Faktor Dari 42 Adalah

Faktor Dari 42 Adalah – Apa itu faktor bilangan? Materi faktor bilangan tersebut tentunya telah kita pelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini berhubungan dengan KPK (Kelipatan Persekutuan Kecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Besar). Pengertian faktor bilangan sendiri adalah bilangan bulat yang membagi habis bilangan lainnya.

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai FPB dan KPK tersebut, anda harus memahami terlebih dahulu mengenai materi kelipatan dan faktor bilangan. Pada umumnya faktor dari bilangan berkaitan denngan bilangan bulat. Secara umum bilangan bulat adalah susunan billangan yang terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, 3, . . .) dan bilangan negatif (-1,-2, -3, . . .). Coba anda cari faktor dari 42 adalah berapa?

faktor dari 42 adalah
Faktor Bilangan

Dalam bilangan bulat tentunya terdapat angka nol di dalamnya. Mengapa angka nol tidak termasuk bilangan negatif? Hal ini dikarenakan nol negatif (-0) memiliki nilai yang sama dengan 0 positif. Maka dari itu tanda bilangan positif dam menagifnu tdak diperlukan untuk angka nol.

Seperti yang kita tahu bahwa faktor bilangan berkaitan dengan bilangan bulat, dimana penulisannya tidak menggunakan komponen desimal ataupun pecahan. Selain faktor bilangan, adapula faktorisasi prima maupun faktor prima. Ketiga materi ini berbeda satu sama lain meskipun istilahnya hampir sama. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang faktor dari 42 adalah berapa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Faktor Dari 42 Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa faktor bilangan adalah bilangan tertentu yang digunakan untuk membagi habis bilangan lainnya. Contohnya bilangan a dapat dinyatakan sebagai faktor bilangan b, jika a membagi habis bilangan b. Tetapi bilangan a dan b tergolong bilangan asli.

Coba cari faktor dari 42 adalah? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, saya akan membagikan cara mencari faktor bilangan 8 dengan metode berikut:

Bilangan 8 berasal dari susunan perkalian bilangan. Maka dari itu hasil perkalian yang diperoleh akan seperti di bawah ini:
1 x 8 = 8
2 x 4 = 8
4 x 2 = 8
8 x 1 = 8
Faktor bilangan dari 8 adalah 1, 2,4, dan 8.

Faktor bilangan memang berisi tentang bilangan yang digunakan untuk membagi habis bilangan lainnya. Coba anda terapkan cara di atas pada soal di bawah ini:

Faktor dari 42 adalah . . .

Jawaban
Faktor dari bilangan 42 adalah 1, 2, 3, 6, 7, 14, 21, dan 42.

Pembahasan.
Faktor bilangan 42 dapat dicari dengan membagi bilangan 42 tersebut sampai habis. Selain itu hasil perkalian bilangan 42 tersebut dapat kita jabarkan seperti di bawah ini:
1 x 42 = 42
2 x 21 = 42
3 x 14 = 42
6 x 7 = 42
7 x 6 = 42
14 x 3 = 42
21 x 2= 42
42 x 1 = 42
Jadi faktor dari 42 adalah 1, 2, 3, 6, 7, 14, 21, dan 42.

Bagaimana penjelasan di atas, mudah bukan? Seperti yang kita tahu bahwa faktor adalah bilangan yang membagi habis bilangan lainnya. Unsur bilangan ini berbeda dengan kelipatan yang termasuk susunan hasil perkalian yang isinya bilangan asli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here