Magnet Tersusun Oleh Magnet Magnet Kecil Yang Biasanya Disebut

Magnet Tersusun Oleh Magnet Magnet Kecil Yang Biasanya Disebut – Magnet pada dasarnya digunakan untuk mencari benda benda yang kecil. Misalnya saja jarum. Magnet ini dapat digunakan untuk mencari jarum yang jatuh dengan cara mendekatkannya ke lantai saja. Kemudian jarum akan ketarik pada magnet tersebut. Inilah salah satu contoh penggunaan magnet dalam kehidupan sehari hari.

Magnet memang dapat menarik benda benda yang terbuat dari besi. Jika magnet didekatkan dengan serbuk besi, maka serbuk besi tersebut akan banyak menempel pada bagian ujung magnet. Tetapi untuk bagian tengah magnet lebih sedikit menarik serbuk serbuk besinya. Hal ini dikarenakan bagian tengah tersebut mempunyai gaya netral sehingga tidak ada gaya tarik magnet sama sekali. Lalu magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut apa?

Apa itu magnet? Pengertian magnet adalah benda yang dapat menarik benda dengan bahan tertentu seperti logam. Bahan logam yang dapat ditarik magnet ini dapat kita temukan dalam benda seperti baja, nikel, besi, dan sebagainya. Kemudian magnet tersebut sebenarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung bentuknya yaitu magnet U, magnet silinder, magnet jarum, dan magnet batang. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Magnet Tersusun Oleh Magnet Magnet Kecil Yang Biasanya Disebut

Pada umumnya magnet memiliki dua kutub di dalamnya yaitu kutub utara maupun kutub selatan. Jika kedua kutub magnet sejenis didekatkan, maka kedua kutub magnet akan saling tolak menolak. Sedangkan jika kedua kutub magnet berbeda jenis didekatkan, maka kedua kutub tersebut akan saling tarik menarik. Interaksi antar kedua kutub magnet ini dapat menyebabkan adanya gaya magnet. Penerapan magnet tersebut dapat anda jumpai dalam alat bernama kompas, dimana alat tersebut berguna untuk menunjukkan arah, baik utara maupun selatan.

magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut
Sifat Sifat Magnet

Magnet secara umum memang dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu magnet alami dan magnet buatan. Kedua magnet ini bersifat sementara ataupun buatan. Untuk magnet buatan dapat dibuat dengan menggunakan beberapa cara. Cara membuat magnet ini dapat menggunakan metode digosok, aliran arus listrik (elektromagnetik), maupun metode induksi. Lalu magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut apa?

Materi magnet ini tentunya sering muncul dalam soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu sebagai berikut:

Magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut . . .

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah magnet elementer.

Dari jawaban di atas dapat kita simpulkan bahwa magnet tersusun oleh magnet magnet kecil yang biasanya disebut magnet elementer. Susunan magnet elementer ini memang searah, rapi, dan beraturan sehingga dapat membentuk adanya kutub kutub magnet. Maka dari itu jika tidak rapi susunan magnet elementernya, maka sifat kemagnetan yang dimilikinya akan hilang. Sifat ini dapat anda jumpai dalam benda bukan magnet, dimana kutub magnetnya tidak terbentuk karena magnet elementernya acak dan tidak teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here