Kumpulan Dari Fakta atau Simbol Merupakan Pengertian

Kumpulan Dari Fakta atau Simbol Merupakan Pengertian – Data sekarang ini menjadi suatu keterangan dan acuan banyak orang untuk mengamati atau mencari suatu hal dengan mudah. Keterangan data tersebut dapat berbentuk kalimat, simbol, kata, angka dan sebagainya. Namun materi data ini dapat dipelajari dengan mudah melalui pengertiannya secara umum. Lantas apa pengertian data itu?

Dalam kehidupan sehari hari pastinya kita tidak akan terlepas dari adanya data. Data tersebut digunakan untuk mengetahui berbagai jenis informasi sesuai dengan kebutuhan. Apalagi data memiliki jenis jenis fungsi yang memudahkan banyak orang untuk merangkum dan memperoleh hasil penelitian. Lantas kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian apa?

Kumpulan Dari Fakta atau Simbol Merupakan Pengertian
Pemerolehan Data

Data adalah sekumpulan fakta atau keterangan yang dibuat menggunakan kalimat, angka, kata kata, simbol dan sebagainya. Pemerolehan data dilakukan dengan melalui proses pengamatan dan pencarian yang tepat sesuai dengan sumbernya. Arti data juga didefinisikan sebagai sekumpulan deskripsi atau keterangan dasar yang asalnya dari kejadian atau objek. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jawaban tentang kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kumpulan Dari Fakta atau Simbol Merupakan Pengertian

Suatu pengamatan akan memperoleh sekumpulan keterangan yang selanjutnya diolah menjadi bentuk lain yang kompleks seperti database, informasi dan sebagainya. Kata data menurut bahasa asalnya dari Bahasa Latin yaitu “Datum” dengan maknanya sesuatu yang akan diberikan. Maka dari itu arti data dari segi istilah dapat bermakna hasil pengamatan atau pengukuran sebuah variabel tertentu yang berbentuk warna, simbol, kata kata, angka dan keterangan lainnya.

Jika membahas tentang data tentunya kita dapat memperoleh salah satu pertanyaan yang berbunyi “kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian”. Pertanyaan ini dapat anda jawab dengan mudah dengan memperhatikan apa yang saya bahas dalam artikel ini. Seperti yang kita tahu bahwa data memiliki sifat yang mentah. Maka dari itu data yang akurat dan baik dapat kita peroleh sehingga data tersebut dapat lebih dipercaya keakuratan, ruang lingkup luas, kebenaran, dan ketepatan waktunya.

Data yang bersifat mentah ini membuat seseorang belum bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan secara utuh. Maka dari itu data yang diperoleh harus diolah terlebih dahulu sebelum menjadi suatu informasi yang akurat dan jelas sehingga orang lain dapat memahaminya dengan mudah. Dari penjelasan ini tentunya anda dapat menjawab pertanyaan seperti di bawah ini:

Kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian . . .

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah data.

Data merupakan kumpulan simbol atau fakta. Data tersebut diperoleh dari hasil pengamatan dan pengukuran sebuah variabel. Data menurut cara memperolehnya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu data sekunder dan data primer. Pengertian data primer adalah data yang pengumpulannya dilakukan dengan penelitian secara langsung. Sedangkan data sekunder adalah data yang pengumpulannya berdasarkan berbagai sumber seperti perpustakaan.

Berdasarkan penjelasan tentang pertanyaan kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian di atas, kita dapat mengetahui fungsi dari data tersebut. Data secara umum berfungsi untuk:

  • Membuat keputusan.
  • Sebagai dasar penelitian.
  • Sebagai dasar masing masing implementasi kegiatan.
  • Sebagai bahan evaluasi.

Sekian penjelasan mengenai pengertian data tersebut. Data merupakan sekumpulan fakta atau simbol. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here