Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Beserta Contohnya Lengkap

Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Beserta Contohnya Lengkap – Apa pengertian kelipatan bilangan itu? Apa pengertian faktor bilangan? Bagaimana contoh kelipatan bilangan? Bagaimana contoh faktor bilangan? Kita tentunya tidak asing lagi dengan istilah kelipatan suatu bilangan dan faktor suatu bilangan. Dalam Matematika sendiri tentunya kita akan menemukan pembelajaran tentang materi kelipatan bilangan dan materi faktor bilangan tersebut. Materi ini sebenarnya sangat mudah untuk dipahami karena hal hal yang terkait didalamnya merupakan dasar dari pembelajaran KPK dan FPB.

Materi kelipatan dan faktor bilangan tentunya telah kita pelajari ketika dibangku sekolah. Dalam materi tersebut terdapat penjelasan lengkap mengenai pengertian kelipatan bilangan, pengertian faktor bilangan, contoh kelipatan bilangan dan contoh faktor bilangan. Dalam materi kelipatan bilangan dan materi faktor bilangan juga terdapat pembahasan mengenai cara menghitungnya sekaligus. Bagaimana cara mencari kelipatan bilangan? Bagaimana cara mencari faktor bilangan? 

Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Beserta Contohnya Lengkap
Kelipatan dan Faktor Suatu Bilangan

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa materi kelipatan bilangan dan materi faktor bilangan adalah dasar dari pembelajaran Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Besar (FPB). Lalu apa pengertian kelipatan bilangan itu? Apa pengertian faktor bilangan itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang materi kelipatan dan faktor bilangan beserta contoh kelipatan bilangan dan contoh faktor bilangan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Beserta Contohnya Lengkap

Untuk mempelajari KPK dan FPB tentunya kita harus memahami terlebih dahulu mengenai materi kelipatan bilangan dan materi faktor bilangan. Materi ini merupakan dasar pemahaman dari cara menyelesaian FPB dan KPK tersebut. Apakah anda tahu bagaimana cara mencari kelipatan bilangan itu? Bagaimana cara mencari faktor bilangan? 

Baca juga : Cara Konversi Satuan Panjang Beserta Contoh Soalnya

Agar anda lebih paham mengenai materi kelipatan dan faktor bilangan tersebut, maka saya akan membahas tentang pengertian kelipatan bilangan, pengertian faktor bilangan, contoh kelipatan bilangan dan contoh faktor bilangan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Kelipatan Suatu Bilangan

Kelipatan suatu bilangan dapat didefinisikan sebagai hasil perkalian yang dilakukan antara sebuah bilangan dengan bilangan asli. Bilangan asli tersebut ialah 1, 2, 3, 4, 5, dan lain lain. Biasanya kita tidak menemukan angka nol dalam bilangan asli. Bahkan bilangan negatif sekalipun juga tidak dapat kita temukan dalam bilangan asli.

Bagaimana cara mencari kelipatan bilangan itu? Setelah mengetahui tentang pengertian kelipatan bilangan di atas, kemudian saya akan menjelaskan tentang cara menghitung kelipatan bilangan itu sendiri. Kita buat contoh kelipatan bilangan 6, maka cara mencarinya akan menggunakan langkah langkah seperti berikut:
1 x 6 = 6
2 x 6 = 12
3 x 6 = 18
4 x 6 = 24
5 x 6 = 30
6 x 6 = 36
Jadi kelipatan dari 6 ialah 6, 12, 18, 24, 30, 36 dan sebagainya.

Faktor Suatu Bilangan

Materi kelipatan dan faktor bilangan selanjutnya menjelaskan tentang pengertian faktor bilangan dan cara mencarinya. Faktor bilangan merupakan sebuah bilangan yang mengalami proses pembagian hingga menghasilkan bilangan asli. Misalnya bilangan 16 dibagi dengan 4. Untuk itu 4 adalah faktor dari 16. Bilangan yang digunakan untuk membagi ini haruslah bilangan asli agar memenuhi ketentuan dalam faktor bilangan.

Baca juga : Contoh Soal Turunan Beserta Jawaban dan Pembahasannya

Bagaimana jika bentuk bilangannya desimal ataupun pecahan? Apakah masih termasuk faktor? Jawabannya tentu tidak, karena bilangan tersebut bukanlah bilangan asli. Lalu bagaimana cara mencari faktor bilangan itu? Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh faktor bilangan dari 10 menggunakan langkah langkah seperti berikut:
10 : 1 = 10
10 : 2 = 5
10 : 3 = 3,3 (bukan faktor bilangan)
10 : 4 = 2,5 (bukan faktor bilangan)
10 : 5 = 2
10 : 6 = 1,67 (bukan faktor bilangan)
10 : 7 = 1,42 (bukan faktor bilangan)
10 : 8 = 1,25 (bukan faktor bilangan)
10 : 9 = 1,11 (bukan faktor bilangan)
10 : 10 = 1
Jadi faktor dari 10 ialah 1,2, 5 dan 10.

Cara Cepat Mencari Faktor Bilangan

Materi kelipatan dan faktor bilangan tersebut tidak hanya membahas tentang pengertian kelipatan bilangan, pengertian faktor bilangan, contoh kelipatan bilangan dan contoh faktor bilangan saja. Namun adapula pembahasan mengenai cara cepat menghitung faktor bilangan. Misalnya saja kita akan mencari faktor dari 16. Maka bilangan ini dapat dicari faktornya menggunakan metode seperti berikut:
16 : 1 = 16
16 : 2 = 8
16 : 4 = 4 (Hasilnya lebih rendah dibandingkan pembagi)

Dari langkah langkah di atas akan ada hasil angka yang sama berupa:
Bilangan hasil : 4, 8, 16
Bilangan pembagi 1, 2, 4
Jadi faktor dari 16 ialah 1, 2, 4, 8 dan 16

Contoh Soal Kelipatan dan Faktor Bilangan

Setelah menjelaskan tentang materi kelipatan bilangan dan materi faktor bilangan di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait materi tersebut. Berikut contoh soal dan jawabannya:

1. Tentukan kelipatan dari bilangan 8 dan 9?

Jawaban.
Kelipatan 8 = 8, 16, 24, 32, 48, 48, 56 dan seterusnya
Kelipatan 9 = 9, 18, 27, 36, 45, 54, 63 dan seterusnya

2. Tentukan faktor dari bilangan 20 dan 30?

Jawaban.
Faktor dari 20 = 1, 2, 4, 5, 10, 20
Faktor dari 30 = 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, 30

Sekian penjelasan mengenai materi kelipatan dan faktor bilangan beserta pengertian kelipatan bilangan, pengertian faktor bilangan, contoh kelipatan bilangan dan contoh faktor bilangan. Faktor dan kelipatan bilangan dapat anda pahami sebelum mempelajari tentang materi FPB dan KPK. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here