Pengertian Konduksi, Jenis Jenis, dan Contohnya

Pengertian Konduksi, Jenis Jenis, dan Contohnya – Seperti yang kita tahu bahwa perpindahan kalor dapat terjadi secara konduksi, konveksi dan radiasi. Namun ada salah satu metode perpindahan kalor yang akan saya bahas yaitu konduksi. Konduksi merupakan perpindahan kalor yang melewati zat tanpa dilengkapi dengan perpindahan partikel di dalamnya. Pada umumnya perpindahan kalor secara konduksi ini terjadi pada zat padat seperti tembaga, logam, dan besi.

Zat yang bisa menghantarkan kalor dengan baik dapat disebut dengan konduktor. Sedangkan zat yang sulit menghantarkan kalor dinamakan isolator. Apa pengertian konduksi itu? Apa saja jenis jenis konduksi? Apa saja ciri ciri konduksi? Apa saja contoh konduksi itu? Konduksi akan memindahkan kalor yang mengalir dari ujung benda bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya rendah.

Pengertian Konduksi, Jenis Jenis dan Contohnya
Ilustrasi Perpindahan Kalor Secara Konduksi

Apa yang dimaksud kalor itu? Kalor atau panas adalah sebuah bentuk energi yang mempunyai pengaruh pada kenaikan suhu suatu benda dan dapat membuat wujud benda berubah dari cair menjadi gas, padat menjadi gas, ataupun padat menjadi cair. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian konduksi, ciri ciri konduksi, jenis jenis konduksi, rumus konduksi, dan contoh konduksi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contents

Pengertian Konduksi, Jenis Jenis, dan Contohnya

Seperti yang kita tahu bahwa kalor dapat berpindah dengan cara konduksi, konveksi dan radiasi. Konveksi (aliran) merupakan cara memindahkan kalor yang disertai dengan perpindahan zat sekaligus. Contohnya gerakan air yang naik dan turun saat dipanaskan. Air dingin akan turun ke bagian bawah, sedangkan air yang telah panas akan bergerak menuju atas.

Kemudian adapula radiasi (pancaran) merupakan cara memindahkan kalor dengan menggunakan gelombang elektronik dan tidak membutuhkan perantara. Misalnya pancaran sinar matahari menuju bumi yang digunakan untuk fotosintesis tumbuhan, mengeringkan pakaian dan sebagainya. Lantas apa yang dimaksud konduksi itu? Apa pengertian konduksi?

Baca juga : Pengertian Osmosis, Proses, dan Contohnya

Konduksi pada umumnya dikenal sebagai proses transmisi pada energi panas. Konduksi pada dasarnya sering terjadi di sekitar kita tanpa disadari. Misalnya saat seseorang berjalan di aspal tanpa alas kaki dan kaki akan terasa panas ketika konduksi aspal ke kaki terjadi secara otomatis. Agar anda lebih paham lagi dengan materi konduksi ini, maka saya akan menjelaskan secara detail tentang apa itu konduksi, ciri ciri konduksi, jenis jenis konduksi, rumus konduksi, dan contoh konduksi. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Konduksi

Apa itu konduksi? tak semua orang mampu menjawab pertanyaan ini dengan benar. Padahal, sedikit banyak kita pasti akan menjumpai soal yang meminta menyebutkan pengertian maupun contoh konduksi dalam kehidupan sehari hari. Maka dari itu, kita sebagai siswa wajib membekali diri dengan mempelajari apa yang dimaksud konduksi.

Konduksi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dapat diartikan sebagai hantaran bagian satu benda menuju benda lainnya tanpa disertai dengan perpindahan zat atau partikel. Perpindahan tenaga kalor tersebut dalam beberapa penelitian dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Kalor tersebut merambat dari bagian yang satu menuju bagian lainnya melalui benda atau zat yang diam.

Pada dasarnya partikel partikel yang mengalir akan membawa kalor tersebut. Dalam radiasi kalor, perpindahan tenaga kalor ini akan melalui pancaran yang termasuk dalam salah satu metode perpindahan suatu kalor. Metode konduksi ini merupakan satu satunya mekanisme yang mengalirkan panas pada zat padat yang tidak dapat ditembus cahaya.

Ciri Ciri Konduksi

Selain pengertian konduksi di atas, adapula beberapa ciri ciri cara perpindahan kalor secara konduksi. Konduksi memiliki beberapa ciri ciri seperti di bawah ini:

  • Memerlukan medium atau zat perantara.
  • Harus bersentuhan.
  • Konduksi terjadi dalam zat padat
  • Perpindahan kalornya tidak disertai dengan zat perantara.

Baca juga : Rumus Resultan Gaya dan Contoh Soalnya

Selain ciri ciri di atas, adapula rumus konduksi dalam memindahkan panas atau kalor. Perpindahan kalor secara konduksi dapat dihitung nilainya menggunakan rumus seperti di bawah ini:

Pengertian Konduksi dan Rumusnya

Keterangan:
Q = Laju kalor yang merambat setiap waktu (J/s)
Δt = Perubahan suhu (T2 – T1) (K)
K = Konduktivitas termal bahan (W/m.K)
l = Panjang penghantar (m)

Jenis Jenis Konduksi

Selain pengertian konduksi dan ciri ciri konduksi seperti yang saya jelaskan di atas. Kita masih bisa membagi fenomena ini menjadi beberapa jenis. Masing-masing tentu memiliki perbedaan yang wajib kita hafalkan. Maka dari itu, simaklah jenis jenis konduksi fisika di bawah.

Konduksi pada Dinding Satu Dimensi

Kita dapat memandang konduksi pada dinding datar sebagai dimensi yang tidak pernah ada. Tetapi terjadinya konduksi pada dinding cukup luas dan relatif tipis atau keempat sisi pada dindingnya dapat diisolasi dengan baik.

Konduksi Tunak pada Dinding Datar Lapis Rangkap

Biasanya jenis konduksi ini terdiri dari susunan listrik seri yang mempunyai besar kuat arus listrik. Konduksi ini biasanya mempunyai penghantar yang disepanjangnya tidak mempunyai percabangan.

Konduksi pada Dinding Paralel

Perpindahan panas pada konduksi ini terletak pada dinding yang paralel dan datar. Dalam keadaan ini, perpindahan panas tidak ada yang terdapat dalam arah melintang diantara beberapa dinding.

Contoh Konduksi

Setelah membahas tentang pengertian konduksi, ciri ciri konduksi, dan jenis jenis konduksi di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh perpindahan kalor secara konduksi yaitu sebagai berikut:

  1. Tangan melepuh saat memegang wajan panas.
  2. Ujung spatula terasa panas ketika memasak, walaupun tidak bersentuhan secara langsung dengan api.
  3. Baju akan menjadi hangat dan rapi saat setrika panas digosokkan ke baju.
  4. Tubuh akan terasa lebih hangat ketika berpelukan dengan orang yang suhunya lebih panas.
  5. Mentega yang meleleh saat diletakkan di atas wajan yang dipanaskan dengan api sedang.
  6. Knalpot yang akan terasa panas lama kelamaan ketika mesin motor dihidupkan.

Sekian penjelasan mengenai pengertian konduksi, ciri ciri konduksi, jenis jenis konduksi, rumus konduksi, dan contoh konduksi. Konduksi merupakan cara memindahkan kalor yang disertai dengan perpindahan zat sekaligus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here