Intisari Dari Sebuah Bacaan Disebut

Intisari Dari Sebuah Bacaan Disebut – Dalam sebuah bacaan tentunya terdapat pokok pikiraan atau intisari di dalamnya. Apa yang dimaksud pokok pikiran? Secara sederhana pengertian pokok pikiran adalah intisari dari suatu paragraf atau bacaan. Pokok pikiran tersebut juga dapat diartikan sebagai kalimat paragraf yang isinya informasi umum dan dirincikan atau diperjelas dengan kalimat yang lain. Dalam paragraf atau bacaan memang terdapat salah satu unsur penting seperi pokok pikiran ini.

Pokok pikiran dalam kalimat biasanya berisi gambaran secara umum mengenai apa yang dibicarakan dalam paragraf tersebut. Pokok pikiran dapat ditentukan dengan memahami kalimat utama pada paragraf itu sendiri. Dengan adanya pokok pikiran tersebut kita dapat mengetahui intisari bacaan dalam waktu singkat dengan sangat mudah. Lalu intisari dari sebuah bacaan disebut apa?

intisari dari sebuah bacaan disebut
Pokok Pikiran Paragraf

Pokok pikiran atau gagasan pokok biasanya digunakan untuk mencari gambaran umum dalam teks dengan waktu yang tepat. Maka dari itu makna kalimat utuhnya dapat diketahui melalui pokok pikiran secara rinci tanpa menggunakan kalimat lain untuk memperjelasnya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang intisari dari sebuah bacaan disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Intisari Dari Sebuah Bacaan Disebut

Seperti yang kita tahu bahwa pengertian pokok pikiran adalah intisari/konsep utama yang berguna untuk menyampaikan topik bacaan kepada para pembaca yang berasal dari pengarang. Isi pokok pikiran sendiri merupakan gagasan secara menyeluruh tentang suatu paragraf dan dirincikan dengan menggunaan kalimat lainnya. Salah satu unsur penting dalam bacaan tersebut memang dapat berupa pokok pikiran ini.

Pokok pikiran memang berisi tujuan paragraf maupun ketetapan arah dari suatu paragraf. Misalnya pokok pikiran novel, cerita pendek, esai, puisi, maupun artikel berita. Pokok pikiran ini dapat dinyatakan dalam bentuk tersurat dan tersirat. Namun untuk pokok pikiran tersurat dapat kita temukan dalam kalimat paragraf. Lalu intisari dari sebuah bacaan disebut apa?

Pokok pikiran atau dapat disebut dengan gagasan utama biasanya terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama ini dapat ditemukan pada awal paragraf, akhir paragraf, maupun dikedua bagian tersebut. Dalam paragraf biasanya hanya terdapat satu pokok pikiran saja yaitu tercantum dalam kalimat utama. Sedangkan gagasan penjelas dalam paragraf pada umumnya lebih dari satu dan biasanya tercantum dalam kalimat penjelas. Materi pokok pikiran ini sebenarnya tidak hanya menjadi bahan pengajaran saja, tetapi juga menjadi salah satu bahan soal ujian seperti di bawah ini:

Intisari dari sebuah bacaan disebut . . .

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pokok pikiran.

Pokok pikiran memang sebenarnya memiliki nama lainnya seperti gagasan pokok, gagasan utama, pikiran utama, ide pokok, inti paragraf, ide utama, inti masalah, topik utama, inti kalimat, dan lain lain.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa intisari dari sebuah bacaan disebut pokok pikiran. Gagasan pokok atau pokok pikiran memang bersifat umum dan dapat dikembangkan ataupun diperjelas menggunakan gagasan pengembang atau gagasan penjelas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here