Jelaskan Pembagian Masa Pergerakan Nasional

Jelaskan Pembagian Masa Pergerakan Nasional – Jika kita membahas tentang sejarah bangsa Indonesia tentunya tidak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan bangsa Indonesia mempunyai sejarah perjalanan panjang dan kisahnya sendiri. Indonesia merupakan bangsa yang dibangun oleh orang orang yang hebat untuk memperjuangkan negaranya agar memperoleh kemerdekaan hingga menjadi bangsa yang besar seperti sekarang. Bahkan masyarakat Indonesia setelah merdeka masih bersusah payah dengan kekuatannya sendiri untuk melakukan pembangunan.

Masyarakat Indonesia dalam praktiknya saling bersatu dalam kelompok kecil dan bahkan melakukan gerakan organisasi yang semakin kuat. Maka dari itulah muncul organisasi pergerakan Nasional Indonesia yang berasal dari beberapa golongan seperti kaum Nasionalis, gerakan profesi, golongan pelajar, gerakan wanita, dan aliran sekuler. Lalu coba jelaskan pembagian masa pergerakan nasional tersebut?

Jelaskan Pembagian Masa Pergerakan Nasional
Masa Pergerakan Nasional

Setelah itu pergerakan organisasi yang ada ini menjadi bagian sejarah bangsa Indonesia yang cukup penting. Hal ini dikarenakan didalamnya terdapat bukti masyarakat Indonesia bersatu untuk melawan penjajah dalam memperoleh kemerdekaan bangsa sesuai dengan kemampuannya masing masing. Kita memang sudah sepatutnya untuk mempelajari konsep pemikiran dan kisah mereka. Hal ini tercantum dalam sejarah organisasi pergerakan Nasional. Lantas jelaskan pembagian masa pergerakan nasional itu?

Jelaskan Pembagian Masa Pergerakan Nasional

Apa itu organisasi pergerakan Nasional? Pengertian organisasi pergerakan Nasional adalah gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi dan nasib rakyat agar kemerdekaan Nasional dapat diperoleh. Terbentuknya pergerakan Nasional ini dilatarbelakangi oleh kesadaran bersama akan kesengsaraan dan penderitaan yang menimpa masyarakat Indonesia selama ini karena adanya penjajahan.

Dengan adanya organisasi pergerakan Nasional ini penderitaan masyarakat Indonesia diharapkan dapat berakhir. Selain itu bangsa Indonesia dapat berubah menjadi lebih baik dan memperoleh kondisi yang lebih baik juga. Munculnya organisasi pergerakan Nasional ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Masa pergerakan Nasional ini tentunya dapat dibagi menjadi beberapa macam. Coba anda jelaskan pembagian masa pergerakan nasional?

Masa pergerakan Nasional ini dapat anda pelajari secara detail karena cukup penting. Hal ini dikarenakan materi ini sering muncul dalam soal soal ujian. Salah satu bentuk soalnya yaitu:

Jelaskan pembagian masa pergerakan nasional ?

Jawaban.
Seperti yang kita tahu bahwa masa pergerakan Nasinoal adalah masa berlangsungnya gerakan Nasional pada tahun 1908 hingga tahun 1942. Di bawah ini terdapat beberapa pembagian masa pergerakan Nasional yaitu sebagai berikut:

  1. Masa Pembentukan yang terjadi pada tahun 1908 sampai 1920. Masa ini ditandai dengan terbentuknya organisasi Budi Utomo tahun 1908, Serikat Islam tahun 1911, Indische Partij tahun 1912, dan ISDV tahun 1914.
  2. Masa Radikal yang terjadi pada tahun 1920 sampai tahun 1930. Masa ini ditandai dengan terbentuknya organisasi PKI tahun 1921, PI tahun 1924, dan PNI tahun 1927. Masa radikal dapat dinamakan dengan masa non kooperasi. Hal ini dikarenakan organisasi yang berdiri di masa ini sering melakukan pemberontakan meskipun gagal dan tidak mau bekerja sama dengan pemerintah kolonial Belanda.
  3. Masa Moderat yang terjadi pada tahun 1930 sampai 1942. Masa ini ditandai dengan adanya organisasi Parindra tahun 1935, PNI Baru tahun 1931, Gerindo tahun 1931, PPKI tahun 1927, dan sebagainya. Masa moderat dapat dinamakan dengan masa kooperasi. Hal ini dikarenakan organisasi pergerakan Nasional ini mau bekerja sama dengan pemerintah Belanda dan mulai bersikap lunak. Pemerintah Belanda bersikap keras atas kehidupan berserikat ketika sebelumnya telah terjadi pemberontakan. Maka dari itu sikap organisasi organisasi tersebut mulai berubah.

Inilah jawaban dari pertanyaan jelaskan pembagian masa pergerakan nasional. Masa pergerakan Nasional dapat dibagi menjadi tiga yaitu masa pembetukan, masa radikal, dan masa moderat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here