Apa Kegunaan Unsur Gelap Terang dalam Desain Grafis

Apa Kegunaan Unsur Gelap Terang dalam Desain Grafis – Jika membahas tentang desain grafis tentunya berkaitan dengan adanya seni rupa. Apa yang dimaksud seni rupa itu? Pengertian seni rupa adalah jenis seni yang bentuknya dapat ditangkap dengan mata dan disentuh menggunakan tangan. Seni rupa tersebut juga dapat diartikan sebagai karya seni yang memerlukan kreativitas dan imajinasi pembuat yang cukup tinggi.

Berdasarkan fungsinya, seni rupa sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu seni terapan dan seni murni. Jenis jenis seni rupa tersebut tidak sama yaitu seni murni lebih merujuk pada nilai keindahan dan seni terapan lebih merujuk paada tujuan tertentu. Selain seni rupa tentunya adapula seni grafis. Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang pengertian seni grafis, jenis jenis dan contohnya. Jenis seni ini memiliki beberapa unsur di dalamnya. Salah satunya adalah unsur gelap terang. Lantas apa kegunaan unsur gelap terang dalam desain grafis?

Apa Kegunaan Unsur Gelap Terang dalam Desain Grafis
Penggunaan Unsur Gelap Terang dalam Desain Grafis

Pada umumnya setiap jenis seni memiliki unsur yang digunakan dengan tujuan memperindah karya seni tersebut. Tidak terkecuali desain grafis yang dibuat dengan tujuan untuk membuat kreativitas pelukis menjadi tumbuh dan berkembang hingga dapat menciptakan karya yang luar biasa. Pewujudan seni grafis ini disertai dengan penyelarasan unsur unsur seni tersebut sehingga jiwa seni pelukis dapat dinikmati oleh para penikmatnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jawaban apa kegunaan unsur gelap terang dalam desain grafis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Kegunaan Unsur Gelap Terang dalam Desain Grafis

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang pengertian seni, fungsi, jenis jenis, dan contohnya. Salah satu jenis seni tersebut adalah seni grafis. Apa itu seni grafis? Pengertian seni grafis adalah karya seni rupa yang pembuatannya menggunakan teknik cetak digital dan manual serta memiliki bentuk dua dimensi. Teknik cetak yang digunakan ini memungkinkan karya tersebut dapat dilipatgandakan. Menurut bahasa Yunani, istilah grafis sama dengan “graphein” yang artinya menggambar atau menulis.

Desain grafis dapat dibuat menjadi lebih bagus menggunakan beberapa unsur. Unsur unsur desain grafis ini dapat saling mendominasi karena disesuaikan dengan hasil yang akan dicapai. Biasanya jika membahas tentang desain grafis, maka akan berkaitan dengan unsur gelap terang. Apa kegunaan unsur gelap terang dalam desain grafis? Unsur gelap terang biasanya dipengaruhi oleh cahaya sehinga warnanya akan lebih terang apabila benda terkena cahaya dan warnanya akan lebih gelap jika benda tidak dikenai cahaya.

Apa yang dimaksud gelap terang? Pengertian gelap terang adalah keadaan bidang yang dibedakan berdasarkan warna tua untuk menunjukkan unsur gelap dan warna muda untuk menunjukkan unsur terang karena pengaruh intensitas cahaya atau warna. Biasanya fungsi gelap terang dalam tata letak desain grafis adalah untuk memperjelas kontra, membuat benda memiliki efek tiga dimensi, dan membuat kesan benda menjadi lebih dalam.

Biasanya sebuah benda yang memperoleh unsur gelap terang akan dibuat lebih dramatis secara visual sehingga para penikmatnya lebih terkesan. Jika membahas tentang desain grafis pastinya kita pernah menjumpai pertanyaan seperti berikut ini:

Apa kegunaan unsur gelap terang dalam desain grafis?

Jawaban dari pertanyaan ini adalah membuat sebuah desain grafis memiliki suasana atau efek tiga dimensi (3D).

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa gelap terang termasuk dalam unsur seni yang memberikan efek tertentu pada sebuah objek. Misalnya objek lukisan yang dibuat dramatis dengan penambahan bayangan sehingga seni tersebut dapat diberikan efek tiga dimensi dan seakan akan terlihat nyata.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa intensita cahaya dapat mempengaruhi unsur gelap terang yang digunakan dalam desain grafis. Unsur ini diberikan dengan tujuan untuk membuat kontras atau suasana tertentu, membuat ilusi dalam dan ruang, serta memberikan kesan trimatra yang kuat pada suatu bentuk. Demikianlah penjelasan mengenai apa kegunaan unsur gelap terang dalam desain grafis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here