6 Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

6 Fungsi Tulang Pergelangan Tangan – pernahkah kalian berfikir bagaimana tubuh kita bisa bergerak ? di dalam tubuh kita terdapat yang namanya rangka yang terdiri banyak tulang mulai dari kepala hingga ujung kaki. Didalam tubuh kita terdapat banyak tulang dan biasanya orang dewasa kira kira memiki 206 tulang dan semuanya sangatlah penting agar badan bisa bergerak.

Pada dasarnya tulang berfungsi untuk memberikan struktur pada tubuh kita dan membuat tubuh kita bergerak. Nah, bisa kalian bayangkan jika di dalam tubuh kita tidak ada tulang mungkin manusia hanya mematung dan tidak dapat bergerak, jadi tulang sangatlah penting. Fungsi tulang pergelangan tangan meskipun tak terlalu mencolok tapi faktanya memberi dampak besar terhadap kehidupan.

Masing masing tulang mempunyai kegunaan dan juga bentuk yang berbeda. Ada tulang yang bisa bergerak dan ada juga tulang yang tidak dapat bergerak. Semuanya terhubung menjadi sebuah struktur yang membentuk kerangka utuh manusia. Dari sekian banyak susunan itu ternyata ada salah satu tulang yang terlupakan namun justru sering kita pakai.

Apakah kalian tau apa nama tulang tersebut? benar sekali, namanya adalah tulang pergelangan tangan. Bagi orang awan mungki masih asing dengan tulang tersebut, Tulang pergelangan tangan ini terletak anatara telapak tangan dan lengan. Agar kalian lebih paham lagi pada artikel kali ini kita akan membahas tentang fungsi pergelangan tangan

6 Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Pasti kalian sudah menyadari bahwa hampir semua kegiatan yang kalian lakukan dalam kehidupan sehari hari menggunakan tangan selain itu tangan memiliki struktur yang cukup unik dan berbeda degan bagian tubuh lainnya. Struktur penting tangan dibagi menjadi beberapa kategori, salah satunya sesuai dengan penjelasan di atas ada yang namanya tulang pergelangan tangan yang sangat penting tentunya, tulang ini mempunyai beberapa fungsi khusus yang membedakan dengan tulang yang lainnya.

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan
Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan adalah tulang yang terletak di bagian lengan tangan dan siku yang terdiri dari susuan otot untuk menggerakkan tangan. Tulang ini termasuk kedalam tulang pendek atau carpal dengan bentuk bulat dan pendek. Struktut tulang yang kuat dan kokoh mengandung senyawa berupa zat kapur dari kalsium karbonat dan kalsium fosfat yang didapatkan melalui aliran darah.

Secara tidak langsung adanya pergelangan tangan ini mampu memberi perhitungan penting untuk bisa diakses secara mudah dan akhirnya fungsi dari pergelangan tangan bisa dilihat secara umum sebagai bagian dari lengan atau secara khusus dilihat dari tulang penyusun, berikut ini adalah lima fungsi tulang pergelangan tangan yang wajib untuk kalian ketahui.

Sebagai Alat Gerak Tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan yang pertama adalah sebagai alat gerak pada bagian tangan dengan menggunakan bantuan otot. Tulang yang menyusun pergelangan tangan mempunyai sejenis sendi kaku yang menyebabkan pergerakannya cukup terbatas.

Di lain sisi, ada sendiri pelana yang menjadi penghubung di antara pergelangan tangan dengan telapak tangan. Pergerakan pergelangan tangan yang membentuk gerak kea rah vertikal yakni fleksibel dan juga ekstensi. Sedangkan fleksi merupakan gerakan pergelangan tangan ke bawah atau ekstensi yang merupakan gerakan ke belakang pergelangan tangan.

Tempat Menempelnya Otot Tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan kedua menjadi tempat melekatnya otot tangan. Otot sendiri merupakan bagian sangat penting yang digunakan untuk membantu gerak tangan. struktur yang menempel di tangan akan menjadi sensor sensor gerak sehingga dapat memudahkan kalian untuk menggerakkan tangan.

Ada dua jenis otot yang terletak pada pergelangan tangan yakni otot ekstensor dan juga otot fleksor. Dua jenis otot ini sendiri menjadi penyebab dari terjadinya berbagai gerak yang dibantu oleh sendi kaku dan juga sendi pelana yang tersapat di bagian tulang pergelangan tangan.

Penghubung Tulang Jari dan Pangkal Lengan

Salah satu fungsi tulang pergelangan tangan adalah menghubungkan jari dan pangkal lengan. Susunan pergelangan tangan yang terdiri dari tulang pendek dan juga memiliki bentuk bulat yang membentuk carpan ini sehingga bisa menghubungkan tulang jari dengan tulang pangkal lengan.

Namun mayoritas siswa justru sering mengabaikan fungsi sederhana tersebut karena terlalu fokus pada aspek lain. Di lain sisi, penjelasannya pun juga tak terlalu mendapat porsi pembahasan yang sesuai di buku pedoman. Maka dari itu siswa perlu mencari sendiri referensi berupa gambar yang menjelaskan struktur pergelangan tangan di internet.

Membentuk Sebuah Alat Gerak

Fungsi tulang pergelangan tangan lainnya adalah untuk membentu suatu alat gerak dan bersamaan dengan tulang anggota gerka atas yang lainnya, ini merupakan fungsi yang utama dari tulang pergelangan tangan. Selain itu tulang ini juga berfungsi untuk memberikan dukungan di dalam membentuk alat gerak pada manusia.

Memberikan Bentuk Telapak Tangan

Dan fungsi tulang pergelangan tangan yang terakhir adalah untuk memberikan bentuk pada bagian telapak tangan yang dikelilingi oleh otot otot agar bisa membentuk telapak tangan sahabat biologi lainnya. Sama seperti dengan jenis tulang yang lain tulang telapak tangan juga membentuk sebuah alat gerak manusia loh.

Nah, itu tadi 5 fungsi dari tulang pergelangan tangan yang wajib kalian ketahui, fungsi tulang pergelangan tangan ini adalah membantu pergerakan pergelangan tangan, sangat penting sekali bukan ? oleh sebab itu kalian harus selalu berhati hati agar tulang tersebut tidak cidera. tulang Pergelangan tangan dikategorikan ke dalam jenis tulang pendek ataupun carpal yang berbentuk pendek serta bulat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here