Kumpulan Rumus Bangun Ruang (Volume dan Luas Permukaan)

Kumpulan Rumus Bangun Ruang (Volume dan Luas Permukaan) – Bagaimana rumus volume bangun ruang itu? Bagaimana rumus luas permukaan bangun ruang itu? Apa yang dimaksud bangun ruang? Bangun ruang ialah bangun yang memiliki isi atau volume secara matematis. Selain itu adapula yang mengartikan bangun ruang sebagai bangun tiga dimensi yang dibatasi oleh sisi sisi dan memiliki isi atau volume ruang. Bangun ruang sendiri merupakan materi Matematika yang telah diajarkan sejak di bangku Sekolah Dasar. Akan tetapi ketika di bangku sekolah menengah pertama, materi ini mengalami pengembangan dalam pembahasan di dalamnya. 

Pada dasarnya bangun ruang terdiri dari beberapa bentuk. Bentuk bentuk bangun ruang tersebut dapat berupa kubus, balok, kerucut, tabung, limas, bola dan prisma. Karena bentuknya berbeda, maka rumus bangun ruang pada masing masing bentuknya juga berbeda. Rumus ini dapat berupa rumus luas permukaan bangun ruang dan rumus volume bangun ruang. Rumus rumus tersebut sering dianggap sebagian orang sebagai hal yang sulit karena tidak mudah untuk diingat. Akan tetapi rumus ini dapat lebih mudah diingat apabila sering berlatih soal soal terkait bangun ruang. Dengan begitu anda lebih terbiasa dengan penggunaan rumus pada bangun ruang itu.

Jenis jenis bangun dalam Matematika pada umumnya memang dapat dibagi menjadu dua jenis yaitu bangun datar (bangun dua dimensi) dan bangun ruang (bangun tiga dimensi). Bangun datar merupakan bangun dua dimensi yang memiliki unsur panjang dan lebar. Sedangkan bangun ruang ialah bangun tiga dimensi yang memiliki unsur panjang, lebar dan tingggi serta memiliki isi atau ruang di dalamnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus bangun ruang, baik rumus luas permukaan bangun ruang dan rumus volume bangun ruang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Kumpulan Rumus Bangun Ruang (Volume dan Luas Permukaan)

Bangun ruang dalam Matematika memang dapat diartikan sebagai bangun yang mempunyai isi atau volume serta terdiri dari tiga komponen penyusun seperti titik sudut, sisi dan rusuk. Bangun ruang tersebut dapat dinamakan dengan bangun tiga dimensi. Contoh benda yang berbentuk bangun ruang ini pada dasarnya memang memiliki susunan komponen seperti titik sudut, sisi maupun rusuk. Pada bangun ruang tersebut terdapat komponen sisi yang merupakan bidang pembatas antara ruang luarnya dengan bangun ruang itu sendiri.

Selain itu adapula rusuk bangun ruang yang merupakan tempat bertemunya dua sisi sehingga dapat menciptakan ruas garis. Sedangkan titik sudut bangun ruang ialah titik pertemuan antar tiga rusuk atau lebih. Seperti yang telah kita ketahui bahwa masing masing jenis bangun ruang memiliki bentuk yang berbeda beda. Untuk itu sifat sifat bangun ruang di dalamnya juga berbeda. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai rumus bangun ruang, baik rumus luas permukaan bangun ruang maupun rumus volume bangun ruang. Berikut penjelasan selengkapnya:

Kumpulan Rumus Bangun Ruang (Volume dan Luas Permukaan)
Jenis Jenis Bangun Ruang

Kubus

Semua orang pasti sudah sangat familiar dengan apa itu kubus. Pengertian kubus ialah bangun ruang yang memiliki bidang sebagai pembatasnya dimana ukurannya sama. Kubus dapat dinamakan dengan bidang 6 beraturan. Selain itu kubus juga memiliki beberapa sifat di dalamnya. Sifat sifat kubus tersebut dapat berupa memiliki 6 sisi yang sama ukurannya, 12 rusuk dengan panjang sama, 6 titik sudut yang sama ukurannya, 12 bidang diagonal sisi dan 4 diagonal ruang. Di bawah ini terdapat rumus luas permukaan dan volume bangun ruang kubus yaitu diantaranya:

Rumus Volume Kubus

V = s x s x s = s³

Rumus Luas Permukaan Kubus

L = 6 x (s x s) = 6s²

Keterangan:
V = Volume
s = Sisi
L = Luas permukaan

Balok

Rumus bangun ruang selanjutnya berhubungan dengan balok. Balok ialah bangun ruang yang mempunyai sisi segi empat berhadapan dengan ukuran sebangun dan sama besar. Sisi sisi penyusun balok pada umumnya memiliki bentuk persegi panjang. Selain itu adapula sifat sifat balok yaitu besar dua sisi yang berhadapan sama, rusuk sisi yang berhadapan memiliki panjang sama, diagonal sisi berhadapan mempunyai panjang sama, diagonal ruangnya sama panjang dan bidang diagonalnya juga memiliki panjang sama. Di bawah ini terdapat rumus luas permukaan bangun ruang balok dan rumus volume bangun ruang balok yaitu sebagai berikut:

Rumus Volume Balok

V = p x l x t

Rumus Luas Permukaan Balok

L = 2 x (pl + lt + pt)

Keterangan:
V = Volume
p = Panjang
l = Lebar
t = Tinggi
L = Luas permukaan

Prisma Segitiga

Secara umum prisma dapat diartikan sebagai bangun ruang yang mempunyai bidang tutup maupun bidang alas yang sebangun dan sejajar. Sebenarnya prisma ini dapat diberikan nama berdasarkan bentuk atap dan alasnya. Apabila atap dan alasnya berbentuk segitiga, maka dapat dinamamakan dengan prisma segitiga. Namun jika atap dan alasnya memiliki bentuk segi empat, maka dapat dinamakan dengan prisma segi empat. Prisma memiliki beberapa sifat di dalamnya. Adapun sifat sifat prisma secara umum yaitu atap dan alasnya memiliki bentuk yang sebangun dan sama, bentuk sisi sampingnya dapat berupa jajar genjang ataupun persegi panjang, rusuk yang dimiliki prisma pada umumnya tegak. ukuran diagonal bidang pada sisinya sama. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai rumus luas permukaan dan volume bangun ruang prisma segitiga yaitu sebagai berikut:

Rumus Volume Prisma Segitiga

V = Luas alas x Tinggi

Rumus Luas Permukaan Prisma Segitiga

L = Keliling alas x Tinggi + 2 x Luas alas segitiga

Limas Segiempat

Rumus bangun ruang selanjutnya berhubungan dengan limas segiempat. Limas ialah bangun ruang yang memiliki bentuk alas segi n sebagai pembatasnya serta bentuk sisi tegak berupa segitiga. Adapun sifat sifat limas yaitu limas tidak mempunyai sisi tutup melainkan hanya mempunyai alas saja, terdapat hubungan antara titik puncak dan rusuk tegak, serta bentuk semua sisi tegaknya berupa segitiga. Di bawah ini terdapat rumus luas permukaan bangun ruang limas segiempat dan rumus volume bangun ruang limas segiempat yaitu:

Rumus Volume Limas Segiempat

V = 1/3 x p x l x t

Rumus Luas Permukaan Limas Segiempat

L = Luas alas + Luas selubung limas

Limas Segitiga

Untuk kategori limas segitiga sendiri memiliki konsep yang hampir sama dengan limas segiempat. Yang membedakan disini hanya bentuk alasnya saja. Di bawah ini terdapat rumus luas permukaan dan volume limas segitiga:

Rumus Volume Limas Segiempat

V = 1/3 x Luas alas x t

Rumus Luas Permukaan Limas Segiempat

L = Luas alas + Luas selubung limas

Tabung

Rumus bangun ruang selanjutnya berhubungan dengan tabung. Tabung ialah bangun ruang yang memiliki selimut persegi panjang serta tutup dan alas sebagai batasnya dengan bentuk lingkaran, dimana ukurannya sama. Tabung memiliki tiga sisi yaitu satu sisi tegak berbentuk kotak dan dua lingkaran yang sama ukurannya. Selain itu adapula sifat sifat tabung yaitu tidak mempunyai sudut, tidak mempunyai diagonal, tidak mempunyai rusuk, tidak mempunyai bidang diagonal, serta mempunyai tutup dan alas berhadapan yang kongruen. Di bawah ini terdapat rumus luas permukaan bangun ruang tabung dan rumus volume bangun ruang tabung yaitu sebagai berikut:

Rumus Volume Tabung

V = π x r² x t

Rumus Luas Permukaan Tabung

L = (2 x Luas alas) + (Keliling alas x Tinggi)

Keterangan:
V = Volume
L = Luas permukaan
Π = phi (3,14 atau 22/7)
r = Jari jari lingkaran
t = Tinggi tabung

Kerucut

Kerucut ialah limas yang memiliki bentuk alas berupa lingkaran. Adapun sifat sifat kerucut yaitu memiliki dua sisi (alas dan selimut), mempunyai 1 titik sudut, tidak mempunyai rusuk, tidak mempunyai bidang diagonal serta tidak mempunyai diagonal. Di bawah ini terdapat rumus luas permukaan dan volume bangun ruang kerucut yaitu:

Rumus Volume Kerucut

V = 1/3 x π x r² x t

Rumus Luas Permukaan Kerucut

L = (π x r²) + (π x r x s)

Keterangan:
V = Volume
L = Luas permukaan
Π = phi (3,14 atau 22/7)
t = Tinggi kerucut
r = Jari jari lingkaran
s = Selimut kerucut

Bola

Rumus bangun ruang selanjutnya berhubungan dengan bola. Bola ialah bangun ruang yang berpusat pada satu titik dan berasal dari banyak lingkaran dengan panjang jari jari sama. Adapun sifat sifat bola yaitu tidak mempunyai rusuk, tidak mempunyai sudut, mempunyai diameter, memiliki satu titik sudut dan satu sisi serta mempunyai satu sisi lengkung tertutup. Di bawah ini terdapat rumus luas permukaan bangun ruang bola dan rumus volume bangun ruang bola yaitu:

Rumus Volume Bola

V = 4/3 x π x r³

Rumus Luas Permukaan Bola

L = 4 x π x r²

Sekian penjelasan mengenai rumus bangun ruang, baik rumus luas permukaan bangun ruang dan rumus volume bangun ruang. Bangun ruang merupakan bangun tiga dimensi yang dibatasi oleh sisi sisi dan memiliki isi atau volume ruang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here