6 Fungsi Jaringan Palisade Pada Daun dan Tumbuhan

6 Fungsi Jaringan Palisade Pada Daun dan Tumbuhan – Biologi menjadi cabang ilmu sains yang cukup populer di mata siswa. Pembelajaran yang identik dengan kegiatan praktikum membuatnya begitu digemari meski materinya sulit. Misalnya menghafal struktur dan jaringan tumbuhan yang notabenya terdiri dari akar, batang, daun, dan bunga. Jika diteliti lagi maka bagian tersebut bisa kita bagi kembali menjadi beberapa struktur.

Gambar Jaringan Palisade
Gambar Jaringan Palisade

Apa itu jaringan palisade? tak semua siswa mampu menjawabnya dengan benar. Sebenarnya palisade adalah jaringan yang ada pada tumbuhan lebih tepatnya di bagian daun. Fungsi jaringan palisade sendiri beragam dan pastinya memberi pengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman. Meski terkesan penting tapi masih banyak siswa yang tak mengetahui pengertian dan ciri cirinya.

Pada dasarnya daun memiliki peranan yang sangat penting bagi tumbuhan karena daun merupakan tempat untuk melakukan fotosintesis proses ini terjadi pada jaringan palisade. Pernahkah kalian memperhatikan bentuk daun ? daun sendiri memiliki beberapa struktur atau jaringan yang Menyusun daun tersebut. Salah satu struktur dan fungsi jaringan daun yang dimiliki adalah jaringan palisade yang sudah disebutkan di atas.

Contents

6 Fungsi Jaringan Palisade Pada Daun dan Tumbuhan

Materi yang sedikit banyak membahas gambar jaringan palisade sudah mulai diperkenalkan pada siswa saat duduk di bangku sekolah menengah. Lebih spesifiknya saat kita beranjak ke materi struktur serta bagian tumbuhan. Cakupan pembahasannya pun menurut saya tak begitu banyak. Kalian hanya perlu menghafal pengertian, ciri ciri, dan fungsi jaringan palisade itu sendiri.

Meski materi tersebut sudah tertulis di buku pedoman biologi tapi faktanya tak sedikit siswa mengeluh sulit menghafalkannya. Padahal sedikit banyak ciri ciri jaringan palisade pasti akan muncul sebagai soal yang sulit dijawab ketika ujian. Inilah alasan mengapa guru akan menjelaskan materi secara intensif sebagai pembekalan.

Tak jarang pula siswa diminta membuat rangkuman singkat tentang apa itu jaringan palisade pada daun. Tujuannya tak lain untuk menguji seberapa paham kalian terhadap materi yang sudah disampaikan oleh guru. Nah, dalam artikel kali ini mari kita fokuskan pembahasan pada fungsi jaringan palisade tumbuhan. Selain itu, saya juga akan membahas pula pengertian serta ciri cirinya.

Apa Itu Jaringan Palisade

Jaringan palisade adalah jaringan yang terdiri dari sejumlah sel yang memanjang tegak lurus terhadap permukaan helai daun. Secara garis besar bentuknya menyerupai tiang yang notabenya tegak lurus. ciri ciri jaringan palisade memiliki sel agak rapat namun saling terpisah sehingga udara dalam ruang antar sel tetap mencapai sisi Panjang sel tersebut.

Sel sel yang menyerupai batang berbentuk bulat memanjang yang berjajar pada bagian ini mengandung klorofil (zat hijau daun) lebih banyak dari pada jaringan lainnya. Struktur sel pada jaringan palisade tidak mempunyai banyak perberdaan dengan struktur sel tumbuhan lainnya.

Lalu apa fungsi jaringan palisade pada daun? Inilah pertanyaan yang sering terlontar dari mulut siswa. Sebelum saya menjelaskannya kalian perlu mempelajari terlebih dulu beberapa struktur yang menyusun jaringan tersebut.

Bagian yang paling penting dari jaringan palisade adalah kloropas didalam bagian ini terdapat materi genetic (DNA dan RNAs), ribosom, tilakoid, membran tilakoid, granum dan strima. Kloroplas mudah ditemukan di jaringan mesofil, khususnya sel dari jaringan palisade. Kloroplas ini pula yang merangsang terjadinyaa reaksi fotosintesis.

Ciri Ciri Jaringan Palisade

Secara kasat mata kita memang tak akan bisa mengamati struktur jaringan palisade pada daun. Kalian perlu alat bantu seperti mikroskop untuk melakukan pengamatan. Beruntungnya, kita bisa menggali informasi tersebut dari internet yang notabenya menyedikan banyak referensi.

Struktur Jaringan Palisade
Struktur Jaringan Palisade

Agar lebih paham lagi mengenai jaringan pada daun ini kalian juga perlu mengetahui karakteristiknya. Berikut di bawah ini ciri ciri jaringan palisade adalah :

  1. Jaringan palisade memiliki bentuk sel panjang, silindris, dan tegak, sehingga dikenal juga dengan sebutan jaringan pagar.
  2. Sel-sel jaringan tersusun rapat, namun disela-selanya masih terdapat sedikit ruang antar sel jika dibandingkan dengan sel di jaringan bunga karang (spons).
  3. Jaringan palisade terdiri dari selapis atau beberapa lapis sel.
  4. Tiap sel jaringan palisade mengandung banyak kloroplas.
  5. Jaringan palisade mengandung sel dengan jumlah yang sangat besar.

Fungsi Jaringan Palisade

Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa jaringan palisade ini merupakan jaringan terpenting pada tumbuhan. Mengapa jaringan terpenting ? karena memiliki banyak sekali fungsinya, mari kita bahas satu persatu fungsi dari jaringan palisade

Untuk Tempat Fotosintesis

Fungsi jaringan palisade pertama yakni sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis, karena dalam jaringan palisade terdapat sebuah sel yang mengandung banyak kloroplas. Kloroplas memiliki sejumlah pigmen fotosintesis misalnya seperti klorofil yang berfungsi untuk prosepenyerapan radiasi matahari.

Tempat Penghasil Energi

Jaringan Palisade berfungsi sebagai tempat untuk menghasilkan energi dari cahaya matahari atau memperoleh komponen dioksida (CO2). Selain berfungsi sebagai tempat, ternyata fungsi jaringan palisade lainnya adalah sebagai bagian untuk mengonversi cahaya menjadi energi. Tentunya hal ini juga melibatkan proses fotosintesis.

Tempat Penguapan Sel

Jaringan palisade berfungsi sebagai tempat proses penguapan dari sel yang kemudian akan dikeluarkan lewat dinding sel. Penjelasan tentang penguapan sel memang jarang disampaikan oleh guru. Tapi beruntungnya materi tersebut tertulis di buku pedoman biologi serta berbagai laman di internet.

Pengolah Senyawa

Fungsi jaringan palisade selanjutnya adalah untuk memproses sel senyawa dari berbagai bahan organik. Nah, bahan tersebut biasanya berbentuk karbohidrat sehingga nanti dapat menjadi bahan makanan utama untuk tumbuhan. Maka dari itu, semakin bagus jaringan ini maka akan menghasilkan tingkat pertumbuhan tanamana yang maksimal.

Tempat Pembentukan Jaringan

sebagai tempat dari berlangsungnya proses pembentukan jaringan tiang yang berlangsung dibagian daun yang nantinya akan digunakan oleh jaringan mesofil sehingga sel dapat dijadikan sebagai perantara utama pada lapisan sel dalam daun.

Tempat Proses Transpirasi

Pernahkah kalian membayangkan kenapa daun terkadang memiliki tekstur lembab ketika kita pegang? penyebabnya tak lain karena jaringan palisade. Secara garis besar, proses tersebut bisa kita artikal sebagai transpirasi. Maksudnya adalah air menguap keluar dari dinding sel parenkrim jaringan palisade lalu bergerak ke ruangan interseluler.

Struktur jaringan palisade bedasarkan dari letaknya, dapat dibedakan menjadi 2 hal sebagai berikut yaitu :

  1. Dorsiventral yaitu jaringan tiang yang berada dibawah epidermis.
  2. Isolateral yaitu jaringan tiang yang terletak pada kedua sisi permukaan daun.

Itulah artikel singkat tentang pengertian, ciri ciri, dan fungsi jaringan palisade pada daun tumbuhan. Perlu kalian ingat bahwa Jaringan palisade ini sendiri sering disebut juga jaringan tiang.

Bagian yang paling penting dari jaringan palisade adalah kloropas didalam bagian ini terdapat materi genetik yang biasa terjadinya reaksi fotosintesis. Semoga artikel singkat tentang fungsi jaringan palisade ini bermanfaat dan juga menambah ilmu untuk kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here