Gambar Jaring Jaring Balok Lengkap Dengan Ciri-Cirinya

Gambar Jaring Jaring Balok Lengkap Dengan Ciri Cirinya – Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam ilmu Matematika terdapat pembahasan mengenai bangun ruang. Bangun ruang sendiri memiliki karakteristik yaitu mempunyai sisi panjang, lebar dan tinggi sehingga terdapat ruang di dalamnya. Bangun ruang ini pada dasarnya memiliki bentuk yang berbeda beda. Misalnya balok, kubus, bola, prisma, tabung, kerucut dan limas. 

Salah satu bangun ruang yang akan saya bahas tersebut adalah bangun balok. Balok merupakan bangun tiga dimensi yang berasal dari tiga pasang persegi panjang atau persegi, dimana minimal terdapat satu pasang diantara sisi lainnya yang ukurannya berbeda. Jika bangun ruang balok ini dibelah sesuai dengan rusuknya akan tercipta jaring jaring di dalamnya. Apa yang dimaksud jaring jaring?

Materi jaring jaring bangun ruang sendiri dapat kita pelajari dalam ilmu Matematika. Materi ini berisi pembahasan tentang gabungan beberapa bangun datar yang akan membentuk bangun tiga dimensi. Balok juga memiliki jaring jaring yang berasal dari gabungan beberapa bangun datar. Jaring jaring bangun balok ini berasal dari rentangan sisi sisi balok yang mengikuti rusuk rusuknya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan gambar jaring jaring balok lengkap dengan ciri ciri balok. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak artikel di bawah ini.

Gambar Jaring Jaring Balok Lengkap Dengan Ciri Cirinya

Pada dasarnya masing masing bangun ruang memiliki jaring jaring yang berbeda. Jaring jaring ini disesuaikan dengan jumlah sisi setiap bangun ruang. Kita dapat melihat karakteristik atau ciri ciri jaring jaring bangun balok melalui pelipatan potongan sisi yang dapat membenuk balok itu sendiri. 

Balok memiliki jaring jaring yang cukup beraneka ragam. Jaring jaring balok dapat dihasilkan dari pembelahan bangun tersebut sesuai dengan rusuknya. Sebelum saya membagikan tentang gambar jaring jaring balok tersebut. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai ciri ciri balok. Di bawah ini terdapat beberapa ciri bangun balok yaitu meliputi:

  • Jumlah rusuk balok ada 12 buah.
  • Mempunyai 8 titik sudut.
  • Mempunyai 6 sisi.
  • Semua sudutnya membentuk sudut siku siku.
  • Memiliki 12 diagonal bidang.
  • Mempunyai 4 diagonal ruang.

Jaring Jaring Balok

Jaring jaring bangun balok dapat dipahami dengan mudah melalui praktek sederhana seperti membuka kemasan obat, pasta gigi atau kardus yang bentuknya balok. Di bawah ini terdapat beberapa gambar jaring jaring yang membentuk bangun balok yaitu sebagai berikut:

Gambar Jaring Jaring Balok Lengkap Dengan Ciri Cirinya
Gambar Jaring Jaring Bangun Balok

Praktik Membuat Jaring Jaring Balok

Jaring jaring bangun ruang balok dapat dibuat dengan mengikuti langkah langkah seperti di bawah ini:

1. Menyiapkan kardus atau karton berbentuk balok seperti di bawah ini:

Gambar Jaring Jaring Balok Lengkap Dengan Ciri Cirinya

2. Potong atau gunting rusuk balok di bagian titik titik tertentu sehingga sisi samping dan sisi bawahnya tidak tersisa sama sekali. Maka dari itu hasilnya akan seperti di bawah ini:

Gambar Jaring Jaring Balok Lengkap Dengan Ciri Cirinya

3. Bagian balok yang sudah dibuka kemudian direbahkan di atas bidang datar dan akhirnya kita telah selesai membuat jaring jaring bangun balok.

Gambar Jaring Jaring Balok Lengkap Dengan Ciri Cirinya

Demikianlah gambar jaring jaring balok lengkap dengan ciri ciri balok yang dapat saya bagikan. Jika sisi sisi balok saling direntangkan, maka akan membentuk jaring jaring tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here