1 Liter Berapa Kg? Konversi dan Contoh Soalnya

1 Liter Berapa Kg? Konversi dan Contoh Soalnya – Bagaimana cara konversi liter ke kg itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal konversi satuan liter ke kg? Bagi sebagian orang tentunya kurang paham mengenai cara konversi satuan liter dengan kilogram tersebut. Materi ini sebenarnya telah diajarkan ketika di bangku sekolah. Materi dasar tersebut disandingkan dengan konversi satuan lainnya seperti satuan volume, satuan luas, satuan berat dan lain lain. Satuan liter dengan satuan kilogram dapat dikonversikan satu sama lain dengan cara tertentu. Konversi bentuk ini digunakan untuk menghitung barang seperti beras, air, minyak, madu dan lain lain.

1 liter berapa kg? Bagaimana cara konversi liter ke kg itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal konversi satuan liter ke kg? Cara mengkonversikan liter ke kilogram tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu. Hal ini dikarenakan pengubahan satuan tersebut tidak dapat dilakukan secara langsung sehingga membutuhkan bantuan dari unsur lainnya. Unsur yang dimaksud ini adalah massa jenis. Kita tahu bahwa penggunaan kilogram dan liter pada kenyataannya berbeda atau tidak sama. Selain itu kilogram dengan liter juga memiliki tingkatan yang berbeda.

1 Liter Berapa Kg? Konversi dan Contoh Soalnya

Memahami pengertian satuan kilogram dan pengertian satuan liter merupakan cara yang tepat untuk tahap awal mempelajari konversi satuan liter ke kg dan mengetahui jawaban 1 liter berapa kilogram tersebut. Dengan pengertian tersebut kita dapat memahami sedikit gambaran bagaimana cara satuan liter dapat dikonversikan menjadi satuan kilogram. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang 1 liter berapa kg? konversi liter ke kg dan contoh soal konversi satuan liter ke kg. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

1 Liter Berapa Kg? Konversi dan Contoh Soalnya

Sebagian pelajar tentunya masih bertanya tanya bagaimana cara konversi liter ke kilogram ini. Hal ini disebabkan penggunaan konversi dalam soal Matematika sering muncul dengan beberapa bentuk yang berbeda beda. Tujuan dari konversi tersebut ialah membuat hasil akhir penyelesaian soal memiliki satuan yang sama dengan jenis satuan dipertanyakan. Dengan begitu pengerjaannya dapat menjadi lebih benar.

Baca juga : Hubungan Antara Dua Garis dan Sudut yang Terbentuk Terlengkap

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa kegunaan dan tingkatan dalam kilogram dan liter tersebut berbeda. Bahkan golongan dari kedua satuan inipun berbeda. Untuk itulah cara melakukan konversi liter ke kg dan menemukan jawaban 1 liter berapa kg tersebut tidak dapat dilakukan secara langsung. Agar anda lebih paham mengenai cara konversi ini, maka perhatikan pengertian liter dan pengertian kilogram terlebih dahulu. Berikut penjelasan selengkapnya yaitu:

Satuan Liter (L)
Secara sederhana satuan liter dapat diartikan sebagai jenis satuan yang tergolong dalam satuan volume. Akan tetapi satuan volume dalam sistem Internasional (SI) tidak memuat satuan liter di dalamnya. Meski begitu ada beberapa yang menganggap bahwa satuan liter ini termasuk satuan volume. Liter memiliki lambang resmi yang berupa huruf l kecil.

Kita tahu bahwa asal dari satuan volume sendiri ialah dari penurunan satuan panjang yang dilakukan. Untuk itu satuan volume memuat satuan dasar dalam Sistem Internasional yang berupa meter kubik (m³). Kita juga dapat menyatakan satuan volume dalam bentuk lainnya seperti milimeter kubik (mm³), centimeter kubik (cm³) dan lain lain. Berikut ini terdapat beberapa contoh konversi satuan liter menjadi satuan volume yang lainnya yaitu diantaranya:

  • 1 liter = 0,001 m³
  • 1 liter = 1 dm³
  • 1 liter = 1.000 cm³ = 1.000 cc
  • 1 liter = 10⁶ mm³
  • 1 m³ = 1.000 liter
  • 1 dm³ = 1 liter
  • 1 cm³ = 0,001 liter
  • 1 mm³ = 10‾⁶ liter
  • 1 liter = 100 cl (centiliter)
  • 1 liter = 10 dl (deciliter)
  • 1 liter = 1000 ml (mililiter)

Satuan Kilogram (Kg)
Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pengertian kilogram untuk memahami cara konversi liter ke kg dan jawaban 1 liter berapa kg tersebut. Pengertian satuan kilogram ialah satuan massa atau berat yang terdapat dalam Sistem Internasional (SI) secara resmi. Lambang satuan kilogram ini dapat berbentuk kg. Satuan kilogram merupakan hasil turunan dari satuan berat yang berupa gram.

Satuan berbasis gram ini juga dapat kita temukan dalam satuan berat lainnya seperti mg (miligram), dg (decigram), cg (centigram) dan lain lain. Adapun contoh konversi kg ke satuan massa lainnya yaitu:

  • 1 kg = 10 hg (hectogram)
  • 1 kg = 100 dag (decagram)
  • 1 kg = 1.000 g (gram)
  • 1 kg = 10⁴ dg (decigram)
  • 1 kg = 10⁵ cg (centigram)
  • 1 kg = 10⁶ mg (milligram)
  • 1 kg = 10‾⁶ ton

Massa Jenis (Densitas)

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa jawaban 1 liter berapa kg dan cara konversi liter ke kg dapat dilakukan dengan menggunakan unsur pendukung. Unsur pendukung yang dimaksud ialah densitas atau massa jenis. Mengapa demikian? Karena satuan liter tergolong dalam jenis satuan volume, sedangkan satuan kilogram tergolong dalam jenis satuan massa atau berat. Untuk itu pengkonversian kedua satuan ini tidak dapat dilakukan secara langsung untuk menjadi bentuk besaran massa. 

Baca juga : Pengertian Bilangan Cacah Beserta Contoh

Konversi satuan liter ke kg sama halnya dengan mengubah satuan volume menjadi satuan massa. Kedua satuan ini dapat diubah dengan menggunakan persamaan seperti berikut:

Massa Jenis = Massa / Volume

Dari persamaan di atas dapat kita simpulkan bahwa sebuah benda yang memiliki massa (m) dan volume (v) dapat dihitung massa jenisnya (ρ) menggunakan rumus tertentu. Jika persamaan tersebut dinyatakan dalam bentuk rumus, maka hasilnya akan seperti di bawah ini:

ρ = m / v

Bentuk satuan yang digunakan oleh massa jenis biasanya dapat berupa (satuan massa) / (satuan volume) seperti kilogram/m³, kilogram/liter, gram/cc dan lain lain.

Konversi Liter ke Kg

Untuk memperoleh jawaban 1 liter berapa kg tersebut kita dapat melakukan perhitungan massa jenis atau densitas terlebih dahulu. Dari persamaan di atas kita dapat memperoleh rumus massa seperti di bawah ini:

Massa = Massa Jenis x Volume
m = ρ x v

Contoh Soal Konversi Satuan Liter ke Kg
Diketahui massa jenis air besarnya 2 kg/liter dengan 3 liter air. Tentukan bentuk konversi kedua besaran tersebut?

Pembahasan.
m = ρ x v
    = 2 kg/liter x 3 liter
    = 6 kg
Jadi berat 3 liter air sama dengan 6 kilogram.

Demikianlah penjelasan mengenai 1 liter berapa kg? konversi liter ke kg dan contoh soal konversi satuan liter ke kg. Cara konversi satuan liter ke kg dapat dilakukan dengan menggunakan rumus massa jenis atau densitas seperti di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here