Kata Ganti Orang: Pengertian dan Contoh Lengkapnya

Kata Ganti Orang: Pengertian dan Contoh Lengkapnya – Dalam kalimat Bahasa Indonesia pada dasarnya terdapat peran personal pronoun. Apa pengertian kata ganti orang itu? Bagaimana contoh personal pronoun? Kata ganti atau pronoun ialah kata yang berguna untuk mengganti objek atau subjek seperti orang maupun benda. Fungsi kata ganti dalam kalimat tersebut ialah untuk efektifitas dan efisiensi kata di paragraf dan wacana. Dengan kata ganti tersebut, nama benda dan nama orang tidak harus ditulis secara berulang kali ataupun terus menerus. Tidak heran jika dalam kalimat sering terlihat beberapa penulisan kata ganti yang disesuaikan dengan objek atau subjeknya.

Kata ganti sendiri dapat disebut juga dengan istilah pronomina. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pronomina atau kata ganti berguna untuk mengganti objek atau subjek seperti benda atau orang. Seperti halnya contoh kata ganti orang. Jenis kata ganti ini merupakan salah satu jenis pronomina yang juga sering digunakan dalam kalimat sebuah paragraf atau wacana. Pada dasarnya konsep penggunaan pronomina secara umum ialah untuk mengganti benda atau orang tertentu yang tidak disebutkan secara langsung. Selain itu dengan pronomina, kalimat yang akan disampaikan menjadi lebih efekfif maknanya.

Tabel kata ganti orang pertama kedua dan ketiga
Tabel kata ganti orang pertama kedua dan ketiga

Subjek dan objek yang diganti menggunakan kata ganti dapat mengarah pada benda atau orang tertentu. Hal ini memiliki maksud untuk membuat kalimat dalam paragraf atau wacana menjadi lebih efektif maupun efisien. Untuk itulah nama benda atau nama orangnya tidak harus berulang kali atau terus menerus ditulis. Maka dari itulah maksud dalam kalimat yang akan dipaparkan lebih pada intinya dan tidak bertele tele karena lebih efektif penyampaiannya. Nah Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kata ganti orang dan contoh personal pronoun lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kata Ganti Orang: Pengertian dan Contoh Lengkapnya

Sebelum menjelaskan tentang pengertian personal pronoun dan contoh personal pronoun. Saya akan membahas sedikit mengenai ciri ciri kata ganti atau pronomina secara umum. Pronomina atau kata ganti memiliki ciri ciri seperti dalam suatu kalimat terdapat letak kata ganti yang berada di objek ataupun subjek serta penggunaan kata ganti memang berubah katena disesuaikan dengan kata dalam kalimat yang digunakannya. Pada dasarnya ciri ciri inilah yang menjadi dasar atau patokan dalam menggunakan pronomina atau kata ganti di sebuah paragraf atau wacana.

Secara garis besar hanya ada 3 jenis kata ganti berdasarkan pronounnya. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia memahami kata ganti sangatlah penting. karena beberapa materi seperti cerita, teks bacaan, dan lain sebagainya harus sesuai pemilihan kata gantinya. Lantas apakah kalian sudah paham bagaimana cara memilih kata ganti orang untuk sebuah percakapan atau menulis cerita?

Setelah mengetahui tentang ciri ciri pronomina atau kata ganti secara umum. Selanjutnya saya akan membahas tentang pengertian kata ganti orang (personal pronoun) dan contoh personal pronoun. Pengertian personal pronoun atau kata ganti untuk orang ialah kata ganti yang berguna dalam sebuah kalimat untuk menggantikan posisi orang tertentu. Secara umum personal pronoun dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti personal pronoun orang pertama, kedua dan ketiga, baik bersifat tunggal maupun jamak. Adapun penjelasan selengkapnya yaitu sebagai berikut:

Kata Ganti Orang Pertama

Jenis personal pronoun yang pertama ditujukan untuk orang pertama. Dalam hal ini kata ganti pada orang pertama masih dapat dibagi lagi menjadi dua yaitu orang pertama tunggal dan orang pertama jamak. Setiap macam kata ganti tersebut memiliki pengertian dan contoh yang berbeda beda.

Singkatnya kata ganti orang pertama banyak sekali dipakai dalam berbagai kesempatan. Baik itu percakapan langsung maupun dalam cerita singkat. Meskipun populer namun kata ganti orang pertama seringkali tidak disadari oleh penggunanya. Maka dari itu pentingnya mempelajari kata ganti dalam bahasa indonesia harus diberikan pada siswa sejak dini.

Personal Pronoun Pertama Tunggal

Kata ganti orang pertama bisa dibagi menjadi dua jenis yakni jamak dan tunggal. Untuk membedakan dua jenis kata ganti tersebut tidaklah terlalu sulit. Kita hanya harus melihat subjek yang berbicara dan menghitung jumlahnya. Kalau subjek tersebut menyatakan saya berarti tunggal karena hanya ada dia saja.

Pengertian kata ganti untuk orang pertama tunggal ialah kata ganti dalam kalimat yang digunakan oleh penulis sebagai pelaku utama karena terlibat dalam cerita. Contoh personal pronoun pertama tunggalnya seperti “Saya” maupun “Aku”. Berikut contoh kalimat personal pronounnya yaitu meliputi:

  • Aku akan pergi nanti sore.
  • Saya adalah guru di sekolah ini.

Personal Pronoun Pertama Jamak

Pengertian kata ganti untuk orang pertama jamak ialah kata ganti dalam kalimat yang digunakan oleh pembicara atau penulis lebih dari satu orang sebagai pelaku utama karena terlibat dalam cerita. Contoh personal pronoun pertama jamaknya seperti “Kami” maupun “Kita”. Berikut contoh kalimat personal pronounnya yaitu meliputi:

  • Kami akan segera pulang ke Majalengka.
  • Kita akan berusaha untuk sukses bersama.

Kata Ganti Orang Kedua

Melihat sebuah obyek dari sudut pandang lain akan menghasilkan kalimat yang lain pula. Begitu juga dengan prinsip kata ganti orang kedua yang sedang kita bahas. Prinsip orang kedua disini adalah kita memposisikan subjeknya sebagai orang lain. Sehingga kita perlu memanggilnya dengan sebutan kamu, anda, kalian, dan lain sebagainya.

Jenis personal pronoun selanjutnya ditujukan untuk orang kedua. Dalam hal ini kata ganti pada orang kedua masih dapat dibagi lagi menjadi dua yaitu orang kedua tunggal dan orang kedua jamak. Setiap macam kata ganti tersebut memiliki pengertian dan contoh yang berbeda beda.

Personal Pronoun Kedua Tunggal

Pengertian kata ganti untuk orang kedua tunggal ialah kata ganti dalam kalimat yang digunakan oleh satu orang lawan bicara yang terlibat dengan pembicara atau penulis secara langsung dalam cerita. Contoh personal pronoun kedua tunggalnya seperti “Anda” maupun “Kamu”. Berikut contoh kalimat personal pronounnya yaitu meliputi:

  • Kamu memang cerdas dan tekun.
  • Dengan kemeja itu anda terlihat cool dan maskulin.

Personal Pronoun Kedua Jamak

Pengertian kata ganti untuk orang kedua jamak ialah kata ganti dalam kalimat yang digunakan oleh lebih dari satu orang lawan bicara yang terlibat dengan pembicara atau penulis secara langsung dalam cerita. Contoh personal pronoun kedua jamaknya seperti “Kalian”. Berikut contoh kalimat personal pronounnya yaitu meliputi:

  • Kalian sangat kompak dalam pertandingan ini.
  • Kalian semua adalah rekan kerja yang bagus.

Kata Ganti Orang Ketiga

Penggunaan kata ganti orang ketiga sama populerya dengan dua kata ganti sebelumnya. Yang membedakan adalah kita berbicara pada orang lain namun memposisikan orang ketiga sebagai subjeknya. Jenis personal pronoun selanjutnya ditujukan untuk orang ketiga. Dalam hal ini kata ganti pada orang ketiga masih dapat dibagi lagi menjadi dua yaitu orang ketiga tunggal dan orang ketiga jamak. Setiap macam kata ganti tersebut memiliki pengertian dan contoh yang berbeda beda.

Personal Pronoun Ketiga Tunggal

Pengertian kata ganti untuk orang ketiga tunggal ialah kata ganti dalam kalimat yang digunakan oleh satu orang lain (bukan lawan bicara) yang tidak terlibat dengan pembicara atau penulis secara langsung dalam cerita. Contoh personal pronoun ketiga tunggalnya seperti “Beliau”, “Ia” maupun “Dia”. Berikut contoh kalimat personal pronounnya yaitu meliputi:

  • Ia adalah anak yang sopan.
  • Dia anak dari keluarga yang tidak mampu.
  • Beliau adalah sosok figur ayah yang baik.

Personal Pronoun Ketiga Jamak

Pengertian kata ganti untuk orang ketiga jamak ialah kata ganti dalam kalimat yang digunakan oleh orang lain yang lebih dari satu orang (bukan lawan bicara), tetapi tidak terlibat dengan pembicara atau penulis secara langsung dalam cerita. Contoh personal pronoun ketiga jamaknya seperti “Mereka”. Berikut contoh kalimat personal pronounnya yaitu meliputi:

  • Mereka akan selamat sampai tujuan.
  • Mereka ingin mudik lebaran di hari yang sama.

Sekian penjelasan mengenai pengertian kata ganti orang dan contoh personal pronoun lengkap. Personal pronoun sendiri pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu ditujukan untuk orang pertama, kedua ataupun ketiga, baik bentuknya tunggal maupun jamak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here