Pengertian Teks Ulasan, Ciri Ciri, Struktur, Jenis Jenis, dan Contohnya

Pengertian Teks Ulasan, Ciri Ciri, Struktur, Jenis Jenis, dan Contohnya – Pada dasarnya penemuan teks ulasan sering terdapat dalam film, komentar blog, buku dan serial. Bahkan jenis teks Bahasa Indonesia ini mudah dibaca dan ditemukan semua orang. Teks ini berisi pendapat yang berkaitan dengan objek yang luas. Kita tahu bahwa teks ulasan merupakan teks yang menjelaskan penilaian sebuah karya atau objek. Kualitas suatu karya dalam film atau buku dapat dinilai oleh pembaca melalui teks ulasan ini.

Biasanya teks ulasan tersebut disertai dengan penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari karya tersebut. Teks ulasan yang berbentuk pendek dapat ditemukan dalam halaman awal buku, sampul belakang buku, karya sastra (puisi, novel, ataupun cerpen) dan film. Lantas apakah anda tahu pengertian teks ulasan itu? Apa tujuan teks ulasan? Bagaimana ciri ciri teks ulasan? Apa saja struktur teks ulasan? Apa saja jenis jenis teks ulasan? Bagaimana contoh teks ulasan itu?

Pengertian Teks Ulasan, Ciri Ciri, Struktur, Jenis Jenis, dan Contohnya
Penggunaan Teks Ulasan

Biasanya para pembaca membuat teks ulasan dengan maksud untuk menjelaskan pesan moral yang dapat dipetik dalam kehidupan nyata. Teks ini dapat membantu penbaca untuk memahami suatu karya yang berguna bagi masyarakat. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian teks ulasan, ciri ciri teks ulasan, struktur teks ulasan, jenis jenis teks ulasan dan contoh teks ulasan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Pengertian Teks Ulasan, Ciri Ciri, Struktur, Jenis Jenis, dan Contohnya

Pada umumnya kita harus membaca karya ilmiah seperti buku untuk menambah wawasan. Buku yang kita baca tersebut sebaiknya kita cerna dengan seksama agar isinya dapat dipahami. Tetapi adapula isi sebuah buku bacaan yang perlu kita komunikasikan dengan orang lain demi kepentingan menulis dan presentasi seperti laporan penelitian, tugas akhir, proposal penelitian, skripsi ataupun artikel ilmiah. Maka dari itu keterampilan mengulas sebuah buku memang dibutuhkan oleh mahasiswa.

Seperti yang kita tahu bahwa teks dalam Bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah teks ulasan. Jenis teks ini memiliki ciri khas atau karakteristiknya sendiri. Penulisan teks ulasan ada umumnya berbentuk artikel atau teks yang menjelaskan sebuah karya. Fungsi teks ulasan ini adalah untuk mengajukan kritik, menilai dan menimbang suatu peristiwa atau karya yang ditulis.

Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai pengertian teks ulasan, ciri ciri teks ulasan, struktur teks ulasan, jenis jenis teks ulasan dan contoh teks ulasan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : 8 Contoh Surat Niaga Penawaran, Permintaan, dan Perkenalan Singkat

Pengertian Teks Ulasan

Apa itu teks ulasan? Teks ulasan adalah teks yang dibuat menurut pemeriksaan, hasil penilaian, pengamatan dan pertimbangan sebuah karya. Informasi peristiwa atau karya yang dibuat penulis ini harus rinci dan detail. Adapula yang mengartikan teks ulasan sebagai teks yang berisi review (resensi), penilaian tentang sebuah karangan (buku, puisi, cerpen, film) untuk menjadi pedoman pembaca.

Dengan adanya teks ulasan, pembaca akan lebih mengetahui informasi lebih jauh mengenai suatu karya tersebut. Selain itu pembaca juga dapat memikirkan kelayakan suatu karya untuk dinikmati penonton film atau pembaca buku. Selain pengertian secara umum, adapula definisi teks ulasan menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

Gerot dan Wignell

Teks ulasan adalah teks yang berguna untuk menilai, memikirkan, dan mengukur kritik tentang sebuah karya.

Hyland dan Diani

Teks ulasan merupakan teks yang berguna untuk menilai dan mengupas karya sastra. Ulasan ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menambah karya para pembaca.

Struktur Teks Ulasan

Setelah menjelaskan tentang pengertian teks ulasan di atas, selanjutnya saya akan akan membahas tentang struktur pada teks ulasan. Teks ulasan memiliki beberapa struktur seperti di bawah ini:

Identitas

Bagian awal dari adanya teks ulasan adalah identitas. Identitas ini berisi tentang judul, penerbit, halaman, pengarang, dan tahun terbit dari sebuah karya sastra.

Orientasi

Struktur teks ulasan selanjutnya adalah orientasi. Orientasi berisi tentang pengenalan karya yang berguna untuk mengulas informasi tentang penerbit atau pengarang karya. Selain itu orientasi juga berisi kalimat pembuka dalam bagian isi.

Sinopsis

Isi bagian sinopsis adalah ringkasan dari isi sebuah karya yang akan diulas, sehingga bentuknya lebih pendek karena film atau buku itu tidak semuanya dijelaskan. Contohnya bagian awal konflik dan pengenalan tokoh yang menarik minat pembaca.

Penilaian Karya (Kelebihan dan Kekurangan)

Isi bagian ini adalah kekurangan dan kelebihan suatu karya sehingga penjabarannya lebih banyak dan penggunaan bahasanya lebih ringan serta mudah dimengerti. Para pembaca dapat memahami isi bacaan ini dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan karya tersebut.

Baca juga : Contoh Surat Niaga, Jenis, dan Pengertiannya

Ciri Ciri Teks Ulasan

Setelah menjelaskan tentang pengertian teks ulasan dan struktur teks ulasan di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang ciri ciri atau karakteristik teks ulasan. Teks ulasan memiliki beberapa ciri ciri seperti di bawah ini:

  • Kalimat pada teks ulasan berisi struktur orientasi, evaluasi, rangkuman, dan tafsiran.
  • Informasi di dalamnya berasal dari opini atau sudut pandang penulis tentang sebuah produk atau karya.
  • Bagian opininya didasarkan pada interpretasi faktanya.
  • Teks ulasan dapat disebut juga dengan resensi.

Jenis Jenis Teks Ulasan

Di bawah ini terdapat macam macam teks ulasan yaitu sebagai berikut:

Teks Ulasan Informatif

Jenis resensi ini berisi gambaran umum, singkat, dan padat sebuah karya. Teks ulasan ini hanya menjelaskan bagian bagian penting saja sehingga lebih berfokus pada kekurangan dan kelebihan dari karya tersebut.

Teks Ulasan Kritis

Pengertian teks ulasan kritis adalah jenis teks ulasan yang mengarah pada metode pendekatan ilmu pengetahuan yang tertentu. Teks ulasan ini mempunyai isi yang sifatnya menggambarkan argumentasi dan informasi karya fiksi secara jelas.

Teks Ulasan Deskriptif

Teks ulasan deskriptif berisi penjelasan tentang masing masing bagian dari sebuah karya. Penulis biasanya akan memberikan penjelasan sekitar argumentasi dan informasi sebuah karya fiksi secara jelas

Contoh Teks Ulasan

Selain pengertian teks ulasan, struktur teks ulasan, ciri ciri teks ulasan dan jenis jenis teks ulasan tersebut. Adapula contoh dari teks ulasan tersebut yaitu diantaranya:

Drama Kapai Kapai dari Karya Arifin C. Noer
Identitas Karya
Judul : Kapai Kapai
Pengarang : Arifin C. Noer
Pnerbit : Yayasan Lontar
Halaman : 38 halaman
Tahun Terbit : 1970

Orientasi Pengenalan Karya
Naskah drama ini adalah sebuah karya sastra yang berasal dari kreativitas dan imajinasi seorang pengarang. Dalam drama tersebut terdapat beberapa pesan yang disampaikan kepada para penikmat atau pembacanya. Naskah drama kapai kapai karya Arifin C. Noer ini merupakan salah satu naskah yang mempunyai kualitas tinggi dan drama yang sering dimainkan.

Sinopsis Ringkasan Isi Naskah Drama
Naskah drama ini berisi kisah seorang pemuda yang namanya Abu, dimana ia mempunyai istri bernama Iyem serta majikan yang banyak menindasnya. Abu ini mempunyai sifat yang suka menghayal dan pemalas. Abu pernah membayangkan bahwa ia selalu dibuai oleh Emak untuk membuat kehidupan seseorang bahagia melalui cermin tipu dayanya. Sedangkan waktu dan masa kematian Abu ini diingatkan dengan adanya tokoh Yang kelam.

Dengan berbagai cara, Abu berusaha terus untuk memperoleh cermin tipu daya ini. Akhirnya cermin itu diperoleh Abu dengan perjuangannya selama ini, namun ia juga menemui ajalnya di waktu yang bersamaan.

Penilaian Karya (Kelemahan dan Kelebihan)
Naskah drama tersebut mempunyai nilai sastra yang cukup tinggi jika kita lihat dari penggunaan bahasanya. Bahasa yang digunakan sangat penuh makna dan puitis serta memberikan beberapa pesan moral di dalamnya. Inilah yang merupakan kelebihan naskah drama kapai kapai karya Arifin C. Noer tersebut.

Naskah ini diterbitkan oleh Yayasan Lontar dan menjadi salah satu karya yang terpilih dalam antologi 100 tahun drama di Indonesia. Di dalam drama tersebut terdapat tokoh tokoh uyang menarik seperti Emak, Yang kelam, Abu, Bulan dan sebagainya. Namun saya lebih tertarik dengan tokoh Yang kelam, meskipun bukan tokoh utama di dalam naskah itu. Yang kelam adalah tokoh yang bersifat kejam dan jahat. Tokoh ini dapat diketahui identitas sebenarnya jika menafsirkan karakternya secara mendalam.

Yang kelam ini menyerupai sosok malaikat pencabut nyawa yang akan memberitahukan kapan waktu kematian dari Abu. Namun Yang kelam juga memihak kepada Emak yaitu tokoh yang sifatnya membuai Abu terus. Kelebihan naskah drama kapai kapai ini memang banyak sekali, namun di dalamnya juga ada beberapa kelemahan.

Kelebihan naskah ini seperti bahasanya yang sangat puitis dapat menjadi kelemahannya sekaligus. Hal ini dikarenakan para penikmat atau pembaca akan kesulitan dalam memahami naskah drama tersebut karena bahasanya yang sangat puitis.

Sekian penjelasan mengenai pengertian teks ulasan, ciri ciri teks ulasan, struktur teks ulasan, jenis jenis teks ulasan dan contoh teks ulasan. Teks ulasan merupakan teks yang dibuat menurut pemeriksaan, hasil penilaian, pengamatan dan pertimbangan sebuah karya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here