Materi Teks Eksplanasi (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya)

Materi Teks Eksplanasi (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya) – Teks dengan gaya penulisan eksplanasi menjadi salah satu materi dalam pembelajaran bahasa indonesia yang menarik untuk dibahas. Teks eksplanasi mulai diberikan pada siswa semenjak berada di jenjang SMA, SMK, dan sederajat dengan komplektisitas yang berbeda beda. Yang menjadi pertanyaan, mampukah anda mengidentifikasi contoh teks atau bacaan bergaya eksplanasi?

Materi teks eksplanasi terlengkap
Materi Teks Eksplanasi beserta dengan teori teroinya

Kurikulum 2013 revisi yang saat ini diterapkan menuntut pembelajaran yang lebih komprehensif dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak heran jika pendalaman materi teks eksplanasi diberikan lebih intens terhadap siswa. Di lain sisi, siswa pun harus mempelajari pengertian, struktur teks, dan kaidah teks eksplanasi secara bersamaan. Hal ini tentunya memberikan beban tersendiri pada kita mengingat ada banyak sekali unsur teks eksplanasi yang harus dihafalkan.

Bagi sebagian siswa, sangat sulit mempelajari unsur unsur teks eksplanasi. Namun anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena pada dasarnya materi tersebut sudah tertuang rapi dalam buku pedoman bahasa Indonesia. Selain itu kita pun juga bisa mencari informasi spesifik di internet. Misalnya saja kita ingin belajar struktur teks eksplanasi, kaidah kebahasaan, maupun mencari contoh teks eksplanasi tinggal ketikan kata kuncinya di internet.

Pengertian Teks Eksplanasi

Setiap peristiwa baik itu bersifat ilmiah, alam, maupun buatan di sekitar kita tidak terjadi begitu saja. Melainkan karena adanya proses sebab akibat. Sebagai makhluk sosial yang memiliki akal, kita harus pandai dalam menyikapi peristiwa di lingkungan sekitar. Hendakya kita bisa mempelajari mengapa dan bagaimana peristiwa dapat terjadi serta apa dampaknya bagi kita semua.

Kira-kira seperti itulah gambaran dasar teks eksplanasi yang bisa saya analogikan. Teks eksplanasi sendiri lebih menitikberatkan proses bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Dari namanya sendiri, teks eksplanasi bisa diartikan sebagai teks yang memberikan penjelasan kepada pembacanya melalui rangkaian proses dari awal hingga akhir. Namun definisi tersebut terus dikembangkan oleh para ahli hingga pada akhirnya munculah perbedaan definisi teks eksplanasi.

Dalam sesi pertama kita akan mempelajari pengertian teks eskpalanasi secara umum dan berdasarkan pendapat para ahli. Hal ini kita lakukan untuk menambah wawasan dan sudut pandang kita terkait definisi dari teks ini. Lantas apa itu teks eksplanasi menurut para ahli?

Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

  1. Restuti (2003, p.85) Mengartikan teks eksplanasi sebagai jenis teks yang memberikan penjelasan atau menerangkan proses fenomena alam dan sosial di lingkungan.
  2. Mahsun (2013, p.189) menerangkan pengertian teks eksplanasi adalah bacaan yang tersusun oleh sekumpulan struktur dengan berbagai bagian yang memaparkan pernyataan umum, rangkaian penjelasan, dan penutup.
  3. Kamus English-Indonesia Jika ditinjau dari segi bahasa dan perbendaharaan kata, teks eksplanasi tersusun dari dua kata. Teks artinya bacaan dan eksplanasi yang merupakan kata serapan bahasa inggris Explaination artinya menjelaskan. Jadi pengertian teks eskplanasi adalah bacaan yang memberikan penjelasan tentang proses yang berhubungan dengan fenomena alam, ilmiah, sosial budaya, dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi argumen serta teori-teori pengertian teks eksplanasi menurut para ahli yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Kalian pun juga bisa mengutip definisi tersebut langsung dari buku pedoman bahasa Indonesia. Saya hanya menyertakan 3 pengertian diatas sebagai referensi saja.

Pengertian Secara Umum

Dari penjelasan para ahli yang memiliki sudut pandang berbeda diatas kita bisa menarik kesimpulan. Pengertian teks eksplanasi adalah tulisan/bacaan yang memuat informasi tentang proses apa, mengapa, dan bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi. Topik bahasan teks ini tidak memiliki batasan melainkan bisa membahas kejadian sosial budaya, fenomena alam, peristiwa ilmiah dan lain sebagainya. Fungsi sosial sekaligus tujuan teks eksplanasi adalah memberikan informasi yang mudah dipahami kepada para pembaca.

Teks yang berisikan penjelasan-penjelasan ini bersifat logis dan akan disertai dengan fakta sesuai apa yang terjadi di lapangan. Fakta tersebut secara tidak langsung menjadi argumen yang memperkuat penyebab dan proses suatu peristiwa. Otomatis, teks ini sama sekali tidak memuat pendapat maupun opini yang bersifat karangan. Teks eksplanasi sendiri lebih bersifat seperti karya ilmiah karena memuat fakta dan studi proses dengan tujuan agar bsia dipercaya oleh pembacanya.

Baca juga: Materi Teks Eksposisi (Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Jenis dan Contohnya)

Meskipun jenis teks eksplanasi ada banyak, namun kita bisa mengidentifikasi teks ini dengan cepat karena memiliki ciri-ciri yang cukup mudah untuk dihafalkan. Misalnya saja struktur teks eksplanasi yang hanya terdiri rai 3 bagian saja (kita akan membahasnya di bawah). Kaidah kebahasaan yang notabennya mengatur susunan kalimat, pemilihan kata, diksi, dan gaya bahasanya pun juga mudah dipahami. Tidak sedikit pula contoh teks eksplanasi menjelaskan fenomena berantai. Maksudnya adalah satu fenomena dapat menjadi penyebab atau mempengaruhi terjadinya fenomena lain.

Struktur Teks Eksplanasi

Setiap teks dalam bahasa indonesia pasti memiliki struktur berbeda satu sama lain. Struktur inilah yang menjadi kerangka awal dalam pembuatan semua jenis teks eksplanasi singkat. Meskipun memberikan penjelasan sebab akibat yang notabennya panjang, namun Struktur teks eksplanasi hanya terdiri dari 3 bagian saja. Diantaranya adalah pernyataan umum, rangkaian sebab akibat, dan penutup (interpretasi). Untuk mengetahui pengertian serta fungsi tiap bagiannya silahkan simak penjelasan di bawah.

Pernyataan Umum

Pernyataan umum menjadi bagaian pembukaan teks eksplanasi yang berisikan statement tentang suatu hal yang menjadi topik bahasan. Bisa dibiang seperti pengenalan sebelum kita mulai membahas fenomena tersebut lebih dalam lagi. Karena sebagai pembukaan saja, maka pernyataan umum hanya berisikan gambaran dasar saja tentang apa, siapa, mengapa dan bagaimana proses tersebut bisa berlangsung.

Kita bisa menyusun pernyataan umum tersebut menjadi satu paragraf eksplanasi singkat. Namun dalam beberapa kasus kita juga boleh membuatnya menjadi agak panjang sesuai dengan konteks, substansi, dan kebutuhan.

Penjelasan (isi)

Struktur teks eksplanasi yang kedua tidak lain adalah isinya atau deretan penjelasan. Pada bagian ini kita akan menemukan urutan sebab akibat yang menjelaskan proses terjadinya peristiwa secara mendetail. Isi teks eksplanasi tersebut biasanya disampaikan secara urut dalam susunan kronologi dari awal hingga akhir.

Pada bagian ini pula penulis harus menyertakan fakta-fakta yang berhubungan dengan topik bahasan teks eksplanasi. Memberikan penjelasan menggunakan bahasa baku dan sajian data yang akurat. Dengan demikian seluruh teks eksplanasi akan memiliki otoritas tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Untuk menciptakan bacaan berkualitas yang bersifat authority maka diperlukan informasi yang detail. Oleh karenanya, tidak ada batasan dalam menulis isi penjelasan tersebut. Jadi kita bebas menulis rangkaian sebab akibat selama penjelasan kita masih logis dan berada pada lingkaran topik bahasan.

Penutup (Interpretasi)

Struktur teks eksplanasi terakhir yakni interpretasi menjadi penutup dari seluruh rangkaian penjelasan. Sama seperti karya ilmiah maupun laporan, penutup teks eksplanasi berisikan rangkuman dari seluruh penjelasan dan pernyataan umum yang dimuat pada bagian sebelumnya. Selain memberikan rangkuman, penulis biasanya juga memasukan kritik atuapun tanggapan tentang kejadian yang sedang di bahas.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah kebahasaan merupakan aturan dasar dalam menyusun teks dengan gaya eksplanasi. Kaidah tersebut mengatur berbagai hal mulai dari pemilihan kata, fokus bahasan, penggunaan pronoun, pronomina, adjektiva dan lain sebagainya. Sebuah bacaan dapat dikatakan sebagai teks eksplanasi jika memenuhi kriteria di bawah ini:

  1. Berfokus pada hal-hal umum yang tidak berkaitan dengan manusia. Misalnya saja fenomena alam tentang hujan, bencana alam banjir, gempa bumi, dan lain sebagainya.
  2. Pemilihan diksi yang bersifat ilmiah.
  3. Mayoritas menggunakan kata kerja aktif (relasional) dan kata kerja yang ebrsifat material (noun).
  4. Memakai konjungsi waktu dan kausal dalam menerangkan proses sebab akibat.
  5. Passive voice atau kalimat pasif.
  6. Tujuan teks eksplanasi dibuat untuk menjustifikasi atau menggaris bawahi suatu peristiwa berdasarkan fakta yang benar-benar terjadi.

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Kita telah mempelajari pengertian, struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada sesi di atas. Dari penjelasan tersebut kita bisa menarik benang merah dan menemukan ciri ciri teks eksplanasi. Diantaranya adalah:

  • Teks eksplanasi hanya terdiri dari 3 struktur utama yakni pernyataan umum, isi, dan penutup.
  • Informasi yang disampaikan bersifat fakta.
  • Disampaikan dengan bahasa baku dan istilah ilmiah.
  • Membahas berbagai hal yang tidak berhubungan dengan manusia. Topik bahasan pun juga bersifat keilmuan.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Selain menganalisa kaidah kebahasaan dan struktur teks eksplanasi, siswa juga ditunut bisa menulis contoh teks itu sendiri. Hal ini pun sejalan dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam silabus pendidikan bahasa Indonesia. Setelah mempelajari materi teks eksplanasi secara teoritis biasanya kita akan langsung diminta guru menuliskan contoh teks bergaya eksplanasi. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi sekaligus penilaian seberapa pemahaman kita terkait materi tersebut.

Dalam sesi terakhir kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks eksplanasi singkat bertema peristiwa di sekitar kita. Sebagai seorang siswa, kita harus bisa mempelajari sebab akibat fenomena alam, ilmiah, maupun kejadian di lingkungan kita. Contoh di bawah bisa kamu jadikan acuan penulisan maupun kamu kumpulkan jika mendapat tugas menulis.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Alam

Teks eksplanasi tema fenomena alam merupakan salah satu bacaan yang banyak sekali dijadikan contoh baik di internet maupun dalam pembelajarna. Fenomena tersebut murni berkaitan dengan peristiwa yang terjadi di alam tanpa ada campur tangan manusia. Misalnya saja seperti gerhana bulan, gerhana matahari, penjelasan tentang oksigen, air, dan lain sebagainya.

Aurora

Aurora adalah fenomena peredaran cahaya berwarna yang menari-nari di langit ketika malam hari. Aurora sering muncul di daerah dengan lintang tinggi (kutub) yang notabennya memungkinkan adanya pembelokan arah angin. Dengan kata lain, tidak semua orang bisa menikmati keindahan fenomena alam tersebut.

Secara umum, aurora terbagi menjadi dua jenis yakni aurora borealis dan aurora australis. Aurora borealis terjadi di kutub utara dan hanya bisa disaksikan di bulan september hingg oktober saja. Sedangkan aurora australis terjadi di kutub selatan dan hanya akan muncul pada bulan maret sampai april saja.

Contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam
Contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam

Aurora bisa muncul karena aliran bermuatan yang dipancarkan matahari berinteraksi dengan partikel parketikel di atmosfir bumi. Proses ini dimulai dari ledakan besar di bagian corona matahari melontarkan jutaan partikel yang notabennya begitu cepat hingga mencapai 800-900 KM/detik. Setelahnya, partikel dari matahari tersebut menumpuk di lapisan ionosfer yang juga bertumpukan dengan magnetosfer.

Pertemuan antara partikel ion dan medan magnet tersebut menghasilkan cahaya warna-warni yang selanjutnya disebut dengan aurora. Aurora biasanya memancarkan cahaya hijau, biru, merah, orange, ungu dan lain sebagainya layaknya pelangi.

Pada dasarnya aurora merupakan fenomena alam yang bisa dikatakan langka terjadi. Tidak semua orang bisa melihatnya secara langsung karena hanya terjadi di belahan bumi bagian kutub saja. Namun dengan perkembangan teknologi, kita bisa menyaksikan fenomena alam ini lewat internet. Selain itu kita pun juga bisa mempelajari proses terjadinya aurora lewat penjelasan-penjelasan logis para ahli.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Pengangguran menjadi salah satu isu permasalahan sosial di tengah masyarakat. Banyak sekali teks eksplanasi singkat yang membahas tema sosial khususnya pengangguran. Sebagai pelajar, kita harus pandai-pandai dalam menyikapi perubahan ekonomi yang ada. Hal ini sama pentingnya dengan memiliki gambaran akan jadi apa setelah kita lulus nantinya.

Sebagai referensi, saya telah menyediakan contoh teks eksplanasi beserta strukturnya bertemakan pengangguran. Pada contoh kedua ini sengaja saya berikan struktur teks eksplanasi sebagai patokan untuk anda.

Pengangguran Sebagai masalah sosial
Contoh teks eksplanasi by Ivo Veronica

Pernyataan Umum:
Pengangguran menjadi salah satu permasalahan di tengah masyarakat yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Fenomena sosial ini mirip seperti penyakit ataupun wabah yang menggerogoti kehidupan bermasyarakat. Tidak hanya di Indonesia saja, namun fenomena sosial ini juga terjadi di berbagai belahan dunia lain seperti amerika, spanyol, afrika, dan lain sebagainya. Banyak sekali solusi serta perencaaan yang sudah dilakukan untuk menanggulangi angka pengangguran. Mengurangi angka pengangguran seperti sudah menjadi tujuan dan agenda utama di setiap negara.

Contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial
Contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial

Secara umum, Pengangguran bisa diartikan sebagai mereka (orang dewasa) yang tidak bekerja dan tidak berpenghasilan. Sementara itu, BPS atau badan pusat statistik mendefinisikan pengangguran sebagai orang-orang yang memiliki jam kerja kurang dari 1 jam setiap minggunya.

Deret Penjelasan (Isi):
Ada banyak faktor yang mempengaruhi angka pengangguran di tengah masyarakat. Misalnya saja kesenjangan yang terjadi antara kesempatan/lowongan kerja dan pelamar kerja. Jumlah pelamar kerja yang melebihi kapasitas lowongan bisa menjadi penyebab mendasar banyaknya pengangguran di Indonesia. Selain itu, fenomena sosial ini juga bisa terjadi karena perubahan ekonomi secara struktural yang akhirnya menimbulkan kebutuhan keterampilan serta jenis pekerjaan yang berbeda. Pemutusan hubungan kerja secara sepihak juga menyumbang persentase tinggi dalam menciptakan pengangguran. Misanya saja PHK masal yang terjadi belakangan ini akibat dari social distancing dan wabah yang merebak.

Baca juga: 12 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Akibatnya, banyak sekali persoalan ekonomi dan sosial yang terjadi ditengah masyarakat. Jika seseorang tidak memiliki pekerjaan, secara otomatis dia tidak akan mendapatkan penghasilan. Jika keadaan ini dibiarkan berlarut-larut maka ia tidak akan bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. Tingkat pengangguran tinggi juga berpotensi menyebabkan kekacauan dari segi sosial. Banyak orang menjadi gelandangan hingga meningkatnya angka kriminalitas juga turut membayang-bayangi dampak pengangguran.

Interpretasi:
Melihat problematika serta dampak diatas maka bisa disimpulkan bahwa pengangguran adalah masalah sosial yang sangat serius. Salah satu langkah awal untuk memperbaikinya adalah dengan memperluas lapangan kerja. Selain itu memberikan edukasi gratis kepada masyarakat juga berperan penting mengurangi pengangguran. Misalnya saja memberikan pelatihan ataupun kursus yang notabennya bisa meningkatkan skill mereka.

Memperbaiki pendidikan juga bisa menjadi langkah preventif untuk mencegah pengangguran. Terlebih lagi jika pemerintah bisa memberikan edukasi tentang ekonomi kreatif kepada para lulusan muda. Dengan demikian mereka akan memiliki gambaran serta angan-angan untuk memiliki usaha sendiri dan membuka lapangan kerja untuk orang lain.

Itulah materi teks eksplanasi yang dapat saya sampaikan dalam artikel singkat kali ini. Meskipun memiliki cakupan pembahasan yang luas, namun teks bergaya eksplanasi sangat mudah untuk diidentifikasi jika kita mengetahui ciri cirinya. Misalnya saja struktur teks eksplanasi hanya terdiri dari 3 bagian utama, menggunakan pasive voice, membahas sesuatu yang tidak berhubungan dengan manusia dan lain sebagainya.

Sudah menjadi tugas kita untuk menghafalkan unsur unsur serta kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Untungnya, kita sangat terbantuk dengan kemudahan akses internet. Meskipun materi tersebut bisa ditemukan di buku pegangan bahasa indonesia namun alangkah baiknya jika kita memanfaatkan teknologi yang ada untuk menggali teori teori teks eksplanasi lebih dalam lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here