Kumpulan Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya

Kumpulan Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya – Seperti yang telah kita ketahui bahwa materi bangun ruang memang pernah diajarkan dalam Matematika. Materi ini mengandung penjelasan mengenai sifat sifat dan rumus di dalamnya. Namun tidak hanya itu saja, adapula jaring jaring pada bangun ruang tersebut. Gambar jaring jaring ini berbeda beda untuk setiap bangunnya. Hal ini dikarenakan bentuk sisi sisi penyusunnya juga berbeda. Bangun ruang secara umum dapat dibagi menjadi beberapa bentuk seperti kubus, tabung, balok, limas, bola, kerucut dan prisma. Jenis jenis bangun ruang ini memang memiliki panjang sisi yang berbeda beda.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa rumus bangun ruang dan jaring jaring bangun ruang ini berbeda beda untuk setiap bentuknya. Secara umum bangun ruang tersebut masih dapat dibagi lagi menjadi dua kategori yaitu bangun ruang sisi lengkung dan bangun ruang sisi datar. Apa yang dimaksud bangun ruang itu? Pengertian bangun ruang ialah bangun Matematika yang mempunyai volume atau isi di dalamnya. Selain itu dalam bangun ruang juga terdapat unsur unsur lainnya seperti rusuk, titik sudut dan sisi.

Pengertian sisi ialah bidang yang membatasi ruang sekitar pada bangun ruang itu sendiri. Kemudian adapula rusuk yang dapat diartikan sebagai dua sisi yang bertemu pada bangun ruang yang berbentuk ruas garis. Sedangkan pengertian titik sudut ialah titik pada rusuk rusuk yang bertemu dengan jumlah tiga atau lebih. Bangun ruang dalam Matematika yang sering kita kenal memang dapat berbentuk balok, bola, tabung, kubus, prisma, balok dan prisma. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kumpulan jaring jaring bangun ruang beserta gambarnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kumpulan Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya

Jaring jaring secara umum dapat diartikan sebagai pembelahan yang terjadi pada bangun ruang tertentu sehingga ketika digabungkan dapat menjadi bangun ruang yang bersangkutan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa bangun ruang ini memiliki bentuk yang berbeda beda. Maka dari itulah gambar jaring jaringnya tidak sama. Lalu bagaiana bentuk jaring jaring pada bangun ruang tersebut?

Jika bangun ruang dibuka satu per satu sisi sisinya, maka akan membentuk jaring jaring yang berupa sekumpulan bangun datar. Contohnya saja bangun balok. Jika bangun balok dibuka sisi sisinya, maka akan membentuk jaring jaring yang berasal dari gabungan bangun datar persegi dan persegi panjang.

Jaring jaring bangun ruang yang akan saya bagikan ini berhubungan dengan bangun kubus, balok, bola, kerucut, limas, prisma dan tabung. Adapun gambar jaring jaring kubus, jaring jaring balok, jaring jaring bola, jaring jaring kerucut, jaring jaring limas, jaring jaring prisma dan jaring jaring tabung yaitu sebagai berikut:

Kubus

Pengertian kubus ialah bangun tiga dimensi yang memiliki enam bidang sisi sebagai pembatasnya dengan bentuk bujur sangkar. Maka dari itu bentuk jaring jaring bangun kubusnya dapat seperti di bawah ini:

Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya
Gambar Jaring Jaring Kubus

Balok

Jaring jaring bangun ruang selanjutnya ialah bangun ruang balok. Balok dapat diartikan sebagai bangun tiga dimensi yang memiliki tiga pasang sisi berbentuk persegi panjang atau persegi sehingga minimal memiliki satu pasang sisi dengan ukuran berbeda. Di bawah ini terdapat jaring jaring bangun balok yaitu meliputi:

Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya
Gambar Jaring Jaring Balok

Prisma Segitiga

Pengertian prisma segitiga ialah bangun ruang yang memiliki alas dan tutup pembatasnya identik berbentuk segitiga serta sisi tegak yang bentuknya segi empat. Adapun gambar jaring jaring bangun prisma segitiga yaitu diantaranya:

Gambar Jaring Jaring Prisma Segitiga

Prisma Segilima

Jaring jaring bangun ruang selanjutnya ialah bangun ruang prisma segilima. Pengertian prisma segilima ialah bangun ruang yang memiliki alas dan tutup pembatasnya identik berbentuk segilima serta sisi tegak yang bentuknya segi empat. Adapun gambar jaring jaring bangun prisma segilima yaitu diantaranya:

Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya
Gambar Jaring Jaring Prisma Segilima

Prisma Segienam

Pengertian prisma segienam ialah bangun ruang yang memiliki alas dan tutup pembatasnya identik berbentuk segienam serta sisi tegak yang bentuknya segi empat. Adapun gambar jaring jaring bangun prisma segienam yaitu diantaranya:

Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya
Gambar Jaring Jaring Prisma Segienam

Tabung

Jaring jaring bangun ruang selanjutnya ialah bangun ruang tabung atau silinder. Tabung ialah bangun ruang yang memiliki dua buah lingkaran sebagai pembentuk alas dan atas sejajar serta dikelilingi oleh persegi panjang. Di bawah ini terdapat gambar jaring jaring bangun tabung yaitu diantaranya:

Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya
Gambar Jaring Jaring Tabung

Kerucut

Pengertian kerucut ialah bangun tiga dimensi yang memiliki alas berbentuk lingkaran dan dikelilingi oleh selimut berupa lengkungan. Di bawah ini terdapat gambar jaring jaring bangun kerucut yaitu sebagai berikut:

Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya
Gambar Jaring Jaring Kerucut

Limas Segitiga

Jaring jaring bangun ruang selanjutnya ialah bangun ruang limas segitiga. Pengertian limas segitiga ialah bangun tiga dimensi yang memiliki alas berbentuk segitiga dengan sisi tegak dengan bentuk segitiga pula. Adapun gambar jaring jaring bangun limas segitiga yaitu:

Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya
Gambar Jaring Jaring Limas Segitiga

Limas Segiempat

Pengertian limas segiempat ialah bangun tiga dimensi yang memiliki alas berbentuk segiempat dengan sisi tegak dengan bentuk segitiga. Adapun gambar jaring jaring bangun limas segiempat yaitu:

Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya
Gambar Jaring Jaring Limas Segiempat

Limas Segienam

Jaring jaring bangun ruang selanjutnya ialah bangun ruang limas segienam. Pengertian limas segienam ialah bangun tiga dimensi yang memiliki alas berbentuk segienam dengan sisi tegak dengan bentuk segitiga. Adapun gambar jaring jaring bangun limas segienam yaitu:

Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya
Gambar Jaring Jaring Limas Segienam

Bola

Pengertian bola ialah bangun tiga dimensi yang memiliki sisi tak terbatas, namun tidak memiliki rusuk di dalamnya. Adapun gambar jaring jaring bangun bola yaitu meliputi:

Jaring Jaring Bangun Ruang Lengkap Beserta Gambarnya
Gambar Jaring Jaring Bola

Sekian jaring jaring bangun ruang beserta gambarnya yang dapat saya bagikan. Jaring jaring pada bangun ruang tersebut pada dasarnya memiliki bentuk yang berbeda beda karena unsur unsur pembentuknyapun tidak sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here