5. Berikutnya, gunting sisa kulit lumpia agar dimsum menjadi lebih rapi.
  6. Lalu taburkan toping berupa parutan wortel, seledri, dll untuk menambah citarasa.
  7. Kukus adonan dimsum selama kurang lebih 25 menit hingga matang.
  8. Terakhir, angkat dan sajikan dimsum bersama dengan saus sambal dan kecap.

Contoh teks prosedur kompleks diatas bisa dibilang belum sempurna karena tidak mengandung unsur peralatan. Lebih tepatnya, saya tidak mencantumkannya karena penggunaan alat yang terbatas. Namun jika dirasa alat yang digunakan dalam prosedur kompleks maka kita bisa menyertakanya.

Selain contoh teks prosedur diatas, masih banyak sekali contoh lainnya yang bisa kita jadikan referensi. Penggunaan teks tersebut bisa kita temukan dalam berbagai aspek kehidupan, tidak hanya sebatas resep masakan saja.

Saya rasa, cukup sampai disini saja artikel yang membahas materi teks prosedur kompleks yang bisa saya sampaikan. Tanpa harus saya simpulkan, tentunya kalian sudah mengetahui ciri ciri dan bisa langsung mengidentifikasi pola teks yang satu ini. Namun selalu ingat bahwa terdapat perbedaan antara teks prosedur biasa dan kompleks. Perbedaan tersebut terletak pada tingkat kesulitan dan banyaknya langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Maka dari itu, jangan sampai salah dalam membedakan teks prosedur kompleks dan simple.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here