Keliling Lingkaran Yang Memiliki Jari Jari 10 cm Adalah

Keliling Lingkaran Yang Memiliki Jari Jari 10 cm Adalah – Apa yang dimaksud lingkaran? Pengertian bangun lingkaran adalah bangun datar yang memiliki susunan kurva dan bentuknya bukan garis lurus, tetapi bangun ini tidak termasuk dalam jenis poligon. Bangun lingkaran juga dapat didefinisikan sebagai elips yang mempunyai dua titik fokus saling bertepatan maupun eksentrisitasnya yaitu nol. Bangun lingkaran adalah satu satunya bangun datar yang tidak memiliki siku siku di dalamnya.

Di sekitar kita tentunya banyak sekali benda benda yang berbentuk lingkaran seperti piring, ban mobil, alas cangkir, koin, jam dinding, dan masih banyak lagi. Lingkaran mempunyai diameter yang seimbang dua sisinya jika dibagi dua serta memiliki sudut yang besarnya berjumlah 180 derajat. Lingkaran pada dasarnya memang memiliki beberapa unsur di dalamnya. Unsur unsur lingkaran ini dapat anda pelajari dalam artikel sebelumnya. Lalu keliling lingkaran yang memiliki jari jari 10 cm adalah berapa?

Lingkaran tidak hanya memiliki unsur unsur saja, tetapi juga memiliki beberapa rumus. Bagaimana rumus lingkaran itu? Rumus bangun tersebut terdiri dari rumus luas dan rumus keliling. Materi yang akan saya bahas ini berhubungan dengan rumus keliling lingkaran. Lingkaran tersebut tentunya seringkali muncul dalam soal soal ujian. Maka dari itu, kita pasti menemukan salah satu bentuk soal seperti “keliling lingkaran yang memiliki jari jari 10 cm adalah”.

Keliling Lingkaran Yang Memiliki Jari Jari 10 cm Adalah

Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan beberapa contoh soal lingkaran. Contoh soal ini berhubungan dengan unsur lingkaran seperti diameter ataupun jari jari lingkaran. Selain itu adapula simetri lipat bangun lingkaran yang jumlahnya tidak terhingga. Adapula simetri putar pada bangun lingkaran yang jumlahnya tidak terhingga juga.

Dalam ilmu geometri, kita dapat mengartikan lingkaran sebagai garis yang panjangnya dapat mengelilingi bangun tersebut. Kemudian untuk pengertian keliling lingkaran tersebut adalah panjang lingkaran yang berbentuk ruas garis ketika diluruskan atau dibuka. Kita dapat menghitung keliling lingkaran ini menggunakan rumus keliling tertentu. Lalu keliling lingkaran yang memiliki jari jari 10 cm adalah berapa?

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa rumus keliling lingkaran berhubungan dengan unsur jari jari (r) ataupun diameter (d). Untuk menghitung keliling ini, kita dapat menggunakan rumus yaitu K = 2πr atau K = πd. Phi (π) dalam rumus tersebut bernilai 22/7 atau 3,14. Rumus ini dapat anda gunakan untuk menyelesaikan contoh soal seperti di bawah ini:

Keliling lingkaran yang memiliki jari jari 10 cm adalah . . .

Keliling Lingkaran Yang Memiliki Jari Jari 10 cm Adalah
Mencari Keliling Lingkaran

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah 62,8 cm.

Untuk menghitung keliling bangun lingkaran ini, kita dapat menggunakan cara seperti berikut:
Jari jari (r) = 10 cm
Phi (π) = 3,14
Keliling lingkaran = 2πr
Keliling lingkaran = 2 x 3,14 x 10
Keliling lingkaran = 62,8 cm
Jadi keliling lingkaran yang memiliki jari-jari 10 cm adalah 62,8 cm.

Bagaimana penjelasan di atas, mudah bukan? Lingkaran pada dasarnya memiliki keliling berbentuk ruas garis yang mengelilinginya. Keliling lingkaran ini dapat ditentukan dengan menggunakan rumus K = 2πr ataupun K = πd. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here